Tips Liburan Hemat dengan Budget Di Bawah Rp 2 Juta

187 views

Tips Liburan Hemat

Kalau ingin liburan tapi biaya terbatas, Anda bisa mengikuti beberapa tips liburan hemat dengan budget di bawah Rp 2 juta yang akan diulas berikut ini. Liburan tidak perlu mahal. Dengan hemat pun Anda tetap bisa bersenang-senang di destinasi wisata seru. Simak 8 tips berikut untuk mengetahui caranya!

Tips Liburan Hemat

Liburan Saat Low Season

Trik untuk bisa liburan dengan harga murah adalah pergi saat low season atau saat tidak banyak orang bepergian. Apalagi jika Anda memilih tanggal keberangkatan di tengah minggu. Hindari hari-hari besar, long weekend, atau peak season karena harga tiket pasti melonjak drastis. Baik itu tiket pesawat maupun kereta.

Mencari Tiket dari Jauh Hari

Kadang-kadang biaya liburan memang berat di tiket, apalagi tiket pesawat ke luar negeri. Agar bisa mendapatkan tiket yang murah, sebaiknya Anda membeli tiket dari jauh hari. Waktu yang baik untuk membeli tiket adalah sekitar 13 minggu sebelum tanggal keberangkatan.

Memilih Maskapai Budget

Supaya bisa mendapatkan tiket yang lebih murah lagi, Anda bisa terbang dengan maskapai budget. tiket pesawat lion air dan maskapai budget lainnya jauh lebih murah dibandingkan dengan maskapai biasa. Lebih murah lagi jika Anda tidak membawa bagasi, yang tidak mustahil dilakukan untuk solo travel dalam jangka waktu yang singkat.

Mencari Promo Lewat Aplikasi Online

Anda juga harus rajin memantau promo tiket murah. Anda bisa membuka aplikasi Traveloka dan menggunakan fitur Price Alert. Dengan fitur ini Traveloka akan memberikan notifikasi saat harga tiket yang Anda incar sudah turun dan masuk ke dalam budget Anda. Fitur ini praktis sekali untuk sobat hemat seperti Anda.

Pilih Penginapan Murah

Tips liburan hemat dengan budget dibawah Rp 2 juta selanjutnya adalah cermat dalam memilih penginapan. Mencari penginapan tidak perlu yang mewah, cukup yang bersih, nyaman, dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Untuk menghemat, Anda yang solo traveler bisa tinggal di hostel, apalagi kalau berlibur ke luar negeri. Anda juga bisa mendapatkan banyak promo penginapan di situs atau aplikasi travel seperti Traveloka.

Menghemat Biaya Transportasi

Untuk Anda yang ingin solo traveling, tentunya lebih murah dan mudah jika Anda menyewa kendaraan sendiri. Sepeda motor adalah alternatif yang baik. Selain murah dan cepat, motor juga sangat berguna jika Anda ingin mengunjungi destinasi wisata yang agak susah dijangkau.

Sedangkan jika Anda ke luar negeri, akan lebih murah untuk naik kendaraan umum. Namun sebelum berangkat Anda sebaiknya terlebih dulu mencari info tiket terusan untuk kendaraan umum. Beberapa negara seperti Thailand menawarkan travel pass untuk turis yang akan membantu Anda menghemat biaya transportasi.

Mengunjungi Destinasi Wisata yang Gratis

Banyak tempat wisata yang menarik biaya untuk tiket masuk. Kalau budget Anda terbatas, ada baiknya mencari tahu terlebih dulu informasi mengenai tempat-tempat wisata yang ada beserta biaya tiket masuknya. Anda juga bisa mencari destinasi wisata yang gratis dimasuki pengunjung, misalnya tempat wisata alam. Walaupun gratis, banyak di antara tempat-tempat tersebut yang tidak kalah seru.

Makan Murah Meriah

Saat bepergian, yang tentunya wajib dilakukan adalah menikmati makanan khas tempat tersebut. Walaupun dengan budget minim, asal Anda pandai mencari tempat yang murah dan enak Anda tetap bisa makan enak. Misalnya, Anda bisa berkunjung ke kaki lima, street food, atau food court murah.

Berburu Oleh-oleh di Pasar

Kalau bepergian, pasti saat pulang kita ditagih oleh-oleh dari keluarga dan teman-teman. Walaupun Anda traveling dengan budget terbatas, Anda tetap bisa membeli oleh-oleh kok. Cara untuk menyiasati keterbatasan budget adalah dengan mencari oleh-oleh di pasar. Tentunya harga barang yang dijual di pasar lebih murah dibandingkan dengan di mall.

Tapi, bukan berarti kualitasnya lebih rendah ya. Justru kadang-kadang di pasar tradisional Anda malah lebih bisa mendapatkan barang yang benar-benar khas daerah tersebut.

Nah, itulah beberapa trik supaya Anda bisa puas liburan walaupun dengan budget yang terbatas. Jangan lupa menerapkan tips liburan hemat dengan budget di bawah Rp 2 juta untuk liburanmu selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *