Jenis Batu Kali dan Harganya Terbaru

Jenis Batu Kali

Bukan berarti namanya batu kali, ukuran batunya kecil dan tidak cocok untuk pondasi bangunan. Jangan salah mengira dulu, jenis batu kali di zaman sekarang justru menjadi salah satu proses pembuatan pondasi rumah. bahkan sangat kuat dan mampu melindungi bangunan dari gempa.

Berapa Harga Batu Kali?

Pada umumnya, batu kali itu memiliki banyak variasinya. Termasuk ukurannya pun juga berbeda – beda, sehingga bagi yang ingin membangun rumah. Mereka bisa memilih batunya sesuai keinginan. Biasanya batu kali akan banyak orang gunakan sebagai pondasi, mengingat batunya cukup kuat.

Sebelum membeli batu kali, ada baiknya Anda mengetahui ukuran volume batunya terlebih dahulu. Apalagi ada yang menjual batunya sesuai berat. Jika membeli dalam jumlah yang cukup banyak, biasanya pihak penjual akan menghitung sesuai dengan muatan kendaraan dari pihak pengirimnya.

Umumnya harga batu kali bulat memiliki kisaran Rp. 300.000 untuk 1 pick up. Sedangkan untuk 1 truk biasanya berkisar Rp 2.200.000. Kemudian, jenis batu kali belah mempunyai kisaran Rp 185.000 secara umum. Namun, Anda bisa mendapatkan harga berbeda di setiap toko.

Beberapa Jenis Batu Kali

Pada umumnya, batu kali ini adalah salah satu elemen yang cukup penting di dalam bidang konstruksi rumah. Oleh karena itulah, banyak sekali masyarakat yang kini lebih memercayakan bahan material satu ini sebagai pondasi bangunannya. Berikut ada beberapa jenis batu kali terbaik :

Batu Kali Belah

Salah satu jenis batu kali paling banyak digunakan, yaitu batu kali belah yang termasuk ke dalam kategori batu dengan ukuran yang lumayan besar dengan bentuk yang telah hancur. Biasanya batu semacam ini akan mudah Anda temukan di sekitaran perbukitan, pegunungan atau bahkan sungai.

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa sebagian besar batu kali itu memiliki kekuatan yang sangat besar sehingga menjadi bahan pondasi bangunan. Sama seperti batu kali belah satu ini. Mengingat teksturnya yang cukup kasar, menjadikan batu ini akan jauh lebih mudah menempel di mortar.

Batu Kali Bulat

Selain itu, ada jenis batu kali bulat yang sesuai dengan namanya memang bentuknya bulat secara halus. Biasanya batu semacam ini akan mudah Anda temukan di area sungai. Sedangkan untuk teksturnya sendiri, batu ini lumayan keras. Akan tetapi, ada kekurangan yang menyertai batu ini.

Kekurangan tersebut adalah batu kali bulat tidak mudah menempel di mortar, berbeda dengan batu belah sebelumnya. Itu karena bagian permukaannya memiliki tekstur yang halus. Itulah mengapa terasa sangat untuk menggunakannya saat hendak membangun sebuah pondasi pada suatu rumah.

Batu Blondos

Batu blondos satu ini seperti memiliki kesamaan dengan batu bulat, mengingat bentuk dari batunya terkadang menyerupai bulat sempurna. Namun, terkadang juga da yang bentuknya pipih tapi tetap bulat. Biasanya batu semacam ini akan mudah Anda temukan di sekitaran gunung dan juga sungai.

Sedangkan untuk ukurannya sendiri seperti seukuran kepalan tangan orang dewasa. Biasanya batu blondos ini seringkali orang sebut sebagai batu kosongan. Banyak sekali para pekerja konstruksi yang menggunakan batu kuat ini untuk menjadi lapisan pondasi menerus atau bahkan setempat.

Batu Karang

Tidak hanya itu saja, batu kali lain yang bisa menjadi referensi sebagai pondasi bangunan Anda yaitu batu karang. Biasanya warna dari batu satu ini adalah putih atau bahkan terkadang berwarna kuning muda. Bahkan juga ada yang warnanya hitam, bisanya batu ini ada di sektiaran sungai atau pantai.

Perlu Anda ketahui, bahwa batu kali yang bagus untuk pondasi bangunan itu yang memiliki kepadatan di patahannya. Selain itu, batu tersebut juga harus kuat, bersih tanpa adanya garis lapuk dan juga bersih. Dari semua kriteria tersebut, batu karang bisa menjadi pilihan paling bagus.

Batu Alor

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan batu alor satu ini? Ya batu ini biasanya menjadi salah satu hiasan di bagian dinding suatu bangunan agar tampilannya terlihat lebih estetik. Mengingat bentuk dari batunya yang terkesan cukup unik. Berbentuk bulat namun lonjong.

Tidak hanya sebagai bahan material dalam bidang konstruksi, batu alor ini juga terkadang sangat berguna untuk aquarium ikan. Itu karena bentuk dari batunya sendiri lumayan kecil, jadi akan sangat cocok bila Anda tata rapi. Baik untuk dinding dan lain-lain, tampilannya akan bertanbah banyak.

Batu Hijau

Pada umumnya, jenis batu satu ini sama saja seperti batu kali belah lainnya. Hanya saja letak perbedaannya ada pada bagian warnanya yang berwarna hijau. Memang terlihat cukup unik dan juga menarik jikalau menjadi salah satu bahan untuk pondasi suatu bangunan. Tingkat kekuatannya sama.

Jadi, tidak perlu khawatir jika tampilannya beda. Itu karena batu hijau ini memiliki kekuatan yang sama seperti batu belah. Apalagi batu ini memang teruntuk sebagai pondasi bangunan. Dijamin rumah Anda akan lebih tahan lama dan tahan terhadap gempa.

Batu Split

Jenis batu kali selanjutnya adalah batu split yang seringkali juga masyarakat kenal sebagai batu belah. Batu ini merupakan bahan material bangunan yang banyak digunakan oleh tukang, karena sifatnya tidak mudah mengalami perubahan bentuk.

Bahkan tidak akan berubah bentuk meskipun tertanam di dalam tanah / pondasi. Sedangkan untuk karakteristiknya, batu split ini selalu memiliki pembawaan warna hitam, cokelat sampai dengan warna abu – abu tua. Hingga saat ini, batu split masih banyak tukang gunakan sebagai pondasi.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga lengkap, mengenai informasi penting terkait jenis batu kali beserta dengan kisaran harganya. Jadi, Anda bisa menjadikan pembahasan di atas sebagai referensi sebelum membeli batunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.