Cara Memasang Parabola Mini Terbaru

Cara Memasang Parabola Mini

Pernah mendengar istilah jual parabola di Semarang atau jual parabola Semarang? Jika pernah, tentu Anda tidak akan asing lagi dengan parabola mini. Model ini telah menjamur di Semarang, dan cara memasang parabola mini pun tidak sesulit yang kita bayangkan.

Mempunyai parabola sendiri adalah salah satu upaya yang biasanya dilakukan masyarakat bila rumah mereka terletak di area yang susah mendapatkan sinyal TV. Akan tetapi, tidak semuanya paham dengan cara memasang parabola mini dan lebih suka memanggil jasa pasang.

Beberapa Langkah Cara Memasang Parabola Mini

Setiap orang yang memiliki parabola biasanya lebih memilih untuk dipasangkan oleh ahli (bukan secara pribadi), mengingat cara memasangnya mungkin dapat dikatakan sedikit rumit. Nah, bagi Anda yang masih ingin memasang sendiri, simak penjelasan berikut ini:

  1. Memilih Tipe Parabola yang Pas untuk Rumah Anda

Sebenarnya sebelum membeli sebuah parabola, ada baiknya Anda menentukan / memilih tipe parabola mana yang cocok dan pas untuk dipasangkan di rumah. Jenis parabola terbaik biasanya terbuat dari dish yang memiliki bentuk solid ataupun jaring dengan ukuran 182 cm.

Bahan seperti ini termasuk umum, biasanya mudah dicari dan banyak sekali digunakan oleh orang-orang karena harganya juga terkenal lebih murah. Akan lebih baik lagi bila Anda melengkapi parabolanya dengan LNB C, LNB KU band dan juga blind scan.

  1. Siapkan Alat Parabola

Selanjutnya hal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa peralatan pendukung untuk dapat memasang parabolanya. Sama seperti dalam pemasangan antena, parabola juga perlu berbagai alat.

Peralatan yang diperlukan antara lain seperti obeng yang digunakan untuk dapat merekatkan baut pada LNB. Ada pula kunci ring yang memiliki ukuran sekitaran 10, 17 atau 19 serta memerlukan kompas yang bertujuan mengetahui arah mata angin.

  1. Tentukan Terlebih Dahulu Lokasi Penyangganya

Langkah selanjutnya adalah penentuan lokasi penyangga. Anda perlu menentukan tempat dimana tiang parabolanya nanti di pasang. Pastikan lokasi tersebut tidak terlalu tinggi maupun rendah dan usahakan didirikan di area rumah sendiri supaya tidak merepotkan tetangga.

Bukan hanya itu saja, pastikan tiang penyangganya diletakkan pada area yang tak terhalang oleh objek lainnya seperti contohnya saja pohon, atap rumah maupun dinding. Jangan heran jika banyak orang kini memasang parabolanya dengan model di cor atau semen agar tidak mudah terhalang.

  1. Memasang Dish Parabola

Dalam proses pemasangan dish ini, pastikan terlebih dahulu semen yang sudah di cor di pekarangan sudah kering supaya tidak merusak dish nya. Anda cukup pasangan dish parabolanya dengan posisi lurus dan juga seimbang.

Jangan lupa juga perhatikan area di sekitar dish, pastikan agar tidak terlalu dekat dengan beberapa kabel maupun arus listrik lain. Jika hal ini terjadi maka akan menyebabkan konsleting listrik. Bila Anda tak sanggup melakukannya, memanggil seorang ahli adalah jalan terbaik.

  1. Pastikan Baut di Setiap Parabolanya Sudah Kencang

Setelah parabola terpasang, selanjutnya pastikan baut yang menahan dirinya sudah dipasang kencang, termasuk di bagian pangkal antenanya. Jangan lupa untuk menggunakan peralatan seperti yang sudah diberitahukan, contohnya kunci ring dengan ukuran 10, 17 atau 19 dan juga kompas.

Sesuaikanlah baut dalam pemasangannya dengan nomor kunci ring supaya kekencangannya bisa maksimal. Tak cukup sampai di sini saja, selanjutnya Anda diharuskan untuk mengarahkan parabolanya ke arah yang tepat supaya mampu menangkap channel TV sesuai keinginan.

  1. Pasanglah LNB dan Juga Konektor Parabolanya

Selanjutnya Anda bisa pasang LNB dan juga konektornya ke receiver. Dengan hal ini, maka akan mengetahui kualitas bagus dari gambar di channel TV apa saja yang sudah tertangkap oleh receivernya.

Tak lupa juga memasang konektor ke antena lalu dilanjutkan ke kabel receivernya ke monitor TV sebelumnya. Dengan begitu, apapun yang ditangkap oleh parabola dimulai dari signal hingga channel dapat disalurkan langsung ke TV.

  1. Mengatur Satelit

Jika parabola ini adalah yang pertama bagi Anda, ada baiknya cukup mencari satu channel saja supaya tidak rumit. Kemudian bisa melihat tampilan awal channelnya di atas TV yang sesuai dengan kuatnya signal LNB yang sudah dimiliki.

Jikalau ingin melihat atau memeriksa kekuatan dari signal channelnya, semuanya dapat dilihat di kolom bagian bawah. Adapun peraturan khusus bila Anda menggunakan LNB C band yang diatur dengan angka 5150 sedangkan LNB standar beserta KU band dengan frekuensi antara 9750/10600.

  1. Mengatur Signal

Setelah semuanya selesai, saatnya Anda mengatur sinyal dan juga memeriksa beberapa tampilan channel di layar TV. Anda bisa mengecek dari arah mana sinyal kuat tersebut yaitu dengan cara menggerakkan parabolanya ke kanan maupun kiri.

Bila ingin lebih mudah lagi, maka dapat menggunakan motor penggerak otomatis. Dengan kata lain, tidak perlu keluar rumah hanya untuk menggerakkan parabolanya ke kanan atau kiri demi memeriksa sinyal kuat.

Memasang Parabola Mini Sendiri atau dengan Jasa Service?

Setelah mengetahui beberapa cara di atas, mungkin sebagian dari Anda akan berpikir jika pemasangannya sangat rumit. Bila itu yang dirasakan, maka cukup panggil sang ahlinya saja untuk memasang parabolanya di rumah. Mengingat peralatannya pun juga banyak yang harus disediakan.

Namun, jika memang Anda tak ingin mengeluarkan biaya atas jasa orang yang telah memasangkan parabola di rumah maka melakukan sendiri adalah satu-satunya jalan. Sebelum memasang, ada baiknya Anda membeli parabolanya terlebih dahulu. Biasanya setiap orang memiliki pendapat beda.

Ada yang membeli di toko terdekat atau bahkan beli lewat online. Akan tetapi kali ini lebih disarankan jika memesan parabola, lebih baik di market place saja. Di sana akan mudah mendapatkan harga yang terjangkau dan juga pastinya ada diskon besar-besaran.

Setelah penjelasan dari cara memasang parabola mini dipaparkan di atas. Semoga dengan hadirnya ulasan di atas Anda menjadi terinspirasi dan melakukan pemasangan parabolanya secara tepat.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!