Menjadi Muslimah adalah sebuah Amanah

117 views

Menjadi Muslimah adalah sebuah Amanah

 

Muslimah adalah wanita yang beragama Islam dan menjalankan perintah yang diberikan oleh Allah SWT yang terkandung dalam agama. Wanita Muslimah sendiri dianggap sebagai perhiasan dunia dan lebih berharga dari bidadari yang ada di surga. Tentu saja untuk menjadi seorang Muslimah tidaklah mudah, namun bukan berarti Anda tidak bisa. 

Di dalam website muslimah, Anda akan banyak sekali menemukan artikel tentang Muslimah serta agama Islam. Di mana website dijamin membantu Anda untuk menjadi seorang Muslimah yang penuh dengan syukur dan juga tangguh. Tidak hanya itu saja, Anda juga akan mendapatkan informasi berguna seputar make up dan fashion khusus Muslimah.

Cara Memahami Bahwa Muslimah adalah Amanah

Tidak semua wanita yang beragama Islam memahami bahwa beragama saja tidak cukup untuk menjadi seorang muslimah. Apalagi menyadari bahwa menjadi wanita muslimah adalah harus amanah. Mengapa demikian? Hal ini jelas, sebagai seorang muslimah diwajibkan untuk menggunakan jilbab agar aurat tertutup. Di mana dengan memakain jilbab, maka Anda sudah menjalankan sebuah amanah. 

Sudah dijelaskan secara terang pada Al-Quran yaitu dalam Surat al-Ahzab 59 yang bisa ditafsirkan bahwa seluruh wanita yang ada di dunia itu mulai sehingga perlu untuk mengenakan jilbab dan menutup seluruh tubuhnya. Sebab dari sinilah tidak akan diganggu oleh kalangan yang jahil atau akan berbuat buruk. 

Masalah jilbab ini juga diperjelas dalam Surat An-Nur ayat 31 yang berisi: “… Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung di dadanya”

Dari dua surat tersebut, tentu sudah sangat jelas bahwa muslimah adalah amanah besar yang harus dijalankan. Terlebih lagi Allah SWT jelas telah memerintahkan semua wanita muslimah taat untuk menggunakan jilbab. Namun tidak hanya dalam berpakaian saja, sebagai seorang muslimah, Anda juga harus memiliki akhlak dan juga adab baik dalam kehidupan sehari-hari. 

Di mana harus sesuai dengan syariat Islam serta norma-norma yang berlaku dalam agama dan juga masyarakat. Dengan memahami bahwa menjadi muslimah berarti manjalankan sebuah amanah, maka sudah pasti Anda akan menjadi seorang muslimah yang baik dan juga taat kepada Allah SWT. 

Cara Menjadi Muslimah yang Penuh Amanah 

Setelah memahami bahwa muslimah merupakan sebuah amanah, tentu saja mengetahui cara untuk menjadi muslimah memegang teguh amanah juga sangatlah penting. Karena hanya memahami tanpa mengetahui caranya tidak akan membuat Anda dapat memegang amanah yang diberikan Allah SWT. Berikut ini adalah cara untuk menjadi muslimah penuh amanah dikutip dari Lisa Nur Aeni

Menjalankan Shalat 5 Waktu 

Cara yang pertama tentu saja selalu menjalankan shalat 5 waktu. Sholat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan semua orang yang beragama Islam. Di mana tentu saja untuk menjadi seorang muslimah yang penuh amanah harus selalu menjalankan kewajiban ini. Karena shalat adalah pondasi kuat agar manusia selalu ingat akan kepada Allah SWT. Sangat disarankan untuk menjalankan shalat sunah lainnya seperti shalat Dhuha, Tahajud dan lain-lain. 

Menjalankan Rukun Islam Lainnya 

Tidak hanya itu saja, menjalankan rukun Islam yang lainnya seperti puasa, membayar zakat dan haji bila mampu juga merupakan cara untuk menjadi seorang muslimah yang amanah. Menjalankan tiga rukun Islam tersebut akan memberikan Anda pahala besar. Apalagi jika Anda mampu menjalankan ibadah Haji. 

Bagi seorang wanita, mampu menyelesaikan ibadah haji sama dengan berjihad. Seperti yang tertulis dalam hadist mengenai jihat dari seorang wanita memang ada. Namun jihad yang dilakukan oleh para wanita sendiri itu haji dan umroh. Sehingga bagi Anda yang sudah mampu segera tunaikan salah satu jihad yang diperintahkan oleh Nabi.

Memuliakan Suami 

Bagi muslimah yang sudah menikah, memuliakan suami sangatlah wajib. Muslimah adalah seorang wanita beragama Islam yang harus dapat menaati suami, berlaku dengan sopan dan menjalankan kehidupan pernikahan yang berliku-liku dengan ikhlas. Sebagai seorang muslimah hendaknya tidak durhaka terhadap suami. Karena durhaka terhadap suami akan menjadikan Anda sebagai ahli neraka.

Menjaga Kehormatan Diri Sendiri 

Sebagai seorang muslimah yang ingin selalu memegang teguh amanah tentu saja menjaga kehormatan diri sendiri menjadi hal yang paling penting. Kehormatan diri sendiri bagi seorang muslimah adalah sebuah anugerah yang harus dijaga sampai kapanpun. 

Contoh dari kehormatan seorang muslimah yang penuh amanah adalah menghindari zina, selalu menggunakan jilbab dan berpakaian sopan, berdandan tidak seperti laki-laki serta selau menjaga tutur kata dan juga tingkah laku. 

Mendidik Putra Putri dengan Baik 

Jika seorang muslimah sudah memiliki buah hati, mendidik mereka sangatlah penting. Apalagi pendidikan agama dan akhlak agar kelak putra putri Anda menjadi seorang yang sholeh dan sholehah. Dengan mengajarkan akhlak yang baik terhadap anak, maka anak akan selalu berada di jalan agama yang benar serta selalu menghormati orang luar dan lingkungan sekitar. 

Mengerti dan memahami bahwa sebagai muslimah adalah amanah tentu saja tidak mudah. Anda harus dapat selalu terus memegang teguh takwa dan iman agar selalu dapat menjadi individu yang memegang erat ajaran agama Islam. Jika Anda ingin mendapatkan artikel bermanfaat lainnya untuk menjadi seorang muslimah yang baik dan amanah, maka kami akan selalu memberikan artikel bermanfaat untuk Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *