Karyawan Bergaji Dibawah 5 Juta

3 Dilihat

Karyawan Bergaji di Bawah 5 Juta

Tidakkah Anda mendengar sebuah kabar burung yang menggembirakan? Benar sekali. Ini menjadi berita baik bagi Anda yang merupakan karyawan bergaji di bawah 5 juta. Kabarnya, pemerintah akan memberikan bantuan berupa dana insentif yang diberikan setiap bulannya kepada golongan tersebut.

Karyawan Bergaji di Bawah 5 Juta

Kabar mengenai program bantuan yang diberikan pemerintah saat itu sempat menjadi populer. Program itu sendiri dinamakan BLT.  Disisi lain dapat disimpulkan sebagai bantuan subisidi upah yang diberikan untuk pekerja dengan gaji dibawah UMR.

Menurut Human Capital Alfamart, subsidi bantuan yang diberikan hanya sebesar 500 ribu rupiah. Dana tersebut dapat diambil atau dicairkan dalam waktu dua bulan sekali. Dengan kata lain, jumlah insentif yang akan diterima oleh karyawan sekitar 1 juta rupiah.

Disisi lain, ada yang mengatakan bahwa program tersebut dilakukan sejak pandemi COVID-19. Saat itu, sudah memasuki fase lockdown level 4 yang mana sebagian besar perusahaan ditutup secara paksa. Hal inilah yang menyebabkan beberapa individu  kehilangan pekerjaaannya.

Apa Saja Kriteria Penerima Bantuan BLT

Dalam penerapan program bantuan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Tidak semua individu akan mendapatkannya. Akan tetapi, hanya beberapa yang memenuhi kriteria calon penerima lah yang berhak memperoleh BLT ini.

Berikut ini  adalah kriteria calon penerima, yaitu seorang pekerja yang terkena dampak PPKM darurat sehingga kehilangan pekerjaannya. Kedua, karyawan yang terdaftar dalam BPJS serta membayar iurannya. Tidak hanya itu, penerima biasanya berkecimpung dalam bidang industri, konsumsi, perdagangan, dan sebagainya.

Disamping itu, ada beberapa narasumber yang mengatakan bahwa dalam memberikan bantuan ini harus diperhatikan secara teliti. Mengapa demikian? Sebab, untuk mengurangi penyalahgunaan dalam program tersebut. Sering kali terdapat kesalahan, yaitu memberikannya kepada karyawan yang gajinya diatas 5 juta.

Kurang lebih itu tadi pemaparan yang dapat kami sajikan secara ringkas. Penjabaran yang diberikan adalah pembahasan mengenai program bantuan pemerintah pada karyawan bergaji di bawah 5 juta. Mayoritas penerimanya adalah pekerja yang terdampak PPKM darurat yang menyebabkan kehilangan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.