Keuntungan Stock Split Bagi Seorang Investor Saham

 Stock Split

 

Bagi seorang investor, penting untuk memperhatikan hal apa saja yang akan memberikan keuntungan, salah satunya adalah stock split. Mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia investasi, tentu tak asing dengan istilah stock split.

Ringkasnya, istilah ini merujuk pada aksi yang dilakukan korporasi dengan memecah harga saham dalam rasio atau perbandingan tertentu. Contohnya stock split dengan rasio 1:5. Ketika harga saham semula adalah Rp.10.000, setelah stock split harga saham menjadi Rp. 2.000.

Jika kita lihat dari nilanya, nilai saham tampak jauh lebih murah, namun lot saham menjadi 5 kali lebih besar daripada semula. Tujuan dari stock split ini adalah meningkatkan jumlah saham yang beredar sekaligus menurunkan harga tiap-tiap lot saham untuk menarik investor.

Lantas, mungkinkah stock split menguntungkan bagi investor? Guna menjawab persoalan tersebut, mari simak rangkuman dari broker octafx berikut ini!

Dampak Positif Stock Split Bagi Investor

Stock split adalah aktivitas membagi nilai saham dengan rasio tertentu, dan bertujuan untuk menurunkan harga saham per lot dan menarik investor baru. Stock split akan mengakibatkan nilai saham menjadi kecil, namun jumlah lot nya bertambah.

Jika demikian, apakah adanya stock split ini menguntungkan bagi investor? Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk melakukan stock split, secara otomatis jumlah lot saham akan bertambah sebab nilainya berkurang.

Tentunya hal ini menjadi keuntungan bagi seorang investor. Mengapa demikian? Dampak stock split adalah terbaginya lot saham menjadi nilai yang lebih kecil. Jika mulanya investor memiliki saham senilai Rp.10.000, setelah stock split dengan rasio 1:5, lot saham miliknya akan berubah menjadi 5 kali lipat dengan nilai lebih kecil.

Sekalipun nilainya kecil, bukankah menguntungkan sebab jumlahnya bertambah? Hal ini membuat investor memiliki porsi kepemilikan saham yang lebih besar. Dan berpotensi mendapat keuntungan lebih besar pada suatu waktu nanti.

Jadi, sudah tahu kan bagaimana keuntungan stock split bagi seorang investor. Mulai sekarang, jangan terkejut apabila nantinya perusahaan tempat dimana Anda berinvestasi tiba-tiba melakukan stock split.

Momentum stock split bisa Anda manfaatkan untuk membeli lebih banyak lot saham, karena nilainya akan turun menjadi lebih kecil.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *