19 Adab Makan dan Minum yang Harus Diamalkan

180 views

Adab Makan dan Minum

Adab makan dan minum sudah diatur dalam ajaran agama Islam. Termasuk bagaimana adab yang harus dilakukan. Setiap muslim tentunya harus memperhatikan adab makan dan minum yang baik. Selain sopan, juga baik untuk kesehatan.

Makan dan Minum dalam Islam

Adab makan dan minum dalam Islam tentunya menirukan apa yang telah dilakukan oleh Rasululloh. Beliau mengajarkan bagaimana tata cara yang benar saat menyantap makanan ataupun saat selesai makan. Salah satunya adalah membaca doa.

Islam mengajarkan secara detail bagaimana cara makan dan minum yang baik. Jadi, Anda tidak bisa suka-suka saat makan dan minum. Baik di rumah ataupun di tempat umum lainnya. Seseorang yang memperhatikan adab tentunya akan lebih dihormati.

Adab Makan dan Minum dalam Kehidupan Sehari-Hari

Makan dan minum tentunya tidak boleh dilakukan sesukanya. Penting kiranya memperhatikan adab saat Anda sedang makan dan minum. Walaupun hanya perkara sepele namun adab makan dan minum kerap kali menjadi perhatian orang. Berikut contoh adab makan dan minum:

1. Makalah yang Baik dan Halal

Saat makan dan minum tentunya harus mengkonsumsi makanan yang yang halal. Karena setiap makanan akan masuk ke dalam tubuh. Jika makanan tersebut tidak halal, maka tubuh juga tidak mendapatkan barokahnya.

Ayat diatas memerintahkan kita untuk memakan makanan yang baik. Dengan makanan yang baik, Allah akan menambah rezeki umatnya.

2. Jangan Meniup Makanan

Makanan yang ditiup akan terkontaminasi dengan zat yang berbahaya. Kebanyakan orang melakukan hal ini dikarenakan nasi yang masih panas. Tahukan Anda bahwa yang keluar dari mulut adalah karbon dioksida? Zat tersebut berbahaya bagi kesehatan.

3. Tidak Secara Berlebihan

Makanlah secukupnya saja. Makan yang berlebihan cenderung menumpuk beberapa lemak di dalam tubuh. Hal ini bisa menimbulkan beberapa penyakit, diantaranya, stroke dan obesitas. Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam mengatur pola makan yang baik dan benar.

4. Memuji Makanan

Adap makan dan minum berikutnya adalah memuji makanan. Dengan memuji makanan secara tidak langsung, Anda merasa bersyukur dengan karunia yang diberikan oleh Allah. Semakin banyak bersyukur, Allah akan memberikan rezeki yang lebih.

5. Membaca Basmalah saat Makan

Membaca basmalah merupakan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari hari yang bisa dengan mudah dilakukan. Dengan membaca basmalah, berarti Anda menyebut kalimat toyyibah dan mengucap syukur atas berkah yang diberikan Allah.

Makanan yang dimulai dengan bismillah, akan lebih terasa nikmat dan berkah. Selain itu, Anda juga akan diberikan kebaikan dari makanan tersebut. dan pastinya Allah akan memberikan rezeki yang lebih di kemudian hari.

6. Memulai Dengan Tepi

Saat makan mulailah makanan yang berasa di tepi. Jangan langsung menghabiskan tengah-tengah. Makanan yang dimulai dari tepi cenderung lebih nikmat. Apalagi jika makanan tersebut masih hangat. Pastinya anda akan merasakan kepuasan tersendiri.

7. Menggunakan Tangan Kanan

Saat makan dan minum, gunakan tangan kanan. Karena setan menggunakan tangan kiri saat makan dan minum. Jadi Anda tidak boleh makan menyerupai setan. Makanlah dengan adab yang diberikan olah Islam dan lakukan setiap harinya.

Hadits diatas merupakan beberapa kumpulan hadits tentang adab makan dan minum. Tangan kanan merupakan tangan yang baik. Karena kebanyakan hal kotor menggunakan tangan kiri. Dalam kehidupan sehari-hari, aneh rasanya jika makan menggunakan tangan kiri.

8. Memberi Makan Orang Lain dengan Baik

Saat memberi makanan Anda harus mengatakan dengan ucapan yang ramah. Selain itu, makanan yang diberikan juga harus enak dan halal. Jangan sampai memberikan makanan yang sudah lama ataupun makanan yang hampir basi.

9. Tidak  Makan dan Minum Sambil Berdiri

Tidak makan dan minum sambil berdiri merupakan hal sepele yang harus dilakukan. Dengan melakukan adab makan dan minum ini akan terlihat lebih sopan. Dalam kesehatan minum dengan berdiri akan membuat minuman tidak terserap secara sempurna oleh tubuh.

10. Makan dan Minum dengan Tangan

Makan dan minum dengan tangan merupakan hal yang sunah untuk dilakukan. Namun, perlu kiranya memperhatikan apa saja yang akan dimakan. Jika Anda makan bakso, tidak mungkin menggunakan tangan. Gunakanlah sendok, jangan menggunakan yang terbuat dari emas dan perak.

11. Kadar Makan yang Baik

Makan yang baik ialah makan-makanan yang tidak berlebihan. Makan sesudah lapar dan berhenti ketika akan merasakan kenyang. Komposisi makanan juga harus diperhatikan, mulai dari vitamin, serat, protein dan zat penting bagi tubuh yang lain.

12. Tidak Mencaci Makanan

Adab makan dan minum ala rasulullah agar tidak mencaci makan yang telah dimakan. Karena sesungguhnya semua makanan itu merupakan rezeki yang Allah berikan. Jika dirasa kurang suka maka tinggalkanlah, namun jangan sampai anda mencaci makanan tersebut.

13 Keutamaan Membagi Makanan

Jika mempunyai makanan yang lebih, tentunya jangan melupakan orang disekitar. Perlu kiranya Anda membagikan beberapa bagian dari makanan tersebut. baik tetangga ataupun saudara. Dengan begitu, ukhuwah akan tetap terjaga.

14. Tidak Meniup Minuman

Seperti halnya makanan, minuman yang panas juga tidak boleh ditiup. Jika ingin cepat dingin maka gunakanlah piring atau tempat lain agar minuman cepat terkena angin dan menjadi lebih dingin. Minuman yang panas akan merusak gigi.

15. Berkumpul untuk Makan Bersama

Makan bersama merupakan kegiatan yang sunah. Hal sepele ini bisa Anda lakukan bersama dengan keluarga tercinta. Semakin sering makan bersama maka akan semakin harmonis keluarga tersebut. Makan bersama tidak harus di restoran mahal, namun di rumah yang dimiliki.

16. Posisi Duduk Ketika Makan

Saat makan, tentunya harus memperhatikan posisi duduk yang baik. Jangan mengangkat kaki terlalu tinggi. Apalagi jika Anda berada di tempat umum. Jika melakukan posisi duduk yang salah, orang akan mengira tidak memiliki sopan santun yang baik.

17. Makan Bersama Pembantu

Jika Anda memiliki pembantu. Ajaklah mereka makan bersama. Karena sejatinya derajat manusia sama. pembantu bukan berarti orang yang bisa disuruh dengan sesuka hati. Namun mereka juga bekerja demi menghidupi anak dan keluarganya.

18. Mendahulukan Makan dari Shalat Isya

Jika lapar saat malam, maka makanlah dahulu. Jangan sampai saat melakukan shalat perut dalam keadaan lapar. Lapar akan mengganggu tingkat kekhusyukan dalam beribadah. Seseorang yang kenyang cenderung lebih fokus dalam melakukan ibadah.

19. Membaca Doa Setelah Makan

Jika Anda selesai makan, maka bacalah doa. Doa tersebut merupakan cerminan dari rasa syukur terhadap rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Sehingga, rezeki juga akan bertambah setiap harinya. Terkadang seseorang cenderung lupa membaca doa saat selesai makan.

Ayat diatas menerangkan bahwa banyak fadhilah yang bisa didapatkan dengan membaca doa setelah makan. Lakukan setiap harinya secara istiqomah.

Dengan melakukan adab makan dan minum menurut Islam setiap harinya. Secara tidak langsung akan menjadi pribadi yang baik. Karena semua ajaran dalam Islam mengajarkan kebaikan. Makan dan minum hanya merupakan salah satu contohnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *