Nama Alat Hadroh beserta Gambar

33 views

nama-nama alat hadrah

Ada yang tahu nama alat hadrah?

Hadroh adalah kumpulan beberapa komponen yang biasa digunakan untuk melafalkan sholawat atau kita biasanya mendengar alat musik yang sering digunakan oleh Habib Syekh dalam melafalkan sholawat, yang disebut hadroh rebana. Bisa juga disebut kumpulan beberapa item dengan nama berbeda dan kemudian digunakan sebagai paket dan disebut satu paket Hadroh Habsyi.

Sedangkan untuk jenisnya, sangat beragam, mulai dari tipe polos hingga ukiran. Dari sekian banyak pecinta sholawat, rupanya tidak semua tahu apa namanya dan bagaimana gambar unit rebana Hadana, apakah Anda termasuk? Jika Anda termasuk, maka Anda harus melengkapi informasi ini, kami ingin berbagi pengetahuan kepada Anda dengan pembhasan nama alat musik hadroh beserta gambar.

Anda perlu tahu, nama-nama alat hadroh bervariasi sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Tetapi di beberapa daerah mereka memiliki sebutan yang sama. Misalnya, nama tamborin di Jawa dan Sumatra mungkin berbeda, tetapi jika wilayahnya masih Jawa kemungkinan besar sama. Secara umum, paket rebana hadroh memiliki 9 komponen utama yaitu 1 Bass, 1 Darbuka, 1 Tung, 2 Keprak dan 4 Hadroh disertai dengan aksesoris seperti 1 Bass Stick, 1 L Key, 1 Stand Mix Bass dan satu paket tas lengkap.

Apa Saja Nama Alat Hadroh?

Dari beberapa nama alat di atas, kami akan mengupas satu per satu secara detail nama alat hadroh beserta gambar untuk menambah wawasan Anda, mari kita lihat informasi di bawah ini yang dikutip langsung dari tempat Jual Hadroh

  • Bass Hadroh Habsyi

Komponen pertama dari alat hadroh yang perlu Anda ketahui adalah “Bass Hadroh.” Seperti yang dapat Anda ketahui bahwa Bass hadroh ini memiliki beragam motif mulai dari motif polos, motif ukiran, bahkan hingga motif air brush.

Bass Hadroh terbuat dari kayu yang kemudian dihaluskan dan selesai hingga siap digunakan. Memiliki ukuran standar atau umum yaitu Diameter 40 cm atau 16 incii untuk mikro. Biasanya bass hadroh memiliki mitra setia bernama Tung Tam. Berikut ini adalah penjelasan tentang tung tams.

  • Tung Tam Hadroh

Bass hadroh tidak akan terlepas dari alat yang satu ini bernama “Tung Tam Hadroh” yang dapat Anda cari di internet. Tung tam memiliki dua jenis, yang pertama adalah kulit dan yang kedua adalah mika, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Dewan Sholawat. Ukuran kompor umumnya berdiameter 25 cm, tetapi jika kompor terbuat dari mika, biasanya menggunakan ukuran 8 incii hingga 10 inci.

Mereka yang telah menggunakan tung mika pada saat ini adalah kelompok hadroh besar syubbanul muslimin. Tam juga sama dengan bass yang merupakan kunci dari permainan musik hadroh. Tam di sini berfungsi sebagai pemain bass sehingga antara bass dan tam harus saling berkoordinasi untuk menghindari kesalahan saat memainkannya

Apakah yang Dimaksud dengan Keprak?

  • Keprak/Keplak Rebana Hadroh

Jika Anda sudah tahu tentang Tung Tam, maka ada komponen lain yang menyertai apa yang biasanya disebut sebagai Keprak. Mungkin di daerah Anda nama alat hadrah ini berbeda, dapat berupa plak atau marawis. Pada dasarnya Anda dapat melihat contoh yang selalu berpasangan secara harmonis.

Keprak adalah alat musik hadroh yang bentuknya mirip dengan hadroh tetapi lebih kecil. Keprak digunakan sebagai sinyal ketika musik naik atau turun. Keprak juga digunakan untuk menambah variasi pada permainan hadroh dan juga untuk memeriahkan/menghibur permainan.

Sama seperti tung, ada dua jenis keprak yaitu bahan kulit dan bahan mika, untuk ukurannya sendiri, jika Anda menggunakan kulit berdiameter 23 cm. Jika mika menggunakan ukuran 8 incii dengan mika yang dapat disesuaikan dengan permintaan perakitan dari Mika Rolling, Powerbeat dan lainnya.

  • Rebana Hadroh

Mungkin beberapa alat di atas lengkap, tetapi paket alat hadroh tidak akan lengkap tanpa alat ini disebut “Rebana Hadroh.” Jika di Jawa biasanya diminta sebagai terbang/terbangan. Hadroh adalah instrumen utama dalam musik hadroh. Hadroh dapat digunakan selama sholawat membaca vokal atau hanya ketika membuat variasi tertentu.

Hadroh terbuat dari bahan berbasis kayu seperti Kayu Mangga, Kayu Mahoni, Kayu Nangka, memiliki ukuran standar dengan diameter 30 cm. Tetapi beberapa rakitan menggunakan diameter 32 seperti Majelis Azzahir dan lainnya.

  • Darbuka Hadroh/Dumbuk

Nama rebana terakhir adalah Darbuka. Ada banyak nama alat ini seperti Calty, Dumbuk, dan siapa tahu berapa banyak yang ada di seluruh Indonesia. Terbuat dari kayu dan ada juga bahan cor aluminium, lebih sedikit untuk Anda lihat dalam salah satu contoh gambar di atas. Darbuka memiliki ukuran mulai dari 8 inci, 83/4 inci hingga 9 inci. bisa juga terbuat dari keramik jika darbuka diterima dari impor.

Dumbuk adalah alat musik seperti drum yang berbentuk seperti burung kormoran, alat ini adalah salah satu alat yang paling populer untuk anak muda karena suara yang dihasilkan sangat bagus. Perbedaannya adalah ketukan dan darbuka yaitu bahan jika penumbukan pada umumnya masih menggunakan kayu atau suka sementara Darbuka sudah menggunakan aluminium dan suara lebih keras.

Deskripsi terperinci dari setiap komponen di atas adalah paket umum dengan model Habsyi atau yang biasa digunakan oleh Habib Syekh. Jika ditambahkan masih ada beberapa tambahan seperti Icik-icik, Riq, Tamborin, tetapi penambahan ini sangat jarang digunakan.

Demikianlah ulasan tentang beberapa jenis nama alat hadroh beserta gambar yang bisa Anda dapatkan di sini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *