3 Masjid Tertua di Indonesia Berusia Hingga Ratusan Tahun

1 views

Masjid Tertua di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Tentu tidak menjadi hal yang mengherankan apabila terdapat banyak bangunan masjid di tanah air ini. Beberapa masjid tersebut bahkan sudah berusia hingga ratusan tahun. Lantas, apa saja masjid tertua di Indonesia tersebut?

Ini Dia 3 Masjid Tertua di Indonesia

Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam yang sudah banyak tersebar di Indonesia. Keberadaannya bahkan sangat bersejarah dan masih bermanfaat untuk melakukan kegiatan ibadah meski memiliki usia yang cukup lama. Berikut beberapa daftar masjid tertua tersebut:

Masjid Tuo Kayu Jao

Anda mungkin masih sedikit asing dengan masjid yang satu ini. Masjid tersebut terletak di Jorong , Kayu Jao tepatnya di Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat. Lantas, mengapa bangunan ini termasuk yang tertua di Indonesia? Masjid Tuo Kayu Jao ini memang sudah berdiri sejak tahun 1599.

Pada saat itu, pembangunan masjid masih terpengaruh dengan desain atau corak daerah Minangkabau. Masjid tersebut juga menyediakan tatanan atap dengan jumlah tiga tingkat yang semuanya terbuat dari ijuk. Adapun ketebalan dari atap tersebut sekitar 15 cm saja.

Masjid Menara Kudus

Anda bisa menjumpai tempat ibadah umat Islam ini di Desai Kauman, Kec. Kota, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Masjid Menara Kudus memang termasuk salah satu yang tertua di Indonesia. Sesuai dengan namanya, bangunan tersebut terbangun berkat Sunan Kudus.

Adapun pembangunan masjid ini sudah terlaksana sejak tahun 1549. Tidak heran jika sampai saat ini termasuk sebagai yang tertua. Bentuk bangunannya juga terbilang sangat unik. Terdapat menara yang menggambarkan budaya Hindu dengan Islam di zaman dahulu.

Masjid Mantingan

Masjid tertua yang satu ini berada di Desa Mantingan, Kec. Tahunan, Kota Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Adapun pendirian bangunan tersebut sudah terlaksana sejak tahun 1559. Yakni berkat campur tangan Kesultanan Demak pada saat itu.

Arsitektur dan jam digital masjid ini sendiri cukup berbeda dengan lainnya. Terlihat coraknya mirip dengan gaya arsitektur China. Meski begitu, bangunan tersebut ternyata sudah menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam yang cukup berpengaruh pada zaman dahulu. Tepatnya di daerah pesisir Pulau Jawa.

Itu tadi beberapa informasi tentang masjid tertua di Indonesia yang bisa Anda ketahui. Selain beberapa masjid tersebut, tentu saja masih ada berbagai bangunan ibadah lainnya yang memiliki usia cukup tua. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa agama Islam memang sudah tersebar lewat masjid-masjid tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.