Kuliah Online di Masa Pandemi! Apakah Efektif?

133 views

Bagaimana kabar perkuliahan daring Anda? Masih menyenangkan atau sudah membosankan? Mendekati libur semester, tentu banyak sekali yang telah dilalui dan dikerjakan. Ada sisi kebosanan, namun tetap harus bertahan melaksanakan kuliah online di masa pandemi.

Kenapa Kuliah Online Menjadi Pilihan Utama?

Setelah menjalani kuliah daring selama kurang lebih satu semester, Anda mungkin telah mendengar kabar bahwa hal ini akan dilanjutkan sampai akhir tahun. Jangan kaget dan lemas akan pemberitaan ini. Cobalah untuk menerima keadaan dan melihat apa saja alasannya!

1. Hemat Uang Transportasi

Sebagai mahasiswa, kata hemat adalah teman yang sangat dekat. Hal itu disebabkan karena Anda belum memiliki pendapatan tetap dan hanya mengharap uang saku dari orangtua. Dengan adanya kuliah daring, salah satu manfaatnya merupakan tidak ada pengeluaran untuk transportasi.

Jika biasanya setiap hari Anda harus pulang-pergi dari rumah ke kampus, dengan adanya kuliah sistem daring, hal itu tidak perlu dilakukan lagi.

2. Bisa Dilakukan di Manapun Tempatnya

Selain menghemat uang transportasi, Anda juga bisa menghemat pengeluaran untuk kos atau kontrakan. Seperti penjelasan di atas, perkuliahan daring bisa dilakukan di manapun dan tanpa harus berada di sekitar kampus.

Perkuliahan bisa Anda lakukan saat di rumah bahkan sembari mengerjakan kegiatan lainnya. Hal itu tidak akan membuat kehadiran menjadi berkurang, sisi terpenting adalah tetap log in dalam aplikasi yang digunakan.

3. Bisa Melihat Kembali Materi yang Disampaikan

Sebagai seorang mahasiswa, lumrah apabila ketiduran atau kurang memperhatikan penjelasan. Bahkan kadang, ada yang sengaja merekam seluruh penjelasan dosen agar tak tertinggal. Namun, hal ini tidak akan terjadi dalam kuliah daring.

Perkuliahan secara online mampu merekam seluruh aktivitas diskusi Anda bersama dosen dan teman-teman. Tidak hanya itu, hasil diskusi bisa dilihat kembali setelah satu minggu bahkan satu semester ke depan selama belum di hapus.

4. Melatih Mahasiswa untuk Mandiri dan Kreatif

Kegiatan selama pandemi mengharuskan seluruh orang melakukan kegiatan di rumah, akan menghasilkan manusia-manusia kreatif (termasuk mahasiswa). Misalnya dengan membuat karya-karya yang bisa dijual dan menghasilkan uang tambahan.

Tantangan Kuliah Online di Masa Pandemi

Kegiatan perkuliahan yang tidak seperti biasanya, tentu menciptakan hal-hal baru dan menjadi tantangan seperti berikut ini:

1. Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran secara Maksimal

Biasanya, mahasiswa hanya dituntut untuk memanfaatkan teknologi yang telah disediakan, misalnya proyektor, LCD, pointer dan alat presentasi lain. Namun, saat proses perkuliahan berganti di rumah, ada hal baru untuk digunakan dan tentunya menjadi tantangan tersendiri.

Teknologi belajar daring telah berkembang pesat, mungkin hal ini bukan kesulitan bagi mahasiswa dengan kebiasaan mengakses sebuah kebaruan. Namun, kadang ada dosen yang kesulitan dan bahkan belum bisa memaksimalkan pembelajarannya.

2. Kendala atau Keterbatasan Jaringan Komunikasi

Jaringan komunikasi adalah tantangan yang dapat terbilang berat. Ada beberapa mahasiswa dengan tempat tinggal jauh dari perkotaan. Di sana tidak banyak dapat diakses sinyal berbagai macam telekomunikasi.

Sudah banyak kisah mahasiswa luar kota yang kesulitan akan sistem jaringan sehingga terpaksa harus pergi jauh dari rumah. Namun tidak masalah, karena di balik semua itu akan ada pembelajaran berharga.

3. Harus Mandiri untuk Mengembangkan Diri

Sebagai mahasiswa yang disebut-sebut agent of change atau agen perubahan, maka sikap mandiri perlu diterapkan. Termasuk dalam hal belajar dan mengembangkan diri. Mungkin Anda tidak diawasi secara langsung oleh dosen, namun bukan berarti boleh bermalas-malasan.

Anda tetap harus mengembangkan diri untuk belajar lebih rajin. Adanya sistem pembelajaran yang tidak terpaut jam, membuat waktu luang sangat banyak. Perbanyaklah membaca dan mencari situs informasi dan diskusi online.

Tips Menarik Kuliah Online di Masa Pandemi

Buang pikiran malas Anda untuk menghadapi kuliah online lebih lama karena tidak menarik. Coba simak beberapa hal berikut agar semangat kembali tumbuh dengan subur seperti di bawah ini:

1. Selalu Buat Catatan Selama Kuliah Berlangsung

Membuat catatan adalah bagian penting dalam sistem belajar. Hal itu, memungkinkan Anda lebih bisa memahami pembelajaran secara maksimal, karena membaca kembali tulisan dengan bahasa sendiri.

Meskipun dosen tidak mengawasi Anda, bukan lantas melakukannya secara malas-malasan. Tetaplah semangat, karena akhir dan hasil perkuliahan ini bukan ditentukan oleh orang lain, melainkan diri sendiri.

2. Buat Jadwal Kegiatan

Selama kuliah online, mungkin jadwal Anda kurang teratur. Jika biasanya pagi sudah mandi, makan kemudian berangkat ke kampus, hal ini tidak lagi dilakukan. Penyebabnya adalah karena perkuliahan dilaksanakan di rumah.

Meskipun demikian, Anda tetap harus meneraturkan kembali semua itu dengan membuat jadwal. Hal itu memungkinkan kegiatan lebih teratur dan sesuai seperti biasanya. Ingat, kuliah daring bukan berati libur dan malas-malasan.

3. Siapkan Ruangan Khusus

Selain jadwal teratur, ruangan khusus juga mampu membantu Anda lebih fokus dalam belajar. Hal ini penting untuk mahasiswa yang terbiasa melaksanakan pembelajaran dalam keadaan hening. Sistem seperti ini memungkinkan tidak ada gangguan dari orang-orang terdekat.

4. Manfaatkan Platform Belajar Online

Seperti penjelasan di atas, mahasiswa harus mandiri dan kreatif saat melaksanakan kuliah online. Misalnya dengan mencari tambahan ilmu dari beberapa platfrom belajar daring, salah satunya Cimacnoticias. Hal ini membuat Anda semakin banyak pengetahuan meskipun tidak bertatap muka.

5. Belajar Sesuatu yang Baru

Selama pandemi dan di rumah saja, selain belajar Anda juga sesekali perlu untuk mencoba membuat sesuatu yang baru. Hal ini bisa membuat kemampuan semakin terasah dan berkembang sehingga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di balik setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Perkuliahan daring yang dianggap banyak mahasiswa sebagai suatu bencana ternyata mampu memunculkan manfaat sangat banyak. Pastikan Anda menjalani kuliah online di masa pandemi dengan suka cita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *