10 Universitas Terbaik dan Terkenal di Amerika Serikat

422 views

10 Universitas di Amerika Serikat — Bisa dikatakan untuk urusan pendidikan yang bersifat akademis, Amerika Serikat adalah jagonya. Banyak tokoh dunia dari berbagai bidang berkuliah di sini. Karena kualitas pendidikannya sendiri inilah, Amerika Serikat menjadi negara adikuasa di dunia.

kuliah di amerika
From a big dream

Walaupun begitu, biaya pendidikannya bisa dibilang tidak murah untuk saat ini. Ini terjadi karena beberapa tahun belakangan AS sedang memasuki masa reses ekonomi yang cukup panjang, yang membuat harga barang di sana melambung tinggi termasuk biaya pendidikan. Walaupun begitu peminat mahasiswa luar negeri yang ingin bersekolah di sana masih tinggi. Ya, karena kualitas pendidikannya itu tadi.

Sistem Perguruan Tinggi di Negara Paman Sam

Universitas di Amerika Serikat
usa-pictures.com

Sebelum sebelum kalian bingung dengan tulisan saya (hehehe…), perlu diketahui bahwa di sana istilah faculty atau fakultas hampir atau bahkan tidak pernah dipakai. Ada 2 istilah yang dipakai di sana, yaitu college dan school.

College merujuk pada sebuah fakultas dengan yang di dalamnya membawahi jurusan yang hanya memiliki 2 tingkat strata saja, yaitu setara D3 (sering disebut Undergraduate Program) dan S1 (Graduate Program).

Nah, sedangkan school merujuk pada fakultas yang memiliki bukan hanya setara S1 namun juga mencakup program Pascasarjana S2 (Master Program)  dan S3 (Doctoral Program). Jadi tidak ada program D3. Berbeda dengan kita yang mengacu pada sistem pendidikan di Eropa yang berorientasi pada keilmuan berdasarkan fakultas atau departemen. Sehingga dari D3 sampai S3 bisa tercover dalam satu fakultas yang sama.

Memang, di Indonesia sebenarnya ada juga sistem school yang  diterapkan seperti di Universitas Gadjah Mada atau beberapa Universitas lain. Hanya sistem school di tanah air lebih merujuk kepada sekolah dengan tingkatan tertentu. Misal sekolah pascasarjana (S2 dan S3), atau sekolah vokasi (D3). Jadi dalam satu sekolah itu mencakup berbagai jurusan lintas keilmuan. Bukan sekolah dengan keilmuan tertentu seperti sistem school yang ada di AS.

Universitas di Amerika

Begitu perbedaannya kawan-kawan biar tidak bingung ketika membaca tulisan saya ini. Hehehe… Inilah 10 Universitas Beken dan Bergengsi di Amerika Serikat dengan rujukan utama Webometrics bulan Oktober 2016 dan sejumlah sumber lain.

1. Harvard University

universitas di amerika serikat hardvar university
financedegreecenter.com

Inilah perguruan tinggi yang selalu menjadi idaman mahasiswa di seluruh dunia yang ingin kuliah di Amerika Serikat. Termasuk mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Universitas inilah yang selalu melahirkan lulusan yang berkualitas dan konon punya jiwa leadership di setiap bidang yang digeluti. Bahkan jujur penulis juga ingin sekali kuliah di sana (amin… hehehe).

Sejatinya Harvard adalah universitas swasta. Berdiri di Cambridge, Massachusetts pada tahun 1636. Diambil dari nama pendirinya yaitu John Harvard, seorang pendeta lulusan Universitas Cambridge, Inggris. Universitas ini juga merupakan yang tertua di daratan Amerika.

Awalnya beberapa koloni Inggris mengusulkan untuk membentuk semacam perguruan tinggi baru dengan nama “New College” atau “College at New Towne”. Lalu pada tahun 1638 perguruan tinggi ini menjadi pusat penerbitan buku pertama di Amerika Utara.

Baru pada tahun 1639, College ini berubah namanya menjadi Harvard College setelah John Harvard meninggal untuk mengenang jasanya. Pendeta asal Inggris itu meninggalkan sejumlah uang yang cukup banyak dan perpustakaan dengan 400 buku. Untuk mengelola kesemuanya itu, dibentuklah organisasi bernama The Harvard Corporation.

Ketika pertama kali berdiri, perguruan tinggi ini merupakan sekolah pendeta dari beberapa denominasi Kristen seperti kaum Unitarian dan Congregationalis. Namun seiring berjalannya waktu, pada abad ke 18 universitas ini lalu membuka diri sebagai universitas yang lebih bersifat sekuler.

Saat ini, Harvard tercatat memiliki 1664 program studi setara S1, 400 program master atau setara S2, 512 program doktoral serta 4460 program profesional/spesialis (Wah, luar biasa banyak sekali ya konsentrasi ilmunya). Itu belum termasuk gedung dan fasilitas lainnya yang luasnya lebih dari 85 hektar.

Jadi bayangkan saja seperti negara Vatikan, tapi 2 kali lebih luas. Vatikan yang luasnya 44 hektar saja sudah cukup untuk membuat negara sendiri, apalagi Harvard. Hehehe…

Alumninya telah meraih 150 gelar Nobel dari berbagai bidang. Itu juga belum termasuk alumni ternama yang jumlahnya lebih dari angka itu. Terdapat 8 presiden Amerika Serikat yang juga lulusan Harvard, dari John Adams sampai Barrack Obama yang kebetulan cinlok sama Michelle Obama di universitas ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *