10 Tempat Wisata di Takengon

28 Dilihat

Provinsi Aceh terdiri dari berbagai kota dengan keunikannya masing-masing. Salah satu kota yang terkenal adalah Takengon. Tempat wisata di Takengon juga sangat direkomendasikan untuk para wisatawan yang ingin menikmati liburan.

Kota Takengon merupakan ibu kota di Kabupaten Aceh Tengah yang sering disebut sebagai “Negeri di atas Awan”.

Berbeda dengan tempat wisata di Banda Aceh yang letaknya ada di dataran rendah, Kota Takengon terletak di tengah-tengah wilayah provinsi Aceh dengan struktur dataran tinggi dengan ketinggian. Kurang lebih mencapai 1200 meter di atas permukaan laut.

Tak heran jika hawa di sekitar tempat ini sangat sejuk dengan pemandangan indah yang bisa kalian rasakan ketika berkunjung kesini.

Tempat Wisata di Takengon

Kota Takengon juga banyak menyimpan keindahan alam dan tempat wisata di Takengon asri yang patut dijadikan opsi saat berlibur. Simak lebih lanjut destinasi wisatanya yuk!

1.      Danau Laut Tawar

Laut tapi tawar? Mungkin ini yang ada dipikiran kalian saat mendengar nama Danau Laut Tawar.

Seringkali disebut dengan nama Danau Lut Tawar oleh penduduk suku Gayo. Danau dengan luas mencapai 5.472 Ha dan memiliki lebar sekitar 3,2 km ini menjadi sumber kehidupan bagi penduduk sekitarnya.

Selain itu, kars yang mengelilingi danau ini menjadi panorama unggulan yang dikenal banyak pelancong.

Beralih ke bagian Barat danau Lut Tawar ditemukan dua kerangka yang diyakini sebagai manusia prasejarah berumur 3.000 Tahun, tepatnya di bukit Mandele Aceh Tengah.

Di sini wisatawan dapat merasakan sensasi danau yang mirip dengan lautan karena ada ombak-ombak kecil yang sesekali menyapa tepi danau.

2.      Pantai Menye

Pantai Menye merupakan pantai yang berlokasi di tepian sebuah danau dengan panorama unik serta berbeda dari tempat lainnya.

Nama Pantai Menye sendiri berarti manja yang diambil dari bahasa Gayo yang bertempat tinggal di kawasan pegunungan tinggi ini.

 

Pantai ini tidak menghadirkan suasana pantai, melainkan danau yang juga memiliki deburan ombak layaknya laut.

Untuk bisa ke tempat ini, kalian harus menempuh jarak sekitar 19kilometer dari arah utara atau 26 kilometer dari selatan. Waktu yang dibutuhkan dari Kota Takengon ke Pantai kurang lebih 60 menit.

Selama perjalanan, kalian akan disuguhi dengan kawasan kuliner yang menyajikan berbagai jenis hidangan khas tradisional, seperti ikan bakar, mie Aceh, kopi Aceh, dan lainnya.

3.      Buntul Rintis

Buntul Rintis tempat yang pas buat kalian yang ingin menikmati pemandangan Gayo yang indah nan menawan.

Tempat ini menjadi objek wisata yang banyak digemari oleh wisatawan lokal hingga mancanegara karena menyediakan berbagai macam spot-spot foto instagramable.

Fasilitas yang tersedia juga akan mempercantik latar belakang foto kalian, seperti spot kupu-kupu, sepeda gantung, sangkar burung, pintu rumah, hingga kincir angin.

Disini kalian juga bisa menikmati nikmatnya kopi khas Kota Takengon sambil bercengkrama menikmati waktu santai.

4.      Bur Telege

Destinasi wisata lainnya di Kota Takengon yang wajib kalian kunjungi adalah Bur Telege. Arti “Bur Talege” sendiri berasal dari suku Gayo, Bur yang artinya gunung dan telege yang berarti tempat penampungan air atau sumur.

Tempat wisata di Takengon ini berbatasan langsung dengan Danau Laut Tawar dan terdiri dari bongkahan batu besar yang unik sering disebut dengan nama Atu Tingok.

tempat wisata di Takengon

Posisi batu ini terletak di bagian gunung yang sangat terjal, sehingga tidak memungkinkan untuk kalian melaluinya, karena sangat rawan terjadi kecelakaan.

Tetapi, jangan khawatir, kalian masih bisa mengambil foto dengan latar hutan pinus yang tentunya instagenic.

5.      Pantan Terong

Ke tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Kota Takengon, yuk! Pantan Terong merupakan objek berlibur yang terletak di puncak bukit.

Di bawah objek wisata ini, kalian bisa melihat pemandangan danau laut Tawar dari ketinggian hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

tempat wisata di Takengon

Kalian akan dimanjakan dengan panorama alam sekitar berupa perbukitan hijau, sawah, danau, serta perkebunan milik warga yang terjejer rapi.

Untuk bisa menikmati kecantikannya, kalian harus menempuh jarak lebih dari 8 km dengan waktu sekitar 15 menit dari Kota Takengon menggunakan transportasi. Walaupun jaraknya cukup dekat, pengunjung tetap harus berhati-hati karena jalannya yang menanjak dan berkelok.

6.      Arung Jeram Lukup Badak

Arung Jeram Lukup Badak menjadi destinasi wisata populer karena menawarkan kegiatan yang dapat memacu adrenalin para pengunjungnya.

tempat wisata di Takengon

Terletak di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Jarak tempuh dari Kota Takengon cukup dekat, yakni sekitar 7 menit saja.

Bukan hanya bisa menikmati arus sungai yang deras, kalian juga dapat menikmati keindahan alam yang memukau, karena di sepanjang pinggiran sungai, banyak pohon-pohon hijau menjulang sebagai payung alaminya.

Sepanjang lintasan, kalian juga akan melihat hamparan perkebunan kopi, persawahan, hingga objek wisata lain yang memberi pengalaman arung jeram semakin menyenangkan.

7.      Teluk Mendale Café

Lelah berjalan-jalan di Danau Laut Tawar dan ingin beristirahat sejenak? Kalian bisa mengunjungi Teluk Mendale Café yang lokasinya sangat dekat.

Teluk Mendale Café sendiri merupakan sebuah kafe yang belum lama beroperasi dan berada tidak jauh dari lokasi penggalian arkeologi.

Bangunan kafe yang berbentuk kerucuk menghadirkan kesan kekinian dan unik. Kafe ini terdiri dari dua lantai. Kalian bisa memilih posisi sesuai keinginan. Kedua lantai sama-sama menghadirkan suasana alam Gayo yang indah.

Bagian depan terhampar riak danau yang lembut, sementara bagian belakangnya berbatasan dengan gua Mendale yang merupakan tempat ditemukannya kerangka manusia prasejarah dan artefak-artefak budaya.

8.      Gua Putri Pukes

Gua Putri Pukes menyimpan sebuah legenda seorang putri dari tanah Gayo yang masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Wisata alam ini berada di pinggiran jalan menghadap ke danau laut tawar.

Ketika masuk ke dalam gua, kalian bisa melihat batu seorang Putri Pukes yang bisa dikenali dari bentuk sanggul serta kepalanya. Bentuk patungnya membesar di bagian bawah.

tempat wisata di Takengon

Selain bisa melihat batu seorang putri, kalian juga bisa menemukan keberadaan sumur besar, kendi, serta tempat duduk untuk bertapa pada zaman dahulu.

Walaupun terdengar cukup mistis, namun keadaan gua di dalamnya sangatlah menawan karena terbentuk secara alamiah oleh alam.

9.      Bur Lancuk Lereng

Ingin melihat penampakan ibu kota Aceh secara keseluruhan? Kalian bisa mengunjungi Bur Lancuk Lereng. Tempat ini berada di ketinggian hampir 1000 meter di atas permukaan laut.

Karena ketinggiannya, tempat wisata di Takengon ini seringkali dijadikan sebagai titik awal untuk pelatihan paralayang oleh beberapa atlet profesional.

Di tempat wisata ini juga ada spot foto bagus bertuliskan “Love Gayo” yang dibuat oleh warga sekitar untuk mengenalkan objek wisata ini lebih luas lagi.

10.  Galeri Kopi Indonesia

Bagi kalian pecinta kopi dan ingin tahu banyak mengenai minuman ini, coba mampir ke Galeri Kopi Indonesia di Kota Takengon, Aceh Tengah. Lokasinya tidak terlalu sulit untuk dijangkau, kalian bisa ke tempat ini dengan menelusuri gang kecil.

tempat wisata di Takengon

Destinasi wisata ini dikelilingi oleh kebun kopi. Tak heran jika rasa kopi yang dihasilkan lebih segar, wangi, dan tentunya nikmat.

Konsep pada kedai ini cukup sederhana, sehingga membuat pengunjungnya lebih nyaman saat berdiam diri di tempat wisata di Takengon ini.

Pemandangan yang asri dan masih terjaga dengan bebauan pohon kopi di sekelilingnya, membuat suasana lebih tenang dan santai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *