10 Tempat Wisata di Bengkulu

13 Dilihat

Bengkulu merupakan salah satu ibu kota provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Lokasinya sendiri memang tidak terlalu besar, akan tetapi ada banyak keindahan alam di sekitarnya. Oleh sebab itu, banyak tempat wisata di Bengkulu yang selalu menarik wisatawan untuk mengunjunginya.

Provinsi ini juga cukup terkenal sebagai lokasi ditemukannya spesies bunga terbesar di dunia yang ada di provinsi tersebut yaitu Rafflesia Arnoldi.

Bukan hanya itu saja, daerah ini dahulunya bahkan termasuk koloni Inggris selama sekitar 140 tahun lamanya. Tidak heran jika ada banyak destinasi wisata bersejarah bisa Sobat nikmati. Terutama berbagai bangunan peninggalan zaman kolonial Inggris.

Daftar Tempat Wisata di Bengkulu

Kota tersebut mempunyai luas sekitar 151,00 km2. Kawasannya berawal dari Kesultanan Banten dan Kerajaan Kahuripan. Selain itu, termasuk juga sebagai kota kelahiran istri Bung Karno yaitu ibu Fatmawati. Penasaran dengan keunikan dan keindahan objek wisata di Bengkulu? Yuk saksikan rekomendasi wisatanya!

1.     Pulau Enggano

Merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Bengkulu. Hingga saat ini penduduknya terdiri dari lima suku asli mulai dari Kaharuba, Kaahua Kaharubi, Kauno, hingga Kaitora. Terhitung sekitar 3.000 jiwa menetap di wilayah tersebut. Adapun luasnya mencapai 400,6-kilometer persegi.

Wilayah pulau ini sendiri memiliki 6 desa yaitu Hayapu, Kaana, Malakoni, Meok, Banjarsari, dan Meok. Keseluruhannya tentu bisa mencapai lebih dari 500 kepala keluarga. Terdapat berbagai pantai dengan karakteristik berbeda-beda dengan 5 jenis.

Seperti pasir, pasir karang berlumpur, pasir berkarang, pasir berlumpur, serta pasir karang berbatu. Tentu kehadirannya masih sangat alami serta menjadi lokasi bertumbuhnya mangrove dan terumbu karang. Tidak hanya itu, Sobat juga bisa menikmati Pantai Koomang di pulau ini dengan dasar laut berupa laguna.

2.     Pulau Tikus, Kota Bengkulu

Pulau TIkus dapat Sobat kunjungi menggunakan kapal ataupun perahu. Jaraknya dari ibukota Bengkulu hanya sekitar 10 km saja. Luasnya sendiri mencapai 1,5 hektar. Setelah sampai di lokasi, pengunjung akan disambut area bawah laut yang menawan. Tempat wisata di Bengkulu ini sangat cocok untuk melakukan snorkeling maupun scuba diving.

tempat wisata di Bengkulu

Sebagian daerah pantainya dikelilingi oleh terumbu karang sehingga menjadi pusat keindahan di pulau ini. Jenis karangnya juga sangat beragam seperti montipora, fungia, sarcophito, acroporase, pocillopora, hingga poriter. Keberadaannya menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil sehingga sangat mudah menemukannya di Pulau Tikus.

Tidak hanya ikan, ada banyak juga biota laut lainnya seperti udang, kepiting, hingga lobster yang menghiasi terumbu karang. Pulau Tikus sendiri memiliki mercusuar penjaga di bagian timurnya. Area daratannya penuh dengan berbagai jenis tumbuhan. Seperti pohon kelapa, ketapang, waru, hingga nyamplung.

3.     Air Terjun Sengkuang, Kepahiang

Obyek wisata Air Terjun Sengkuang mempunyai ketinggian hingga 15 meter. Lokasinya sendiri berada di tengah-tengah objek wisata kebun teh Kabawetan. Fasilitas yang tersedia juga menjadikan para pengunjung semakin betah. Mulai dari kamar bilas, tempat duduk nyaman, dan lainnya.

Saat ingin masuk ke lokasinya Sobat hanya perlu membayar biaya tiket masuk dengan harga yang terjangkau. Untuk menuju wisata tersebut ada baiknya menggunakan roda dua maupun roda empat. Terdapat lahan parkir luas dan bagus dengan dua jalur menuju ke air terjunnya.

Salah satunya yaitu dari Desa Sengkuang. Pengunjung dapat menikmati area pemandian dengan air sangat segar. Tempat ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 2014. Lokasinya masih sangat alami sehingga pengunjung bisa menikmati udara segar sekaligus mendengarkan suara burung-burung di hutan.

4.     Pantai Panjang Bengkulu, Kota Bengkulu

Merupakan salah satu tempat wisata di Bengkulu terbaik saat ini. Sesuai dengan namanya, pantai ini mempunyai ukuran paling panjang di Indonesia yakni sekitar 7 kilometer lho. Sedangkan lebarnya mencapai 500 meter. Pengunjung biasanya datang untuk jogging maupun lari pagi dan sore.

tempat wisata di Bengkulu

Kegiatan lainnya yang tidak kalah seru adalah voli di pinggir pantainya. Wisata ini sendiri sudah lengkap dengan warung minuman maupun makanan, spot foto menarik, area parkir, wahana permainan, dan gazebo untuk duduk. Sobat dapat berkunjung setiap hari mulai Senin sampai Minggu karena buka selama 24 jam penuh.

Saat ombak sudah mulai kuat, Sobat bisa memanfaatkannya untuk melakukan kegiatan surfing. Agar lebih seru, pengunjung dapat menikmati permainan mobil ATV di pinggir pantai dengan biaya sewa per 20 menit. Ada banyak pula jasa sewa delman yang cocok untuk digunakan berkeliling sekitar tepi pantai.

5.     Pantai Sekunyit, Bengkulu Selatan

Pantai Sekunyit merupakan wisata alam yang sangat jernih dengan letaknya cukup strategis. Lokasinya sendiri hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Tugu Meriam dan lumaya jauh dari tempat wisata di Muara Enim. Ada banyak fasilitas tersedia seperti gazebo hingga tempat makan. Di sekitarnya juga tersedia banyak patung yang sering digunakan pengunjung untuk mengabadikan foto.

Saat ingin mengunjungi lokasinya, Sobat akan melewati area kebun kelapa sawit milik warga. Pantai ini sendiri cukup populer dengan pasir halus berwarna cokelat. Pasir jenis ini sangat mudah digunakan untuk membuat istana pasir di pinggir pantai.

Memiliki air bersih, Sobat bisa langsung melihat berbagai ikan berenang di batu karang. Pantai Sekunyit juga termasuk sebagai sentra berlabuhnya perahu nelayan. Aktivitas utamanya adalah pelelangan ikan. Tidak heran jika sering dipadati juga oleh para penduduk setempat.

6.     Pantai Sungai Suci, Bengkulu Tengah

Obyek wisata ini terbentang dengan panjang sekitar 2 kilometer. Walaupun memiliki nama Pantai Sungai Suci, sebenarnya tidak ada sungai di wilayah ini. Untuk menempuh lokasinya, maka Sobat perlu melakukan perjalanan dengan jarak sekitar 15 kiilometer saja dari pusat Kota Bengkulu.

tempat wisata di Bengkulu

Ketika sudah sampai lokasinya, Sobat bisa melihat pemandangan laut lepas sampai ke Samudera Indonesia. Tidak hanya terkenal sebagai destinasi wisata, Pantai Sungai Suci juga menjadi lokasi favorit untuk mencari batu akik karena cukup banyak tersebar di tempat ini.

Jika masuk ke daratannya, maka ada pulau kecil yang dapat diseberangi menggunakan jembatan gantung kembar. Pulau ini juga sudah lengkap dengan area bersantai bagi wisatawan dengan suasana sangat rindang. Jembatannya sendiri terbuat dari tali tambang serta potongan papan kayu.

7.     Air Terjun Curug Embun, Kepahiang

Curug Embun termasuk salah satu air terjun terbaik dengan pemandangan sangat alami. Ketinggiannya sendiri lebih dari 10 meter dengan suara percikan dapat terdengar sangat keras dan nyaring. Hal ini juga menyebabkan arus semakin deras dan berhamburan di sekitarnya.

Para pengunjung yang datang tentunya akan dimanjakan dengan suasana sejuk dan segar. Jika beruntung, Sobat dapat melihat pelangi di tengah-tengah percikan airnya. Hal ini umumnya terjadi ketika terik matahari berada tepat di atas kepala sehingga langsung mengenai air terjunnya.

Untuk menuju tempat wisata di Bengkulu ini sangat mudah karena Sobat bisa menempuhnya dengan mengendarai roda empat ataupun roda dua. Akses jalan tersebut juga sudah diaspal. Jika berangkat dari pusat Kota Bengkulu, maka memerlukan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

8.     Air Terjun Curug Sembilan

Bengkulu memang memiliki tempat wisata yang tidak ada habisnya. Termasuk salah satunya adalah Air Terjun Curug Sembilan. Nama tersebut diambil dari jumlah tingkatan yang membentuk air terjun besar dan kecil. Kehadirannya, menjadi satu-satunya air terjun bertingkat-tingkat yang ada di Provinsi Bengkulu lho.

tempat wisata di Bengkulu

Lokasinya sendiri tentu sangat mudah ditemukan. Sobat dapat menikmati pemandangan dengan beberapa air terjun sekaligus. Tidak hanya itu, ada banyak flora dan fauna di dalam hutannya. Lokasi curugnya sendiri dikenal memiliki banyak binatang hutang yang tidak berbahaya.

Saat ingin menuju lokasinya, maka Sobat perlu melintasi hutan lindung. Pengunjung juga perlu berjalan kaki dalam waktu sekitar 1 jam dengan salah satu lintasanya berupa tebing terjal. Meski begitu sekarang ini akses jalan tersebut sudah cukup bagus karena sudah sering dilewati oleh wisatawan.

Air terjun eksotis tidak hanya bisa Anda temukan di Bengkulu saja. Beberapa tempat wisata di Nias juga ada destinasi air terjun yang tak kalah mempesona. Dikarenakan alam di sana masih alami dan banyak pegunungan.

9.     Arum Jeram Air Ketahun

Arum Jeram Air Ketahun memiliki rute rafting sangat menarik. Suasananya sendiri juga sangat sejuk dengan fasilitas lengkap termasuk pemandu profesional.. Untuk jalur arum jeramnya sendiri terdiri dari dua trek yakni jalur wisata dan sport sehingga Sobat bisa memilihnya sesuai keinginan.

Meski termasuk sebagai tempat wisata di Bengkulu baru, akan tetapi lokasinya sudah cukup terkenal. Pembukaan tempat tersebut dilakukan sejak tahun 2016 tepatnya bulan Agustus. Pengunjung bisa menikmati arung jeram dengan sangat puas karena spotnya mencapai 14 kilometer.

Beberapa fasilitasnya seperti peralatan keselamatan diri, transportasi dari lokasi finish menuju start, hingga makanan ringan. Setidaknya terdapat beberapa perahu dengan kapasitas mencapai 6 orang termasuk pemandunya.

10. Bukit Kaba

Awalnya, lokasi Bukit Kaba termasuk sebagai cagar alam dengan tujuan untuk melindungi bunga Rafflesia. Akan tetapi, saat ini sudah dikembangkan sebagai tempat wisata di Bengkulu. Bukit ini sendiri mempunyai ketinggian mencapai 1.938 mdpl.

tempat wisata di Bengkulu

Tentu saja pemandangannya masih sangat alami dan eksotis. Terdapat dua buah kawah dengan warna putih kecoklatan dan hijau. Jika ingin mendaki maka memerlukan waktu sekitar 2-3 jam saja agar bisa menuju ke puncaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *