20 Jasa Desain Rumah Terbaik 2020

5.402 views

Jasa Desain Rumah

Memiliki rumah dengan desain yang indah dan nyaman memang impian semua orang. Ternyata, mengatur tata letaknya pun tidak semudah yang dibayangkan. Maka dari itu, akhir-akhir ini semakin marak penyedia jasa desain rumah yang mampu membuat bangunan tampah cantik dan nyaman.

Mengenal Beberapa Jurusan Desain Rumah

Seorang penyedia jasa desain pun bukan lagi kaleng-kaleng. Mereka perlu menempuh pendidikan tinggi untuk dapat menghasilkan omset maksimal dan lebih profesional lagi. Bahkan, beberapa universitas di Indonesia sendiri menyediakan jurusan-jurusan yang berhubungan dengannya.

Ada beragam jurusan yang memiliki prospek kerja tinggi di bidang ini, di antaranya adalah arsitek, teknik sipil serta desain interior itu sendiri. Meskipun ketiganya sama-sama bergelut di bidang desain, akan tetapi tetap saja memiliki perbedaan yang mendasar.

Bagi Anda yang masih penasaran dengan jurusan-jurusan tersebut lengkap dengan prospek kerja dan kampus penyedianya, simak penjelasan ini:

Jurusan Desain Interior

Jurusan desain interior ini mempelajari ilmu yang lebih spesifik ke arah nilai estetik sebuah ruangan di dalam bangunan. Pada dasarnya, orang yang bergelut di bidang ini harus memiliki kemampuan spasial yang lebih dan kreatif.

Di sisi lain, jurusan ini akan dilatih untuk perencanaan ruang segala jenis bangunan menjadi indah dan profesional. Bahkan, seorang desainer yang ahli di bidang tersebut akan memiliki pemikiran kreatif untuk mengubah hal-hal sederhana dan murah menjadi lebih cantik serta memiliki nilai estetika tinggi.

Apa Saja Tuntutan dalam Jurusan ini?

Seorang yang bekerja sebagai desain interior pun akan dituntut untuk update terhadap perkembangan apa saja yang sedang terjadi. Bahkan memiliki nilai lebih apabila ahli Autocad serta program-program yang ada di komputer.

Jika sudah begitu, maka seorang desainer bangunan akan dapat membuat atau merealisasi sebuah rancangan yang dibuat dan mungkin melebihi espekstasi yang Anda bayangkan. Karena, keindahan visual merupakan hal utama yang akan mereka perhatikan.

Misalnya saja, hanya beerbekal cat dan batu berukuran seragam dapat dijadikan sebuah seni untuk mempercantik ruangan.

Beberapa Universitas yang Menyediakan Jurusan ini

Adapun universitas maupun institusi penyedia jurusan desain interior terbaik di Indonesia ini adalah sebagai berikut:

  • Institut Teknologi Bandung.
  • Institutu Teknologi Sepuluh November (ITS).
  • Universitas Indonesia, Depok.
  • Universitas Trisakti, Jakarta.
  • Unversitas Kristen petra, Surabaya.
  • Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
  • Universitas pelita Harapan (Uph), Tangerang.
  • Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.
  • Universitas Tarumanegara, Jakarta.
  • Sekolah Tinggi Desain InterStudi, Jakarta.

 

Biaya kuliah

Biaya kuliah untuk jurusan desain interior di setiap universitas pasti memberikan kebijakan yang berbeda. Misalnya di kampus negeri, mereka rata-rata memberlakukan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal). Ini biasanya akan dibedakan berdasarkan pendapatan orang tua yang membiayai kuliah menjadi beberapa golongan. Rata-rata biaya tersebut sekitar Rp 5.000.000,- sampai Rp 8.000.000,-.

Bahkan, terdapat beberapa jalur masuk untuk universitas negeri ini seperti SBMPTN, SNMPTN dan mandiri. Setiap jalur tersebut juga akan diberikan biaya kuliah yang tidak sama pula, seperti SBMPTN dan SNMPTN pada sistem UKT. Namun, jika jalur mandiri akan dipukul rata biayanya.

Adapula beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa baru atau akan masuk maupun ongoing. Misalnya saja BIDIKMISI, melalui jalur ini apabila diterima, maka tidak perlu membayar uang kuliah sepeserpun alias gratis, bahkan masih diberikan uang saku setiap bulannya.

Nah, berbeda dengan universitas swasta, sebab pengelola bukan lagi pemerintah maka mereka akan membuat sistem pembayaran lain. Meskipun terdapat beberapa yang menggunakan UKT atau penggolongan, akan tetapi nilainya tidak jauh berbeda.

Biaya kuliah di universitas swasta dengan jurusan desain interior ini rata-rata antara Rp 6.000.000,- sampai Rp 20.000.000,- setiap semesternya. Biasanya, di perguruan tinggi swasta juga terdapat banyak beasiswa yang disediakan, bahkan menjurus kerjasama dengan suatu perusahaan.

Prospek Kerja

Jika Anda begitu tertarik dengan urusan tata letak sebuah ruangan, maka jurusan ini paling tepat. Selain itu, jenjang karir yang dijanjikan pun sangat banyak dan menggiurkan. Di sini, akan menuntut mahasiswanya untuk menjadi output yang kreatif dan semakin ahli di passionnya.

Perancangan interior dibuat bukan hanya untuk membuat fungsi sebuah ruangan menjadi maksimal saja, akan tetapi juga akan menjadikan pemiliknya betah dan merasa nyaman apabila berlama-lama di ruangan tersebut.

Selain itu, di jurusan ini Anda juga harus memahami sebuah seni, nilai estetika serta pengetahuan-pengetahuan lain. Dengan begitu, akan membuatnya menjadi terlihat semakin profesional dan layak. Adapun prospek kerja yang disediakan cukup banyak dalam bidang ini.

Hal yang dapat dilakukan setelah lulus dari sini yakni, Anda bisa menjadi pengajar serta peneliti di bidang desain interior ini, perancang desain produk, konsultan interior, manajer perusahaan konstruksi interior, perancang desain interior dan lain-lain.

Jurusan Arsitektur

jasa desain rumah online

Selain desain interior juga terdapat arsitektur, dimana Anda akan diajarkan bagiamana cara mendesain sebuah rumah atau bangunan apapun. Di sini yang harus diperkuat adalah logika, sebab seorang arsitek harus mampu memahami angka, sudut dan sejenisnya untuk mengokohkan suatu bangunan.

Tidak hanya soal teknik yang akan dipelajari di sini, sebab arsitek merupakan ahlinya di bagian desain interior maupun eksterior. Sehingga, jika Anda mengambil jurusan ini juga akan diajarkan mengenai seni dan keestetikan sebuah bangunan.

Bahkan, arsitektur untuk saat ini menjadi jurusan paling populer dikalangan siswa. Banyak memimpikan untuk dapat masuk ke sini menuju universitas pilihan mereka. Sebab jenjang karir yang menggiurkan.

Di sisi lain, seorang arsitek juga harus bisa mengimplementasikan sebuah imajinasi atau bahkan harus berimajinasi dalam hal merancang bangunan. Apalagi di jaman sekarang, pilihan desain semakin kompleks dan mementingkan keindahan, maka jurusan ini menjadi multi disiplin lebih.

Adapun universitas penyedia jurusan arsitektur terbaik yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Universitas Indonesia
  • Uiveristas Gajah Mada
  • Universitas Diponegoro
  • Institut Teknologi Sepuluh November
  • Universitas Sebelas Maret
  • Universitas Brawijaya
  • Berapa Biaya Kuliah yang Dibutuhkan?

Biaya kuliah jurusan arsitektur tidak jauh berbeda dengan desain interior. Masing-masing univeristas akan memberikan harga yang berbeda. Namun, untuk kampus negeri rata-rata masih sama dengan sistem UKT.

Mereka juga akan membedakan biaya masuk selain dari golongan pendapatan orang tua adalah dari jalur masuk yang dilalui. Untuk jurusan ini, di beberapa universitas negeri rata-rata biayanya mulai dari Rp 5.000.000,- untuk golongan I hingga Rp 15.000.000 untuk golongan ke 7 atau 8.

Tergantung bagaimana setiap kampus akan memberikan kebijakan. Sama halnya dengan lainnya, di sini juga memberlakukan beasiswa bagi mahasiswanya yang tidak mampu namun berprestasi. Jadi, cukup banyak kesempatan bagi Anda untuk berkuliah secara tanpa biaya.

Sedangkan biaya jurusan arsitek di perguruan tinggi swasta umumnya akan memberlakukan uang spp dan gedung. Rata-rata pihak kampus menawarkan biaya per semester mulai dari Rp 3.000.000 an dengan uang gedung dari Rp 20.000.000,- rupiah.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan ini?

Sebagai lulusan atau yang akan mengambil studi tentang arsitektur bangunan, maka Anda perlu tahu jika jenjang karir yang ditawarkan oleh jurusan ini sangatlah bagus. Seperti yang diketahui, jika spesialisasinya adalah berkutat pada bangunan, maka semua konstruksi pasti akan butuh jasa ini.

Nah, untuk prospek kerja jurusan ini sangat bervariasi dan tersedia begitu banyak. Maka, hal yang dapat Anda lakukan ketika lulus kuliah sebagai arsitek adalah, bekerja sebagai drafter atau penyusun sketsa kerja sebuah bangunan.

Kemudian, Anda juga bisa menjadi pelaksan proyek, perencana struktur, manajer konstruksi, surveyor, direktur kontraktor, site manajer, direktur konsultan perencana, proyek manajer atau bahkan arsitek itu sendiri.

Selain prospek kerja, gaji yang akan didapatkan di bidang ini juga lumayan besar. Bergantung dari jenis pekerjaan serta perusahaan yang Anda ikuti. Biasanya seorang arsitek akan mendapatkan upah minimal sebesar Rp 5 jutaan.

Dengan mengetahui seputar jurusan arsitektur, Anda bisa menjadikannya sebagai motivasi untuk masuk menjalani profesi arsitek. Setiap kampus pasti akan memberikan kebijakan dan sistem yang berbeda, oleh karena itu harus memikirkannya secara matang.

Teknik Sipil

Teknik sipil ini jangkauannya lebih luas lagi daripada kedua jurusan sebelumnya, namun masih berhubungan dengan sebuah bangunan. Di jurusan ini, Anda akan mempelajari mengenai teknik membangun, merancang dan merenovasi sebuah bangunan.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi jurusan ini juga akan mendalami mengenai lingkungan yang berhubungan dengan masalah manusia. Jadi, jangan sampai salah megira jika teknik sipil adalah pegawai negeri.

Jurusan ini dengan arsitektur pun perbedaannya sangat mendasar, yakni jika di teknik sipil lebih memperhitungkan bagaiamana sebuah bangunan itu akan bertahan mulai dari material, struktur, kekuatan, hingga metode yang digunakan untuk membangun.

Sedangkan arsitektur akan lebih berfokus kepada merancang sebuah bangunan dengan indah dan menarik beserta spesifikasi yang memungkinkan. Jadi, di dalam dunia kerja kedua jurusan ini akan saling berdampingan dan bekerja sama.

Pilihan Universitas Penyedia Jurusan Teknik Sipil

Adapun kampus penyedia jurusan teknik sipil di antaranya adalah:

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Brawijaya
  3. Universitas Sebelas Maret
  4. Universitas Diponegoro
  5. Institut pertanian Bogor
  6. Universitas Kristen petra
  7. Universitas Trisakti
  8. Universitas Gunadarma

Biaya Kuliah

Informasi mengenai biaya kuliah jurusan teknik sipil di perguruan tinggi negeri masih sama seperti sebelumnya dengan sistem penggolongan. Untuk bidang ini, diberbagai universitas negeri biayanya tidak jauh berbeda, yakni Rp 5.000.000,- golongan I dan Rp 8.000.000,- golongan 7.

Sedangkan biaya kuliah jurusan ini di perguruan tinggi swasta bervariasi tergantung kebijakan universitanya. Biasanya pembayarannya mulai dari Rp 8.000.000,- sampai Rp 18.000.000,- untuk beberapa universitas seperi di Kristen petra.

Selain itu, juga masih terdapat biaya lain-lain seperti uang pangkal atau gedung yang berbeda. Namun, di beberapa universitas swasta juga akan memberikan beberapa potongan bagi yang mengajukan dan tentu saja dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Prospek Kerja

Untuk jurusan ini sangat terbuka prospek kerjanya, bahkan gaji yang ditawarkan pun juga lumayan tinggi. Jika Anda penasaran dan ingin tahu bagaimana jenjang karirnya, maka simak penjelasan berikut:

Seorang teknik sipil dapat bekerja sebagai manajer konstruksi, yakni pemimpin sebuah proyek bangunan dan gaji yang ditawarkan pun cukup menarik, mulai dari Rp 7 jutaan. Bagi Anda yang berminat silahkan mencobanya.

Selanjutnya adalah surveyor, drafter, project manajer, perencana struktur, direktur kontraktor, direktur konsultan perencana, quality control, pelaksana proyek dan masih banyak lagi. Intinya, di jurusan ini jenjang karirnya pun juga tidak jauh berbeda dengan seorang arsitek.

Setelah mengetahui beberapa jurusan terkait desain sebuah bangunan beserta kampus yang menyediakan dan akan bagaimana jejang karirnya, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahu adalah perusahaan apa yang akan dituju. Carilah yang benar-benar terpercaya.

20 Jasa Desain Rumah Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui beberapa tampat kuliah yang memungkinkan Anda mahir dalam mendesain rumah, sekarang akan dipaparkan beberapa jasa penyedianya. Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa perusahaan terbaik yang ada di Indonesia:

Desain Rumah Kita

Desain Rumah Kita ini merupakan sebuah jasa yang menyediakan layanan memperbaiki ataupun membangun interior dan eksterior sebuah hunian. Tidak hanya rumah, melainkan juga ruko, kost, toko, klinik dan masih banyak lagi.

Layanan jasa dengan alamat website desainrumahkita.com ini bahkan memiliki tenaga kerja ahli dan profesional di bidangnya. Mereka berasal dari jurusan arsitektur dan Teknik Sipil seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa keduanya erat kaitannya dan saling bekerja sama.

Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2010 ini juga melayani konsumen secara online dan dapat Anda hubungi melalui desainrumahkita.com. Selain itu, harga yang ditawarkan pun juga cukup bersaing, yakni hanya Rp 30.000,-/m2 dengan luas bangunan yang terhitung.

Keunggulan dari jasa desain rumah ini adalah, produk yang didapatkan berupa rancangan 3D dengan Rendering V-Ray Eksterior yang memberikan presisi begitu akurat. Selain itu, Anda juga dapat memilih desain terbaik.

Selain itu, jika menggunakan jasa desain dalam membangun suatu bangunan, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan arsiteknya langsung. Bahkan, pembayaran dapat dilakukan bertahap dan mendapatkan pelayanan profesional serta output berupa sketsa desain.

Lantas, selain desainrumahkita.com ada juga jasa lainnya. Yaitu:

  • Dekoruma.com

  • Emporioarchitect.com

  • Jasa Arsitek Jakarta

  • Galery Karya Jasa Desain

  • Asia Arsitek

  • Master Arsitek

  • Bintoro Architect

  • Kriya Unggul Indonesia

  • Kubus Design

  • RAW Architect

  • Jasa Desain Rumah Tangerang Selatan

  • Rumah Impian Architecture

  • Igphome Desain Arsitektur Kontraktor dan Interior

  • PT Kilkihomes Reality Indonesia

  • Lestari Jaya

  • Ddm Desain Interior

  • Arko Studio

  • Vh Interior

  • Akilla Concept

Bagaimana Desainer Mengembangkan Karyanya?

Biasanya, seorang desainer sebuah bangunan akan menjalani pendidikan yang ketat, untuk menggembleng kreatifitas serta logikanya dalam merancang sebuah konstruksi. Maka dari itu, memilih jasa desain terbaik salah satunya yaitu dengan memastikan tenaga kerja di dalamnya.

Tenaga kerja handal dan profesional tentu saja diperoleh dari jurusan yang sama, yakni desain interior, arsitek dan teknik sipil. Oleh karena itu, sebelum memesanpun juga perlu mempertimbangakan latar belakang pendidikan tenaga ahlinya.

Selain itu, beberapa jasa biasanya juga menyediakan pelayanan secara online. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila tertarik dengan suatu perusahaan desain akan tetapi jaraknya jauh dengan lokasi bangunan yang akan di kerjakan.

itulah beberapa informasi dan mungkin berguna bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, maupun jurusan tentang sebuah seni mendesain sebuah bangunan. Selain itu, terdapat juga beberapa jasa penyedia desain rumah terbaik.

Apabila Anda berminat sebagai konsumen, maka silakan memikirkan matang-matang bangunan seperti apa yang diinginkan. Serta berkonsultasilah dengan salah satu penyedia jasa desain rumah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *