Berkelana dengan Angsa Putih di 10 Universitas Terbaik Finlandia

Universitas Terbaik Finlandia — Secara teknis, bangsa Finlandia sebenarnya masih berkerabat dekat dengan bangsa Swedia yang letaknya cuma di sebelah barat negara itu. Malah mereka pernah dalam satu kekuasaan yang sama, yaitu kerajaan Swedia. Dengan kata lain, mereka punya darah bangsa Viking walaupun sudah berbeda secara kultur, budaya dan bahasa.

kuliah di negeri angsa putih universitas terbaik di finlandia

Hanya ada dua kata dan satu nama yang familier di telinga penulis tentang Finlandia. Dua kata itu adalah “Nokia” dan “Linux”, serta satu nama itu adalah Martti Ahtisaari. Hehehe, siapa yang tidak tahu Nokia? Semua tahu merek handphone yang belakangan mulai bangkit lagi ini berasal dari negara ini.

Saya bahkan masih mempunyai handphone merk ini. Sangat awet! (Ingat ini bukan promosi, hanya sekedar intermezzo saja, hehehe)

Linux? Yap, sistem operasi kode terbuka yang pernah saya pelajar ketika SMK. Bahkan sampai saat ini penulis masih meng-update beberapa versinya. Saingan Windows dan Apple ini juga berasal dari negara ini. Bisa dikatakan, inilah negerinya para teknokrat komputer.

Kalau Martti Ahtisaari? Nah dia sendiri adalah salah satu tokoh sentral perdamaian antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan Pemerintah RI soal kembalinya Aceh ke pangkuan ibu pertiwi. Ya, bisa dikatakan kita berhutang banyak pada beliau.

Bagi saya tanpa dua kata dan satu nama ini, mungkin penulis tidak akan pernah tahu di mana dan apa itu Finlandia.

Bagaimana soal pendidikan? Tak usah ditanya, saya hanya menyajikan data saja biar ndak pada penasaran. Hehehe, menurut survei yang dilakukan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) di tahun 2006 menobatkan Finlandia sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, terutama dalam hal tingkat membaca buku.

Itu belum termasuk biaya pendidikannya. Ya, negara ini lebih ekstrem daripada Jerman untuk urusan ini, Gratis!. Bahkan untuk mahasiswa asing, banyak keuntungan yang tidak bisa didapat jika kita kuliah di negara lain. Mulai dari biaya hidup sampai potongan biaya untuk urusan sepele seperti transportasi, makan dan sebagainya.

Pemerintah Finlandia memang banyak mengalokasikan pendapatan negaranya untuk pendidikan alias Education First. Tak heran orang-orang di sana kebanyakan punya pendidikan tinggi setara S1 dan S2.

Selain itu dari segi tingkat korupsi, negara ini adalah yang paling rendah tingkat korupsinya menurut lembaga Transparency International. Bayangkan, pendidikannya benar-benar mencerminkan perilakunya!.

Meskipun dalam hal ekonomi mereka sedikit lebih lambat jika dibandingkan negara Eropa lainnya, tetap saja negara ini sangat stabil mengingat tingkat korupsinya yang rendah dan didukung mutu pendidikan yang baik.

Tak salah bahkan mungkin kita harus belajar banyak tentang sistem pendidikan di sana. Kita tentu mendambakan sebuah sistem pendidikan yang benar-benar mencerminkan perilakunya. Bukan malah pendidikan yang digunakan untuk saling menjegal, menjatuhkan apalagi buat gengsi-gengsian. Tapi benar-benar bermanfaat dan baik bagi sesama dan semua orang.

Sistem pendidikannya benar-benar mencerminkan perilakunya, itulah Finlandia

10 Universitas Terbaik di Finlandia

Nah, menarik kan sekelumit cerita dan fakta yang ada di Finlandia?, Yap inilah 10 universitas di Finlandia yang bisa menjadi rekomendasi kuliah anda apabila anda berminat untuk belajar ke sana.

1. University of Helsinki (Helsingin Yliopisto)

universitas terbaik di finlandia University of Helsinki
helsinki.fi

Sejauh ini hanya ada beberapa universitas dunia yang memiliki julukan 3T, yaitu Terbaik, Terbesar, dan Tertua. Hehehe, Universitas Helsinki termasuk salah satunya. Yap, inilah universitas terbaik, terbesar dan tertua di negeri Angsa Putih ini.

Berdiri pada tahun 1640, sebenarnya universitas ini masih ada campur tangan kekaisaran Swedia saat pendiriannya. Pendirinya adalah Ratu Christina dari Swedia. Ya, waktu itu memang wilayah Eropa Utara masih didominasi kerajaan Swedia, termasuk Finlandia.

Awalnya universitas yang berdiri di ibukota Finlandia ini namanya adalah Åbo Kungliga Academy. Universitas ini didirikan terutama untuk kepentingan gereja. Jadi jurusannya seputar teologi, hukum, filsafat, sains dan semacamnya. Mirip-mirip dengan universitas tua di Eropa pada umumnya.

Ada sekitar 35.000 mahasiswa yang menimba ilmu di perguruan tinggi ini. Saat ini universitas ini memiliki 11 fakultas yang menaungi bidang seni, hukum, kedokteran, ilmu sosial, biologi, sains, kedokteran, agrikultur dan semacamnya.

Uniknya di universitas ini fakultas biologi dan farmasi justru berdiri terpisah dari fakultas sains. Berbeda dengan fakultas sains di tanah air yang cenderung menaungi keduanya. Namun dengan begitu jurusan biologi dan farmasi di universitas ini jadi lebih spesifik dan jurusannya lebih ke penerapannya (applied sciences).

Menurut Academic Ranking of World Universities (ARWU) menempatkan universitas ini di peringkat 56 dunia. Kompetitif sekali ya?, selain itu universitas ini dikenal di Eropa sebagai salah satu universitas yang banyak sekali sumbangannya bagi perkembangan teknologi modern.

Alumninya sendiri telah berhasil menggondol 5 gelar Nobel dari bidang yang berbeda. Rata-rata alumninya adalah politisi, dan matematikawan ternama dunia. Pilihan menarik bagi anda yang tertarik dengan keilmuan yang menurut penulis “keilmuan ruwet” tersebut. Hehehe, bagus lho…

2. Aalto University (Aalto Yliopisto)

universitas terbaik di finlandia Aalto University
adsttc.com

Umur universitas ini sebenarnya masih sangat muda. Meskipun begitu, universitas ini punya sejarah panjang. Loh gimana sih ceritanya? Hehehe, jadi begini ceritanya.

Universitas ini awalnya merupakan sebuah gabungan dari tiga perguruan tinggi lain di kota Espoo dan Helsinki. Ketiga universitas yang digabung ini semuanya adalah universitas tua. Antara lain Helsinki University of Technology yang berdiri sejak tahun 1849, Helsinki School of Economy yang berdiri tahun 1904, serta University of Art and Design Helsinki yang berdiri 1871.

Nah pada tahun 2010 silam, ketiga perguruan tinggi tua tersebut melebur menjadi satu seperti yang kita lihat saat ini. Waktu itu menteri keuangan Finlandia, Anne Brunila memandang bahwa di negara Angsa Putih tersebut sudah terlalu banyak institusi perguruan tinggi.

Ia lalu mengusulkan untuk mengadakan merger beberapa perguruan tinggi tersebut. Hingga pada akhirnya ketiga universitas tua di kota Espoo dan Helsinki itu digabung menjadi satu. Ow begitu ceritanya, hehehe…

Nama universitas ini sendiri mengambil dari seorang arsitektur bin nama orang yang terkenal di sana, Alvar Aalto. Orientasi utama perguruan tinggi ini adalah entrepreneurship. Pilihan tepat bagi anda yang ingin menjadi pengusaha atau CEO.

Mahasiswa yang berkuliah di sini sekitar 20.000 orang. Untuk ukuran Finlandia mungkin jumlah segitu sudah termasuk besar. Mengingat universitas Helsinki saja cuma 10.000 lebih banyak alias 30.000 mahasiswa.

Memiliki 6 sekolah atau school yang terdiri atas seni dan desain arsitektur, teknologi kimia, bisnis, teknik kelistrikan, teknik, dan sains. Minus ilmu sosial, murni keilmuan dan cabang dari ilmu sains dan seni tentunya.

Alumninya telah meraih satu gelar Nobel. Kebanyakan alumninya adalah desainer dan pengusaha dari berbagai bidang. Cocok memang jika anda berkuliah di sini dan ingin jadi pengusaha.

3. Oulu University (Oulun Yliopisto)

Universitas ini berdiri tegak di kota Oulu. Letaknya ada di Finlandia bagian utara, tepatnya di wilayah Ostrobothnia Utara. Kalau tidak salah, di sinilah pabrik Nokia berdiri. Salah satu perguruan tinggi terbesar di negeri Angsa Putih ini.

Universitas ini berdiri pada tahun 1919. Didirikan oleh perkumpulan sekolah yang ada di kota Oulu ini, Oulu College Academy. Universitas ini terkenal akan bentuk laboratorium tanamannya atau sering disebut botanical garden.

Bentuknya mirip dengan Piramida di Mesir, namun terbuat dari kaca. Unik ya? Bangunan gedung universitas ini juga mengadopsi gaya ramah lingkungan. Cocok bagi anda yang ingin berkuliah sembari menikmati sejuknya alam di sekitarnya. Damai rasanya kuliah di sini, hehehe….

Universitas ini memiliki 15.000 mahasiswa. Selain itu perguruan tinggi ini memiliki 6 fakultas yang meliputi teknologi, sains, humaniora, kedokteran, pendidikan, dan bisnis. Untuk jurusan kedokteran, cabangnya bisa dikatakan sangat lengkap. Mulai dari biomedis, klinis, kedokteran gigi, maupun diagnosa. Cocok bagi anda yang ingin jadi dokter.

Namun, universitas ini justru terkenal karena fakultas teknologinya. Kenapa? Universitas ini menyediakan jurusan yang lebih spesifik ke arah telekomunikasi dan teknologi industri. Cocok juga bagi anda yang ingin belajar masalah pertelekomunikasian kita yang masih menemui banyak kendala. Hmm…

Alumninya juga tidak jauh-jauh dari bidang telekomunikasi. Satu gelar Nobel diraih oleh alumninya yang saya sebut di awal, Martti Ahtisaari. Selain itu banyak juga penulis dan musisi Finlandia yang berasal dari universitas ini.

4. University of Turku (Turun Yliopisto)

Nah kalau universitas yang satu ini berdiri di sebuah kota tua. Berdiri di kota Turku, letaknya di sebelah selatan Finlandia. Perguruan tinggi ini juga menyandang status sebagai universitas terbesar kedua di Finlandia.

Meskipun secara resmi universitas ini berdiri pada tahun 1920, nyatanya secara de facto universitas ini sudah ada sejak tahun 1640. Waktu itu namanya adalah The Royal Academy of Turku.

Namun pada tahun 1827, universitas ini dipindahkan ke ibukota Helsinki karena kebakaran hebat yang melanda kota Turku. Nah, barulah pada tahun 1920 universitas ini didirikan kembali di kota Turku dan menganut sistem pendidikan modern.

Saat ini ada tujuh fakultas yang menaungi universitas ini. Antara lain bidang hukum, sains dan matematika, ilmu sosial, kedokteran, humaniora, pendidikan dan ekonomi. Menurut saya, ada dua jurusan yang menarik perhatian saya.

Di sini anda bisa mempelajari studi Asia. Cukup menarik karena biasanya jurusan tersebut hanya ada di negara-negara yang punya hubungan langsung dengan Asia (penjajah maupun hubungan bilateral secara langsung maksudnya, Red) macam Jerman, Belanda, dan lain sebagainya.

Selain studi Asia, ada kabar gembira bagi anda yang kesulitan mencari jurusan yang terkait dengan keilmuan tata boga. Universitas ini menyediakan jurusan tersebut. Salah satu jurusan yang (anehnya) sangat jarang ditemui di tanah air.

Buat yang doyan makan juga boleh nambah menu. Hehehe… Syukur-syukur bisa mengembangkan teknologi maupun keragaman pangan di tanah air. Berkelas kan? Oh ya, mahasiswa yang berkuliah di sini sekitar 20.000 orang.

Alumninya sendiri kebanyakan adalah politisi di negeri Angsa Putih ini. Bahkan dua di antaranya adalah Presiden Finlandia sendiri.

5. University of Jyväskylä (Jyväskylän Yliopisto)

universitas terbaik di finlandia University of Jyväskylä
wikimedia.org

Sesuai namanya, universitas ini berdiri di kota Jyväskylä. Posisinya jika dilihat dari peta terletak di Finlandia bagian tengah. Salah satu universitas ternama di negeri Angsa Putih ini.

Universitas ini berdiri pada tahun 1863 dengan nama Teacher Seminary. Dari namanya, orientasi utama perguruan tinggi ini sudah bisa ditebak. Aye, sekolah keguruan yang di Indonesia biasa disebut dengan sekolah pendidikan guru atau SPG (ingat ini bukan sales ya maksudnya, hihihi) pada era 1970an. Jadi keilmuannya lebih ke pendidikan murni dan sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menjadi guru maupun calon pendidik.

Ada sekitar 24.000 mahasiswa yang berkuliah di sini. Perguruan tinggi ini memiliki enam fakultas yang terdiri dari keilmuan humaniora dan ilmu sosial, teknologi informasi, edukasi dan psikologi, olahraga dan ilmu kesehatan, sains dan matematika dan satu fakultas bisnis dan ekonomi.

Satu yang menarik di sini adanya jurusan olahraga. Cocok bagi anda yang ingin menjadi guru olahraga, mengingat jurusan ini lagi-lagi sangat jarang ditemui di tanah air. Direkomendasikan juga bagi yang berminat melanjutkan S2 atau yang ingin menjadi dosen. Karena universitas ini merupakan rujukan utama di sana bagi para pendidik dan dosen.

Alumninya pun tidak jauh-jauh dari dunia pendidikan. Aalvar Aalto seorang arsitek ternama di Finlandia yang namaya diabadikan menjadi nama universitas di sana (Universitas Aalto) sebenarnya merupakan alumni perguruan tinggi ini.

6. Tampere University of Technology (Tampereen Teknillinen Yliopisto)

universitas terbaik di finlandia Tampere University of Technology
tut.fi

Kita sekarang ke kota Tampere, lokasinya ada di sebelah selatan negara Angsa Putih ini. Salah satu kota terpadat di Finlandia, serta pusat industri di sana.

Universitas ini sendiri berdiri pada tahun 1960 dengan nama Yhteiskunnallinen Korkeakoulu (Dijamin susah sekali bacanya, hihihi). Waktu itu kota Tampere sesudah Perang Dunia ke II menjelma menjadi kota industri yang sangat penting bagi Finlandia.

Jadi perlu adanya universitas yang arahnya ditujukan pada teknik dan industri. Maka dari itu, universitas ini berdiri sembari mendukung perkembangan bisnis dan industri di kota tersebut. Satu lagi kembaran Stanford dari Finlandia. Hehehe…

Universitas ini memiliki empat fakultas yang terdiri atas teknik, ekonomi, sains dan bisnis. Ingat, dari nama perguruan tinggi ini sebenarnya sudah ketahuan orientasinya. Yap, lebih mengutamakan teknik. Pilihan tepat bagi anda yang ingin studi mengenai berbagai teknik dalam industri. Oh ya hampir lupa, universitas ini dihuni oleh sekitar 9.000 mahasiswa.

Menurut Times Higher Education (THE), universitas ini ada di peringkat 11 terbaik di dunia dalam hal kolaborasi dengan industri. Selain itu menurut QS World Academic Rankings, universitas ini berada di peringkat 50 dunia sebagai universitas termuda terbaik. Sudah muda, mendunia pula. Hehehe…

Alumninya sendiri kebanyakan adalah businessman di bidang teknologi maupun komunikasi. CEO Nokia dan sejumlah petinggi perusahaan di Finlandia merupakan alumni universitas berbasis teknik ini.

7. University of Tampere (Tampereen Yliopisto)

universitas terbaik di finlandia University of Tampere
marihe.eu

Universitas ini sebenarnya masih satu kota sama universitas di atas. Lebih tua malah, dan orientasinya lebih ke ilmu sosial. Jadinya kayak pasangan hidup yang saling melengkapi gitu. Modus baper nih, hehe…

Awalnya universitas ini bernama Civic College (kayak merk mobil, hehehe…) atau dalam bahasa Suomi (Finlandia) disebut sebagai Kansalaiskorkeakoulu. Berdiri di ibu kota Finlandia, Helsinki pada tahun 1925.

Namun pada tahun 1960, universitas ini dipindahkan ke kota Tampere. Sejak saat itulah namanya juga berubah seperti yang sekarang kita lihat. Jadinya kota Tampere punya dua universitas yang saling melengkapi itu tadi, yang satu orientasinya teknologi, satunya lagi ilmu sosial.

Universitas ini memiliki sekitar 20.000 mahasiswa. Sistemnya mirip dengan kebanyakan universitas di AS yang menggunakan sebutan sekolah atau school. Ada sembilan sekolah di sini, mulai dari sosial dan humaniora, media dan komunikasi, kedokteran, manajemen, pendidikan, teknologi biomedis, teknologi informasi dan lain sebagainya.

Kalau yang satu ini lebih direkomendasikan bagi teman-teman yang ingin belajar ilmu sosial maupun cabangnya seperti komunikasi, manajemen, bahasa dan sebagainya. Namun bagi anda yang ingin belajar masalah kesehatan, di sini tersedia jurusan biomedis yang lagi-lagi jarang terdengar di tanah air.

Alumninya sendiri merupakan politisi di negeri Angsa Putih ini. Bahkan satu Perdana Menterinya bernama Jyrki Katainen adalah alumni universitas ini.

8. University of Eastern Finland (Itä-Suomen Yliopisto)

universitas terbaik di finlandia University of Eastern Finland
sykoy.fi

Sesuai namanya, universitas ini letaknya ada di sebelah timur Finlandia. Tepatnya ada di tiga kota berbeda, yaitu Joensuu, Kuopio dan Savonlinna. Salah satu universitas yang usianya relatif masih sangat muda.

Baru berdiri di tahun 2010, universitas ini hasil dari penggabungan dua universitas berbeda. Universitas yang dimaksud adalah Universitas Joensuu yang berdiri di kota Joensuu, serta Universitas Kuopio yang berdiri di kota Kuopio.

Orientasi perguruan tinggi ini juga unik, lebih kepada tantangan global. Tantangan global yang dimaksud adalah gaya hidup, sosialita masyarakat, budaya dan perubahan lingkungan. Hal inilah yang membuat universitas ini berbeda dan cocok bagi anda yang memang menyukai fenomena global yang serba dinamis.

Ada sekitar 15.000 mahasiswa yang berkuliah di sini. Memiliki empat fakultas berbeda yang membidangi filsafat, sains dan kehutanan, ilmu kesehatan, serta ilmu sosial dan bisnis. Nah satu lagi jurusan langka namun sangat dibutuhkan di tanah air, yaitu kehutanan.

Apalagi bagi anda pecinta alam bisa menjadi referensi kuliah apabila anda berminat untuk belajar di sini. Fokus lingkungan yang diusung cocok bagi anda yang ingin mempelajari ilmu kesehatan, kedokteran, lingkungan maupun ilmu alam.

Menurut QS World Academic Rankings, universitas ini ada di peringkat 46 dunia universitas termuda terbaik. Hebat ya? satu lagi universitas muda dan mendunia dari negeri Angsa Putih ini. Hehehe.. Alumninya sendiri kebanyakan adalah ahli lingkungan, kesehatan dan lain sebagainya.

9. Åbo Akademi University (Åbo Akademi)

universitas terbaik di finlandia Åbo Akademi University
wikimedia.org

Kembali ke kota tua Turku, ada satu lagi universitas di sana. Sama seperti Universitas Helsinki, universitas ini punya hubungan dengan Swedia. Uniknya, saking lekatnya sama Swedia universitas ini bahasa pengantarnya bukan Finlandia, tapi Swedia. Lah kok bisa?

Ketika saya baca tentang sejarah universitas ini dari beberapa sumber memang seperti itu adanya. Perguruan tinggi yang berdiri di tahun 1918 ini menggunakan bahasa Swedia sebagai pengantarnya bukan karena tidak nasionalis. Asal tahu saja, kota Turku ini ada sebagian kecil masyarakatnya menjadikan bahasa Swedia sebagai salah satu bahasa lokal selain bahasa Finlandia sebagai bahasa persatuan.

Selain itu bagi orang Swedia sendiri, kota Turku ini nama lainnya kota Åbo. Karena kota ini didirikan pengaruh kerajaan Swedia waktu itu, maka tidak heran kota ini lekat sekali dengan budaya Swedianya. Jadi tidak heran bila universitas ini juga menggunakan bahasa Swedia sebagai bahasa pengantar kuliahnya karena faktor kedekatan yang rumit ini. Begitu…

Jika dibandingkan universitas lain di Finlandia, mahasiswa di sini lebih kecil jumlahnya. Sekitar 7.000 mahasiswa saja. Terdapat empat fakultas yang menaungi ilmu sosial, seni, humaniora, pendidikan, ilmu kesejahteraan, sains, teknik, psikologi, teologi, bisnis dan ekonomi.

Satu yang menarik ada jurusan ilmu kesejahteraan. Di Indonesia biasa dikenal dengan ilmu kesejahteraan sosial, jurusan yang termasuk langka atau jarang terdengar di tanah air.

Alumninya sendiri kebanyakan merupakan penulis dan saintis di negeri Angsa Putih ini. Ada juga yang menjadi teolog, kebanyakan pendeta Kristen Protestan aliran Lutheran yang kebetulan dianut oleh sebagian besar rakyat Finlandia.

10. Lappeenranta University of Technology (Lappeenrannan Teknillinen Yliopisto)

universitas terbaik di finlandia Lappeenranta University of Technology
panoramio.com

Universitas ini berdiri di sebelah tenggara negeri Angsa Putih ini. Hanya saja, berdiri di sebuah kota yang terkenal akan danaunya, danau Saimaa namanya. Sekaligus kota yang berbatasan langsung dengan Rusia di sebelah timurnya. Jadi jika anda kuliah di sini, bisa lihat langsung perbatasan Finlandia dan Rusia. Menarik ya?

Universitas ini sendiri berdiri sejak tahun 1969. Awalnya bernama Lappeenrannan Teknillinen Korkeakoulu, sehingga hingga sekarang orientasinya masih sama yaitu teknologi. Hanya saja universitas ini lebih kepada pengembangan teknologi hijau dan terbarukan. Satu lagi perguruan tinggi berbasis lingkungan alias Green Campus.

Bahkan, universitas ini memiliki sertifikat Environmental Management System alias sistem manajemen lingkungan dari lembaga World Wide Fund for Nature (WWF). Tahukan WWF? Yang lambangnya bergambar Panda itu? Aye, bisa dikatakan kampus ini merupakan kampus ramah lingkungan. Cocok bagi anda yang ingin belajar masalah lingkungan dan alam.

Ada tiga sekolah alias school di perguruan tinggi ini. Antara lain meliputi teknologi, bisnis dan teknik. Untuk teknik sendiri lebih khusus pada teknik lingkungan beserta cabang keilmuannya. Jadi benar-benar sekolah yang sempurna bagi anda pecinta lingkungan yang ingin berkontribusi bagi alam. Hehehe…

Oh ya di sini yang berkuliah jauh lebih kecil lagi jumlah mahasiswanya. Hanya sekitar 5.000 orang saja, namun cocok bagi anda yang menginginkan sebuah universitas yang tidak terlalu padat.

Rata-rata alumninya juga tidak jauh-jauh dari tiga bidang tersebut. Paling banyak adalah businessman, maupun teknokrat dan penggerak di bidang lingkungan hidup.

***

Cukup lengkap ya jurusan studi yang ada di Finlandia. Dalam hal orientasi teknologi, hampir mirip dengan Jerman. Namun orientasi lingkungan hidupnya menjadi pembeda di negara Angsa Putih ini.

Saya pikir perlu bagi anda yang ingin belajar tentang lingkungan hidup untuk berkuliah di sini. Mengingat isu yang satu ini cukup menyita perhatian kita di kala hutan Kalimantan semakin tidak ramah buat hewan-hewan di sana. Syukur-syukur bisa memperbaiki lingkungan di tanah air kita yang makin kotor.

Hobinya mempelajari kehidupan dan belajar dari kehidupan... Hayoo bingung to??...,., :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *