10 Tempat Wisata di Muara Enim

13 Dilihat

Tempat wisata di Muara Enim termasuk lokasi terbaik untuk berwisata yang ada di Sumatera Selatan. Kabupaten tersebut memiliki lokasi berupa wilayah dataran tinggi di bagian barat daya sehingga cukup banyak pegunungannya. Sedangkan daratan rendahnya terletak di bagian tengah.

Sebagai daerah wisata, Muara Enim memiliki akses yang sangat mudah untuk dijangkau. Selain termasuk tempat favorit untuk berwisata ternyata wilayah ini memiliki banyak potensi komoditas pertanian juga. Seperti sayuran, ubi jalar, kacang tanah, kedelai, jagung, hingga buah-buahan.

Tempat Wisata di Muara Enim

Mengingat lokasinya begitu subur dengan kecamatan sebanyak 22. Luas wilayah Muara Enim sendiri mencapai 7.483,06 km2. Area yang luas tersebut menjadikannya memiliki banyak sumber daya alam melimpah. Sebagian besar wilayahnya pun berupa daerah aliran sungai. Jika ingin berwisata, maka pastikan melihat berbagai rekomendasi tempatnya berikut!

1.      Air Terjun Bedegung

Air Terjun Bedegung mempunyai ketinggian sekitar 99 meter sehingga termasuk sebagai salah satu air terjun tertinggi yang ada di tanah air. Sumber mata airnya berasal dari celah Bukit Barisan. Kemudian air yang ada di wisata ini akan turun ke sungai-sungai kecil. Sampai saat ini masih ada banyak wisatawan ingin menikmati keindahannya.

Hanya saja, tidak diperbolehkan berenang ataupun mandi tepat di bagian palung air terjunnya. Hal tersebut karena arus air cukup kuat. Apabila Sobat ingin bermain air, maka bisa melakukannya di aliran air atau sungai bagian depannya. Untuk turun ke bagian bawah sudah ada anak tangga di samping jalur tracking.

Air Terjun Bedegung Muara Enim, Wisata Keindahan Air Terjun 99 Meter - NativeIndonesia.com

Tempat wisata di Muara Enim ini juga menyediakan jembatan panjang tepat di depannya. Keberadaan jembatan ini menghubungkan sisi kanan dan kiri dari jalur tracking sehingga pengunjung dapat menikmati langsung pemandangan air terjunnya.

2.      Danau Shuji

Danau Shuji sangat cocok menjadi tempat wisata dengan fasilitas lengkap. Mulai dari mushola, gazebo, hingga toilet. Tidak hanya itu, halaman parkirnya juga sangat luas. Pengunjung nantinya dapat menikmati area danau dengan menyewa perahu tradisional maupun perahu bebek.

Tersedia jasa sewa rompi pelampung dengan biaya sangat terjangkau per jamnya. Pihak pengelola sendiri memperbolehkan wisatawan membawa bekal dari rumah asalkan dapat menjaga kebersihan sekitar. Sobat juga tidak perlu khawatir mengenai biayanya karena tiket masuk di Danau Shuji gratis.

Danau Shuji Lembak Kembali Buka Saat Libur Lebaran

Di pinggiran danau sudah ada banyak gazebo untuk bersantai para pengunjung. Danau Shuji sendiri berasal dari jenderal ternama dari Jepang kemudian menetap di wilayah ini. Kemudian masyarakat setempat menjadikannya sebagai nama dari wisata tersebut.

3.      Danau Cecuho

Kabupaten Muara Enim juga menyimpan keindahan wisata berupa Danau Cecuho. Tempat wisata ini sangat populer dengan penyelenggaraan lomba bidar mini tradisional. Kegiatan tersebut bahkan termasuk yang paling meriah di daerah ini.

iStore

Saat perlombaan berlangsung di Danau Cecuho, masyarakat akan memadati seputaran area danau yang memiliki panjang sekitar 650 meter. Sampai saat ini danau tersebut masih sangat erat dengan lomba bidar sebagai tradisi lokalnya. Obyek wisata ini sebenarnya masih tergolong baru.

Akan tetapi masyarakat sangat antusias untuk berkunjung. Terlebih sejak adanya perlombaan biar menjadikan wisatanya semakin ramai. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari ibukota kabupaten. Tersedia banyak fasilitas mendukung seperti perahu untuk menikmati keindahan danau.

4.      Plumeria Ecopark

Plumeria Eco Park merupakan salah satu tempat wisata di Muara Enim bertema edukasi terbaik di Muara enim. Tempat ini didirikan oleh salah seorang dokter setempat, bernama dr. Doli Mauliate Sitompul, Sp.OT. Pembangunannya dilaksanakan sekitar awal 2020. Masyarakat dapat berkunjung kapan saja area rekreasi ternyaman.

Plumeria Eco Park, Destinasi Wisata di Muara Enim yang Pasti Disukai Oleh Anak-anak - Enam Pagi

Untuk menuju lokasi, Sobat hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari pusat kota. Fasilitas yang paling favoritnya adalah area berkuda. Tidak hanya itu, Plumeria Ecopark ini sendiri merupakan area perbukitan dengan pemandangan hijau. Beberapa wisatawan dapat camping untuk menikmati sensasi berada di lokasinya.

Tempat ini juga sering mengadakan festival-festival budaya. Areanya juga terdukung dengan fasilitas lengkap seperti mushola, toilet, hingga warung-warung makanan khas. Untuk dapat memasuki wisatanya, maka Sobat hanya perlu membayar tiket masuk terjangkau kemudian bisa menikmati keindahannya sepuasnya.

5.      Arung Jeram Sungai Enim

Seperti di salah satu tempat wisata di Asahan, spot ini merupakan area sungai dengan arus cukup deras. Terdapat banyak rintangan bebatuan di bagian pinggir dan tengah sungai. Aliran air sungainya akan melewati gugusan tebing dari Bukit Barisan. Jika dinilai dari olahraga arung jeram, maka arusnya memiliki tingkat kesulitan di Grade III dan IV.

Arung Jeram Sungai Enim – wisata sumatera selatan

Adapun jarak arung jeramnya dapat mencapai 12 sampai 25 kilometer sehingga kurang cocok bagi pemula. Hanya pengarung berpengalaman yang boleh melakukan olahraga tersebut serta tetap menggunakan  pemandu. Areanya sendiri sudah sering dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan Kejuaraan Nasional.

Lokasi startnya berawal dari Desa Bedegung, Tanjung Agung. Umumnya pengarung berasal dari para pecinta sport tourism dengan sensasi arung jeram sangat menantang. Pihak pengelola tempat wisata di Muara Enim ini menyediakan 7 unit perahu karet yang dapat digunakan untuk 6 orang termasuk 2 instruktur.

6.      Air Terjun Lemutu

Air Terjun Lemutu atau yang sering disebut dengan Curup Lemutu adalah salah satu wisata terpopuler di area Muara Enim. Terdapat tiga tingkatan pada air terjunnya. Setiap tingkatan mempunyai ketinggian berbeda-beda satu sama lainnya. Pada tingkat yang paling bawah memiliki ketinggan sekitar 10 meter.

Air Terjun Lemutu, Potensi Wisata Terbaru di Muara Enim - Tribunsumsel.com

Kemudian di tingkat kedua air terjun terlihat menyebar dengan bentuk menyerupai tingkatan-tingkatan lebih kecil sekitar 2-5 meter. Pada bagian terakhir atau tingkatan ketiga pengunjung akan melihat keindahan air terjun yang sangat memukau. Objek wisata ala mini sendiri terletak sekitar 40 kilometer dari kota Muara Enim.

Dengan jarak tersebut maka memerlukan perjalan sekitar 1 jam 30 menit memakai kendaraan pribadi. Pengunjung juga dapat memakai transportasi umum di sekitar menuju lokasi wisata ini. Akses menuju air terjun juga sangat mudah. Sobat hanya perlu berjalan sekitar 15 menit saja agar mencapai air terjunnya.

7.      Air Terjun Selingsing

Air Terjun Selingsing bisa Sobat kunjungi menggunakan motor maupun motor. Akses jalannya masih sangat mudah bahkan hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit perjalanan saja. Area air terjunnya cukup lebar serta memiliki tinggi 10 meter.

12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi - iTrip

Selingsing sendiri merupakan istilah perkebunan karet di Sungai Selingsing. Sumber air terjunnya berasal dari sungai sehingga sangat alami. Untuk Masuk ke area wisatanya sendiri pengunjung hanya memerlukan biaya terjangkau. Tempat wisata di Bukittinggi dan Muara Enim dapat Sobat kunjungi setiap hari baik itu weekday ataupun weekend.

8.      Taman Adipura Muara Enim

Pada awalnya, tempat ini merupakan lahan yang dipenuhi oleh semak belukar sekaligus binatang berbisa. Saat ini sendiri lokasinya sudah dijadikan sebagai taman kota di Muara Enim. Taman Adipura Muara Enim sendiri dibangun oleh Bupati setempat bernama Ir. H. Muzakir Sa’I Sohar.

Taman Adipura. Destinasi Nyaman Favorit Keluarga - Sripoku.com

Awal pembangunannya dilakukan sebagai salah satu bentuk dedikasi terhadap masyarakat sekitar karena sudah berhasil mempertahankan Piala Adipura. Proses pembangunannya sendiri bahkan menghabiskan dana hingga miliaran rupiah. Terdapat air mancur menarik mengelilingi tugunya sebagai daya tarik utama.

Pada area tamannya juga memiliki Lorong dengan hiasan lampu LED warna-warni di bagian langit-langit. Selain itu, masih ada banyak fasilitas lain seperti tempat bermain motor mini, mobil hias, hingga mobil RC. Taman ini juga sering digunakan masyarakat setempat untuk berolahraga dengan lingkungan yang nyaman dan bersih.

9.      Tanjung Enim Zoo & Jogging Track

Meski sudah ditutup dalam waktu cukup lama sejak pandemi Covid-19 yang lalu, saat ini wisata Tanjung Enim Zoo & Jogging Track mulai berbenah dan kembali dibuka secara umum. Pembukaannya ditujukan untuk mendukung kegiatan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Jelajah BUMN 2022: PTBA Sulap Bekas Tambang Batu Bara Jadi Area Wisata

Pengunjung bahkan tidak perlu membayar biaya tiket masuk ataupun parkir kendaraan. Sobat bisa datang sesuai jadwal operasionalnya yakni mulai pukul 18.00 sampai dengan 17.00. Wisata ini menyuguhkan berbagai binatang seperti kelinci, rusa burung merpati, hingga marmot.

Pengelolanya juga sudah memberikan berbagai fasilitas pelengkapnya seperti area toilet hingga beberapa jenis koleksi hewan terbaru. Tidak hanya itu, wisata ini juga memberikan kesempatan pada masyarakat untuk membuka usaha baru seperti menjual wortel sebagai bahan makanan binatangnya.

10.  Lubuk Putih

Wisata Lubuk Putih tentunya sudah tidak asing bagi masyarakat Muara Enim. Merupakan salah satu tempat wisata di Muara Enim terbaik dengan spot menarik seperti tempat selfie hingga sewa perahu. Untuk menempuh ke lokasi sendiri juga cukup mudah baik itu menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat.

13 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Paling Hits - Libur.co

Tempat ini sudah dikelola oleh masyarakat tepatnya dari pihak karang taruna desa. Sobat dapat berkunjung kapan saja karena terbuka selama 24 jam dengan tiket masuk gratis. Memiliki nama Lubuk Putih karena awalnya area ini adalah lubuk yang di atasnya terdapat tebing berwarna putih yang terjal dan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *