7 Lembaga Kursus Bahasa Arab Tertua di PARE Kampung Inggris

Bahasa Arab di Kampung Inggris Pare
Pixabay.com

KURSUS BAHASA ARAB PARE– Bila kesempatan yang lalu saya membahas mengenai 11 Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Pare, tak ada salahnya saya juga akan mengulas sedikit wawasan mengenai 7 lembaga kursus Bahasa Arab di Pare Kampung Inggris.

Sebelum Ada membaca artikel ini, ada baiknya pula Anda membaca Manfaat Belajar Bahasa Arab agar Anda tahu betapa besarnya peranan Bahasa Arab; tak kalah dengan eksistensi bahasa-bahasa lainnya.

Kampung Arab di Kampung Inggris

Ternyata, di Kampung Inggris Pare juga ada lho Kampung Arab. Maksud saya di sini adalah sebuah perkampungan yang di dalamnya terdapat masyarakat yang menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa kesehariaannya.
Uniknya, Kampung arab ini terletak di sebelah Kampung inggris Pare. So, apabila Anda sedang belajar Bahasa Inggris di pare, tak ada salahnya Anda juga mempelajari Bahasa Arab.

Di Kampung arab pun tak jauh berbeda dengan keadaan Kampung inggris. Di sana, Anda bisa mengajak masyarakat untuk bercengkrama dengan Bahasa Arab; tentu dengan bahasa yang fasih juga.

Anda mungkin akan dibuat kagum dan terheran-heran karena di sana baik anak-anak maupun orang tua bisa mempelajari Bahasa Arab. Entah dari mana belajarnya, pastinya mereka sudah terbiasa dengan Bahasa Arab melalui pendengaran maupun media-media lainnya.

Bila Anda berniat belajar Bahasa Arab, tak jauh berbeda pula bila Anda belajar Bahasa Inggris. Anda bisa menyesuaikan materi apa yang akan Anda ambil, keperluan bagian dari bahasa apa yang akan Anda perdalam, atau bahkan Anda akan memulainya dari dasar? Laa Baksa!

9 Lembaga Kursus Bahasa Arab di Kampung Pare

1. Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Busayyith

Kursus Bahasa Arab AL - BUSAYYITH

Lembaga ini sudah cukup tua, sudah sekitar 17- an tahun berdiri, tepatnya tahun 2001. Konon, lembaga inilah lembaga Bahasa Arab tertua di Pare yang dahulunya dibangun bersama Mr. Kallen.

Letak lembaga kursus ini berada di Jalan Asparaga 91 Tegalsari, Tulungrejo, Pare, Kediri. Anda bisa belajar mulai dari muhadatsah, shorof, irob sampai balaghoh.

Menurut saya, lembaga ini sangat cocok untuk Anda yang sudah belajar Bahasa Arab sebelum-sebelumnya, baik di Pondok pesantren maupun di lembaga lainnya.

Lembaga ini sangat unik gaya pengajarannya, mulai dari muhadatsah, Anda akan diberi beberapa mufrodat untuk 1 tema. Jadi, semisal Anda memperoleh tema haji, Anda akan diberikan 10 mufrodat dan dengan 10 mufrodat tersebut Anda dibimbing untuk menghafal, membuat percakapan, kalimat tanya, jawab, presentasi dan menceritakan ulang.

Di kelas muhadatsah tersebut, Anda akan benar-benar diajak untuk praktek secara langsung bagaimana merangkai Bahasa Arab yang benar. Di Al Busayyith, Anda akan diberikan pemahaman mengenai penggunaa Bahasa Arab yang di-indonesiakan versus Bahasa Indonesia yang di-arabkan. Ya buktikan sendiri perbedaannya hehe..

Di kelas lainnya, Anda juga bisa belajar seperti nahwu shorof, sampai balaghoh. Anda akan dibekali berbagai rumus simple mulai bagaimana cara membaca kitab kuning dan mengartikan teks Bahasa Arab secara benar.

Anda juga diwajibkan untuk mendengarkan ceramah berbahasa Arab setiap hari selama satu jam. Di akhirnya, Anda akan menghadapi ujian bersama syeikh-syeikh dari Mesir dan Arab.

So, lembaga kursus ini cocok banget buat Anda yang akan memperlancar muhadatsah sebab di sana sudah menggunakan percakapan ala Arab baik cara berbicara intonasi, diksi yang dipilih sampai hal-hal kecil dalam berkomunikasi.

2. Lembaga kursus Bahasa Arab Kanzul Lughah

Kursus Bahasa Arab Kanzul Lughah

Berdekatan dengan Al Busayyith, lembaga Kanzul Lughoh juga sayang untuk dilewatkan. Lembaga kursus ini terletak di Jalan Asparaga No. 82 RT/RW 5/15 Tegalsari Tulungrejo Pare Kediri 64212.

Diasuh oleh seorang Kyai Muda, lembaga ini menggunakan perpaduan metode salaf dengan metode kholaf (modern). Dalam pembelajarannya, kursusan ini lebih mementingkan qowaidnya terlebih dahulu, sebab dengan qowaid diyakini mampu membuat siswa dapat mempraktekkan Bahasa Arab dengan benar, baik dari percakapan, membaca maupun dalam menulis Bahasa Arab.

Tak heran bila lembaga ini memang terkenal dengan qowaidnya, yakni mempelajari dasar-dasar grammatical dalam Bahasa Arab.

3. OCEAN

Lembaga Kursus Bahasa Arab OCEAN

Kursus Bahasa Arab OCEAN Pare terletak di Jalan Sakura Tulungrejo Pare – Kediri. OCEAN hadir untuk membantu Anda mempelajari Bahasa Arab dengan mudah dan cepat dalam waktu yang relatif singkat dengan metoda yang menarik dan inovatif.

Model variasi pembelajaran Bahasa Arab diterapkan di sini, baik Bahasa Arab Formal sampai Bahasa Arab gaul. Semua akan dibahas di OCEAN dengan efektif dan menyenangkan.

Di OCEAN, Anda juga akan dituntut untuk menghafal banyak mufrodat, terlebih fi’il (kata kerja). Nantinya, diharapkan Anda dapat berbicara secara lancar dan fasih sebab rumus utama dalam sebuah bahasa adalah fi’il.

4. Lembaga Kursus Bahasa Arab Al Azhar

Al Azhar Kampung Pare

Lembaga kursus selanjutnya dinamakan Al Azhar. Lembaga ini menyediakan kelas yang lebih lengkap tinimbang kursusan lainnya, mulai dari qowaid sampai kelas manhaji.

Terletak di jalan Cempaka no.29 Tegalsari Tulungrejo, Kediri 64212, lembaga ini hadir dengan metode yang cukup unik; cocok untuk Anda yang benar-benar dasar belum memahami Bahasa Arab sedikit pun.

Di kelas dasar, Anda akan mempelajari Bahasa Arab dengan Metode Tamyiz, metode ini bukan hanya cocok untuk kalangan anak kecil, bagi yang sudah dewasa, Anda pun bisa mempelajarinya untuk mendapatkan sebuah metode pembelajaran Bahasa Arab yang menyenangkan untuk anak cucu Anda kelak.

Di tempat kursusan ini sangat dikenal dengan 2000 mufrodatnya, so bila Anda ingin memperkaya kosakata Anda, bisa Anda peroleh di lembaga kursusan ini.

5. El Barqie

El Barqie, atau ITC juga merupakan salah satu kursusan Bahasa Arab. Kursusan ini terletak di Jalan Brawijaya Nomor 16 Singgahan Pelem Pare Kediri Jawa Timur.

Lembaga kursusan ini merupakan lembaga kursusan Bahasa Arab yang menggratiskan siswanya dari semua pembiayaan. Itu dulu hehe…

Lantaran kurang peminat, maka dari para panitia merubah kursusan di El Barqi menjadi berbayar dan Alhamdulillah perkembangannya luar biasa.

Kursusan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mempelajari qowaid khas Timur Tengah. Anda juga bisa praktek secara langsung di sana sebab di sana terdapat masjid yang cukup nyaman untuk Anda bercakap-cakap dengan Bahasa Arab.

6. Al Farisi

Al-Farisi, sebuah tempat Kursus Bahasa Arab yang terletak di jalan Sakura, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Tempatnya lumayan besar untuk sebuah Tempat Kursus karena didalamnya ada 4 buah kamar dengan ukuran 3×3 serta ruang tengah yang biasa dipakai penghuninya untuk sholat berjama’ah, mudzakarah dan menonton televisi.

Bangunan asrama utama Al-Farisi sendiri terletak diantara rumah-rumah warga. Dan asrama ini pun juga merupakan rumah warga yang disewa oleh pihak Al-Farisi. Selain asrama, Al-Farisi juga mempunyai ruangan untuk kegiatan belajar mengajar yang biasa kami sebut Markaz. Tempat ini terletak di belakang bangunan Asrama.

Markaz adalah sebuah tempat berupa bangunan beratap genteng yang hanya berdinding semen pada ketiga sisinya dan berlantai semen yang dilapisi oleh tikar.

Al-Farisi dipimpin oleh seorang Ustadz muda asal Jawa tengah. Nama beliau Ustadz Salman Faroh. Beliau lah yang merintis Al-farisi dari awal, dan setelah beliau menikah, barulah beliau mengurus Al-farisi bersama-sama dengan istri beliau. Rumah beliau terletak disamping bangunan asrama. Selain ditinggali, rumah tersebut juga sekaligus menjadi kantor dari Al-Farisi.

7. Al Aqsa

Kali ini jauh dari lembaga kursus yang lainnya, terletak di Jalan Flamboyan Nomor 96 Tulungrejo Pare, Kursusan Bahasa Arab Al Aqsa jug menjadi salah satu pilihan para pelancong untuk belajar bahasa Arab.

Salah satu hal yang unik di sana terdapat dapur bersama di dalam asrama. Dengan demikian, siswa yang belajar di sana tidak perlu repot jajan di luar karena sudah dijadwal masak bareng melalui iuran per-siswanya.

Tempat belajarnya pun sangat asyik berada di bawah pohon yang terdapat sebuah panggung yang lumayan besar. Di sana Anda bisa merasakan nuansa pedesaan sambil belajar bahasa Arab.

Barangkali cukup sampai di sini perjalanan di Kampung Arab, adapun jika para sahabat ingin tukar menukar Tips Belajar Bahasa Arab atau pernah belajar di kursusan selain yang disebutkan di atas bisa share pengalamannya melalui komentar hehe…

Shokran Jazakallah…

Founder ACADEMIC INDONESIA — Mahasiswa Program Magister (S2) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Follow me @zamhari_jogja

One thought on “7 Lembaga Kursus Bahasa Arab Tertua di PARE Kampung Inggris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *