Berlabuh ke 10 Universitas Terbaik di Belanda

“Ketika semua bangsa ditakdirkan memiliki tanahnya, bangsa Belanda membuat tanahnya sendiri”

Universitas Terbaik Di Belanda — Yap, itulah gambaran negeri yang pernah menjajah bangsa kita 3,5 abad ini. Tak disangka kan kita sebenarnya pernah dijajah sebuah bangsa yang bahkan harus “membuat” tanahnya sendiri.

liburan saat kuliah di universitas terbaik di belanda
wisatamu

Negeri yang terkenal dengan kincir anginnya ini sejatinya dibangun dengan tanah yang dikeringkan atau sering disebut dengan tanah polder. Makanya banyak dam atau bendungan dibangun di negeri ini. Kalau banjir atau damnya rusak mengerikan, negeri ini bisa tertutup air hampir separuh wilayahnya.

Saya kebetulan lebih suka menyebut negeri ini sebagai negerinya Flying Dutchman. Tahukan Flying Dutchman yang konon selalu menghantui jiwa para pelaut? Hehehe, nyatanya legenda tersebut berasal dari negeri bunga tulip ini. Legenda berbalut misteri yang sangat terkenal dari abad ke 16 itu nyatanya membuat negeri ini makin tersohor.

Namun jika bicara urusan pendidikan, tidak diragukan lagi. Inilah negeri tempat beberapa empu bangsa kita ini mencari ilmu. Salah satu yang terbaik di Eropa, bahkan dunia. Punya perguruan tinggi tua, dengan ribuan alumni yang namanya tersohor. Bahkan bisa dikatakan negeri ini adalah rujukan utama mahasiswa kita jika ingin kuliah di luar negeri.

Negeri ini cocok bagi kalian yang menginginkan sebuah negeri yang tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan industri yang padat. Tidak banyak kendaraan bermotor dan ramah pesepeda, ramah pejalan kaki serta ramah lingkungan. Hehehe…

Terlebih di negeri ini punya banyak kanal yang cantik, bersih dan terasa romantis. Ingat kuliah ya, jangan bolos karena ingin pacaran di negeri ini. Uhukkk…

Satu lagi, sistem perguruan tinggi di sini kira-kira sama dengan sistem perguruan tinggi di tanah air. Lebih banyak menggunakan istilah fakultas daripada school atau college yang sering bikin pusing.

Hal ini sebenarnya terjadi karena kita secara umum mewarisi sistem pendidikan di Belanda. Jadi ya tidak susah untuk mengenal sistem akademik di negeri Flying Dutchman ini.

Sekalipun begitu, ada juga yang menggunakan perguruan tinggi di Belanda yang menggunakan istilah fakultas untuk menaungi beberapa school atau departemen. Tapi yang jelas sistemnya tidak memusingkan karena hampir mirip-mirip di Indonesia.

Soal Beasiswa? Jangan khawatir, negeri ini paling loyal memberikan beasiswa terutama untuk mahasiswa Indonesia yang berminat belajar di sana.

Banyak beasiswa dari pemerintah Belanda maupun beasiswa universitas di sana yang bisa diambil. Indonesia konon masuk dalam kategori priority untuk urusan ini. (Mungkin) itung-itung “membalas jasa” ketika era penjajahan dulu. Hehehe…

10 Universitas Terbaik di Belanda

tempat wisata bila kuliah ke universitas terbaik di belanda
Nomadictrip.com

Penasaran universitas mana saja yang terbaik di negeri Flying Dutchman ini?, berikut 10 daftar universitas terbaik di Netherland alias Belanda ini.

1. Universiteit Leiden

Universiteit Leiden universitas terbaik di Belanda
https://www.universiteitleiden.nl/

Universitas terbaik di Belanda yang pertama adalah universitasnya fisikawan yang terkenal dengan teori atom E=MC² nya. Yap, Albert Einstein adalah alumni universitas ini. Universitas tertua sekaligus terbaik di negeri Flying Dutchman ini. Jadi reputasinya tak perlu ditanyakan lagi.

Universitas ini berdiri di tahun 1575. Didirikan oleh pangeran William, dari keluarga kerajaan Belanda yang sampai saat ini masih memerintah negeri ini.

Waktu itu sebenarnya sebelum universitas Leiden ini berdiri terdapat sebuah universitas di Belanda bagian selatan. Universitas Leuven namanya, namun di bawah kekuasaan Spanyol (dinasti Habsburg sisi Spanyol, bukan Hungaria, Red).

Nah karena itu mengimbangi sekaligus mewadahi bangkitnya abad pencerahan ilmu pengetahuan di Eropa pada massa Renaissance inilah universitas ini didirikan. Dipilihnya kota Leiden ini juga unik.

Pangeran William yang punya julukan “Pangeran Oranye” ini bahu membahu dengan rakyat Leiden untuk menghadapi invasi Spanyol yang dipimpin raja Felipe II pada tahun 1574. Karena itulah universitas ini didirikan di kota Leiden ini, sebagai penghormatan untuk masyarakat Leiden.

Universitas yang letaknya ada di utara Belanda ini memiliki sekitar 24.000 mahasiswa. Memiliki puluhan jurusan yang terbagi dalam 7 fakultas. Antara lain ada ilmu pemerintahan dan hubungan internasional, hukum, matematika dan sains, ilmu sosial, arkeologi, kedokteran dan humaniora.

Universitas ini memiliki kelebihan pada studi arkeologi, bahasa, agama maupun budaya Eropa maupun Asia, termasuk Indonesia. Kabar baik bagi anda yang ingin studi mengenai budaya global maupun regional.

Universitas ini menurut Times Higher Education World University Rankings (THE) menempati posisi 67 dunia pada tahun 2016. Alumninya telah meraih 16 gelar Nobel dari berbagai bidang. Selain Albert Einstein ada nama John Quincy Adams (presiden ke 6 AS), John Stuart (Mantan Perdana Menteri Inggris) dan sederet nama dunia pernah berkuliah di sini.

Oh ya, hampir semua keluarga kerajaan Belanda juga berkuliah di sini. Pengen kuliah bareng kaum ningrat ini? Atau pengen kenalan sama Sinyo atau Noni Belanda? Hehehe… bisa jadi.

Alumni dari Indonesia? Oh banyak, hehehe. Ada nama sekelas Bapak Mohammad Hatta, Pak Boediono, Sultan Hamengkubuwono IX. Ketiganya adalah mantan wakil Presiden RI, Weh luar biasa ya? Selain itu ada nama Soetan Sjahrir, sampai ahli hukum tanah air Pak Jimly Asshiddiqie adalah alumni universitas ini. Hmm… sangat berkelas!

2. Universiteit Utrecht

universitas terbaik di Belanda Universiteit Utrecht
content.presspage.com

Universitas ini berdiri tegak di kota Utrecht. Tempat di mana Irfan Bachdim pernah menimba ilmu sepak bola di sini. Hehe, FC Utrecht maksudnya, kebetulan masih satu kota.

Universitas ini berdiri pada tahun 1636. Didirikan oleh seorang profesor dalam bidang Teologi bernama Gisbertus Voetus. Ia jugalah yang mengirim pesan kepada seorang profesor matematika dan hukum bernama Bernardus Schotanus untuk memimpin universitas ini.

Jadi ketika awal berdiri, praktis keilmuan merekalah yang menjadi acuan jurusan. Yap, awalnya hanya ada tiga fakultas saja yang meliputi teologi, kedokteran dan hukum.

Tapi itu dulu. Saat ini terdapat puluhan jurusan yang dinaungi tujuh fakultas berbeda. Antara lain humaniora, sosial, hukum, sains, kedokteran hewan dan lain sebagainya. Menariknya beberapa fakultas itu menaungi beberapa sekolah dan departemen, bukan jurusan. Misal fakultas hukum, ekonomi dan pemerintahan punya tiga sekolah berbeda dengan puluhan jurusan.

Agak beda ya dengan AS yang justru sistem fakultas hampir tidak digunakan sama sekali. Sebaliknya malah sistem school atau sekolah yang lebih familier. Menurut QS World University Rankings, universitas ini ada di urutan 94 dari 100 universitas terbaik di dunia. Wow!

Alumninya telah meraih 12 gelar Nobel dari berbagai bidang. Alumninya juga kebanyakan tidak jauh-jauh dari tiga bidang awal universitas ini.

Teologi, kedokteran, hukum, dan tentunya sains. Satu nama Indonesia yang terkenal pernah berkuliah di sini adalah Adnan Buyung Nasution. Pakar hukum ternama di negeri tercinta ini. Weh….

3. Universiteit van Amsterdam

universitas terbaik di Belanda Universiteit van Amsterdam
roomfordiscussion.com

Nah yang satu ini berdiri di ibukota Netherland alias Belanda, kota Amsterdam. Salah satu universitas tertua di negeri Flying Dutchman. Bahkan, bisa dikatakan universitas ini adalah yang peminatnya paling banyak di sana.

Berdiri pada tahun 1632, awalnya perguruan tinggi ini bernama Athenaeum Illustre. Didirikan oleh pemerintah kota Amsterdam dan diteruskan oleh dua profesor bernama Gerardus Vosius dan Caspar Barlaeus. Layaknya perguruan tinggi di Eropa pada umumnya, kedokteran adalah jurusan pertama yang ada di universitas ini.

Uniknya, jurusan teologi yang ada pertama kali di universitas ini adalah Kristen Protestan aliran Menonit. Agak beda ya dengan kebanyakan universitas di Belanda yang teologinya didominasi aliran Lutheran atau Calvinis.

Universitas berbasis riset ini dihuni oleh sekitar 30.000 mahasiswa. Memiliki tujuh fakultas antara lain humaniora, ilmu sosial, ekonomi dan bisnis, hukum, kedokteran, sains, dan kedokteran gigi. Menurut QS World University Rankings, universitas ini berada di peringkat 50 dunia.

Sangat kompetitif sekali ya? Selain itu bagi anda yang ingin mempelajari masalah kedokteran gigi, universitas ini memiliki fakultas khusus yang terpisah dengan fakultas kedokteran. Yang jelas lebih spesifik dan dekonsentrasi di sana. Hehehe…

Alumni universitas ini telah meraih enam gelar Nobel dari berbagai bidang. Kebanyakan alumninya merupakan politisi dan penulis. Hmmm, kelihatannya hampir-hampir mirip Edinburgh ya, jurusan sastranya banyak melahirkan penulis.

4. Rijksuniversiteit Groningen

universitas terbaik di Belanda Rijksuniversiteit Groningen
100pk.nl

Nama lainnya adalah universitas Groningen. Aye, sesuai namanya universitas ini berdiri tegak di kota Groningen. Salah satu universitas tertua di negeri Flying Dutchman setelah Leiden.

Universitas ini berdiri pada tahun 1614. Kalau saya tidak salah hitung, universitas ini umurnya sudah mencapai 400 tahun lebih dikit. Hehehe, uniknya universitas ini bukan didirikan oleh pengusaha, profesor ataupun pemerintah. Tapi murni rakyat Belanda yang bermukim di wilayah Groningen dan Ommelanden kala itu.

Bisa dikatakan universitas ini adalah universitas berbasis kerakyatan alias dari rakyat untuk rakyat. Hehehe… Luar biasa ya? Ketika awal berdiri pun praktis keilmuannya adalah yang dibutuhkan masyarakat kedua wilayah itu. Antara lain teologi, filsafat, hukum dan kedokteran.

Saat ini universitas ini memiliki lebih dari 30.000 mahasiswa. Terdapat 9 fakultas dan 1 college yang meliputi ekonomi dan bisnis, teologi dan ilmu agama, hukum, seni, tata ruang (spasial), ilmu sosial, matematika, filsafat, dan matematika.

Kabar baik bagi anda yang ingin studi mengenai agama dengan perspektif ala barat karena mereka punya jurusan agama yang lengkap.

Tapi bagi saya ada satu yang menarik dari universitas ini. Aye, di sini ada fakultas ilmu spasial atau biasa disebut ilmu tata ruang. Saya pikir mirip dengan teknik sipil atau arsitektur yang mungkin mendekati istilahnya.

Ternyata beda, ilmu spasial lebih kepada menata ruang berdasarkan geografi dan analisa survey sumber daya. Salah satu cabang ilmu geografi yang tentu saja jarang terdengar di tanah air. Pilihan yang menurut saya menarik jika anda ingin menekuni di bidang ini.

Setidaknya ketika pulang ke Indonesia bisa benerin kota-kota besar maupun kecil di tanah air yang masih banyak ketimpangan problem pembangunan. Hehehe…

Menurut QS World University Rankings, universitas ini ada di peringkat 90 dari universitas terbaik di dunia. Alumninya kebanyakan merupakan ilmuwan di bidang sains. Bahkan peraih Nobel satu-satunya dari universitas ini bernama Heike Kamerlingh Onnes merupakan peraih Nobel dari bidang Fisika. Hebat ya?

5. Technische Universiteit Delft

universitas terbaik di belanda Technische Universiteit Delft
ontwerpwedstrijden.nl

Universitas ini mungkin sangat familier buat mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di sana. Berdiri di sebuah kota bernama Delft. Kota ini bisa dikatakan “Imogirinya Belanda” hehe… Karena di sinilah raja-raja dan para ratu Belanda dimakamkan.

Universitas ini sendiri berdiri pada tahun 1842 oleh Raja William II. Dari awal berdiri memang universitas yang awalnya bernama Royal Academy ini ditujukan untuk pengembangan ilmu teknik. Utamanya teknik sipil dan industri. Tak heran jika dikemudian hari universitas ini berevolusi menjadi sebuah perguruan tinggi berbasis teknologi.

Oh ya, ketika  pertama kali berdiri, universitas ini awalnya juga menjadi rujukan buat mahasiswa yang berasal dari negeri jajahan Belanda, termasuk Indonesia. Makanya universitas ini baik dari sejarahnya maupun alumninya yang berasal dari tanah air, familier dengan nama universitas ini.

Saat ini mahasiswa yang berkuliah di sini ada sekitar 19.000 orang. Memiliki 8 fakultas yang menaungi puluhan bidang seperti teknik sipil dan geologi, mekanik kemaritiman dan teknik material, arsitektur, matematika dan ilmu komputer, teknik pesawat luar angkasa dan sebagainya. Seluruh jurusan cabang teknik ada semua di sini.

Tak heran jika QS World University Rankings menempatkan universitas ini di peringkat 19 dunia dan terbaik ke 3 di Eropa, sama sama di bidang teknik dan teknologi. Pilihan tepat bagi anda yang ingin menjadi teknokrat.

Sudah dua gelar Nobel yang diraih alumninya. Ada satu alumninya yang sangat terkenal yaitu Jaap Hartsen, seorang teknokrat pencipta jaringan Bluetooth yang kita pakai untuk berbagi media dan pesan di hampir semua perangkat gadget. Apa jadinya ya sekarang tanpa Bluetooth? Hmmm….

6. Vrije Universiteit Amsterdam

universitas terbaik di belanda Vrije Universiteit Amsterdam
mega-elektra.n

Kembali ke Amsterdam, ada universitas yang dari namanya mirip dengan salah satu universitas di Berlin. Sama-sama menggunakan kata “Freie” atau di Belanda disebut “Vrije” yang artinya kebebasan. Cuma penggunaannya beda konteks dan sejarah.

Universitas ini berdiri tahun 1880. Didirikan oleh sebuah denominasi Kristen Protestan aliran Calvinis yang dipimpin oleh Abraham Kuyper di Amsterdam. Dia adalah seorang teolog Calvinis di negeri Belanda dan seorang Perdana Menteri yang menjabat antara tahun 1901-1905.

Namun pada akhirnya ia memilih untuk mengembangkan perguruan tinggi yang bebas dari pengaruh pemerintah maupun gereja (Calvinis). Maka kata “Vrije” yang disematkan bukan hanya bebas dari pengaruh pemerintah seperti Universitas Freie di Berlin, namun juga bebas dari pengaruh agama.

Sama dengan kebanyakan universitas di Belanda lainnya, universitas ini memiliki 7 fakultas yang meliputi seni, teologi, hukum, bisnis, sains, humaniora, dan ekonomi. Serta memiliki 1 college yang bekerja sama dengan Universiteit Amsterdam bernama Amsterdam University College. Oh ya, mahasiswa yang berkuliah di sini sekitar 20.000 orang.

Alumninya banyak yang menjadi politisi, teologi, dan ilmuwan di bidang humaniora. Cukup unik ya? mengingat banyak universitas yang alumninya kebanyakan ilmuwan saintis. Pilihan tepat bagi anda yang ingin jadi agamawan atau politisi khususnya. Pendirinya saja teolog dan politisi. Hehehe…

7. Universiteit Twente

universitas terbaik di belanda Universiteit Twente
twentesafetyandsecurity.com

Perguruan tinggi yang satu ini lokasinya berada di kota Enschede. Sebelah timur negeri Flying Duthman ini. Berbatasan langsung dengan negara Jerman. Jadi jika anda kuliah di sini, bisa lihat perbatasan Belanda dengan Jerman secara langsung. Asyik ya?

Universitas ini baru berdiri pada tahun 1961. Jika dibandingkan dengan universitas di atas yang ini jauh lebih muda. Universitas awalnya ketika pertama kali berdiri, berbasis teknik dan bernama Technische Hogeschool Twente.

Meskipun begitu lambat laun universitas ini mengembangkan orientasi ekonomi dan kontribusinya pada bidang sosial. Namun tetap teknologi adalah trademark kedua universitas ini.

Nyatanya meski orientasinya ekonomi dan sosial, universitas ini memiliki lima fakultas yang tidak jauh-jauh dari kata teknik dan teknologi.

Antara lain fakultas ilmu etika manajemen dan ilmu sosial, teknik teknologi, teknik listrik matematika dan ilmu komputer, sains dan teknologi, dan geologi.

Lihat, cabang tekniknya lebih kentara kan ketimbang sosial ekonominya? Hehe.. Meskipun begitu tidak salah menjadikan universitas ini sebagai rujukan utama karena perguruan tinggi ini merupakan yang terbaik di Belanda untuk urusan entrepreneur. Bagi yang ingin mempelajari ekonomi, bisa dijadikan referensi utama jika ingin belajar di sini.

Alumninya kebanyakan adalah politisi dan businessman Belanda. Ada juga yang menjadi ilmuwan di bidang Fisika. Bahkan dua ilmuwan fisika dari universitas ini pernah meraih Spinoza Prize dan Swan Medal yang setingkat dengan gelar Nobel.

8. Erasmus Universiteit Rotterdam

universitas terbaik di belanda Erasmus Universiteit Rotterdam
http://scholarship.uniplaces.com/

Saya pikir awalnya nama universitas ini ada sangkut pautnya dengan beasiswa Uni Eropa yang sangat terkenal itu (Erasmus Mundus).

Ternyata jauh hehehe… Berdiri di kota yang sangat terkenal, bahkan untuk ukuran orang Indonesia nama kotanya cukup familier. Aye, lokasinya ada di kota Rotterdam. Salah satu kota dengan pelabuhan terluas di dunia.

Berdiri pada tahun 1913 dengan nama Nederlansche Handels-Hogeschool. Awalnya ketika berdiri orientasinya lebih kepada pengembangan ekonomi dan bisnis lokal kota Rotterdam.

Setelah merger dengan perguruan tinggi lain di Rotterdam pada tahun 1973, barulah nama universitas ini berubah menjadi yang sekarang ini kita lihat. Mengambil nama dari seorang teolog dan humanis Belanda pada abad ke 15, Desiderius Erasmus Roterodamus.

Universitas ini memiliki tujuh fakultas dengan empat fokus, yaitu kesehatan, manajemen, pemerintahan, dan budaya. Keempatnya membawahi fakultas yang berbeda-beda.

Jelasnya, jurusan dari keilmuan sains, humaniora, teknik sampai ilmu sosial ada semua di sini. Agak beda dengan sistem perguruan tinggi di Belanda yang selalu merujuk istilah fakultas, tanpa ada fokus yang menaungi di atasnya.

Bagi yang ingin menjadi dokter, perawat atau semacamnya, universitas ini bisa dikatakan salah satu pilihan terbaik. Karena menurut Times Higher Education (THE) menempatkan universitas ini di peringkat 35 dunia untuk urusan jurusan klinis.

Bagi yang ingin jadi sosiolog pun universitas ini juga bagus. Ada di peringkat 40 dunia menurut lembaga yang sama dalam bidang ilmu sosial. Kompetitif ya?

Alumninya kebanyakan adalah ekonom dan politisi. Eeitss, bicara soal politisi di sini ada satu nama yang cukup membanggakan. Ada nama Bapak Mohammad Hatta, salah satu proklamator kemerdekaan RI dan wakil presiden Indonesia pertama. Wuihhh hebat ya beliau?

9. Technische Universiteit Eindhoven

universitas terbaik di belanda Technische Universiteit Eindhoven
http://www.ed.nl/

Ah, satu lagi universitas di Belanda yang berorientasi pada teknologi. Satu kota dengan klub sepak bola terkenal asal Belanda, PSV Eindhoven. Hehehe, ya lokasinya memang berada di kota Eindhoven.

Universitas ini didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1956 dengan nama Technische Hogeschool Eindhoven. Orientasinya terutama sekali untuk pengembangan teknik otomotif.

Nah, bagi yang suka masalah otomotif atau permesinan kendaraan bermotor mungkin lebih pas untuk kuliah di sini. Jarang lho ada universitas bagus yang arahnya ke situ.

Namun, tetap saja ini universitas berbasis teknologi. Jadi tidak hanya otomotif, segala yang berbau teknologi seperti teknik. Mulai robot, kendaraan sampai kelistrikan semuanya dapat dipelajari di sini.

Lebih tepatnya bagi anda yang menginginkan untuk mendalami ilmu teknik, universitas ini bisa jadi pilihan tepat selain Technische Universiteit Delft.

Ada sekitar 9000an mahasiswa yang berkuliah di sini. Tidak banyak memang, walaupun begitu kalau melihat jumlahnya kelihatannya universitas ini sangat kompetitif.

Memiliki sembilan departemen setara fakultas yang meliputi teknik biomedik, pembangunan lingkungan, teknik kelistrikan, desain industri, teknik dan ilmu kimia, teknik industri, fisika terapan, teknik mekanik, serta matematika dan ilmu komputer. Benar-benar universitas teknologi dan teknik. Hmmm…

Terbukti, kebanyakan alumninya merupakan teknokrat maupun arsitek di negeri Flying Dutchman ini.

Mantan CEO Philips (yang di Indonesia terkenal dengan lampu hemat listriknya itu, hehehe…) Gerard Kleisterlee adalah alumni universitas ini. Satu gelar Nobel juga telah diraih universitas ini atas nama Archer Martin dari bidang kimia.

10. Radboud Universiteit Nijmegen

universitas terbaik di belanda Radboud Universiteit Nijmegen
panoramio.com

Satu lagi perguruan tinggi yang memiliki dan didirikan oleh para Teolog. Universitas terbaik di Belanda ini berdiri di kota Nijmegen. Salah satu kota terbesar di negeri Flying Dutchman ini.

Berdiri pada tahun 1923, universitas ini didirikan oleh komunitas Kristen Katolik Roma. Namun perbedaannya universitas ini tidak ada sangkut pautnya dengan Kepausan Vatikan seperti universitas Heidelberg di Jerman misalnya. Murni penganut dan komunitas Katolik yang ada di Nijmegen. Awalnya universitas ini bernama Katholieke Universiteit Nijmegen.

Namun baru di tahun 2003, namanya berubah seperti yang sekarang ini kita lihat. Nama universitas ini diambil dari nama orang suci yang hidup sekitar tahun 900 M dan berasal dari Utrecht, Saint Radboud of Utrecht.

Universitas ini memiliki tujuh fakultas dengan ratusan jurusan yang ditawarkan. Mulai dari bidang seni, teologi, sains, ilmu sosial, sains dan filsafat, kedokteran dan sebagainya. Mahasiswa yang berkuliah di sini juga cukup banyak, mencapai 19.000 mahasiswa.

Universitas ini bisa jadi pilihan tepat bagi yang ingin melanjutkan studi S2 di negeri ini. Perguruan tinggi ini punya 75 program master dari berbagai bidang. Cukup banyak ya?

Alumninya kebanyakan merupakan politisi di negeri Flying Dutchman ini. Bahkan, sudah ada empat Perdana Menteri Belanda yang merupakan alumni universitas ini. Sir Kontantin Novoselov merupakan alumninya yang meraih gelar Nobel untuk universitas ini dalam bidang Fisika.

Bisa dikatakan, negeri Flying Dutchman punya perguruan tinggi yang dari segi keilmuannya lengkap. Mulai dari hukum, sains, teknologi, bahkan berbagai agama bisa dipelajari di sini.

Walaupun mungkin lulusan dari jurusan Hukum banyak mendominasi mahasiswa Indonesia yang berkuliah di sana. Menariknya, budaya kita saja dipelajari di sana. So, anda tertarik belajar di negeri Flying Dutchman ini?

 

 

Hobinya mempelajari kehidupan dan belajar dari kehidupan... Hayoo bingung to??...,., :D