10 Tempat Wisata di Maluku

12 Dilihat

Maluku adalah salah satu provinsi di Indonesia yang berada di bagian selatan. Termasuk sebagai wilayah kepulauan, menjadikannya sebagai tempat dengan banyak kekayaan alam. Areanya juga didominasi oleh perairan sehingga tidak heran jika tempat wisata di Maluku sudah berkembang sejak dahulu sampai sekarang.

Sobat bisa berkunjung ke Maluku untuk menikmati berbagai wisata menarik seperti halnya ketika liburan di tempat wisata di Takengon. Mulai dari pantai, air terjun, gunung, dan lainnya. Selain menawarkan pemandangan alam yang menawan, masih ada banyak juga objek wisata sejarah zaman penjajahan dahulu.

Tempat Wisata di Maluku Wajib Dikunjungi saat Liburan

Hingga sekarang provinsi ini sangat terkenal dengan berbagai pantai pasir putih dan keindahan koral di pesisirnya yang masih asri dan alami. Penasaran dengan rekomendasi tempat wisata di Maluku paling menawan? Yuk saksikan seperti apa pesona keindahan wisatanya.

1.      Pulau Kei

Merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil. Keduanya tentu mempunyai pesona sangat indah karena lingkungannya masih asli dan belum terjamah banyak pengunjung. Memiliki butiran pasir halus dengan air laut sangat jernih.

tempat wisata di Maluku

Panjang pantainya mencapai 2 km sehingga jika terlihat dari kejauhan tampak seperti pulau berwarna putih. Setidaknya tersedia puluhan destinasi wisata yang bisa pengunjung nikmati di Kepulauan Kei. Pengunjung dapat mencoba menyelam di dalam gua dengan air sangat jernih serta penuh dengan pemandangan stalagmit dan stalaktit.

Pulau Kei sendiri masih ada banyak wisata lainnya seperti Air Terjun Hoko, Bukit Kalvari Sit, Pulau Kelapa, dan masih banyak lagi. Bahkan pasir pantainya termasuk sebagai pasir terhalus yang ada di dunia yang sudah diakui oleh Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif.

2.      Pantai Ora

Pantai Ora memiliki perairan cukup tenang dengan berbagai kegiatan menarik seperti diving dan snorkeling. Pengunjung bisa bersantai di atas hamparan pasir putih yang lembut maupun bermain ayunan di area bibir pantainya. Udara di sekitarnya juga sangat bersih karena terbebas dari polusi.

tempat wisata di Maluku

Salah satu spot wisata terbaik di Pantai Ora adalah Tebing Hatupia. Yaitu sebuah tebing bebatuan dengan bentuk menjulang tinggi ke atas. Sobat bisa menikmatinya dengan berantai di dermaga atau melakukan snorkeling. Sekitar pantai ini juga menyimpan banyak pulau lainnya sehingga sangat eksotis memanjakan mata.

Bagi pengunjung yang ingin menginap maka bisa memanfaatkan resort di sekitarnya dengan konsep ala-ala Maldives. Tersedia beberapa kamar dengan posisi tepat di atas lautnya. Resort tersebut memiliki fasilitas lengkap sehingga cocok bagi Sobat jika ingin mengeksplor keindahan alam di Pulau Ora dalam beberapa hari.

3.      Pantai Sembunyi

Merupakan tempat wisata di Maluku Tenggara Barat yang terbaik. Daya tarik utama berupa dua tebing karang yang berdiri dengan kokoh. Suasana dan keindahan pantainya juga sangat terjaga begitu alami. Sobat bisa melakukan banyak hal di pantai tersebut seperti snorkeling, berenang, ataupun menikmati suasana sejuk di sekitarnya.

Pulau Sembunyi termasuk masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga Sobat bisa lebih puas melakukan aktivitasnya. Bagi pecinta adrenalin bisa mendaki tebing sambal menikmati keindahan pantainya ataupun pulau-pulau lain disampingnya. Yuk langsung saja berlibur ke Pantai Sembunyi!

4.      Pantai Lubang Buaya Morella

Lubang Buaya Morella merupakan salah satu pantai yang lokasinya kurang lebih sekitar 20 km saja dari Kota Ambon. Wisata di Kepulauan Maluku tersebut memiliki area pantai dengan air laut berwarna hijau biru toska. Jarak dari bibir pantai sangat dekat hanya saja tidak terdiri dari pasir melainkan bebatuan alami. Pengunjung dapat menikmati keindahannya dengan menyewa pondok yang terbuat dari bambu dan kayu.

tempat wisata di Maluku

Selain itu, wisata ini juga sudah menyediakan persewaan motor apabila Sobat ingin mengelilingi pantainya. Jika ingin lebih menantang cobalah menyewa perahu kemudian nikmati sensasi berada di sekitar lautan dengan warna indah dipandang mata.

5.      Pantai Jikumerasa

Termasuk salah satu objek paling terkenal di Maluku. Memiliki pasir putih indah dengan suasana masih sangat alami. Gulungan ombaknya terbilang cukup bagus sehingga cocok sebagai tempat wisata para pecinta surfing. Tersedia juga pasir dengan warna putih terang menambah kecantikan destinasinya.

Pantai Jikumerasa juga memiliki Danau Air Asin yang memiliki warna turquoise sehingga sangat indah. Saat air laut pasang, maka akan masuk ke area danau sehingga areanya tidak pernah mengering. Pantai ini sendiri sudah sering didatangi oleh pecinta surfing khususnya pada bulan-bulan tertentu sata ombaknya sudah cukup tinggi sehingga sangat memacu adrenalin peselancar.

Pengunjung juga akan puas menikmati keindahan terumbu karang di bawah laut. Jika beruntung, Sobat bisa bertemu dengan lumba-lumba yang bermain di sekitar laut birunya. Lokasinya sendiri sangat cocok bagi wisatawan apabila ingin menikmati waktu berlibur. Ada banyak fasilitas pendukungnya seperti kios jajanan, gazebo, toilet, penyewaan jet sky hingga peralatan selam.

6.      Pulau Pombo

Pulau Pombo dapat Sobat kunjungi saat berlibur ke Maluku. Merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni sehingga jangan heran jika pemandangan alam sekitarnya masih sangat alami dan natural Kawasan hutannya pun sudah masuk ke dalam cagar alam. Jika ingin menginap, maka bisa bermalam di alam terbuka dengan mendirikan tenda.

tempat wisata di Maluku

Memasuki tengah-tengah pulaunya ada banyak pohon-pohon rindang untuk berteduh wisatawan. Pantai pasir putih tersebut bisa Sobat kunjungi saat musim dingin tiba. Apabila memasuki cuaca buruk, maka ombaknya cukup besar sehingga pastikan memilih waktu tepat saat ingin berkunjung.

Pada awalnya Pulau Pombo berupa daratan baru dengan perairan dangkal kemudian dikelilingi oleh batu karang besar maupun kecil. Sampai saat ini sendiri masih ada banyak jenis biota laut yang masih hidup sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk menyelam maupun diving.

7.      Banda Naira

Banyak orang yang menyebut Banda Naira sebagai surga di timur Indonesia. Hal ini karena suguhan wisatanya berupa pulau tropis dengan spot wisata yang masih sangat alami. Mulai dari terumbu karang, hamparan pasir, biota laut, dan masih banyak lagi lainnya. Pulau Banda juga memiliki tumbuhan aromatik dan hamparan hutan tropis.

Walaupun bukan termasuk sebagai pulau terbesar, akan tetapi ada banyak sejarah tersimpan di tempat ini. Sebenarnya hampir sama dengan tempat wisata di Bukittinggi yang juga menyimpan banyak cerita sejarah.

Nama Banda Neira sendiri bahkan sudah banyak dikenal hingga ke luar negeri. Daerahnya juga dikenal sebagai penghasil pala terbaik di dunia sehingga hal ini menjadi daya Tarik tersendiri bagi bangsa Eropa.

Dengan adanya kekayaan alam tersebut, tidak heran jika dahulunya Bangsa Eropa datang dan berkunjung untuk membeli rempah-rempah. Sementara Bangsa Belanda sempat ingin menguasai pulau ini akan tetapi mendapatkan perlawanan dari penduduk setempatnya.

8.      Air Terjun Telaga Pange

Merupakan salah satu destinasi wisata dengan daya tarik utama adalah air terjun yang eksotis. Ketinggiannya sendiri mencapai hampir 40 meter sehingga pesonanya tidak akan pernah pudar di mata wisatawan. Air terjunnya bahkan tersimpan di tebing bebatuan dengan lokasi berada di tengah-tengah hutan hijau.

tempat wisata di Maluku

Memiliki ketinggian mencapai 40 meter, tentunya ada beberapa trek yang perlu pengunjung lewati untuk menuju lokasinya. Akan tetapi jangan khawatir, begitu sampai lokasi Sobat dapat merasakan kesejukan dengan mandi maupun berenang di kolamnya langsung.

Yaitu tepat di bawah air terjun tersebut. Airnya sendiri memiliki gradasi hijau kebiruan dengan kualitas masih sangat jernih. Tentu Sobat akan sangat dimanjakan dengan nuansa seperti di pemandian milik pribadi yang ada di tengah-tengah hutan yang asri dan rimbun.

9.      Gunung Binaiya

Penikmat ketinggian tentu wajib berkunjung ke Gunung Binaiya. Mempunyai ketinggian mencapai 3.027 mdpl sehingga bisa jadi wisata adrenalin saat ingin mendaki. Sedangkan luasnya mencapai 189.000 hektar dengan medan pendakian bervariasi.

Gunung tersebut bahkan masih berada di dalam Taman Nasional Manusela tepatnya di Maluku Tengah. Meski masih termasuk sebagai gunung berapi akan tetapi ekosistemnya sangat lengkap dan asri. Mulai dari pantai, hutan hujan pegunungan, hutan hujan daratan rendah, rawa, hingga hutan sub alpine.

Tidak jarang juga wisatawan menyebutnya Mutiara Nusa Ina.

Ketika ingin mendaki, pendaki perlu melakukan sebuah tradisi turun temurun terlebih dahulu. Yaitu upacara adat dari masyarakat desa setempat yang nantinya akan dipandu langsung oleh ketua adatnya. Wisatawan nantinya bisa mencapai puncak dengan beberapa jalur pendakian. Mulai dari jalur selatan di Desa Piliana dan Mosso serta Jalur utara di Desa Huaulu.

10.  Lian Hawang

Apabila mengartikannya ke dalam bahasa Indonesia, Lian Hawang berarti goa hantu. Masyarakat setempat sendiri percaya bahwa goa tersebut adalah lokasi bersemayamnya para leluhur. Keindahannya sangat alami dengan air jernih yang menembus ke dasar dinding bebatuannya.

tempat wisata di Maluku

Air dari goa berasal dari sungai bawah tanah yang sudah terhubung dengan sumber mata air yaitu Mata Air Evu. Lian Hawang sebenarnya menyimpan dua buah goa dengan jarak sekitar 15 meter saja. Pengunjung dapat memasuki area dari salah satu tempat wisata di Maluku ini dengan menyelam lewat sungai bawah tanah.

Tentu saja pesonanya sangat menawan ditambah dengan adanya kisah mistik melegenda di sekitar masyarakat setempat. Ketika Sobat memasuki pintu goanya, maka terdapat buah batu sebagai lambing pria pemegang tombak bersama dua ekor anjingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *