10 Tempat Wisata di Bengkalis Riau

12 Dilihat

Bengkalis Riau merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Riau yang terletak di wilayah daratan timur Pulau Sumatera. Memiliki julukan “Negeri Junjungan” yang berlokasi strategis karena dilalui jalur perkapalan internasional menuju Selat Malaka. Selain itu juga terdapat banyak tempat wisata di Bengkalis Riau yang eksotis.

Kabupaten Bengkalis Riau menyediakan banyak sekali wisata bahari nan asri yang dapat memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Seiring berjalannya waktu, kepopuleran tempat ini mampu membawa keuntungan bagi masyarakat Bengkalis untuk mengenalkan potensi daerahnya ke luar.

Daftar 10 Tempat Wisata di Bengkalis Riau

Tidak perlu basa-basi lagi, tonton video ini sampai habis agar tidak kelewatan informasi menarik lainnya!

1.      Pulau Beting Aceh

Pulau Beting Aceh merupakan destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan jika kamu mengunjungi Bengkalis. Terletak di bujur Utara Rupat membuat keindahan pulau ini semakin terlihat.

Posisinya berada di hamparan Selat Malaka. Pulau ini menyimpan sebuah kesenian yang bernama Tari Zapin Api yang dijadikan sebagai warisan budaya di Indonesia.

Konon, tarian ini mengandung banyak ilmu mistis yang dipercaya oleh warga setempat. Untuk bisa mengunjungi pulau ini, kamu harus menaiki kapal speed boat terlebih dahulu.

2.      Pantai Lapin

Pulau terluar Rupat di Riau diberkahi dengan banyak pantai cantik yang menjadi kebanggaan masyarakat sekitar. Salah satunya adalah Pantai Lapin yang memanjang hingga 17 km.

Bahkan, banyak pengunjung bilang kalau Pulau Rupat ini bisa menandingi keberadaan Pulau Bali dengan sejuta keindahannya.

Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti bermain pasir, berkeliling menaiki perahu nelayan, menaiki banana boat, permainan jet ski, dan bermain voli pantai.

Karena luasnya area yang ada di pantai ini, mendorong para pengusaha untuk membangun sebuah lapangan sepakbola untuk memberi fasilitas menarik bagi pengunjung.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata di Bengkalis Riau ini, pengunjung harus menyebrang menggunakan kapal dari pelabuhan TPI, Dumai dengan ongkos sebesar Rp99.750/mobil dan Rp6.175/orang.

3.      Pantai Ketapang

Masih dengan keindahan pantai yang ada di Kabupaten Bengkalis, kali ini kita bergeser ke Pulau Rupat, dimana Pantai Ketapang berada.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, kamu harus menaiki kapal nelayan terlebih dahulu dan menyebrangi beberapa pulau. Nikmati jernihnya air selama perjalanan agar tidak bosan dan menikmati keindahan biota bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik.

 Tempat wisata di Bengkalis Riau

Kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan di Pantai ini, seperti berfoto, bermain pasir di pinggir pantai, berenang, atau sekadar berjemur sambil berpiknik ria.

4.      Telaga Suri Perdana

Telaga Suri Perdana merupakan satu-satunya danau yang ada di Bengkalis. Terbentuknya telaga ini tidak terjadi secara alami, melainkan secara buatan.

Pembuatannya didasari karena ketidaknyamanan melihat lahan yang tumbuh dan berkembang sebagai semak belukar yang terbakar di musim panas dan banjir di musim hujan.

Kemudian, lahan tersebut diubah menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi masyarakat, baik dari dalam maupun luar daerah,

Warna air di telaga ini jernih kehijauan, sehingga menambah kesejukannya. Selain itu, tersedia juga fasilitas seperti pendopo, miniatur jembatan, dan kursi buatan untuk wisatawan bersantai.

5.      Harationica Waterpark

Harationica Waterpark yang merupakan wahana permainan air yang selesai dibangun pada akhir 2017 dengan area yang sangat luas dan satu-satunya yang terbesar di Kota Duri.

Sama seperti tempat wisata di Nias, setiap harinya tempat wisata ini selalu menampung banyak pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya untuk rekreasi. Selain bermain air, pengunjung bisa melakukan selfie di beberapa spot foto menarik.

D tempat wisata di Bengkalis Riau ini juga tersedia beberapa fasilitas seperti birthday venue, farewell venue, fun games, outdoor gathering venue, outbound, dan banyak lainnya.

6.      Mangrove Pangkalan Jambi

Mangrove Pangkalan Jambi dijadikan sebagai Pusat Pembelajaran Mangrove di Riau untuk menyadarkan masyarakat seberapa pentingnya keberadaan pohon ini.

Bukan hanya itu, disini pengunjung dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna yang berhabitat di kawasan mangrove. Tempat ini memiliki luas sekitar 300 Ha. Hamparan pemandangan hijau yang mampu menyegarkan mata akan memanjakan siapapun yang melihatnya.

 Tempat wisata di Bengkalis Riau

Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga bisa melihat langsung pengolahan camilan yang diolah dari bahan mangrove, seperti dodol Kedabu, amplang lomek, dan lainnya.

Di dekat pintu masuk, pengunjung akan menjumpai kapal-kapal milik nelayan yang terparkir rapi. Setelah itu, sobat akan melewati tempat penjualan tiket yang dibandrol dengan harga Rp2000/orang.

7.      Pantai Indah Selat Baru

Namanya diambil dari sebuah desa dimana pantai ini berada, yaitu Desa Selat Baru dan bisa sobat tempuh sekitar 30 km dari Ibu Kota Bengkalis.

Kawasan wisata yang letaknya lumayan jauh dari tempat wisata di Aceh ini dengan keindahan pasir kuningnya akan sangat eksotis apabila dinikmati pada sore hari. Pengunjung juga bisa melakukan beragam aktivitas, seperti berselancar, naik perahu, berenang, memancing ikan di pinggir pantai, atau berjemur.

Pantai ini memiliki hamparan pantai yang cukup landau dengan pasir yang halus sepanjang 2 mil dengan jarak dari bibir pantai sekitar 200 meter. Gelombang di pantai ini juga relatif stabil dan tidak berbahaya.

Fasilitas yang tersedia di tempat ini juga sangat memadai untuk memenuhi keperluan para pengunjung, yaitu kamar ganti, kamar mandi, warung, mushola, dan masih banyak lainnya.

8.      Pantai Teluk Rhu

Pantai Teluk Rhu termasuk kedalam pantai berpasir putih dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Memiliki warna air hijau tosca yang membuat penampilannya lebih unik dari pantai-pantai lainnya.

Jangan lewatkan suasana malam di tempat ini untuk sekadar bercengkrama atau menghabiskan waktu ditemani dengan api unggun kecil untuk membangkitkan suasana liburan menjadi lebih seru.

 Tempat wisata di Bengkalis Riau

Beberapa kegiatan seperti menyusuri pantai, berkuda, hingga bersepeda bisa pengunjung lakukan. Tempat ini mendukung sekali apabila kamu ingin menghilangkan penat sejenak setelah melakukan berbagai aktivitas padat sehari-harinya.

Jika beruntung, di pagi hari pengunjung dapat melihat samar-samar perbukitan di negeri jiran Malaysia. Pasalnya, Pantai Teluk Rhu ini langsung menghadap ke Selat Malaka.

9.      Taman Andam Dewi

Tempat ini terletak di jantung Kota Bengkalis dan di tepi laut.  Taman ini menghadap langsung ke gedung regional yang megah, yaitu Datuk Laksamana Raja Dilaut.

Luas area tamannya yakni sekitar 1 Ha yang dihiasi dengan berbagai perlengkapan taman, seperti lampu antik, meriam kuno, air mancur, monumen kuda putih, dan masih banyak lagi.

Pengunjung juga bisa bersantai sembari menikmati berbagai jenis makanan dan jajanan khas Bengkalis yang dijual oleh pedagang di pinggiran.

Tidak hanya itu, sobat bisa mengambil beberapa foto instagramable untuk mempercantik feed akun sosial sobat dan menjadikan taman ini sebagai latar belakangnya.

10.  Pantai Tenggayun

Bengkalis tak henti-hentinya menghadirkan pesona pantai dengan keunikannya masing-masing. Pantai Tenggayun berada di daratan pesisir timur Pulau Sumatera Provinsi Riau.

Nama pantai ini diambil dari nama Desa Tenggayun yang berada di Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

 Tempat wisata di Bengkalis Riau

Di tempat wisata di Bengkalis Riau ini pengunjung bisa berbelanja di sepanjang bibir pantai, karena akan ada banyak pedagang yang menjual berbagai macam jenis kebutuhan, seperti makanan dan aksesoris.

Wisatawan juga bisa menjumpai nelayan yang menurunkan hasil lautnya, bahkan dapat membeli hasil tangkapan mereka.

Disarankan jika ingin mengunjungi pantai ini sebaiknya dilakukan saat air laut surut. Pelataran pasir sekitar 200 meter dari bibir pantai yang menjulang ke arah laut akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk melihat berbagai aktivitas masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *