10 Tempat Wisata di Aceh

18 Dilihat

Aceh adalah provinsi yang terletak di paling ujung barat Indonesia yang bertepatan di Pulau Sumatera. Pasca terjadinya tsunami 2004 yang memakan korban hingga ribuan serta merusak berbagai wilayah serta beberapa tempat wisata di Aceh dengan gelombang ganasnya, kini Aceh kembali asri dengan banyak keindahan di berbagai sudut kotanya.

Masyarakat kembali bangun dan memulai kehidupan baru dengan membangkitkan kembali tempat wisata di Aceh yang tentunya dapat menarik hati para pengunjungnya.

Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

Aceh menyimpan puluhan wisata cantik mulai dari pulau, pantai, danau, hingga tempat-tempat bersejarah yang tak terlupakan. Daripada penasaran, yuk tonton videonya sampai habis!

1.      Pulau Banyak

Pulau Banyak merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh yang merupakan sebuah objek tempat wisata di Aceh eksotis.

Nama “Banyak” diambil karena pulau ini dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pulau ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dengan keadaan laut yang cukup luas dan pantai yang panjang.

tempat wisata di Aceh

Ada banyak daya destinasi liburan yang bisa sobat jumpai di pulau ini. Mulai dari wisata bawah air, mengunjungi pulau kecil tak berpenghuni dengan keasriannya, hingga bersantai di pinggiran pantai.

Selain itu, air laut di sekitar Pulau Banyak juga sangat jernih, sampai-sampai sobat bisa melihat terumbu karang dan aktivitas dari berbagai biota laut dari atas air secara jelas tanpa bantuan alat apapun.

2.      Pulau Kluang

Pulau Keluang yang merupakan surganya para traveler di Aceh Jaya, nih.  Pasir pantainya yang berwarna putih dengan satu tebing kokoh yang menjulang tinggi mampu memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Di Pulau ini, ada sebuah Gua dengan bebatuan tebing yang kokoh. Kabarnya, gua tersebut dihuni oleh kelelawar-kelelawar besar yang menjadi primadona di kawasan ini.

tempat wisata di Aceh

Sobat bisa mengobservasi gua ini menggunakan perahu dan saat air sedang pasang. Karena, gua ini berada di tengah laut. Setelah sampai di dekat tebing, sobat akan terpesona dengan keunikan bentuk batuan yang terbentuk secara alamiah.

Buat sobat yang suka olahraga snorkeling, cocok juga nih merealisasikan hobi tersebut di pantai Pulau Keluang. Bahkan, sobat bisa juga memancing, lho. Karena tempat ini menjadi salah satu surganya para pemancing.

3.      Pulau Rubiah

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memang terdiri dari banyak pulau yang menyimpan keindahan dari setiap sudutnya. Pulau-pulau kecil dengan perairan yang cantik menjadi salah satu tempat wisata di Aceh yang harus sobat kunjungi.

Pulau Rubiah terletak di Sabang sebelah barat laut Pulau Weh. Nama pulau ini diambil dari nama yang tertulis pada sebuah nisan yang ditemukan di tempat ini.

Perairan yang indah dengan keanekaragaman satwa bawah lautnya dapat memanjakan mata siapapun. Ada lebih dari 10 biota laut yang dilindungi di Pulau ini.

tempat wisata di Aceh

Siapkan alat menyelam dan snorkeling sobat dan silakan berenang dengan beraneka ragam ikan tropis juga terumbu karang warna-warninya.

Lupa membawa alat snorkeling? Tidak perlu khawatir, sobat bisa menyewanya dengan harga 40.000 rupiah saja, bahkan bisa digunakan seharian, lho.

4.      Pulau Weh

Pulau Weh menjadi salah satu tempat healing populer yang sering masuk daftar wisatawan. Daerah ini juga disebut dengan Pulau Sabang yang merupakan pulau vulkanik kecil terletak di barat laut Pulau Sumatera.

Pulau Weh juga dikenal dengan ekoturismenya. Sobat bisa menyelam, mendaki gunung berapi, dan menikmati indahnya pantai di resort yang ada di Pulau ini.

tempat wisata di Aceh

Bahkan, keeksotisan lain yang tidak ditemukan di tempat lain, seperti berlayar bersama lumba-lumba, mengunjungi Pantai Anoi Itam yang estetik bisa sobat lakukan.

Dijamin, pengalaman liburanmu akan lebih menyenangkan dan sulit dilupakan. Apalagi sambil berwisata kuliner, mengenal kuliner-kuliner baru yang tersaji akan membuat selera makan semakin membaik.

5.      Pantai Lampuuk

Pulau dengan banyak aneka ragam pantai indah yang terkenal mungkin hanya Bali. Eits, di Aceh juga ada banyak, lho.

Salah satunya adalah Pulau Lampuuk yangmenjadi primadona dari Tanah Rencong. Tempat ini menyediakan pemandangan yang menakjubkan dan cocok untuk mengistirahatkan pikiran sejenak dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan.

Pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia, jadi tak heran jika keindahan ombaknya mampu menarik minat banyak peselancar mancanegara.

Untuk bisa mengunjungi tempat ini, sobat bisa melalui empat jalur masuk, yaitu Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, dan Babah Empat.

Sobat juga akan dimanjakan dengan kehadiran penyu di Pantai ini. Pusat konservasi ini bisa dijadikan sebagai tempat edukasi untuk menjaga dan melestarikan keberadaan satwa endemik Indonesia.

6.      Pantai Ulee Lheue

Pulau Ulee Lheue dengan pesona senja yang memukau dan gelombang ombak yang tenang mampu menghipnotis para pengunjungnya. Terletak di Desa Ulee Lheue dengan jarak tempuh yang cukup dekat dari Banda Aceh.

Disini, sobat tidak akan melihat hamparan pasir putih pantai, karena di sepanjang bibir pantai sudah diberi bebatuan sebagai pemecah ombak. Jadi, sobat tidak akan melihat gulungan ombak besar yang sampai ke daratan.

tempat wisata di Aceh

Ada keajaiban lain yang dipercaya oleh masyarakat pantai ini. Konon, pasir berwarna hitam di sepanjang bibir pantai akan menyembuhkan siapapun yang berjalan di atasnya.

Pantai ini juga memiliki berbagai jenis ikan konsumsi yang bisa sobat dapatkan saat memancing. Bahkan, ada toko khusus buat sobat yang lupa membawa alat pancing dari rumah.

Bosan dengan kegiatan ini? Atau tidak memiliki minat dalam memancing? Tidak perlu khawatir, sobat juga bisa menyewa perahu nelayan untuk menyisir laut di Pantai Ulee Lheue dengan santai.

7.      Danau Laut Tawar

Aceh tidak hanya dipenuhi dengan keindahan pantainya saja, namun objek liburan satu ini tidak akan kalah indahnya, yaitu Danau Laut Tawar.

Nama Danau Laut Tawar sendiri berasal dari Suku Gayo yang menempati kawasan tersebut. Memiliki arti kalau air di danau ini tak asin tetapi tawar. Luas areanya sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17 km dan lebar 3.219 km.

Danau Laut Tawar juga menyimpan fenomena dengan berbagai misteri yang membuat banyak orang penasaran.

Konon, di danau ini ada sesosok putri duyung yang disebut masyarakat dengan nama Putri Ijo. Ada juga makhluk besar bernama Lembide yang keberadaannya masih belum bisa dibuktikan.

Tapi, jangan khawatir ketika mengunjungi tempat ini sobat akan lupa dengan cerita-cerita mistis itu, karena pemandangan di sekelilingnya tak kalah memabukkan. Bahkan terkadang ada ombak-ombak kecil yang sesekali menyapa tepian danau.

8.      Museum Tsunami Aceh

Di nomor ke-8 ada Museum Tsunami Aceh. Museum ini dibangun untuk mengenang kejadian yang menimpa penduduk Aceh pada tahun 2004. Di sini, sobat bisa berwisata sambil belajar mengenai sejarah dan juga peristiwa menegangkan pada saat itu.

Sobat juga bisa merasakan sensasi mencekam saat terjadinya tsunami melalui lorong panjang yang dilengkapi dengan suara gemuruh ombak serta kucuran air.

tempat wisata di Aceh

Museum ini juga menyediakan banyak barang-barang sisa milik korban yang akan membuat suasananya menjadi lebih haru.

Museum ini menjadi salah satu wadah edukasi dan berlindung bagi masyarakat apabila tsunami datang kembali.

Tenang saja, tempat wisata ini dibuka setiap hari kecuali hari jumat mulai dari jam 10.00 hingga 17.00. Jadi, sobat bisa melakukan kunjungan kapanpun.

9.      Masjid Raya Baiturrahman

Dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Masjid ini pernah dibumihanguskan oleh Belanda saat serangan ke Koetaradja atau sekarang disebut dengan Banda Aceh pada 10 April 1873.

Masjid ini sudah menjadi ikon bagi Aceh, sehingga tidak boleh dilewatkan apabila sobat bertandang ke Banda Aceh. Inilah situs bersejarah yang telah ada sejak era kejayaan Kesultanan Aceh dan bertahan hingga saat ini.

Masjid ini telah banyak melalui berbagai kejadian mengerikan, mulai dari tragedi pembakaran hingga hantaman tsunami.

Desain arsitekturnya yang megah dihiasi dengan ornamen-ornamen cantik membuat penampilannya lebih elegan. Bagian atas masjid dibuat sesuai dengan ciri khas masjid-masjid yang ada di Indonesia pada masa itu, yaitu atap limas bersusun empat.

Masjid ini juga dilengkapi dengan kolam besar dan juga pancuran air yang berada di bagian depan masjid, sehingga penampilannya mirip seperti Taj Mahal yang berada di India.

10.  Gunung Leuser

Ingin menikmati indahnya keseluruhan kota Aceh? Sobat bisa ke Taman Nasional Gunung Leuser dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut.

Taman nasional ini meliputi berbagai macam ekosistem asli dari pantai hingga pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis. Merupakan salah satu kawasan perlindungan flora dan fauna terbesar yang berada di Asia Tenggara.

tempat wisata di Aceh

Ada bermacam satwa yang dilindungi di Taman Nasional Gunung Leuser, seperti gajah Sumatra, harimau Sumatra, orangutan Sumatra, dan badak Sumatra.

Bukan hanya sebagai kawasan konservasi saja, namun Pemerintah setempat mengembangkan tempat ini menjadi sebuah tempat wisata di Aceh yang bertujuan untuk mengenalkan kelestarian alam sekitar.

Sobat bisa mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser kapanpun dengan jam operasional 08.00 – 15.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *