Pengertian Hosting, Cara Kerja dan Jenis-jenisnya

104 views

Pengertian Hosting

Bagi orang awam pasti tidak perlu mengetahui sistem kerja dari sebuah website saat menampilkan berbagai informasi di dalamnya. Segala data tersebut dapat disimpan dengan menggunakan sebuah server web hosting. Untuk mendapatkannya, Anda bisa berkunjung ke laman Darhostmedia.com. Lalu, bagaimana sejarah dan pengertian hosting itu sendiri?

Mengenal Sejarah Hosting

Pada awal perkembangannya, seluruh perusahaan diharuskan untuk mampu mempunyai web server sendiri. Tujuannya guna memudahkan saat menyimpan seluruh data saat ingin dipublikasikan ke banyak orang secara online.

Hal tersebut dikarenakan adanya pembatasan publikasi sebelum memasuki awal tahun 90-an sehingga muncullah layanan web hosting. Pada zaman dahulu, orang-orang perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa mengaksesnya.

Pada awal 1991, perkembangan web sudah semakin pesat. Hal ini membuat banyak orang diharuskan menggunakan layanan hosting agar bisa mempublikasikannya kepada umum. Seiring berjalannya waktu, jasa tersebut tidak hanya dipakai oleh perusahaan saja namun juga bagi perorangan.

Pengertian Hosting

Web hosting merupakan sebuah komputer yang dihubungkan ke internet. Fungsinya digunakan sebagai penyimpanan data agar bisa diakses oleh semua pengguna mesin pencarian secara online. Biasanya layanan ini akan sangat berguna oleh para blogger dan para pemilik bisnis online.

Segala informasi yang dimiliki oleh blogger tersebut akan disimpan baik di penyimpanan yang disebut dengan server web hosting. Agar bisa terus tersambung ke internet dan dapat diakses oleh banyak orang maka dikelola dalam data center.

Web hosting merujuk pada suatu layanan penyimpanan segala data website agar bisa ditampilkan ketika pengguna internet sedang mengaksesnya. Namun, tidak jarang jika istilah tersebut ditujukan kepada pihak penyedia jasa secara umum.

Bagaimana Cara Kerja Hosting?

Ketika Anda sebagai pengguna internet ingin mengakses sebuah website melalui aplikasi browser, maka mesin pencarian bertugas meminta akses kepada server hosting. Selanjutnya secara otomatis akan dikirimkan informasi file yang sudah diminta oleh komputer sebelumnya.

Informasi file tersebut kemudian akan diterjemahkan oleh aplikasi browser berupa gambar ataupun tulisan. Hasilnya selalu merujuk kepada apa yang dicari di mesin pencarian. Nantinya pengguna internet bisa menemukan sesuai permintaannya.

Artinya, saat Anda akan mengakses sebuah website, maka perlu untuk mengetikkan alamat di kolom pencarian browser sebelumnya. Kemudian perintah tersebut diteruskan ke internet agar diproses berdasarkan permintaan. Hasilnya bisa berupa tampilan tulisan dan gambar.

Mengenal Jenis-jenis Hosting

Setelah mengetahui penjelasan mengenai pengertian dan cara kerjanya, Anda juga perlu memahami bagaimana layanan di setiap jenis-jenis hosting yang berbeda. Biasanya penggunaannya perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penggunanya. Berikut ulasannya:

  1. Shared Hosting

Jenis ini merupakan layanan hosting yang digunakan oleh banyak pengguna sekaligus secara bersama-sama. Mereka saling berbagi kapasitas server penyimpanan dan resource. Sebagai ilustrasi, jika Anda menggunakan tipe shared bisa diibaratkan seperti menyewa rumah bersama teman-teman.

Kelebihan penggunaannya dirasa tidak membutuhkan banyak biaya dan cukup mudah dioperasikan bagi pemula. Jika terjadi kerusakan maka akan diperbaiki oleh penyedia server. Namun kekurangannya yaitu, pengguna jenis ini bisa merasakan dampak yang sama karena aktivitas user lainnya.

  1. VPS Hosting

VPS merupakan server dimana penggunanya seolah-seolah memiliki sistem hosting sendiri. Setiap user mempunyai akses root masing-masing dan wewenang penuh untuk segala pengelolaan di dalamnya. Namun mereka dituntut untuk setidaknya mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Kelebihan penggunaan VPS ialah kebebasan dalam mengelola server sendiri karena memiliki akses root dan pengguna dapat mengatur resource tanpa mengalami adanya downtime. Namun kekurangannya, user harus mempunyai kemampuan dasar untuk bisa mengkustomisasinya.

  1. Dedicated dan Colocation Server

Dedicated dan colocation server merupakan jenis yang sama, namun dibedakan dengan komponen hardware-nya. Bila diibaratkan, yaitu pengguna menyewa sebuah gedung besar untuk ditempati sendiri sehingga memiliki kebebasan mutlak saat mengatur keseluruhan fasilitasnya.

Kelebihannya ialah pengguna bisa mengelolanya sendiri, memiliki akses untuk root, mempunyai kontrol penuh guna peningkatan spesifikasi serta resource yang besar. Namun kekurangannya yaitu, mereka harus paham saat mengatur fitur di dalamnya serta membutuhkan biaya paling tinggi di antara lainnya.

Spesifikasi dalam Memilih Layanan Hosting

Ketika Anda ingin memilih pihak penyedia layanan hosting, maka perlu memperhatikan beberapa spesifikasinya terlebih dahulu. Hal ini harus dipertimbangkan sebab mempengaruhi performa kedepannya. Bahkan masih banyak pelanggan masih kebingungan dengan fitur apa saja di dalamnya.

  1. Disk Space

Disk space merupakan suatu besaran dari kapasitas hardisk penyimpanan di dalam server yang Anda gunakan. Semakin banyak kebutuhan data maka penggunaannya juga akan bertambah lebih besar. Tentu saja semua pengguna tidak mau mengalami memori terlalu penuh.

Sebaiknya Anda sudah mempertimbangkan penggunaan data yang akan dibutuhkan. Dengan begitu, bisa disesuaikan kapasitas disk space dari pihak layanan hosting agar tidak mengalami kelebihan atau bahkan kekurangan penyimpanan data.

  1. Bandwith

Sedangkan bandwith merupakan besaran dari hitungan transfer data dari server hosting menuju komputer pengakses. Semakin banyak akses yang dilakukan oleh pengguna internet maka kebutuhannya juga ikut bertambah besar.

Batas maksimal bandwith akan diatur ulang menjadi 0 setiap bulannya. Ketika Anda ingin memilih layanan hosting, maka sesuaikan kapasitas tersebut dengan rata-rata bulanan jumlah pengunjung yang akan mengakses website.

  1. Web Mail

Spesifikasi selanjutnya ialah mengenai web mail. Fitur ini merupakan pengelolaan email di dalam server hosting. Fungsinya untuk mengelola keseluruhan pesan masuk dan keluar serta menjadi tempat penyimpanan data dari akun penggunanya.

Fitur web mail memungkinkan penggunanya bisa saling berkirim pesan menggunakan akhiran nama domain, misalnya pesan@namadomain.com. Hal ini dapat dilakukan tanpa harus menggunakan penyedia layanan email seperti Yahoomail, Gmail atau lainnya.

  1. Cpanel

Cpanel adalah control panel di dalam server hosting. Fungsinya untuk mengelola serta mengatur keseluruhan fitur-fitur menggunakan tampilan GUI atau Graphical User Interface yang menampilkan tulisan, ikon dan juga gambar.

Ibaratnya Anda menggunakan smartphone merk A namun tampilannya akan berbeda jauh dengan B. Tetapi pada dasarnya, fitur-fitur di dalamnya juga hampir serupa mulai dari panggilan, SMS, kamera dan lainnya. Dengan adanya cpanel, memungkinkan pengguna hosting bisa mengelola semua filenya.

  1. Kualitas Data Center

Data center adalah lokasi penyimpanan dari server hosting yang sudah dilengkapi peralatan untuk menghindarkan dari gangguan. Tujuannya agar semua data pengguna bisa tersimpan aman tanpa terancam mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan.

Data center terbagi menjadi beberapa level. Biasa disebut dengan Tier dan mempunyai perbedaan pada masing-masing peralatan yang digunakan untuk menghindarkan dari ancaman berbagai jenis gangguan seperti malware atau virus. Pada umumnya ditandai menggunakan ranking 1 hingga 4.

Apa yang Bisa Dilakukan Setelah Memiliki Hosting?

Setelah mengetahui perbedaan dari masing-masing jenis hosting, ternyata layanan ini tidak hanya ditujukan ketika ingin membuat website. Beberapa hal lainnya juga bisa dilakukan seperti penjualan secara online, merancang email professional dan masih banyak lagi. inilah penjelasannya:

  1. Membuat Website

Tentu saja hal pertama yang bisa dilakukan jika Anda sudah memiliki layanan hosting adalah merancang website pribadi. Seluruh data ataupun konten dapat disimpan di dalam penyimpanan server. Dengan begitu, pengguna dapat menyusunnya sendiri berdasarkan keinginan.

Banyak blogger pemula yang membeli layanan hosting demi tujuan ini. Mereka perlu membuat website mulai dari nol dengan merancangnya sendiri serta mengisinya menggunakan berbagai jenis informasi. Setelahnya pengguna internet dapat mengaksesnya sesuai keyword di mesin pencarian.

  1. Mengadakan Bisnis Online

Selain untuk membuat website, memiliki layanan hosting juga bisa digunakan ketika Anda berkeinginan memanfaatkan teknologi digital sebagai media penjualan. Tujuannya agar berdirinya toko secara online lebih menjangkau calon pelanggan meskipun tidak berada di satu wilayah yang sama.

Banyak customer dari layanan hosting yang beralih dari penggunaan website biasa menuju pengadaan bisnis online. Tentunya dengan pengelolaan secara tepat dan cermat, usahanya akan lebih mudah dikenal oleh target pasar sehingga kemungkinan besar untuk meraup keuntungan.

  1. Merancang Email Professional

Apabila sudah memiliki layanan hosting serta domain, maka kini Anda dapat merancang email professional. Istilah ini merujuk kepada alamat email menggunakan nama perusahaan atau perseorangan sendiri. Tujuannya agar tidak dianggap abal-abal oleh semua pengguna internet.

Jadi Anda tidak akan memiliki email dengan akhiran Yahoo ataupun Gmail. Kini sudah bisa membuatnya sendiri menggunakan alamat support@namasaya.com maupun support@namaperusahaansaya.com. Tentu saja kepercayaan dari masyarakat pun akan meningkat karena penggunaan nama tersebut.

  1. Meningkatkan Performa dari Website

Jika Anda sudah memiliki layanan hosting, maka tujuan lainnya yang bisa dicapai yaitu meningkatkan performa dari website. Beberapa pihak penyedia jasa tersebut biasanya sudah menawarkan fitur-fitur unggulan guna mempercepat menu-menu di dalamnya.

Pengguna layanan hosting dapat dengan mudah menggunakan fitur-fitur tersebut untuk meningkatkan performa website. Tujuannya yaitu memudahkan para pengunjung agar mendapatkan pengalaman pencarian yang cepat.

  1. Melindungi Website Menggunakan SSL

Tujuan terakhir yang bisa Anda lakukan setelah memiliki layanan hosting adalah melindungi website menggunakan SSL. Ini dilakukan agar terhindar dari ancaman malware, indikasi spam, virus dan serangan DDOS. Untuk mengantisipasinya, pengguna dapat melakukan instalasi pagar pengaman.

Pagar pengaman khusus sebuah website disebut dengan SSL. Tentu saja Anda akan merasa lebih aman dari berbagai jenis ancaman. Jadi banyak sekali tujuan yang bisa diperoleh setelah memiliki layanan hosting.

Pilihlah Hosting Murah dengan Layanan Terbaik dan Terlengkap

Kini hosting sudah menjadi hal penting untuk dimilki terutama bagi kalangan yang memanfaatkan teknologi digital demi banyak keperluan. Dengan begitu, Anda harus memilihnya secara teliti dan hati-hati agar tidak salah pilih. Tentunya hal ini akan berpengaruh dalam performa website ke depannya.

Setelah mengetahui beberapa penjelasan penting mengenai apa itu hosting, kini waktunya Anda menentukan pilihan yang tepat dan pas sesuai kebutuhan. Ada beberapa penyedia jasa ini baik di dalam maupun luar negeri. Tentu saja masing-masing sudah memiliki kelebihan serta kekurangannya.

Lebih baik Anda memilih penyedia hosting murah namun memiliki fitur lengkap di dalamnya. Salah satu yang bisa dipilih yaitu web hosting murah Darhostmedia. Meskipun tidak membutuhkan banyak biaya, namun kualitas layanannya tetap menjadi nomor satu demi kepuasan pelanggan.

Tips Memilih Hosting Terbaik Demi Performa Website

Layanan hosting bisa dikatakan sebagai rumah bagi kebutuhan website. Oleh karena itu, pemilihannya perlu hati-hati agar tidak salah pilih. Ada beberapa hal yang perlu dicek ulang sebelum menggunakannya, inilah penjelasannya:

  1. Kualitas Performa Server

Bicara tentang kualitas memang menjadi hal yang penting sebelum menjatuhkan pilihan. Begitupun saat menentukan pihak penyedia layanan hosting. Jangan sampai website Anda terhambat mencapai kesuksesannya hanya dikarenakan segudang permasalahan teknis dari jasa tersebut.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu lokasi server. Sebaiknya Anda menggunakan layanan hosting di dalam negeri, karena sama dengan tempat dari calon pengunjung website. Selain itu, spesifikasi lainya yaitu kapasitas RAM. Hardisk, network speed, kecepatan prosesor dan teknologinya.

  1. Penyediaan Customer Support Selama 24 Jam

Sebaiknya Anda memilih pihak penyedia hosting yang memiliki customer support selama 24 jam penuh. Jika layanan ini disediakan selama seharian full maka mengartikan bahwa pelayanan terbaik mereka kepada pelanggan akan siap kapanpun. Bisa saja seorang pengguna kesulitan di tengah malam.

Tidak hanya siap sedia di jam berapapun, pelayanan mereka juga harus bisa memberikan solusi yang tepat guna menyelesaikan permasalahan dari pengguna. Tingkat keramahan dari petugas customer support menjadi salah satu tolak ukur berkualitas atau tidaknya suatu pihak layanan hosting.

  1. Biaya Terjangkau dan Unlimited

Sebelum menentukan pilihan, maka hal penting lainnya yaitu pastikan bahwa biaya yang ditawarkan cukup terjangkau jika dibandingkan pihak penyedia lainnya. Anda harus bisa menyesuaikan harga tersebut dengan paket atau layanan apa saja di dalamnya.

Jangan sampai Anda membayar terlalu mahal, namun fasilitas di dalamnya hampir serupa dengan paket murah dari pihak lainnya. Cara mudahnya, setiap pengguna bisa membandingkan spesifikasi secara rinci beserta biayanya. Penting juga untuk mengetahui jenis-jenis hosting agar lebih memahaminya.

  1. Adanya Jaminan Uang Kembali

Adanya jaminan uang kembali merupakan fasilitas terbaik dari pihak penyedia layanan hosting. Artinya mereka sangat mengutamakan kenyamanan dan keamanan pelanggan. Dari sudut customer, tentu saja akan merasa lebih aman lagi apabila menemukan gangguan dan kesulitan di kemudian hari.

Meskipun pada dasarnya semua pihak penyedia layanan hosting sudah menyediakan layanan ini, namun mereka akan menetapkan beberapa syarat dan ketentuan sebelumnya. Sebaiknya Anda harus memperhatikannya dahulu agar tidak merasa salah pilih meskipun adanya garansi uang kembali.

  1. Adanya Fitur Tambahan

Selain fasilitas utama yang didapatkan, Anda perlu memperhatikan mengenai fitur tambahan dari pihak penyedia layanan hosting. Terkadang setiap customer kurang mengecek dan mempertimbangkannya ulang sehingga tidak tahu menahu untuk menggunakannya.

Beberapa fitur yang perlu diperhatikan ulang yaitu mengenai proteksi. Misalnya menu tentang Spam Assassin Protection dan Spam Experts. Keduanya berfungsi untuk melindungi website dari ancaman gangguan spam dengan lebih mudah.

  1. Review dari Pelanggan Sebelumnya

Tidak hanya saat memilih layanan hosting saja, dalam membeli berbagai jenis produk apapun pasti Anda akan memperhatikan review pelanggan sebelumnya. Tentu saja ulasan dari mereka akan menggambarkan bagaimana pelayanan yang didapatkan.

Anda perlu melihatnya ulang demi mendapatkan kepercayaan sebelum membelinya. Biasanya mereka akan mengomentari bagaimana spesifikasi layanan hosting terutama untuk masalah keamanan serta kecepatan. Agar tidak salah pilih, setiap calon pelanggan harus memperhatikannya dengan baik.

Pentingnya memiliki layanan hosting ternyata bisa dilakukan untuk banyak keperluan. Terutama bagi Anda yang ingin mempunyai website, baik kepentingan membagikan konten ataupun informasi lainnya. Sebagai calon pelanggan, harus memilih pihak penyedia terpercaya seperti Darhostmedia.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *