Update Universitas Terbaik di Indonesia versi QS World Academic Rankings

Update Universitas Terbaik di Indonesia versi QS World Academic Rankings

Update Universitas Terbaik di Indonesia versi QS World Academic Rankings (Gambar: Pixabay/PatternPictures)

Salah satu situs pemeringkat perguruan tinggi dunia, QS World Academic Rankings baru saja merilis update daftar ranking terbaru (27 November 2020) menjelang akhir tahun ini. Ranking ini bisa dijadikan referensi untuk tahun 2021 mendatang. Ada delapan perguruan tinggi di Indonesia yang masuk 1000 universitas terbaik dunia.

Ada 11 aspek penilaian seperti yang dijelaskan situs TopUniversities (27 November 2020). Dua penilaian besarnya ada pada  reputasi akademik (30%) dan reputasi pimpinan perguruan tinggi (20%). Sementara penilaian menengahnya meliputi rasio mahasiswa serta fakultas (10%), jaringan penelitian internasional (10%) dan publikasi penelitian (10%)

Selain itu untuk penilaian tambahannya meliputi jurnal fakultas (5%), staff PhD atau bergelar doktoral (5%), proporsi fakultas internasional (2.5%), mahasiswa internasional (2.5%), proporsi mahasiswa masuk (2.5%) dan mahasiswa keluar (2.5%). Nilai tersebut lalu dijumlahkan dan ditotal secara rata-rata.

Universitas Gadjah Mada kembali menempati posisi pertama dengan nilai total 37.4. Sementara itu Universitas Indonesia menempati peringkat kedua dengan nilai total 34. Urutan ketiga ditempati oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan skor 33.3.

Jika dilihat dari peringkatnya sendiri sebetulnya tidak berubah dari tahun lalu, yaitu ketiga universitas tersebut masih dipandang sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Hanya saja saat ini ketiga universitas tersebut berhasil menembus peringkat 200-300 dunia. Capaian yang lebih baik jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Update Universitas Terbaik di Indonesia versi QS World Academic Rankings

Menariknya adalah hanya ada dua perguruan tinggi swasta di Indonesia yang masuk daftar ini. Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Bina Nusantara adalah dua dari sekian banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia yang masuk ranking terbaik versi QS World Academic Rankings.

Apapun itu seharusnya perguruan tinggi tidak boleh berleha-leha dengan prestasi ini. Daftar ranking ini hanyalah cara untuk menjadikan perguruan tinggi di Indonesia lebih baik, bahkan di dunia. Acuan indikator yang digunakan juga sudah berubah, sehingga datanya bisa diandalkan sebagai salah satu  cara memandang perguruan tinggi dari indikator tersebut.

Berikut daftar universitas terbaik di Indonesia versi QS World Academic Rankings:

  1. Universitas Gadjah Mada (peringkat 254 dunia)
  2. Universitas Indonesia (peringkat 305 dunia)
  3. Institut Teknologi Bandung (peringkat 313 dunia)
  4. Universitas Airlangga (peringkat antara 521-530 dunia)
  5. Institut Pertanian Bogor (peringkat antara 531-540 dunia)
  6. Institut Teknologi Sepuluh November (peringkat antara 751-800 dunia)
  7. Universitas Bina Nusantara (peringkat 801-1000 dunia)
  8. Universitas Padjajaran (peringkat 801-1000 dunia)

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!