10 Universitas Terbaik di Jerman yang Akan Membuat Anda Ingin Meneruskan Studi ke Sana

Universitas Terbaik di Jerman – Apa yang terbayang di pikiran kawan-kawan tentang Jerman? Jawabannya pasti tidak jauh dari kata-kata ini, teknologi, sains dan Adolf Hitler (hehe… tapi memang benar sih).

Baca juga 10 Universitas Terbaik di Inggris ya…

10 universitas terbaik di Jerman
eropa.panduanwisata.id

Ya, Jerman sejatinya adalah negara yang termasuk paling maju di dunia. Serta memiliki sistem pendidikan yang murah dan berkualitas. Tak heran jika universitas terbaik di Jerman juga menjadi rujukan mahasiswa di tanah air untuk melanjutkan pendidikannya.

Soal murah, penulis sendiri pernah membacanya di salah satu koran tanah air. Konon katanya biaya pendidikan di Jerman lebih murah jika dibandingkan dengan negara maju lainnya. Bahkan di Amerika Serikat sendiri saat ini ada tren di kalangan anak muda untuk melanjutkan pendidikannya di Jerman.

Katanya, biaya kuliahnya lebih murah sekalipun mereka juga harus menahan keinginan untuk pulang kampung. Seperti mahasiswa Indonesia pada umumnya. Padahal pendidikan di Amerika Serikat kurang apa coba…?

Ini dikarenakan subsidi pemerintah untuk pendidikan universitas di Jerman terbilang besar. Alhasil, biaya pendidikannya bisa ditekan dan otomatis menjadi lebih terjangkau. Terutama bagi mahasiswa luar negeri yang ingin melanjutkan pendidikannya di negara ini.

Selain itu pilihan universitas terbaik di Jerman juga banyak dan beragam. Ini merupakan salah satu alasan kenapa Jerman termasuk negara maju. Keilmuannya berkembang dan tidak pernah berhenti berinovasi.

Universitas Terbaik di Jerman

Menarik bukan prolog mengenai universitas terbaik di Jerman? Langsung saja berikut ini adalah 10 universitas terbaik di Jerman yang penulis himpun dari berbagai lembaga survei akademik.

1. Heidelberg University

universitas terbaik di Jerman logo Heidelberg University
pinterest.com

Universitas terbaik di Jerman pertama adalah pemilik nama resmi dari Universitas ini yakni Ruprecht-Karl-Universität Heidelberg. Serta memiliki nama Latin Universitas Ruperto Carola Heidelbergensis (beberapa universitas di Eropa memiliki nama Latin, Red).

Nah, Universitas ini selain menjadi universitas terbaik di Jerman, juga memiliki predikat perguruan tinggi tertua di Jerman. Sekaligus salah satu yang tertua di Eropa bahkan dunia. Jadi reputasi universitas yang berdiri tahun 1386 ini sudah bisa ditebak. Tak perlu diragukan dan dipertanyakan lagi!.

Universitas ini dibangun oleh Raja Jerman Rupert I, yang sebelumnya sudah mendapat izin dari Paus Urban VI. Sehingga namanya diabadikan sebagai nama resmi universitas yang bertempat di kota Heidelberg, Baden Wüttermberg, Jerman ini.

Ternyata sejarah berdirinya universitas ini bisa dibilang It’s complicated alias rumit. Perguruan tinggi ini dibangun karena dampak konflik tahta negara kepausan selepas Paus Gregorius XI wafat. Warga Jerman waktu itu mendukung kepausan yang berdiri di Roma (Vatikan) dan menolak kepausan Avignon yang berdiri di Perancis.

Konflik ini berdampak bagi banyak mahasiswa dan tenaga pengajar Jerman yang bekerja di Perancis. Mereka jadi kehilangan mata pencaharian dan beasiswa untuk belajar disana. Lambat laun mereka akhirnya meninggalkan Perancis dan kembali ke Jerman.

Universitas Terbaik di Jerman Heidelberg University
geograficznepodroze.blogspot.com

Karena itulah Raja Jerman saat itu, Rupert I meminta izin kepada Paus Urban VI untuk mendirikan Universitas untuk menampung mereka. Alhasil ketika Universitas ini berdiri, fakultasnya tidak jauh berbeda dengan Universitas Paris. Fakultasnya meliputi Filsafat, Hukum, Teologi dan Kedokteran.

Saat ini, terdapat sekitar 100 lebih disiplin ilmu di universitas ini. Mulai dari tingkat setara S1 sampai program doktoral yang terbagi atas 12 fakultas. Universitas ini juga terdapat beberapa program studi dengan bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris.

Mahasiswanya pun bisa dikatakan sangat multikultural dari 130 negara. Tidak heran apabila tiap tahunnya universitas ini bisa mewisuda kurang lebih 1000 doktor tiap tahunnya. Wow!. Selain itu banyak tokoh dunia yang juga lulusan universitas ini.

Di antaranya Paus Pius II (teologi), Friedriech Hegel, Max Webber, Jürgen Habermas (tokoh ilmu sosial), dan Robert Schumann (komposer). Tak kurang juga alumninya telah menggondol 56 gelar Nobel dari berbagai bidang. Benar-benar Wow!

2. Ludwig-Maximillian University Of Munich (LMU)

universitas terbaik di Jerman logo Ludwig-Maximilian University Of Munich (LMU)
freelogovectors.net

Universitas ini sebenarnya juga punya sejarah rumit berkaitan dengan Perancis (lagi). Awalnya universitas ini bernama University of Ingolstadt, yang didirikan oleh Duke (adipati) dari wilayah Bavaria-Landshut Ludwig IX pada tahun 1472. Serta bertempat di kota Ingolstadt sampai tahun 1800.

Pada tahun 1800 itu pula universitas ini dipindahkan ke wilayah Landshut oleh raja Jerman Maximillian I karena Ingolstadt diserang Perancis. Nama Universitas ini berubah pada tahun 1802 dengan nama Ludwig-Maximillian Universität. Hingga akhirnya universitas ini berpindah lagi ke kota Munich oleh Raja Ludwig I pada tahun 1826. Wah apa ndak capek tuh pindah terus? Hmm…

universitas terbaik di Jerman Ludwig-Maximilian University Of Munich (LMU)
educationzti.xyz

Saat ini universitas ini punya 18 fakultas dan memiliki lebih dari 50.000 mahasiswa, yang seperempatnya merupakan mahasiswa Internasional. LMU saat ini merupakan salah satu universitas beken di Jerman. Serta termasuk salah satu dari 100 perguruan tinggi terbaik di dunia versi Webometrics.

Di Jerman sendiri universitas ini punya reputasi sebagai universitas elit karena beberapa professornya merupakan tokoh terkemuka. Salah satunya profesornya adalah mantan pemimpin umat kristen katolik dunia, yaitu Paus Benediktus XVI Alumninya juga telah mendapatkan 34 gelar Nobel dari berbagai bidang.

Salah satu tokoh terkenal yang merupakan alumni LMU ini adalah Sir Muhammad Iqbal, seorang Filosof abad ke 20. Serta Max Planck, penemu teori kuantum dalam ilmu fisika. Serta Willem Röntgen, penemu film negatif dalam ilmu kedokteran yang kita kenal sebagai foto ronsen.

3. Technical University of Munich

universitas terbaik di jerman logo Technical University of Munich
dss.in.tum.de

Universitas Terbaik di Jerman selanjutnya adalah Technical Universität München yang memiliki predikat sebagai universitas teknologi terbesar di Jerman. Memiliki tiga gedung kampus yang kesemuanya terletak di utara kota Munich, Jerman. Hanya karena ini universitas berbasis pada perkembangan teknologi, di universitas ini tidak terdapat ilmu sosial.

Berdiri pada tahun 1868, universitas ini awalnya didirikan untuk pengembangan agrikultural atau teknologi pertanian. Namun seiring berjalannya perkembangan teknologi, maka universitas ini mengembangkan jurusan yang berkaitan terutama dengan teknologi industri. Tak kurang ada sekitar 13 gelar Nobel yang diraih alumninya dari berbagai bidang.

universitas terbaik di Jerman Technical University of Munich
gasthof-lerner.de

Universitas ini juga mengembangkan filosofi yang disebut sebagai “The Enterpreneurial University”. Sebuah konsep yang lulusannya dituntut untuk menguasai berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan teknik, serta berorientasi pada industri. Sehingga mereka punya jiwa teknik dan pengusaha di sisi lain.

Universitas ini juga menduduki peringkat 22 perguruan tinggi terbaik di Eropa. Memiliki 13 departemen setara fakultas dengan 548 profesor. Lulusannya yang terkemuka yaitu Rudolf Diesel (penemu mesin yang kita kenal sebagai mesin Diesel), Klaus von Klitzing (penemu Quantum Hall Effect dalam ilmu fisika) serta masih banyak lagi.

4. Hamburg University

universitas terbaik di Jerman logo Hamburg University
traces.uni-hamburg.de

Universitas Terbaik di Jerman keempat adalah universitas yang berdiri di kota terpadat kedua di Jerman. Memiliki nama resmi Hamburg Universität, universitas ini termasuk lahir belakangan.

Baru berdiri pada tahun 1919. Namun meski lahir belakangan, reputasi universitas bisa dibilang sangat oke dan berkualitas alias top markotop. Salah satu perguruan tinggi terbaik, serta perguruan tinggi terbesar di Jerman.

Terdapat 5 fakultas di universitas ini. Mulai dari fakultas Humaniora, Teknik, Kedokteran, Hukum, Ekonomi dan Ilmu Sosial, Psikologi, dan Ilmu Alam. Selain itu perguruan tinggi ini menjadi landmark kota Hamburg yang terletak di utara Jerman.

universitas terbaik di Jerman Hamburg University
travelingkelsey.wordpress.com

Karena universitas ini memiliki lebih dari 180 gedung fasilitas publik. Mulai dari perpustakaan, auditorium, lapangan kota, stasiun, observatorium sampai rumah sakit. Pantas saja universitas ini jadi perguruan tinggi terbesar di Jerman.

Jumlah mahasiswa yang kuliah di universitas ini mencapai 42.000 lebih mahasiswa. Alumninya telah meraih 5 gelar Nobel dari berbagai bidang. Alumninya yang paling moncer adalah Leo Strauss. Seorang filsuf politik kelahiran Jerman dan menetap di Amerika Serikat sampai akhir hayatnya. Serta Walter Kaminsky seorang ahli kimia Jerman.

Sssttt, tahu tidak? Ternyata pendiri pergerakan Boedi Utomo, yaitu Dr. Soetomo juga lulusan universitas ini. Beliau seorang dokter yang melanjutkan pendidikannya di universitas ini pada tahun 1921 sampai 1923.

Di universitas ini pula diktator Jerman, Adolf Hitler menerima gelar “leader” (pemimpin). Salah satu aktor ganteng tanah air, Nino Fernandez juga kuliah di universitas ini lho… Wahh..

5. RWTH Aachen University

universitas terbaik di Jerman logo RWTH Aachen University
maastrichtuniversity.nl

Inilah perguruan tinggi di Jerman yang nama resminya lumayan panjang. Memiliki nama resmi Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen Atau Sekolah Tinggi Teknik Rheinisch-Westfälische Aachen.

Universitas ini terletak di kota Aachen, sebelah barat Jerman yang berbatasan dengan Belanda dan Belgia. Didirikan oleh kaisar Prussia Frederick William pada tahun 1858 dan memulai pengajarannya pada tahun 1870.

Perguruan tinggi ini merupakan sekolah tinggi teknik terbesar di Jerman. Terdapat 10 fakultas dan 144 program studi yang bisa ditempuh di universitas ini. Meliputi teknik, bisnis, seni, ilmu bumi dan humaniora. Mahasiswanya sendiri berjumlah lebih dari 42.000 pelajar. Serta memiliki predikat sebagai sekolah tinggi teknik terkemuka di Jerman.

universitas terbaik di Jerman RWTH Aachen University
wikiwand

Menariknya, universitas ini berdiri di kota yang tingkat kualitas air mineralnya tinggi. Sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir gatal-gatal, panu maupun kadas kurap (malah kayak iklan). Dijamin aman buat mandi, minum, cuci dan lain sebagainya. Hehe…

Universitas ini juga menjadi tempat belajarnya salah satu anak bangsa terbaik di negeri ini. Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J. Habibie, presiden RI ketiga sekaligus doktor di bidang konstruksi pesawat terbang. Beliau merupakan salah satu alumni kebanggaan perguruan tinggi ini. Temuannya yang terkenal adalah Habibie Theorem, Habibie Factor dan Habibie Method.

Lebih hebatnya lagi, ketika penulis melihat alumni penting dari universitas ini, beliau hanya satu tingkat dibawah peraih gelar Nobel Petrus Debije di bidang Kimia-Fisika. Wah, kita sudah seharusnya patut mengangkat topi untuk beliau. Membanggakan dan mengharumkan Indonesia di kancah Internasional.

6. Freie Universität Berlin

universitas terbaik di jerman logo freie universität berlin
en.wikipedia.org

Universitas ini letaknya berada di jantungnya negara Jerman. Ya, lebih tepatnya di Berlin. Tapi ternyata usia universitas ini lebih muda lagi jika dibandingkan Hamburg. Universitas ini baru berdiri tanggal 4 Desember 1948.

Sejarah berdirinya perguruan tinggi ini juga tidak bisa lepas dari konflik. Pasalnya universitas ini berdiri pada masa awal perang dingin antara Eropa Barat dan Uni Soviet. Setelah Perang Dunia II, Berlin terbagi antara Berlin Barat yang dikuasai oleh negara-negara Barat (Jerman Barat) dan Berlin Timur yang dikuasai Uni Soviet (Jerman Timur).

Nah, universitas ini berdiri di Berlin Timur yang komunis. Idelogi komunis yang kuat di perguruan tinggi ini pada awalnya ditentang oleh mahasiswa dan akademisi disana. Karena pemerintah campur tangan dalam dunia akademisi.

Universitas terbaik di Jerman Freie Universität Berlin
portalclasico.com

Baru selang beberapa tahun kemudian universitas ini tidak lagi dikekang kebebasan berpikirnya oleh pemerintah. Sehingga sisipan kata “Freie” atau kebebasan menjadi nama resmi universitas ini. Ini memiliki arti bahwa universitas ini tidak dikekang oleh pemerintah sekalipun dimiliki oleh negara.

Universitas yang berdiri di ibukota ini memiliki lebih dari 30.000 lebih mahasiswa. Juga memiliki 12 departemen setara fakultas. Alumninya banyak yang berkecimpung dalam dunia politik. Bahkan rata-rata politisi Jerman merupakan lulusan universitas ini. Alumninya telah meraih 5 gelar Nobel yang kesemuanya adalah profesor universitas ini. Unik juga ya?

7. University of Bonn

universitas terbaik di Jerman logo University of Bonn
educ-infos.blogspot.com

Universitas Terbaik di Jerman ketujug adalah nama universitas yang tidak kalah panjang dengan Aachen. Nama resminya adalah Rheinische Friedriech-Wilhelms Universität Bonn (asli, susah sekali mengejanya).

Salah satu dari 100 universitas terbaik di dunia versi Academic Ranking. Universitas ini berdiri sudah cukup tua dan tanggal pendiriannya bisa dibilang unik. Didirikan pada tanggal 18 Oktober 1818 oleh Raja Frederick William III dari Prussia.

Sekalipun universitas ini awalnya menjadi persaingan dua denominasi Kristen (Katolik dan Protestan), namun universitas ini mempertahankan identitasnya sebagai “Nonsectarian University”.

Universitas terbaik di Jerman University of Bonn
en.wikipedia.org

Berbeda memang dengan Universitas Heidelberg misalnya, yang ideologi awalnya adalah Kristen Katholik. Walaupun begitu, universitas ini tetap membuka jurusan dari 2 teologi denominasi Kristen tersebut. Sehingga universitas ini lebih bersifat umum dan terbuka terhadap berbagai ideologi agama.

Tak berhenti disitu, perguruan tinggi yang letaknya di Jerman Timur ini memiliki 7 fakultas. Terdiri dari 2 fakultas agama (teologi katolik dan teologi protestan), fakultas hukum dan ekonomi, fakultas kedokteran, humaniora, matematika dan ilmu alam, serta agrikultur.

Alumninya telah menggondol 7 gelar Nobel dari bidang keilmuan yang berbeda. Terdapat dua nama tokoh dunia yang bisa dikatakan sangat terkenal dari universitas ini. Pertama adalah Karl Marx.

Tokoh yang sampai saat ini pemikirannya mempengaruhi ilmu sosial beserta cabang-cabang keilmuannya. Ia juga menjadi panutan kaum komunis Internasional. Selain itu Paus Benediktus XVI juga merupakan alumni dari universitas ini. Sangat aneh sekaligus unik mengingat 2 tokoh itu berlainan ideologi. Hmmm…

8. Technische Universität Dresden

niversitas terbaik di Jerman logo Technische Universität Dresden
scmt.com

Universitas Terbaik di Jerman selanjutnya adalah universitas Teknologi Dresden yang sempat beberapa kali berganti nama. Awalnya bernama Saxon Technical School ketika pertama kali berdiri pada tahun 1828. Namanya diambil dari nama kerajaan Saxon. Ketika Kekaisaran Jerman berdiri pada tahun 1871, namanya berubah menjadi Köninglich-Sächsisces-Polytechnicum.

Ketika itu jurusannya hanya berkisar antara sejarah dan bahasa. Baru di abad ke 19 perguruan tinggi ini mengembangkan beberapa jurusan lain. Nah di tahun 1961 barulah universitas ini menggunakan nama seperti yang sekarang ini kita lihat.

universitas terbaik di Jerman Technische Universität Dresden
deutsches-architektur-forum.de

Lalu ketika Jerman bersatu kembali pada tahun 1990, Universitas ini berintegrasi dengan perguruan tinggi lain di Dresden.

Universitas ini memiliki 14 fakultas yang terbagi atas 3 departemen. Yaitu Departemen Teknik, Sosial dan Humaniora, serta Kedokteran. Mahasiswa yang berkuliah di sini berjumlah sekitar 37.000 orang.

Selain itu universitas ini memiliki predikat sebagai universitas berbasis teknologi tertua di Jerman. Serta salah satu universitas tertua di Jerman. Serta memenangkan 3 kali gelar universitas terbaik di Jerman dari segi konsep teknik.

9. Karlsruhe Institut of Technology

universitas terbaik di Jerman logo Karlsruhe Institut of Technology
eithealth.eu

Ternyata di Jerman banyak juga ya institut berbasis teknologi. Tapi bukan Jerman namanya kalau bukan dekat dengan yang namanya teknologi. Karlsruhe Institut für Technology adalah salah satu dari 10 perguruan tinggi terbaik di Eropa dalam bidang teknik dan IPA.

universitas terbaik di jerman Karlsruhe Institute of Technology
avss2015.org

Seperti perguruan tinggi di Jerman lainnya, umur institut ini juga termasuk tua. Berdiri tahun 1825 dan diresmikan oleh Gran Duke Fredriech I dari wilayah Baden. Awalnya perguruan tinggi ini berupa politeknik. Baru pada tahun 1885 perguruan tinggi ini bernama Institut.

Institut ini juga menjadi tempat penelitian komputer tercepat di Jerman. Yaitu HP XC300 dan HP XC400. Sehingga bagi kalian yang tertarik dengan jurusan komputer, Institut ini adalah pilihan tepat. Institut ini terdapat 8 fakultas yang kesemuanya meliputi teknik, humaniora, teknik, fisika dan ekonomi. Salah satu lulusannya yaitu Karl Benz, pencipta mobil dan mesin boxer.

10. Leipzig University

universitas terbaik jerman logo Leipzig University
math.uni-leipzig.de

Wah kok pas ya, pembukanya universitas tertua. Penutup tulisan ini adalah universitas kedua tertua di Jerman. Ini tidak disengaja lho, mengingat referensi utama penulis adalah update Webometrics bulan Oktober 2016 dengan sejumlah sumber lain. Universitas ini berdiri tahun 1409 oleh Frederick I dari kerajaan Saxon. Umurnya sudah 600 tahun lebih!

Ketika Jerman pecah, universitas ini sempat berubah namanya menjadi Karl Marx University of Leipzig pada tahun 1953. Ini merupakan kebijakan Republik Demokratik Jerman yang berhaluan komunis. Baru ketika Jerman bersatu lagi di tahun 1991, namanya dikembalikan menjadi Leipzig University seperti yang kita kenal saat ini.

universitas terbaik di jerman Leipzig University
expedia.com

Universitas ini memiliki 14 fakultas dengan berbagai bidang keilmuan. Universitas ini juga menjadi perguruan tinggi pertama di Jerman yang membuka studi Asia (khususnya China) pada keilmuan linguistik. Serta masuk dalam 10 universitas olahraga terbaik di Jerman.

Alumninya yang terkenal adalah komposer terkenal Johann Sebastian Bach. Beberapa keluarganya ternyata juga lulusan universitas ini. Kanselir perempuan pertama Jerman saat ini, Angela Merkel juga merupakan alumni terpandang dari perguruan tinggi ini.

Bagaimana, tertarik kuliah di Jerman? Sangat direkomendasikan bagi teman-teman yang berkecimpung di dunia teknik, komputer dan matematika. Namun walaupun begitu, Jerman juga banyak melahirkan tokoh ilmu sosial. Sangat lengkap pilihan studi yang akan ditempuh juga bisa menjadi pertimbangan teman-teman yang ingin melanjutkan disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *