Beginilah Cara Memilih Toko Berlian yang Benar

Beginilah Cara Memilih Toko Berlian yang Benar

Agar kamu tidak tertipu dengan kualitas berlian yang kamu beli, kamu wajib mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli berlian. Salah satu hal yang penting dalam menentukan kualitas berlian adalah toko berlian yang kamu kunjungi. Di mana toko berlian tersebut haruslah toko berlian yang tepat menjual berlian asli, bukan berlian KW atau palsu.

Sayangnya, memilih toko berlian yang tepat tidaklah mudah. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa memilih toko berlian yang tepat?

Nah, di bawah ini ada beberapa cara untuk memilih toko berlian yang benar.

4 Cara Memilih Toko Berlian yang Benar

Cari Toko Berlian Professional

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam memilih toko berlian adalah cari toko berlian yang professional. Kenapa sih kamu harus mencari toko berlian yang professional?

Toko berlian yang professional berarti toko tersebut kredibel atau terpercaya. Selain itu, toko tersebut sudah berpengalaman.

Nah, toko berlian yang professional biasanya tergabung dalam kelompok atau asosiasi penjual perhiasan. Di mana asosiasi tersebut biasanya resmi ya. Untuk itu, kamu tidak perlu mengkhawatirkan apakah berlian palsu atau tidak karena sudah pasti berlian yang dijual adalah berlian asli.

Pihak Toko Mengetahui Berlian Secara Detail

Cara selanjutnya dalam memilih toko berlian yang tepat adalah pastikan pihak toko, baik owner maupun pegawainya berpengalaman. Di mana jika pihak toko berpengalaman, maka mereka pasti akan menjelaskan tentang berlian secara detail.

Nah, kamu perlu tahu nih, apa sih yang harus pihak toko jelaskan tentang berlian. Di sini, pihak toko berlian akan menjelaskan kualitas berlian yang biasa disebut K2WP. Di mana K2WP meliputi, karat, kejernihan, warna, dan potongan atau dalam bahasa Inggris disebut 4C, yang berupa carat, cut, color, and clarity.

Memiliki Patokan Harga

Berikutnya, toko berlian yang menjual berlian berkualitas pasti akan memiliki patokan harga. Untuk itu, pastikan toko berlian yang kamu kunjungi memiliki patokan harga yang tepat. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui harga berlian di pasaran. Jadi, kamu tidak akan ditipu pihak toko tentang harga berlian.

Harga berlian sendiri sudah memiliki patokan standar internasional yang bernama Rapaport Diamond lho. Rapaport adalah sebuah lembaga internasional penentu harga berlian yang didirikan oleh Martin Rapaport pada tahun 1976.

Rapaport sendiri dibuat berdasarkan carat, color, dan clarity. Lalu, daftar harga pada Rapaport ini berlaku secara internasional, dan digunakan oleh seluruh dunia.

Nah, Rapaport ini bisa membantu kamu mengetahui harga berlian di pasaran. Kemudian, Rapoport ini bisa kamu temukan di setiap toko berlian. Selanjutnya, Rapaport akan diperbaharui pada setiap hari Jumat.

Memiliki Sertifikat

Selain ketiga cara di atas, ada satu cara terakhir yang tidak boleh ketinggalan. Caranya adalah kamu harus pastikan jika toko berlian yang kamu kunjungi memiliki sertifikat. Kamu bisa minta agar pihak toko berlian tersebut menunjukkan sertifikatnya. Jika pihak toko keberatan untuk menunjukkannya, kamu perlu mencurigai toko tersebut.

Nah, sertifikat yang dimiliki toko berlian biasanya dikeluarkan oleh GIA atau Gemological Institute of America. Di mana GIA adalah badan atau lembaga sertifikasi yang memberikan penilaian objektif yang berhubungan dengan keaslian sebuah berlian.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu ikuti saat kamu akan memilih toko berlian terpercaya. Diharapkan dengan cara di atas kamu bisa memilih toko berlian yang tepat, seperti toko berlian yang bernama Diamond & Co. Di mana Diamond & Co. sudah memenuhi persyaratan yang terdapat pada cara yang disebutkan di atas.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!