10 Tempat Wisata di Sabang

16 Dilihat

Ingin berlibur namun bosan dengan yang itu-itu saja? Tenang, disini akan direkomendasikan tempat wisata di Sabang.

Sabang merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Aceh dan berada di wilayah paling ujung barat Nusantara.

Kota Sabang terletak di Pulau Weh yang memiliki beberapa pulau-pulau kecil yang mengitarinya. Kota ini adalah zona ekonomi bebas dan merupakan wilayah administratif paling barat serta berbatan lagsung dengan Negara tetangga, yaitu India, Thailand, dan Malaysia.

Bukan hanya menjadi lokasi strategis untuk jalur perekonomian, Kota Sabang juga menyimpan banyak surga bumi hingga kental akan etnisnya.

Daripada penasaran, simak 10 tempat wisata di Sabang yang bisa sobat kunjungi saat libur panjang ini!

1.      Pulau Rubiah

Pulau Rubiah merupakan pulau yang terkenal di Kota Sabang. Terletak di sebelah barat laut dari Pulau Weh. Objek wisata yang terkenal di Pulau ini adalah Taman Laut Rubiah.

Taman Laut Rubiah menghadirkan pesona kekayaan alam bawah laut yang paling indah di Sabang. Keanekaragaman biota lautnya masih terjaga dengan baik.

tempat wisata di Sabang

 

Sobat bisa melakukan banyak kegiatan, mulai dari bersantai di pinggiran pantai hingga snorkeling.

Jika mengunjungi pulau ini, jangan lupa juga untuk mencicipi berbagai olahan khas Kota Sabang. Jangan sampai lewatkan kesempatan ini, karena liburan tanpa kuliner, seperti sayur tanpa garam.

2.      Pulau Weh

Pulau Weh terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang berdiri mengelilinginya. Selain itu, Pulau Weh juga dikenal dengan ekoturismenya yang cantik, lho sobat.

Pulau Weh juga mendapat julukan “The Golden Island”, karena terletak cukup strategis di Selat Malaka yang dijadikan sebagai jalur transportasi air internasional.

tempat wisata di Sabang

Bahkan, sejak zaman penjajahan pun Pulau Weh sudah dikenal oleh banyak Negara karena menyimpan berbagai macam rempah-rempah dan kekayaan alamnya.

3.      Pantai Iboih

Pantai Iboih, pantai yang menyimpan keanekaragaman wisata alam nan asri juga elok. Tampilan menakjubkan pasir putih yang berada di sepanjang bibir pantai membuat siapapun terpukau.

Sobat juga bisa mengunjungi hutan lindung dengan garis pantai yang begitu menawan. Banyak pengunjung menyebut temapat ini sebagai “Taman Firdaus” karena keindahan bebatuan yang tersusun rapi di sekitarnya.

Karena kepopulerannya, Pantai Iboih bahkan menjadi ikon kebanggaan Kota Sabang. Pantai yang tenang cocok untuk dijadikan sebagai tempat olahraga air, nih.

4.      Pulau Rondo

Pulau Rondo merupakan pulau terluar Indonesia yang  terletak di ujung utara Pulau Weh. Bahkan, salah satu tempat wisata di Aceh ini berbatasan dengan India.

Merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang sudah dialihfungsikan menjadi tempat wisata. Ternyata tempat wisata di Sabang ini mampu menarik perhatian para pelancong dari berbagai Negara.

tempat wisata di Sabang

Untuk bisa ke Pulau ini, sobat harus menggunakan bantuan kapal motor yang ditempuh dari Ujung Ba’u, Iboih, dan Kota Sabang.

Tidak perlu menyiapkan budget membeli tiket jika ingin kesini, karena semuanya gratis. Sobat hanya perlu menyediakan biaya transportasi kapal motor saja.

5.      Tugu Nol Kilometer

Di zaman penjajahan, Indonesia banyak menyimpan tempat-tempat bersejarah yang dijadikan sebagai monumen untuk mengenang kejadian kelam pada waktu itu.

Sabang juga menyimpan fakta sejarah tersendiri. Salah satunya adalah Tugu Nol Kilometer. Namun, untuk bisa mencapai tempat ini, sobat perlu melewati kawasan hutan, karena letak Tugu Nol Kilometer sendiri tepat berada di tengah hutan.

Saat menyisiri hutan itu, sobat akan menjumpai banyak monyet berjalan bebas. Suasana yang masih sangat asri akan membuat sobat lebih menyatu dengan alam.

Walaupun berada di tengah hutan, sobat tidak perlu khawatir mengenai fasilitasnya, karena semua sudah cukup lengkap.

Dari tempat ini, sobat bisa melihat keseluruhan Pulau Weh yang menakjubkan secara keseluruhan.mulai dari deretan pantai yang eksotis dan perbukitan hijaunya.

6.      Pantai Sumur Tiga Sabang

Wah, anak senja cocok nih datang ke Pantai Sumur Tiga Sabang untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam saat sore menjelang.

Nama Pantai Sumur Tiga sendiri diambil dari sejarah tentang tiga sumur air tawar yang berada di sekitar area pantai.

tempat wisata di Sabang

Pantai ini memiliki keindahan pasir pantai yang putih dengan air yang jernih. Perpaduan pantulan antara keduanya akan membuat sobat terlena bahkan betah berlama-lama.

Di tempat wisata di Sabang ini juga tersedia jasa sewa peralatan menyelam, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Jangan sampai melewatkan wisata bawah lautnya, bercengkrama dan mengenal aneka fauna yang berada di dalamnya bisa menjadi pilihan kegiatan terbaik ketika liburan.

7.      Pantai Gapang

Ingin healing sendirian? Pantai Gapang bisa sobat masukkan ke dalam list tempat liburan, nih. Suasana yang hening di sekitar pantai membuat sobat merasa sedang berada di pulau pribadi.

Selain itu, warna pasir pantainya yang putih membuat pantai Gapang terlihat lebih bersih nan elok.

Air bersihnya menjaga kehidupan bawah lautnya tetap lestari. Bahkan, sobat bisa menemukan berbagai jenis biota laut jika sedang menyelam di pinggiran pun.

Untuk bisa mencapai ke Pantai Gapang, sobat harus melalui perjalanan yang cukup jauh dari Kota Sabang menggunakan transportasi umum, pribadi, atau sewaan.

8.      Air Terjun Pria Laot

Jika bosan dengan objek wisata pantai, sobat bisa menemukan destinasi wisata lain yang berada di Kota Sabang ini. Salah satunya adalah Air Terjun Pria Laot.

Namun, untuk bisa sampai ke tempat ini, sobat harus melalui hutan terlebih dahulu. Setelah sampai di kawasan air terjun, mata akan dimanjakan dengan panorama alam yang sangat asri dan juga menyejukkan karena pohon-pohon hijau yang berdiri menjulang.

Buat sobat yang suka berenang atau hanya ingin berendam, pasti akan puas apabila dapat menyalurkan hobi itu di kolam air terjun ini.

tempat wisata di Sabang

Untuk kedalamannya sendiri yaitu 1,5 sampai 2 meter. Ditambah lagi dengan keberadaan ikan bulan yang akan membuat berendam sobat menjadi lebih asyik karena bisa memberikan sensasi seperti digelitik.

9.      Gua Sarang

Jika di Papua, sobat tau tentang Raja Ampat. Destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam karena bukit-bukit kecil di tengah laut serta keindahan bawah lautnya yang masih sangat terjaga.

Kali ini, tidak perlu jauh-jauh ke Papua, sobat bisa menemukan suasana objek wisata seperti Raja Ampat di Gua Sarang. Banyak orang menyebut Gua sarang sebagai Raja Ampatnya Sabang.

Sebenarnya, tempat wisata ini adalah sebuah gua yang menjadi sarang bagi burung walet. Selain itu, terdapat tujuh gua yang berlokasi di kaki tebing dan juga perbukitan hutan lindung.

Lokasi gua-gua ini berada di tempat yang berbeda-beda, sehingga membentuk seperti hamparan pulau-pulau yang cantik.

10.  Gunung Berapi Jaboi

Mungkin sobat bosan dengan wisata air, cobalah sesekali mengunjungi Gunung Berapi Jaboi yang berada di Kota Sabang.

Berlibur sambil memacu adrenalin dengan melakukan kegiatan trekking di Gunung ini bisa dijadikan sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

tempat wisata di Sabang

Di tempat ini, sobat juga bisa melihat langsung kawah yang masih aktif dengan aliran air hangat yang muncul di sekitarnya.

Kalau belum puas, sobat bisa terus menelusuri tempat wisata di Sabang ini lebih dalam untuk menemukan parit dengan sumber air yang cukup panas, bahkan karena saking panasnya, sobat bisa merebus telur hingga matang di tempat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *