PELATIHAN GERABAH KASONGAN 0895-1034-0409

403 views

Pelatihan Gerabah Kasongan

Apakah Anda merupakan salah satu pecinta hasil kerajinan dan seni? Ataukah pernah mendengar berita tentang tersohornya Kasongan? Bukan hanya hasil karya yang dihasilkan, namun juga pelatihan gerabah Kasongan sudah cukup dikenal masyarakat luas.

Gerabah dalam Sudut Pandang Seni Rupa

Apabila diminta untuk menjelaskan pengertian seni rupa murni, dapat dipahami bahwa ia merupakan karya cipta yang mengedepankan keindahan dan hanya bisa dinikmati sebagai hiasan. Salah satunya yakni, kerajinan gerabah seperti patung dengan desain tiga dimensi.

Kemudian, dalam sudut pandang lain kerajinan ini juga dapat digolongkan sebagai seni rupa terapan. Hal tersebut dikarenakan, berbagai hasil produk yang dapat dimanfaatkan secara fungsional.

Kalimat penjelas paragraf kedua adalah tentang gerabah yang dapat dimanfaatkam secara fungsional. Masyarakat Jawa sejak dulu telah memanfaatkan kendi, piring dan gelas tanah liat, sebagai peralatan makan serta tempayan atau padasan sebagai gentong untuk menyimpan air.

Karya seni ini dapat pula dikelompokkan ke dalam salah satu jenis kriya. Alasan mengapa kerajinan tersebut merupakan contoh karya seni kriya adalah, cara pembuatannya yang memerlukan keterampilan tangan manusia. Sedangkan pengrajinnya biasa dijuluki sebagai kriyawan.

Sejarah Awal Mula Kerajinan Gerabah

Sejarah kerajinan gerabah dimulai sejak masa prasejarah. Tepatnya, yakni setelah manusia hidup menetap dan bercocok tanam. Pada zaman tersebut, perlengkapan ini hanya dibentuk menggunakan tangan dan dibuat dengan bahan adonan kasar yang dipenuhi jejak jari tangan.

Alhasil bentuknya banyak yang tidak simetris. Dapat dimaklumi bahwa pada zaman tersebut belum ditemukan alat yang memadai. Bahkan, hasil-hasil kerajinan gerabah biasanya berupa perkakas rumah tangga dan berbagai alat keperluan religius.

Apa saja Alat dan Bahan dalam Pembuatan Gerabah?

Menurut Anda, apa bahan baku pembuatan gerabah? Ya, bahan utamanya adalah tanah liat. Dengan bentuk gumpalan tanah keras saat kering dan lengket apabila basah terkena air. Selain itu, terdapat campuran yang ditambahkan pada adonan seperti abu, pasir halus atau serbuk padas.

Alat utama pembuatannya ditentukan oleh metode untuk membuat. Apabila menggunakan teknik putar, maka alat yang digunakan adalah meja putar. Jika cara yang dipilih adalah teknik cor, maka yang diperlukan yakni perlengkapan cetak.

Diperlukan pula beberapa alat bantu lain yang digunakan untuk mempermudah proses pembuatannya, sepert mesin pengaduk bahan, pisau ukir dan kuas.

Mengenal Pelatihan Gerabah Kasongan

Jika Anda tertarik dengan dunia pembuatan seni kerajinan ini, maka dapat mengikuti pelatihan gerabah di Kasongan. Banyak galeri-galeri di sekitar sana yang membuka kursus untuk membuat gerabah.

Sebagai tempat pembuatan gerabah yang terkenal, tentunya memilih berlatih membuat kerajinan di tempat tersebut merupakan langkah yang tepat. Sebab, Anda bisa mendapatkan ilmu dan keterampilan langsung dari para ahli yang handal dan terpercaya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan di bawah ini:

  1. Jenis Edukasi Gerabah

Jenis pelatihan yang disediakan biasanya berupa latihan sekali datang atau berkala. Apabila memilih yang sekali datang, maka Anda hanya akan melakukan sesi kursus untuk satu hari saja. Durasinya biasanya sekitar 2-3 jam. Peserta anak-anak dan wisatawan luar daerah biasanya memilih jenis ini.

Namun, apabila Anda berniat untuk melakukan kursus secara kontinyu, maka dapat memilih yang berkala. Jadwal sesi biasanya dilaksanakan satu minggu sekali atau dua kali dalam seminggu tergantung kesepakatan dan kebutuhan. Untuk durasinya berkisar antara 3 sampai 4 jam per sesi.

Pilihan tersebut biasanya diambil oleh orang yang ingin menekuni dunia kerajinan atau berminat menjadi pengrajin. Intensitas latihan yang tinggi akan menambah keterampilan dalam membuat produk dengan baik dan berkembang.

  1. Cara Mendaftar Pelatihan Gerabah

Untuk pendaftaran, dapat dilakukan dengan cara mendatangi tempat pelatihan secara langsung. Anda mungkin juga dapat melakukan reservasi sebelumnya, dengan cara menghubungi kontak dari galeri tersebut.

Informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui brosur atau website resmi dari tempat latihan. Biasanya, Anda dapat mengirim pesan via WhatsApp, e-mail, atau menghubungi mereka lewat telepon. Siapkan data diri seperti KTP atau SIM dan tanyakan pula persyaratan tambahan apabila dibutuhkan

Selanjutnya tentukan jenis kursus yang ingin Anda ambi. Kemudian, rencanakan juga bersama dengan pelatih waktu dan jadwal yang tepat.

  1. Paket Harga Edukasi Pecah Belah

Harga untuk pelatihan untuk sekali datang di galeri bervariasi dan rata-rata berkisar antara Rp10.000 hingga Rp50.000. Hal tersebut biasanya dipengaruhi pada model gerabah dan tingkat kesulitan pengerjaannya.

Untuk anak TK atau SD, bisa mengambil paket yang paling murah dengan harga Rp 10.000/peserta. Jika datang bersama rombongan, maka pilihlah jenis kelompok agar mendapatkan harga yang lebih hemat. Pilihlah paketan yang sesuai dengan keinginan dan budget Anda.

Biaya pelatihan berkala biasanya rata-rata antara Rp 200.000 hingga Rp Rp 500.000 per bulan. Anda dapat pula membayarkannya secara sesi dengan harga Rp 30.000 per sesi. Beberapa tempat bahkan menjamin pengembalian uang jika peserta tidak berhasil menjadi pengrajin.

  1. Fasilitas Edukasi Pecah Belah

Setelah melakukan pendaftaran dan membayar biaya pelatihan gerabah Kasongan, peserta akan mendapatkan fasilitas berupa adonan tanah liat basah yang telah siap dibentuk, kuas, cat dan celemek. Pada beberapa galeri, juga ada layanan tambahan berupa makanan dan minuman saat proses pengerjaan.

Jika sudah selesai, hasil karya cipta Anda biasanya nantinya dapat dibawa pulang. Seperti contoh, celengan tanah liat jogja buatan sendiri tentunya akan menjadi kenang-kenangan yang tak terlupakan. Pada akhir level untuk jenis latihan berkala, akan mendapatkan tambahan fasilitas berupa sertifikat.

  1. Tahapan Kegiatan Penataran Gerabah

Pada kegiatan ini, peserta akan belajar secara langsung tentang cara membuat gerabah mulai dari yang paling sederhana. Produk pertama yang akan dibuat biasanya seperti celengan, vas bunga ataupun cangkir dengan model simpel.

Untuk peserta kursus berkala, biasanya akan mencoba membuat produk dengan level kesulitan yang bertingkat. Dimulai dari yang paling sederhana hingga sulit. Sebagai contoh tingkatan pembuatan kerajinan yang sulit yakni patung dan guci besar.

Pada tahap yang sangat awal akan dikenalkan terlebih dahulu mengenai pengenalan jenis tanah liat, alat yang diperlukan, hingga teknik-teknik pembuatan. Setelah paham secara teoritis, maka proses dapat dilanjutkan ke tahap pembuatan.

Selanjutnya. akan diajarkan dari awal tentang berbagai tahapan pengerjaan, mulai dari persiapan, pembentukan tanah liat, pengeringan, pembakaran hingga finishing. Tiap orang akan dibimbing perlahan oleh pelatih hingga dapat menghasilkan sebuah produk jadi.

Bagaimana Cara Pembuatan Gerabah?

Sebagai sarana edukasi, aktivitas pelatihan pembuatan gerabah Kasongan akan membuat anak belajar untuk memahami keterampilan baru dan mengasah daya kreativitasnya. Sedangkan bagi orang dewasa, kegiatan seperti itu dapat menjadi sarana untuk melepas stres, mengembangkan minat dan bersenang-senang.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis sentra kerajinan gerabah, kegiatan tersebut dapat bermanfaat sebagai langkah awal untuk menekuni dunia tersebut. Lantas, bagaimana cara untuk membuatnya?

  1. Pembuatan Melalui Teknik Putar

Contoh hasil kerajinan yang biasa dibuat di tempat pelatihan gerabah Kasongan melalui teknik ini adalah, benda-benda dengan bentuk silindris dan tidak bersudut seperti guci atau vas bunga. Cara pembuatannya dilakukan dengan menekan adonan tanah liat yang diletakkan di atas meja putar dengan tangan.

Teknik tersebut membutuhkan keterampilan tangan kriyawan yang tinggi untuk dapat membentuk adonan dengan rata dan simetris. Setelah badan gerabah terbentuk, keringkan dan bakar pada tungku bata yang panas.

  1. Pembuatan Melalui Teknik Cor atau Cetak

Sudah banyak tuliskan teknik pembuatan patung tanah liat, dimana hal itu menerangkan bahwa kerajinan tersebut dibuat melalui teknik cor atau cetak. Hebatnya, metode ini merupakan cara pembuatan gerabah dengan waktu yang cepat dan lebih mudah dari teknik putar.

Selanjutnya, bagaimana cara membuat patung dari tanah liat? Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu desain cetakan patung yang terbuat dari kayu atau gips. Kemudian, tekan atau tuang tanah liat ke dalam cetakan dan tunggu hingga kering dan kemudian lepaslah. Terakhir, bakar patung di tungku.

Mengenal Kasongan dan Pusat Kerajinan di Yogyakarta

Sebagai kota seni dan budaya, Yogyakarta memiliki berbagai daerah yang terkenal akan hasil kerajinannya. Beberapa di antaranya seperti kerajinan kulit di Manding, seni kerajinan perak terdapat di daerah Kotagede, pusat batik yang terletak di Malioboro dan gerabah di Kasongan.

Sebagai pusat kerajinan gerabah, daerah Kasongan menjadi salah satu tujuan wisata jogja. Banyak wisatawan dan turis mancanegara yang mengunjunginya untuk melihat secara langsung proses pembuatan produk ini dan berbelanja souvenir. Ada beberapa ulasan menarik dari lokasi ini, yaitu:

  1. Desa Wisata Kasongan

Alamat Kasongan Yogyakarta terletak di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada 6 km dari Alun-alun Utara Yogyakarta ke Arah Selatan.

Desa pengrajin gerabah ini mulai berkembang pesat sejak awal tahun 1970an. Sapto Hudoyo yang merupakan seorang seniman kondang dari Yogyakarta, membantu mengembangkan desa wisata Kasongan dengan membina masyarakatnya untuk lebih mampu memberikan sentuhan seni dan komersial pada hasil karyanya.

Potensi desa Kasongan kemudian kian dikembangkan, dengan mulai dikomersialkannya gerabah dengan skala besar oleh Sahid Keramik pada tahun 1980. Sejak itulah, tempat ini semakin termahsyur dan banyak dikunjungi oleh wisatawan

Jika pengunjung menginginkan keterangan lebih lengkap tentang desa wisata ini, maka dapat mengunduh buku panduan dan profil desa melalui Google, dengan menuliskan kata kunci desa wisata Kasongan pdf.

  1. Kawasan Wisata Edukasi Kasongan

Saat ini pengembangan desa wisata Kasongan diperluas hingga menjadi kawasan wisata edukasi. Hal tersebut membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk dapat mengenal dan mempelajari pembuatan gerabah secara langsung.

Kasonganpun kini seringkali dijadikan sebagai destinasi karya wisata oleh berbagai sekolah di Yogyakarta. Siswa diminta untuk melihat dan mempelajari proses pembuatan gerabah. Setelah itu, mereka akan diberi tugas untuk membuat laporan kunjungan Kasongan oleh pihak sekolah.

Tak hanya siswa sekolah, banyak pula mahasiswa-mahasiswa dari perguruan tinggi di Yogyakarta yang berkunjung untuk membuat makalah gerabah Kasongan. Tempat tersebut dianggap menjadi objek penelitian tentang seni dan budaya pembuatan gerabah yang menarik.

  1. Hasil Kerajinan yang Terdapat di Kasongan

Produk dari para pengrajin di sana, nantinya biasa dipajang dan dijual di berbagai galeri yang terletak di Pasar Kasongan. Pasar ini sendiri, buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

Hasil yang diproduksi di Kasongan umumnya berupa guci, pot dan perabotan rumah tangga. Guci buatan daerah ini, memiliki motif khas seperti burung merak, bunga mawar dan naga. Berbagai motif tersebut menjadi sumber keunikan gerabah Kasongan yang tiada duanya.

Selain berbagai hasil kerajinan di atas, Kasongan juga dikenal sebagai daerah penghasil patung di bantul. Salah satu model patung yang terkenal dan laris penjualannya adalah adalah Loro Blonyo.

Loro Blonyo merupakan patung tanah liat yang berbentuk pasangan pengantin Jawa. Apa arti loro blonyo dalam bahasa jawa? Loro artinya dua dan blonyo berarti dirias dengan cara dimandikan. Patung tersebut diyakini masyarakat Jawa sebagai sebuah simbol dari kemakmuran.

  1. Hasil Kerajinan Lain di Kasongan

Kerajinan di Kasongan saat ini juga semakin berkembang. Warga setempat mulai menghasilkan kerajinan lain, seperti perabotan bambu, topeng dan berbagai macam bunga tiruan. Contoh kerajinan tersebut terbuat dari bahan selain tanah liat.

Karena banyaknya variasi dari hasil kerajinan Kasongan, Anda dapat mencari nama-nama gerabah dan gambarnya di Google, untuk melihat lebih lanjut gambaran jelas terkait berbagai produk tersebut.

Selain Google, gambar gerabah Kasongan juga dapat Anda lihat melalui platform sosial media seperti Instagram. Beberapa galeri mungkin memiliki akun resmi yang menampilkan berbagai katalog untuk semua koleksinya.

Keunggulan Gerabah Kasongan

Terdapat banyak keunggulan kerajinan gerabah Kasongan, salah satunya adalah kualitas. Tidak perlu diragukan lagi, bahwa gerabah Kasongan terbuat dari bahan baku tanah liat jenis unggul yang membuat hasilnya tidak mudah pecah.

Kualitas tidak mudah pecah tersebut juga disebabkan juga oleh proses pembakaran pecah belah yang dilakukan dengan cara benar. Para pengrajin sangat memperhatikan setiap proses pembuatan dan melakukannya dengan cara yang tidak sembarangan.

Tidak heran bahwa gerabah ini dapat merambah pasar ekspor ke berbagai negara. Itu semua, sebab kualitasnya yang memang mumpuni dan pantas untuk bersaing dengan produk gerabah global.

Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki gerabah Kasongan adalah harganya yang terjangkau. Walaupun memiliki kualitas super, namun patokan tarif untuk tiap produk adalah tergolong murah.

Kekurangan Gerabah Kasongan

Terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan gerabah Kasongan. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan kekurangannya gerabah ini nampaknya lebih banyak memiliki kelebihan. Kekurangan kerajinan tersebut hanya terdapat pada motif-motif yang kurang mengikuti perkembangan zaman.

Namun, kurangnya pengembangan motif yang mengikuti tren tersebut sepertinya dengan sengaja dilakukan oleh para pengrajin. Hal ini bertujuan untuk menjaga ciri khas motif Kasongan yang telah diciptakan oleh leluhur dan turun-temurun dipakai.

Hal Penting dalam Pembelian Gerabah Kasongan

Produk gerabah, dapat dibeli langsung oleh pelanggan melalui galeri-galeri yang terdapat di kawasan desa wisata Kasongan. Pengunjung dapat melalukan proses tawar-menawar hingga mendapat kesepakatan harga yang pas dengan penjual.

Jangan khawatir bagi para pelanggan yang tidak dapat datang dan membeli secara langsung di Kasongan, Anda dapat membeli gerabah Kasongan online. Di sana, terdapat beberapa galeri yang mulai memasarkan produknya secara online melalui platform internet.

Produk-produk tersebut dapat dibeli melalui website resmi galeri, sosial media, ataupun berbagai macam marketplace yang tersedia. Para penjual pasti mencantumkan kontak yang dapat Anda hubungi untuk melakukan pemesanan.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika melakukan pembelian secara online adalah berhati-hatilah. Pastikan terlebih dahulu bahwa barang yang dibeli asli dari Kasongan. Dan pilihlah juga jasa pengiriman yang handal dan terpercaya, agar produk sampai ke tangan Anda tanpa cacat ataupun rusak.

Ulasan Harga Tiket Masuk Kawasan Kasongan

Sebagai kawasan wisata edukasi, harga tiket masuk Kasongan adalah gratis. Pengunjung tidak dikenakan biaya jika datang hanya untuk melihat-lihat hasil kerajinan yang dipajang di galeri. Namun, di beberapa lokasi mungkin harus menyiapkan uang untuk ongkos parkir saja.

Itulah berbagai serba-serbi tentang gerabah dan informasi terkait pelatihan gerabah Kasongan. Jika berminat, silahkan daftarkan diri Anda dan ciptakan karya terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *