Coworking Space Jakarta Barat & Bisnis Startup

1 min read

 Coworking Space Jakarta Barat & Bisnis Startup

Sebagai kota megapolitan sekaligus pusat bisnis, wilayah DKI Jakarta termasuk Jakarta Barat, menjadi sasaran para pengusaha untuk membangun dan mengembangkan bisnis. Dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat di daerah tersebut, intensitas aktivitas bisnis pun meningkat pesat. Hal ini semakin membuka peluang bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan perekonomian, salah satunya menciptakan bisnis baru. Bagi para pengusaha rintisan atau startup yang baru memulai bisnis, keberadaan coworking space Jakarta Barat memiliki peranan penting dalam membantu mengembangkan bisnis mereka. Tidak sekadar menyediakan ruang, coworking space memberikan “modal” awal yang dibutuhkan para pengusaha startup untuk memperluas jaringan bisnis mereka.

Pentingnya Peran Coworking Space Jakarta Barat

Coworking space bukanlah istilah baru, melainkan sudah ada sejak 2002. Lahirnya coworking space pertama kali adalah di Austria, tepatnya di kota Wina. Schraubenfabrik, sang penggagas coworking space, membuat ide ini sebagai bentuk kontribusinya dalam menciptakan wadah perkumpulan bagi para pengusaha startup di kota Wina. Tidak spesifik diperuntukkan bagi pelaku bisnis digital saja, coworking space juga menjadi tempat bertemunya beragam jenis perusahaan startup dan freelancer yang ingin menjalin relasi. Sementara itu, titik tolak perkembangan coworking space di Indonesia adalah ketika Yohan Totting merintis kafe yang sekaligus didesain untuk tempat bekerja di beberapa kota. Setelah itu banyak bermunculan coworking space di berbagai kota besar Indonesia, termasuk coworking space Jakarta Barat.

Jakarta Barat merupakan salah satu kota administrasi di DKI Jakarta dengan populasi penduduk mencapai 2 juta jiwa. Kota ini dirancang untuk menjadi pusat bisnis ibukota sehingga tidak heran jika fasilitas yang dibangun dimaksudkan untuk menunjang aktivitas bisnis masyarakat. Coworking space Jakarta Barat menjadi salah satu fasilitas yang bisa dioptimalkan masyarakat untuk bekerja, membangun relasi, hingga menciptakan bisnis baru. Keberadaan coworking space diharapkan bisa mendorong masyarakat agar terbiasa dengan iklim bisnis yang produktif.

Bagi para pelaku bisnis startup, coworking space memberikan ruang untuk berdiskusi dengan orang-orang baru, menjalin kemitraan, serta saling berbagi pengalaman. Bagi para freelancer, coworking space menyediakan tempat untuk bekerja dengan suasana produktif. Selain itu, berperan dalam membantu para pencari kerja membangun komunitas dan bisa bertukar ide-ide kreatif. Fasilitas yang disediakan coworking space memberikan keuntungan bagi para pengusaha startup, antara lain untuk menghemat biaya operasional. Bagi para perintis usaha dengan modal belum banyak, coworking space membantu menekan pengeluaran untuk keperluan operasional, seperti biaya sewa gedung, listrik, internet, dan lain-lain.

Di lingkungan coworking space, termasuk coworking space Jakarta Barat, Anda bisa bertemu dengan berbagai orang dari beragam latar belakang profesi. Inilah yang menjadi poin plus adanya coworking space. Jika Anda bekerja di kantor yang seharian terkungkung dalam ruangan hanya bisa bertemu dengan orang-orang dari bidang pekerjaan yang sama. Anda akan cepat merasa jenuh karena hanya berinteraksi dengan mereka yang menggeluti bidang serupa. Namun di coworking space, Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki latar belakang profesi berbeda. Mulai dari pengusaha startup, freelancer, hingga mahasiswa, semua berkumpul dalam suasana produktif. Anda bisa melakukan diskusi ringan atau bertukar pikiran untuk mendapatkan inovasi baru.

Begitu banyak peran penting coworking space Jakarta Barat dalam membantu perkembangan bisnis startup. Telah banyak coworking space dengan cabang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, seperti GoWork. Jika dimanfaatkan secara optimal, bukan tidak mungkin beberapa tahun mendatang akan banyak inovasi-inovasi bisnis baru yang awal mulanya berkembang dari area coworking space.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *