7 Manfaat Daun Jeruk Purut

2.475 views

Manfaat Daun Jeruk Purut

Tahukah Anda bahwa daun jeruk purut adalah salah satu bumbu dapur yang mempunyai kandungan super sehat untuk Anda? Terutama pada bagian daunnya. Manfaat daun jeruk purut bagus sekali untuk kesehatan manusia. Daun jeruk purut banyak digunakan dalam masakan Indonesia.

Tumbuhan ini terkenal di kawasan Asia Tenggara karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Berikut adalah ulasang mengenai kandungan kesehatan dan juga manfaat daun jeruk purut.

untuk tubuh manusia.

Kandungan Gizi Dari Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut telah dikenal dengan aroma khasnya dan sering digunakan sebagai bahan tambahan atau pengawet alami di sebagian besar makanan Asia. Daun jeruk purut berasal dari pohon dengan cabang-cabang tipis. Daunnya hijau muda dengan bentuk oval bulat.

Anda dapat menanam jeruk purutdi daerah tropis Anda, termasuk di depan halaman rumah Anda dan bisa mengambil daunnya kapan pun Anda mau. Daun pohon jeruk purut bersama dengan kulitnya mengandung berbagai senyawa organik yang memberikan manfaat kesehatan. Senyawa-senyawa yang ada di dalam daun jeruk purut itu termasuk:

  1. Limonene

Limonene adalah salah satu senyawa yang bertanggung jawab atas aroma kuat limau dan daun. Limonene telah terbukti membantu berbagai masalah kesehatan termasuk refluks asam dan masalah pencernaan lainnya.

  1. Citronellol

Citronellol atau aldehida terpene ini adalah senyawa lain untuk meningkatkan rasa daun jeruk purut dan juga memiliki sifat antimikroba.

  1. Antioksidan

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak dari daun jeruk purut mampu mencegah radikal hidroksil dan menghambat peroksidasi lipid.

Manfaat Daun Jeruk Purut

Fungsi daun jeruk purut tidak hanya untuk hidangan, namun juga mempunyai sejumlah besar manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Esensi dari tanin, steroid triterpenoid, dan minyak atsiri hadir dalam daun yang eksotis ini. Anda ingin tahu lebih banyak apa manfaat kesehatan dari daun jeruk purut?  Berikut adalah manfaatnya :

  1. Bagus untuk Antibakteri

Daun jeruk purut mengandung zat yang memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus yang merupakan patogen kulit yang umum. Manfaat daun jeruk purut adalah mencegah pertumbuhan bakteri pada luka untuk memudahkan penyembuhan. Daun jeruk  bisa menjadi antiseptik yang efektif. Sifat antibakteri dan bau yang aromatik juga menjadi alasan mengapa daun ini banyak diminati.

  1. Bagus untuk Kulit Sehat

Minyak atsiri dari daun jeruk purut juga dapat membunuh Propionibacterium acnes, bakteri yang ada pada jerawat. Bersama dengan efek anti-inflamasi, daun jeruk purut dapat membantu mengurangi pembentukan jerawat dan pengembangan bekas luka dan cacat.

Terpen dalam minyak jeruk purut, seperti citronellal dan limonene, memiliki kualitas antioksidan. Antioksidan adalah hal yang paling digemari dalam produk perawatan kulit saat ini. Antioksida membantu membalikkan efek penuaan pada kulit dan mempertahankan kecerahan wajah.

  1. Anti Inflamasi

Mengalami sakit tenggorokan atau demam? Jika Anda mengalami hal demikian, berarti ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda karena peradangan organ. Daun jeruk purut bisa digunakan untuk menyembuhkan peradangan dengan bekerja secara efektif dalam penyembuhan tubuh Anda.

Cara terbaik daun jeruk purut untuk dikonsumsi adalah dengan meminum ekstrak daun limaur yang telah direbus dengan secangkir air. Anda dapat menambahkan madu untuk menambah rasa dan lebih baik menyajikannya dalam keadaan hangat. Minumlah secara teratur sekali hingga dua kali sehari selama sakit.

  1. Melepaskan Stres

Daun jeruk purut memiliki komposisi yang sangat kaya dengan anti-oksidan sehingga bisa mengurangi tingkat stres Anda. Esensinya bekerja dengan menstimulasi otak untuk menghasilkan hormon sehingga membuat Anda memiliki kondisi yang lebih baik dan stres bisa hilang.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat maksimal dari daun jeruk purut adalah dengan mengkonsumsinya sebagai bagian dari campuran makanan Anda, misalnya, menuangkan ke dalam salad, saus cabai, dan sup. Anda juga dapat mengkonsumsi manfaat daun jeruk purut dengan merebusnya dan minum air rebusan daun jeruk purut.

Selain daun jeruk purut, adapula berbagai jenis obat-obatan herbal lainnya yang bisa mengusir stress menurut Hitsindo. Anda bisa kunjungi situs tersebut untuk mendapatkan informasi kesehatan lengkap.

  1. Antibiotik

Sedikit orang yang tahu bahwa daun jeruk purut memiliki fungsi antibiotik untuk menjaga tubuh Anda dari penyakit. Ketika Anda sakit atau merasa kekebalan tubuh Anda menurun, jangan buru-buru mengonsumsi antibiotik yang dibeli di apotik. Bisa jadi obat itu mungkin mengandung banyak kontra indikasi.

Mengapa Anda tidak menggunakan obat tradisional seperti daun jeruk purut untuk meningkatkan kekebalan dan kesehatan Anda? Daun ini memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari virus atau bakteri. Cukup minum air rebusan daun jeruk purut setiap pagi sebelum melakukan aktivitas agar berfungsi dengan baik.

  1. Menyembuhkan Influenza

Sedang mengalami influenza? Tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan daun jeruk purut untuk mengalahkan virus influenza. Daunnya dapat menyerang bakteri influenza dengan memproduksi plasma darah putih sebagai kekebalan alami tubuh.

Anda bisa makan daun jeruk purut saat hidangan Anda dicampur dalam hidangan makanan. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam minuman Anda dan membuat influenza hilang.

  1. Meningkatkan dan Merevitalisasi Tubuh

Daun jeruk purut bukan daun biasa. Daun ini memiliki manfaat penting untuk mencegah tubuh Anda menderita virus apapun yang dapat membuat tubuh Anda sakit atau menghancurkan sel-sel sehat Anda.

Mengkonsumsi daun jeruk purut dapat merevitalisasi sel-sel tubuh Anda dan menghasilkan sel-sel yang lebih sehat untuk meningkatkan metabolisme Anda dengan baik.

  1. Anti-Bakteri

Anti-bakteri adalah salah satu fungsi paling penting dari daun jeruk purut yang dapat menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Jika tubuh Anda tidak mengandung bakteri, penyakit tidak akan datang dan menghancurkan kekebalan tubuh Anda.

Anda dapat mengkonsumsi daun jeruk purut secara langsung sebagai makanan campuran atau menggabungkannya dengan air infus Anda sebagai minuman sehat Anda.

Wah, sungguh luar biasa bukan melihat bagaimana kandungan daun jeruk purut memberikan manfaat ke dalam kesehatan Anda? Tunggu apalagi, segera konsumsi dan dapatkan manfaat daun jeruk purut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *