10 Tempat Wisata di Asahan

12 Dilihat

Asahan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kabupaten ini beribukota di Kisaran dan mempunyai wilayah sseluas 3.732,97 km2.  Terdapat banyak tempat wisata di Asahan yang masih asri.

Dulunya, tempat ini ditemukan oleh Sultan Iskandar Muda yang sedang beristirahat di kawasan hulu sungai, yang kemudian diberi nama “Asahan”.

Dibalik sejarahnya, Kota Asahan juga sangat populer karena menyimpan banyak destinasi wisata dengan panorama yang indah dan asri.

Mulai dari panorama goa, air terjun, danau, hingga taman nasional untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi oleh masyarakat sekitar.

Tempat Wisata di Asahan Lengkap!

Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan ini sampai akhir agar tidak kehilangan informasi pentingnya!

1.      Goa Sigalapang

Goa Sigalapang terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera utara. Tempat wisata alam yang cocok bagi pengunjung yang suka dengan tema liburan menegangkan dan memacu adrenalin, karena wahana air di Goa Sigalapang sangat mengasyikkan.

Di sini terdapat aliran sungai yang tenang dan diapit oleh dua buah tebing dengan batu tinggi di bagian sisi kanan kirinya.

Sebagian pengunjung menyebut kalau Goa Sigalapang ini mirip sekali seperti wisata Grand Canyon yang ada di Amerika.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata di Asahan ini, pengunjung harus menyusuri jalan setapak yang membelah hutan dengan dihiasi pepohonan hijau menjulang yang membuat suasana menjadi sejuk.

2.      Air Terjun Ponot

Terletak di pedalaman hutan Asahan dengan ketinggian 45 meter dan merupakan air terjun tertinggi di Indonesia. Air yang jatuh dengan sangat deras menghasilkan suara nyaring sehingga dapat terdengar dari jarak 500 meter.

Tempat Wisata di Asahan

Wisata alam ini tampak lebih indah dengan adanya batu-batu besar di sekitarnya. Penampakan alam yang masih sangat asri ini dapat menyejukkan para wisatawan yang berkunjung.

Sebelum mencapi ke lokasinya, pengunjung akan menemukan sebuah bendungan terbesar yang ada di Sumatera Utara dan merupakan generator utama pembangkit listrik.

Bendungan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda dan dijadikan sebagai peninggalan sejarah di Kota Asahan.

Disini, pengunjung juga akan melihat satu jembatan gantung yang menghubungkan dua daerah dan terletak pada ketinggian kurang lebih 100 meter.

3.      Arung Jeram di Sungai Asahan

Arung Jeram di Sungai Asahan menjadi tempat wisata di Asahan yang tidak boleh dilewati apabila sobat berkunjung ke Kota Asahan.

Pengunjung dapat melakukan kegiatan yang memacu adrenalin, yaitu arung jeram dengan debit air yang deras.

Sungai ini memiliki banyak bebatuan besar yang bisa dijadikan sebagai rintangan saat melakukan kegiatan olahraga arung jeram.

Kamu bisa merasakan sensasi yang menegangkan. Ditambah lagi, di sepanjang arus sungai, kamu bisa melihat pepohonan rindang yang akan membuat suasana menjadi lebih rindang.

4.      Pancur Napitu

Pancur Napitu adalah destinasi wisata baru yang terus dilestarikan serta dikembangkan oleh masyarakat setempat.

Nama Pancur Napitu memiliki arti Pancuran Tujuh. Sebenarnya, tempat ini merupakan sebuah curug kecil yang mempunyai kolam jernih dan cukup besar.

Tempat Wisata di Asahan

Penemu dari tempat wisata ini adalah anak-anak yang masih duduk di bangku SMP bernama Miki Marpaung. Awalnya, tempat ini hanya dijadikan sebagai tempat bermain mereka setelah selesai bersekolah.

Pancur Napitu sendiri merupakan tempat pemandian yang berkonsep menyatu dengan alam. Namun, nyatanya surga tersembunyi ini mampu menarik minat para pengunjung untuk menghabiskan waktu libur mereka.

5.      Danau Kelapa Gading

Danau Kelapa Gading merupakan danau buatan yang dibuat untuk dijadikan sebagai tempat wisata yang dikelilingi air tawar.

Di akhir pekan, akan ada banyak pengunjung lokal yang bersantai dan menghabiskan waktu di tempat wisata di Asahan ini.

Di tengah danau, terdapat sebuah kafe yang dikelilingi lampu his untuk memperindah penampilan sekitarnya dan juga terdapat jembatan penyebrangan untuk menghubungkan kafe dengan pinggiran danau.

Pengunjung bisa melakukan kegiatan seperti, mengelilingi danau menggunakan bebek dayung atau menikmati hidangan yang tersedia di kafe.

6.      Wisata Bedeng 7

Wisata Bedeng 7 menawarkan keindahan sungai dengan air jernih, tenang, dan indah. Terletak di Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan menjadi tempat berenang paling menyejukkan yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Tempat Wisata di Asahan

Selain itu, arus airnya yang tidak terlalu kuat dengan kondisi alam yang bersih akan membuat liburan sobat menjadi tak terlupakan.

Disini terdapat banyak sekali spot foto instagenic, seperti deretan pepohonan hijau, jembatan gantung, serta sarang burung raksasa yang siap membuat feed instagram sobat lebih estetik.

7.      Pemandian Pantai Padas Bandar

Di desa Padang, Kecamatan Bandar Pulau terdapat air terjun cantik nan eksotis bernama pantai padas.

Walaupun namanya Pantai Padas, tetapi yang akan pengunjung temui bukan pantai yang sesungguhnya. Sebenarnya, tempat wisata ini adalah air terjun dengan ketinggian 5 meter dan tidak berbahaya apabila dipakai sebagai tempat pemandian.

Sebelum menjadi objek wisata, tempat ini merupakan tempat galian batu sejak beberapa tahun terakhir. Bekas galian tersebut lalu membentuk undakan air terjun dan jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter.

Sobat bisa mengunjungi tempat ini kapanpun, karena objek wisata ini buka setiap hari dari mulai pukul 08.00 hingga sore hari.

8.      Museum Juang 45 Asahan

Merupakan tempat dimana terdapat banyak benda-benda bersejarah masyarakat Asahan.

Bangunan ini juga menjadi saksi bisu perlawanan rakyat Sumatera Utara terhadap kolonial Belanda pada masa penjajahan.

Tempat Wisata di Asahan

Terdapat berbagai macam koleksi museum, mulai dari pakaian adat suku yang tinggal di Asahan dan miniatur rumah adatanya. Lalu juga ada bermacam senjata bersejarah yang digunakan untuk melawan Belanda.

Bahkan, ada juga alat-alat untuk kehidupan sehari-hari, misalnya seperti alat pertanian, alat perdangan, hingga beberapa perabotan rumah tangga yang masih cukup antik.

Di dalam Museum juga terpampang deretan foto-foto para pahlawan hingga para bupati yang pernah memimpin Kabupaten Asahan.

9.      Ragil Waterboom Kisaran

Beralih ke tempat wisata yang dipenuhi dengan wahana air untuk membuat liburan sobat menjadi lebih seru.

Ragil Waterboom Kisaran berada di tengah-tengah alam yang memukau. Ada banyak fasilitas untuk sobat bermain di tempat ini, seperti kolam renang dan beberapa papan seluncur untuk dinikmati oleh para pengunjung dari berbagai usia.

Ada juga wahana yang cukup menantang, sehingga cocok sekali menjadi tempat bermain anak-anak untuk melatih keberaniannya disertai dengan pemandangan alam di sekelilingnya.

10.  Taman Hutan Kota Kisaran

Taman Hutan Kota Kisaran merupakan kawasan hutan di tengah kota dengan view yang sangat langka.

Tempat wisata di Asahan ini dijadikan sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam membantu masyarakat untuk ikut serta melestarikan hutan beserta seluruh flora dan fauna di dalamnya.

Tempat Wisata di Asahan

Bukan hanya warga sekitar yang sering melakukan kunjungan ke tempat ini, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh awak media, antusias warga dari berbagai daerah cukup tinggi untuk mengunjungi tempat ini.

Selain menghabiskan waktu akhir pekan, pengunjung juga bisa menikmati berbagai jenis hidangan khas dari Kota Asahan dengan harga yang murah meriah.

Selain di Asahan, Provinsi Sumatra Utara juga punya beberapa tempat wisata di Nias yang eksotis. Segera agendakan liburan selanjutnya bersama orang-orang tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *