10 Tempat Wisata Di Bangka Belitung

28 Dilihat

Siapa yang belum mengenal provinsi Bangka Belitung? Banyak masyarakat menyebutnya sebagai surganya pemandangan alam yang eksotis. Selain tempat wisata di Bangka Belitung yang menyimpan keindahannya, daerah ini juga terkenal dengan sebagai pengekspor timah paling besar kedua di dunia.

Bahkan sebagian besar timah yang ada di Indonesia asalnya dari Bangka Belitung. Selain itu, wilayah ini juga cukup terkenal akan domisili etnis Tionghoanya. Tidak heran jika sangat mudah menemukan kelenteng hingga kompleks pemakanan China paling besar di Asia Tenggara.

Tempat Wisata di Bangka Belitung Paling Menawan Mana Saja?

Bangka Belitung bahkan terkenal dengan Kota Pangkal Pinang yang dahulunya pernah menjadi ibu kota negara. Hal ini terjadi selama 7 bulan tepatnya pada tahun 1949. Apabila Sobat ingin menikmati keindahan wisatanya, yuk saksikan dahulu rekomendasi destinasi terbaik saat berkunjung ke Bangka Belitung berikut ini!

1.      Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu destinasi yang cukup terkenal karena digunakan sebagai latar film berjudul Sang Pemimpi dan Laskar Pelangi. Karakteristik pantai ini adalah adanya dua semenangjung yang mengapit, yaitu Tanjung Pendam dan Tanjung Kelayang. Kebanyakan pantainya dipenuhi oleh pasir putih serta ratusan batu granit besar.

Batu-batu granit tersebut bahkan tersebar di kedua semenanjungnya, termasuk laut dan bagian depan pantai. Ukuran granitnya juga cukup besar mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik. Di pantai ini sendiri pengunjung dapat melakukan banyak aktivitas.

Mulai dari memancing, berjemur, menyelam, berenang, snorkeling, hingga menjelajah areanya menggunakan perahu karet. Apabila memilih untuk melakukan penyelaman, maka Sobat akan disuguhkan dengan berbagai biota laut sekaligus terumbu karang sebagai rumahnya.

2.      Pantai Parai Tenggiri

Termasuk sebagai pantai terindah di Bangka Belitung dimana masyarakat menyebutnya dengan nama Pantai Hakok. Keindahannya sendiri terletak pada banyaknya batu-batu besar. Akibat adanya banyak deretan bebatuan tersebut orang-orang menjulukinya sebagai Rock Island.

tempat wisata di Bangka Belitung

Apabila Sobat ingin menikmati keindahannya dalam waktu lebih lama, maka bisa menggunakan fasilitas penginapan di resort terdekat. Tersedia banyak fasilitas seperti restoran, area outbound, hingga kolam renang sehingga setiap pengunjung masih bisa menikmati keindahan wisata di pulau ini lebih lama.

Nama Pantai Tenggiri sendiri diberikan karena dahulunya ada banyak nelayan mendatangkan ikan tenggiri di pesisirnya. Sekarang ini tempat tersebut masih menjadi favorit wisatawan saat berlibur. Ada banyak kegiatan bisa Sobat lakukan di sini. Yaitu dengan mencoba berbagai wahana permainan air. Mulai dari parasailing, banana boat, hingga jetski.

3.      Air Terjun Maruyan

Air Terjun Maruyan merupakan salah satu spot pemandian air favorit di Bangka Belitung. Sobat dapat melakukan banyak aktivitas di sekitarnya seperti berenang ataupun mandi air terjun. Untuk spot pemandiannya sendiri terbilang cukup dalam dan luas. Sedangkan spot air terjun lebih kecil serta tidak terlalu dalam sehingga lebih aman.

Agar bisa mencapai lokasi air terjunnya sendiri Sobat perlu memakai kendaraan roda dua. Hal ini karena jalannya cukup sempit sehingga perlu berhati-hati. Akan lebih baik jika memanfaatkan jasa sewa ojek agar bisa menempuh perjalanan lebih efektif sekitar 20 menit dari jalan raya menuju base camp pendakian.

Kemudian Sobat masih perlu lagi mendaki dalam jangka waktu 45-60 menit agar sampai ke spot utama wisatanya. Setiap pengunjung diperbolehkan membawa makanan maupun minuman agar nantinya tetap memperoleh asupan cukup menuju perjalanan. Akan tetapi, pastikan membuang sampahnya secara bijak.

Selain di Bangka Belitung, wisata air terjun yang harus Anda kunjungi adalah air terjun Lembah Anai. Satu dari sekian tempat wisata di Bukittinggi dengan pemandangan alam eksotis.

4.      Danau Kaolin

Danau Kaolin memiliki kejernihan airnya yang membiru dengan sekelilingnya adalah bebatuan berwarna putih. Kejernihan air di danau tersebut bahkan tampak seperti cermin yang mampu memantulkan panorama langit maupun bebatuannya. Rahasia keindahannya ini terbentuk secara alami lho.

tempat wisata di Bangka Belitung

Danau Kaolin sendiri dahulunya menjadi saksi bisu kekayaan tambang di Bangka Belitung. Area ini awalnya merupakan lokasi pertamangan timah dan kaolin sehingga ada banyak lubang serta genangan di sekitarnya. Galian ini sendiri sudah ditinggalkan sejak lama yaitu pada tahun 1971.

Hanya saja, genangan air di galian tersebut terlihat sangat indah dengan warna biru kemudian wisatawan menyebutnya sebagai Danau Kaolin sehingga menjadi spot wisata cukup menarik. Pengunjung bahkan tidak perlu membayar tiket masuk.

5.      Pulau Lengkuas

Ada banyak keindahan alam yang bisa Sobat temukan saat berkunjung ke Pulau Lengkuas. Salah satunya adalah hamparan batu granit di sekitarnya terutama bagian utara dan barat. Jika melihat kembali pada film Laskar Pelangi, maka tentu terlihat lokasi tersebut di dalam latar adegannya.

Wisatawan hanya perlu berjalan kaki di perairan dangkalnya saja apabila ingin mencapai bebatuan tersebut. Saat berkunjung di waktu sore harinya, maka Sobat akan mendapatkan pemandangan dari burung layang-layang di atas langit Pulau Lengkuas.

Pulau ini sendiri dipenuhi dengan pasir putih terutama di sisi timurnya. Khusus bagian ini tampak sedikit istimewa karena tidak ada batu granitnya. Tempat wisata di Bangka Belitung ini juga masih sering dijadikan sebagai lokasi penyu menetaskan telurnya pada beberapa musim.

6.      Batu Belimbing

Termasuk sebagai tempat wisata paling langka di dunia. Pasalnya, hanya terdapat beberapa tempat saja yang memiliki keindahan seperti di tempat ini. Yaitu di Pantai Anambas Riau, Shin Zhuan China, Ayers Rok Australia, serta Batu Belimbing di Bangka Belitung.

tempat wisata di Bangka Belitung

Sesuai dengan namanya terdapat bebatuan granit dengan bentuk seperti irisan-irisan di permukaannya sehingga menyerupai buah belimbing aslinya. Adapun penyebabnya diperkirakan akibat kikisan air dalam waktu sangat lama hingga bertahun-tahun.

Hal tersebut menjadikannya sebagai batu granit dengan ciri khas unik sehingga menjadi daya tarik utamanya. Untuk menuju lokasi, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda 2 dan 4. Tersedia berbagai fasilitas penunjang mulai dari mushola, toilet, hingga area parkir.

7.      Jembatan Kaca Pagoda Nusantara

Ingin mengunjungi tempat wisata di Bangka Belitung yang cukup memacu adrenalin? Jembatan Kaca Pagoda Nusantara yang ada di Bangka Belitung adalah jawabannya. Di bangun di Bukit Rebo, menawarkan keindahan panoramanya yaitu perbukitan tinggi yang sangat asri dan sejuk.

Sebelah sisi pagoda akan berhadapan langsung dengan laut lepas serta sisi lainnya ke arah daratan rendah sehingga terlihat beberapa kawasan penduduk. Warga setempat sekitar lokasi ini juga masih menggunakannya untuk beribadah dan meditasi.

Jembatannya sendiri terdiri dari 3 lapis kaca dengan ketebalan mencapai 3,5 milimeter. Apabila ingin menikmati sensasi berdiri di atasnya, maka hanya diperbolehkan 5 orang saja melewatinya secara bergantian. Di sekitar tempatnya juga sudah ada banyak fasilitas seperti spot selfi, café, hingga restoran.

8.      Padepokan Puri Tri Agung

Termasuk sebagai salah satu landmark paling megah yang sekaligus sebagai tempat ibadah masyarakat Bangka Belitung. Lokasinya sendiri cukup dekat dengan kawasan pantai sehingga jangan meragukan lagi seperti apa indahnya pemandangan alam di sekitarnya.

tempat wisata di Bangka Belitung

Pasalnya, padepokan tersebut terletak cukup tinggi di atas bukit kemudian menghadap langsung ke Laut China Selatan. Adapun bagian bangunan paling unik adalah atapnya karena memiliki tingkat tiga dengan ujungnya membentuk persis seperti topi khas Tiongkok.

Pada dasarnya, Padepokan Puri Tri Agung tersebut merupakan sebuah kuil yang masih digunakan untuk tempat berdoa. Akan tetapi, wisatawan tetap dapat mengunjunginya untuk menikmati arsitektur mewah dan megahnya.

9.      De Locomotief

Merupakan tempat wisata di Bangka Belitung yang memiliki banyak lokomotif tua peninggalan zaman Belanda. Lokasinya memiliki luas sekitar 2 hektar dengan berbagai spot menarik. Saat pengunjung masuk pertama kali maka akan disuguhkan dengan payung-payung bergelantungan di atas kepala.

Untuk menikmati wisata ini pengunjung perlu menyiapkan biaya tiketnya juga. Kawasan ini sebenarnya memadukan area tepi pantai sebagai galeri, museum, sekaligus perpustakaan. Tidak hanya itu, terdapat juga penangkaran penyu sehingga termasuk destinasi unik dan edukatif.

Di Indonesia, peninggalan dari bangsa-bangsa penjajah seperti Belanda, Inggris, maupun Portugis memang sering menjadi spot wisata bersejarah. Seperti Banda Neira yang ada di tempat wisata di Maluku. Yang merupakan sebuah pulau eksotis dengan peninggalan bersejarahnya dari masa lampau.

10.  Pulau Kepayang

Pulau Kepayang yang ada di Bangka Belitung memiliki banyak bebatuan granit dengan ukuran beragam yang berjejer di sepanjang pantai sampai lautan. Luasnya mencapai 12 hektar dengan jarak hanya 2 kilometer dari Pantai Tanjung Kelayang. Untuk menuju lokasi bisa Sobat tempuh menggunakan perahu.

tempat wisata di Bangka Belitung

Panorama Pulau Kepayang terbilang masih sangat alami dan eksotis. Pemandangannya tidak kalah bagus dengan pantai-pantai lainnya karena dipenuhi dengan hamparan batu granit besar serta pasir putih alami. Sobat bisa mencoba aneka olahraga air di tempat wisata di Bangka Belitung ini seperti snorkeling untuk melihat terumbu karang hingga penyu sisik yang cukup langka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *