Cara Setting Jam Digital Masjid agar Sesuai Jadwal

Cara Setting Jam Digital Masjid

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa penggunaan jam canggih sekarang ini semakin marak. Dalam rangka menggunakannya, ada beberapa cara setting jam digital masjid yang perlu Anda perhatikan. Supaya proses pengaturan jam, kalender atau bahkan running text nya berjalan lancar.

Cara Setting Jam Digital Masjid untuk Pengaturan Kalender

Perlu Anda ketahui, bahwa fungsi utama penggunaan jam digital masjid adalah untuk dapat mengetahui kapan waktu shalat tiba. Meskipun begitu, fitur tambahan dari jamnya juga cukup bervariasi. Seperti salah satunya adalah kalender, di mana jamnya ada tanggal, bulan dan tahun.

  • Langkah pertama, tekan tombol menu
  • Nanti display akan menyala
  • Di kolom jam, tekan tombol plus untuk tambah
  • Untuk mengurangi jam, tekan minus
  • Tekan tombol menu agar masuk ke kolom menit
  • Atur tombolnya dengan + atau –
  • Tekanlah menu lagi untuk masuk kalender
  • Nantinya display menyala sendiri
  • Tekan pada tombol + atau – untuk mengaturnya

Cara Setting Jam Digital Masjid Untuk Pengaturan Jeda Adzan dan Iqomah

Perlu Anda ketahui, bahwa fungsi utama dari penggunaan jam digital masjid ini adalah untuk dapat mengetahui kapan waktu shalat tiba. Oleh karena itulah, sebagai pengurus atau pihak petugas masjid harus mengetahui bagaimana melakukan setting jeda adzan dengan iqomah agar lebih mudah.

  • Langkahnya sama seperti setting kalender
  • Anda hanya memainkan tombol + dan – saja
  • Atur waktunya sesuai dengan wilayah sendiri
  • Jeda waktu ini bekerja dengan countdown
  • Jika mengatur 15 menit, maka jamnya menghitung mundur sendiri

Cara Setting Jam Digital Masjid Untuk Pengaturan Running Text

Running text atau merupakan fitur tulisan berjalan yang terdapat pada jam digital masjid ini. Kegunannya biasanya selalu menjadi tanda pemberitahuan / peringatan saat melaksanakan shalat wajib atau jumat. Bahkan ada bacaan arti dari suatu surah Al Qur’an yang menggunakan fitur ini.

  • Lakukan restart dari arus listrik
  • Anda tunggu sampai ada tulisan restart
  • Saat muncul tulisan keyboard, tekan tombol F1 1x
  • Tunggu saja sampai edit text – nya berkedip
  • Input tulisannya dengan cara ketik kata di keyboard
  • Tekan enter untuk mengakhiri edit kata
  • Nanti akan muncul tulisan selesai edit

Informasi Mengenai Fitur Jam Digital Masjid

Pada umumnya, alat elektronik itu harus dilakukan proses setting. Jikalau tidak, mana mungkin alatnya mau menyala dan bekerja sebagaimana mestinya. Hal tersebut sama halnya seperti Anda harus mengatur jam digital masjid. Dari beberapa fitur yang ada, tentu saja jam ini harus disetting.

  1. Pengaturan Jam Digital Masjid

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa penggunaan jam digital masjid ini sangatlah berguna dan bermanfaat banyak. Salah satunya adalah dapat memberitahukan jadwal shalat lima waktu secara tepat dan akurat. Tidak hanya itu, bahkan ada juga jam yang menunjukkan waktu imsak wilayah.

Adanya fitur waktu imsak tersebut, biasanya akan sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang menjalankan puasa sunnah selain puasa wajib. Mereka masih tetap bisa mengetahui pukul berapa harus menghentikan sahurnya saat sedang menjalankan tugas sebagai petugas masjid di sana.

  1. Pengaturan Kalender Atau Tanggal

Salah satu fitur yang bisa Anda setting pada jam digital masjid ini adalah pengaturan kalender. Selain dapat memberitahukan jadwal waktu shalat lima waktu secara tepat dan akurat. Jam berbentuk angka ini juga akan memberikan informasi mengenai tanggal, bulan dan juga tahun sekarang ini.

Tentu saja adanya fitur tersebut akan membantu para jamaah yang seringkali lupa atau tidak menyadari tanggal berapa hari ini. Dengan begitu, mereka bisa langsung melihat jamnya sekaligus tanggal, bulan dan juga tahun. Apalagi jam ini memberikan posisi huruf yang sedikit besar, jadi jelas.

  1. Pengaturan Jam Untuk On / Off dan Standby

Untuk pengaturan satu ini, tujuannya adalah untuk dapat mematikan jam digital. Supaya matinya jam sesuai dengan keinginan. Misalnya saja off sekitar jam 11 malam, ketika itu sudah pasti tidak ada lagi para jamaah yang melaksanakan ibadah shalat. Demi menghemat listrik, Anda bisa mematikannya.

Untuk dapat memperpanjang umur display dari angka LED – nya. Lebih baik tidak mencolokkan kabel jam di malam hari. Sedangkan untuk jam on, fungsinya supaya tepat jam tiga subuh jamnya hidup secara otomatis. Anda bisa mengaturnya sendiri, karena jam 3 biasanya sudah mulai beribadah.

  1. Pengaturan Jam Untuk Shalat 5 Waktu

Pada umumnya, menurut Digitekno jual jam digital masjid terbesar memberikan arahan bahwa untuk pengaturan waktu shalat ini ada dua jenis. Pertama pengaturan secara manual dan kedua menggunakan aplikasi. Tidak menutup kemungkinan, bahwa di zaman teknologi yang sudah modern ini. Banyak sekali jam digital yang proses settingannya memakai aplikasi.

Untuk pengaturan manual, koordinatnya sudah berada dalam program jam waktu shalat. Jadi, jadwal shalat tersebut sudah sesuai dengan wilayah masing – masing. Sedangkan untuk pengaturan menggunakan aplikasi. Biasanya memakai software pihak ketiga dari android.

  1. Pengaturan Running Text / Tulisan Berjalan

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, bahwa fitur running text ini selalu bermanfaat sebagai salah satu bentuk peringatan atau pemberitahuan sesuatu. Misalnya saja tulisan berjalan yang memberitahukan suatu surah dalam Al Qur’an.

Selain itu, fitur running text juga seringkali menjadi bahan untuk peringatan. Misalnya saja seperti tulisan yang berisikan peringatan shaf harus dirapatkan atau tidak boleh mengaktifkan handphone selama waktu ibadah berlangsung.

Seperti itulah beberapa penjelasan mengenai cara setting jam digital masjid beserta dengan informasi pengaturannya. Dari pembahasan di atas, kini Anda sudah mengetahui bahwa penggunaan jam tersebut bisa diatur menggunakan aplikasi atau manual.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!