Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta, Mungkinkah?

Membangun Rumah

Kebanyakan orang mungkin berpikir membangun rumah dengan biaya 20 juta merupakan hal yang sulit. Apalagi, saat ini harga properti kian melambung. Tidak jarang hal itu membuat banyak orang berpikir membangun rumah dengan budget minim mimpi belaka. Padahal, asalkan mengetahui tipsnya, maka Anda bisa membangun rumah dengan biaya 20 juta saja lho.

Untuk membangun rumah dengan biaya minim tentunya harus membuat rincian yang tepat. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai apa saja yang perlu Anda siapkan dalam hal membangun rumah dengan dana 20 juta saja.

Tips Mudah Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta Saja

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membangun rumah dengan dana terbatas:

Menyediakan Bidang Tanah yang Sudah Ada

Hal pertama yang perlu Anda sediakan yaitu bidang tanah yang sudah ada. Untuk dana 20 juta sebaiknya memilih tipe tanah 6×10 meter atau tipe rumah 21. Semakin luas tanah, maka biaya yang Anda butuhkan untuk pembangunan akan semakin banyak.

Budget 20 juta memang fokus pada pembangunan rumah saja. Anggaran sebesar ini gunakan tipe rumah yang sesuai, seperti tipe 21 atau tipe 36 seperti yang sering Anda jumpai. Perhatikan beberapa hal ini seperti struktur atap, semen dan juga batanya.

Membuat Desain Rumah Secara Mendetail

Langkah ini sangat penting demi tercapainya rumah dengan dana minim. Desain rumah memiliki peran penting dalam meminimalisir biaya pengerjaan pembangunan rumah itu sendiri. Apabila Anda membuat desain rumahnya secara rinci, maka bisa dengan mudah memperoleh perkiraan besaran biaya yang Anda perlukan dalam pembangunan rumah itu sendiri.

Sesuai dengan pembahasan awal mengenai membangun rumah dengan biaya 20 juta, maka gunakan konsep rumah minimalis. Desain rumah niminalis cenderung tidak membutuhkan biaya yang banyak, dan pengerjaannya juga lebih cepat.

Meskipun minimalis, Anda tidak perlu khawatir, karena masih bisa memperoleh rumah yang tampak lebih indah dengan cara menambahkan beberapa aksesoris, seperti tanaman, dan pohon.

Menggunakan Jasa Tukang yang Bekerja Cepat dan Upah Ekonomis

Untuk membangun rumah dengan dana hemat, sebaiknya Anda menggunakan jasa kontraktor Jogja. Hal tersebut bisa didukung misalnya, menggunakan jasa tukang tidak boleh sembarangan. Tidak hanya memperhatikan upahnya saja yang ekonomis, namun kinerjanya juga harus baik dan cepat.

Apabila Anda bingung memperoleh jasa tukang dengan kriteria di atas, Anda bisa bertanya pada keluarga, tetangga, atau teman. Idealnya dana 20 juta cukup memperkerjakan 2 orang tukang saja, dengan estimasi pengerjaan rumah 1 bulan.

Memilih Bahan Bangunan Bekas Berkualitas yang Masih Layak

Cara ini dapat menjadi cara menghemat bahan pembangunan rumah dengan dana minim. Walaupun, bahan yang Anda gunakan bekas, namun pastikan dulu jika materialnya masih berkualitas bagus dan layak Anda gunakan.

Apabila material baru memiliki kualitas 100%, maka material bekas yang harus Anda gunakan memiliki kualitas 80%. Jadi, selisih kualitasnya tidak terlalu jauh, dan tentu harganya juga lebih hemat. Hal ini bisa menjadi langkah hemat membangun rumah dana 20 juta dan cerdas. Jadi, tidak perlu khawatir memiliki dana terbatas untuk membangun rumah, semua itu dapat Anda wujudkan dengan kemauan yang besar.

Hindari Terlalu Banyak Menggunakan Sekat di Dalam Rumah

Langkah hemat selanjutnya dalam membangun rumah yaitu hindari telalu banyak menggunakan sekat di dalam rumah. Sekat adalah pembatas yang biasanya terbuat dari triplek atau jenis lain untuk pembatas suatu ruangan. Apabila dana yang Anda gunakan terbatas, maka jangan terlalu banyak menggunakan sekat. Ada beberapa alternatif yang dapat Anda gunakan untuk memisahkan ruangan.

Sebagai contoh dalam memberikan batasan antar ruangan keluarga dengan dapur, Anda bisa meletakkan lemari, tirai atau gorden yang lebih simple. Coba saja Anda bayangkan, apabila di rumah terlalu banyak sekat tembok atau triplek, ruangan akan terlihat lebih sempit dan juga tidak ekonomis.

Ikut Serta dalam Membantu Pengerjaan Pembangunan Rumah

Tidak ada salahnya dalam proses membangun rumah, Anda ikut andil. Seperti membantu beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Dengan cara ini, maka proses pengerjaan pembangunan pun akan lebih cepat. Untuk lebih memberikan keringanan, Anda bisa melakukan pembangunan secara bertahap.

Selain itu, dengan Anda ikut serta mengerjakan pembangunan rumah, secara tidak langsung akan menghemat biaya. Terutama menghemat biaya tukang itu sendiri. Misalnya, perkiraan waktu pembangunan 1 bulan, karena Anda ikut membantu, maka prosesnya menjadi cepat selesai menjadi 25 hari. Jadi, Anda telah menghemat 5 hari. Biaya tukang pun otomatis menjadi berkurang.

Menghindari Menggunakan Profile dalam Pembangunan Rumah

Hal ini mungkin banyak terabaikan oleh banyak orang. Padahal tanpa orang sadari, penggunaan profile dalam pembangunan rumah lumayan membutuhkan biaya. Profile sendiri yaitu suatu desain atau dekorasi rumah berupa ukiran. Walaupun hasilnya memberikan kesan mewah, namun profile ini termasuk sulit dan kurang efisien.

Oleh sebab itu, menggunakan profile bukanlah cara tepat membangun rumah dengan dana minim. Anda masih bisa menggunakan cara lain untuk membuat rumah Anda terlihat cantik. Asalkan kreatif, tidak perlu mahal. Apalagi saat ini, berbagai informasi sudah terbuka luas. Anda bisa memperoleh berbagai referensi mempercantik rumah melalui google.

Itulah tips membangun rumah dengan biaya 20 juta. Tips di atas merupakan gambaran kasar yang bisa Anda pertimbangkan saat akan membangun rumah. Sebaiknya, membangun secara bertahap supaya beban pembangunannya tidak terlalu berat. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.