Mengenal 10 Universitas Terbaik di Brunei Darussalam

Universitas Terbaik di Brunei Darussalam — Negeri yang terletak di utara pulau Borneo alias Kalimantan ini sebenarnya negara yang kaya. Salah satu negeri terkaya di dunia. Bahkan kalau tidak salah, Sultan negara ini yaitu Sultan Hasanal Bolkiah memiliki puluhan koleksi mobil mewah (mau dong.. huhuhu…), saking kayanya. Tentunya mereka kaya karena salah satunya mereka punya sumber daya yang dibutuhkan banyak negara, salah satunya yaitu minyak.

kampus di brunei darussalam
s3.amazonaws.com

Yap, Brunei Darusssalam adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang menjadikan minyak sebagai sumber pendapatan negara, selain Malaysia. Mirip negara di Middle East atau Timur Tengah. Karena faktor itulah, mereka sebenarnya sudah berkecukupan untuk belanja anggaran negara. Termasuk untuk bidang pendidikan.

Karena walaupun negara ini kecil, kenyataannya mereka sebenarnya memiliki perguruan tinggi yang bagus. Belum lagi usia perguruan tinggi di sini sama dengan Singapura. Masih muda dan bahkan ada yang usia perguruan tingginya kurang dari lima tahun.

Namun hal itu tidak menjadi masalah mengingat tinggal Anda mampu atau tidak meningkatkan dan mengembangkan keilmuan yang ingin dituju. Negara ini juga termasuk terbuka dengan mahasiswa asing dari berbagai negara.

Selain itu karena ini adalah negara kecil, kondisinya jauh lebih tenang jika dibandingkan dengan negara lain. Bahkan jika dibandingkan Singapura sekalipun. Namun hukum di sini katanya sih lebih ketat jika dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara. Wajar mengingat negara ini termasuk negara yang menjadikan agama Islam sebagai agama resmi negara. Namun seharusnya ini tak jadi soal untuk tidak berkuliah di sana.

Universitas Terbaik di Brunei Darussalam

Beberapa alasan kenapa Brunei Darussalam bisa dijadikan referensi kuliah adalah beasiswanya. Sebagai negara kaya, mereka punya beasiswa yang cukup melimpah dari pemerintahnya. Bahkan untuk mahasiswa luar negeri yang tertarik mengembangkan keilmuannya di negara kaya minyak tersebut.

Nah, di sini saya akan menjelaskan (lah, ini kuliah ya? Hehehe…) 10 universitas yang ada di Brunei Darussalam. Monggo disimak:

1. University of Brunei Darussalam (UBD)

universitas terbaik di brunei darussalam University of Brunei Darussalam (UBD)
ubd.edu.bn

Inilah universitas terbaik serta universitas  tertua dan terbesar di negara kesultanan ini. Baru berdiri pada tahun 1985, di ibukota BAndar Seri Begawan. Lebih tepatnya berada di jalan Tungku Link.

Uniknya ketika pertama kali berdiri, perguruan tinggi ini hanya mempunyai 176 mahasiswa saja. Wajarlah karena penduduk Brunei juga sedikit, hanya sekitar 400.000 ribuan penduduk saja. Hampir mirip dengan salah satu negara kepulauan di Eropa, Islandia.

Namun walaupun begitu, mereka juga banyak memiliki mahasiswa asing yang berasal dari negara-negara maju, seperti Jepang, China, Eropa, Afrika maupun Timur Tengah termasuk negara-negara ASEAN. Jadi relasi antar mahasiswanya sudah bagus dan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan sebuah universitas yang mahasiswanya heterogen.

Universitas ini dihuni oleh sekitar 3000 mahasiswa. Walaupun jumlahnya kecil, mereka memiliki delapan fakultas yang meliputi puluhan jurusan. Antara lain studi Islam, bisnis, seni, sains, studi Asia, kebijakan publik, edukasi, biodiversity dan teknologi integrasi. Bisa dikatakan banyak pilihan dan lengkap.

Untuk ukuran Asia, universitas ini punya daya tarik menarik dengan adanya studi Asia. Karena rata-rata jurusan ini malah ada di Eropa dan Australia. Pilihan tepat bagi Anda yang ingin mempelajari kebudayaan Asia, dan tentunya tidak jauh dari tanah air. Hehehe…

Oh ya, untuk program S3-nya mereka sudah mengadopsi gelar di Eropa dan AS (Ph.D) di beberapa jurusan terkait. Pilihan menarik mengingat gelar tersebut masih sangat jarang ditawarkan perguruan tinggi di tanah air.

2. University of Technology Brunei (UTB)

universitas terbaik di brunei darussalam 2. University of Technology Brunei (UTB)
utb.edu.bn

Dari namanya sebenarnya sudah bisa Anda tebak orientasi perguruan tinggi ini. Aye, teknologi merupakan orientasi utama universitas yang berdiri satu jalan dengan UBD. Universitas ini berdiri selang satu tahun setelah berdirinya UBD, yaitu tahun 1986.

Awalnya universitas ini merupakan sebuah institut bernama Institut Teknologi Brunei (ITB). Hehe, singkatannya memang mirip sama Institut Teknologi Bandung. Tenaga pengajarnya sendiri bukanlah murni orang Brunei yang secara teknis etnis Melayu.

Namun mereka merekrut tenaga pengajar dari Inggris. Mungkin untuk mempercepat kualitas pendidikan di sana. Nah, baru-baru ini atau tepatnya ketika awal tahun 2016, institut ini berubah namanya menjadi yang sekarang kita lihat.

Universitas ini sendiri dihuni oleh sekitar 2000 mahasiswa. Terdapat enam fakultas yang terdiri dari teknik sipil, teknik kelistrikan dan elektro, teknik mekanik, teknik kimia dan perminyakan, bisnis, dan informatika. Nah, kabar baik bagi Anda yang ingin menjadi insinyur perminyakan.

Sekalian Anda lihat industri perminyakan di sana, universitas ini punya jurusan khusus perminyakan. Jurusan yang terbilang langka (dan katanya jurusan mahal. Hehehe…) di tanah air.

Walaupun universitas ini punya label “Technology”, ternyata sekolah bisnisnya adalah salah satu yang terbaik di Asia (UTB School of Business). Wuih, hebat ya nyaingi Singapura untuk ukuran sekolah bisnis di tingkat regional Asia.

Pilihan tepat bagi sekaligus alternatif Anda yang ingin belajar bisnis dengan kualitas dunia serta ogah belajar bisnis di Singapura karena faktor politiknya, hehehe. Selain itu universitas ini memiliki afiliasi dengan salah satu universitas di Inggris, Leeds Metropolitan University. Jadi kualitasnya bisa dikatakan mumpuni dan oke.

3. Sultan Sharif Ali Islamic University (UNISSA)

universitas terbaik di Brunei Darussalam Sultan Sharif Ali Islamic University (UNISSA)
c1.staticflickr.com

Konsep universitas ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan perguruan tinggi agama Islam negeri (PTAIN) berbasis universitas seperti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta atau UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Orientasi keagamaan Islam jadi pAndangan universitas ini. Lokasinya berada di wilayah Gadong, masih seputaran ibukota BAndar Seri Begawan.

Didirikan pada tahun 2007 silam dengan mengambil nama seorang keturunan Syarif asal Mekkah, Barkat Ali Ibnu Sharif Ajlan Ibnu Sharif Rumaithah. Sering juga disebut sebagai Sultan Sharif Ali, yang juga seorang Sultan Brunei ketiga. Universitas ini menjadi perguruan tinggi pertama di Brunei Darussalam yang mengkhususkan diri pada orientasi keagamaan Islam dan beraliran Ahlussunnah Wal Jama’ah sebagaimana Universitas Al-Azhar di Mesir.

Universitas ini memiliki sejumlah jurusan keislaman yang lengkap yang terdiri atas empat fakultas. Mulai dari Fiqh, Ushuluddin, Syari’ah, Bahasa Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Perbankan Islam serta Bisnis dan Manajemen. Oh ya, kabar baik jika Anda ingin jadi mempelajari khusus Mazhab Syafi’i.

Mereka punya program Master dan Doktoral program Mazhab Syafi’i. Pilihan tepat bagi Anda yang ingin belajar Mazhab ini, tapi tidak ingin jauh-jauh dari tanah air. Hehehe…

Oh ya, program doktoralnya sendiri sudah mengadopsi gelar di Eropa (semuanya Ph.D). Selain itu universitas ini fasilitasnya juga lengkap dengan mengadopsi teknologi dan multimedia.

4. Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB)

universitas terbaik di brunei Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB)
teganuki ta

Universitas ini juga usianya masih muda. Baru berdiri di tahun 2007, dan bertempat di utara Brunei Darussalam. Tepatnya di Brunei Muara yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Universitas ini sendiri konsepnya tidak jauh dengan UNISSA. Orientasinya adalah sebuah universitas berbasis keagamaan Islam. Namun di sini sifatnya lebih kepada kebutuhan akan penyuluh agama atau pendidik agama. Berbeda dibandingkan dengan UNISSA yang lebih bersifat umum. Jadi selepas lulus nanti diharapkan lulusan perguruan tinggi ini bisa menjadi da’i atau ustadz di masyarakat.

Universitas ini memiliki beberapa jurusan yang terdiri atas tiga fakultas. Meliputi ushuluddin, syariah, dan pendidikan. Selain itu mereka juga memiliki program Master dan Doktoral yang tidak jauh berbeda dengan UNISSA. Lagi-lagi pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan sebuah universitas yang orientasinya keilmuan Islam.

Pantas saja walaupun ini sebuah universitas, tetap saja nama awalnya adalah sebuah college. Jadi keilmuannya lebih untuk menjadi seorang konseptor di bidang pendidikan. Hmmm…

5. Laksmana College of Business

universitas terbaik di brunei Laksmana College of Business
lcbass1liyana.files.wordpress.com

Perguruan tinggi berorientasi bisnis ini adalah sebuah college yang berdiri tahun 2003. Didirikan oleh menteri pendidikan Brunei waktu itu, Pehin Orang Kaya Indera Pahlawan Dato Seri Setia Awang Haji Suyoi bin Haji Osman (busyet… panjang banget gelarnya). College ini berdiri di jalan Laksamana. BAndar Seri Begawan.

College ini berdiri atas kerja sama pemerintah Brunei Darussalam dan Kensington College of Business di Inggris serta Abdul Razak Holdings. Namun seiring berjalannya waktu, perguruan tinggi ini memiliki sejumlah jurusan yang berafiliasi dengan perguruan tinggi di Inggris.

Karena ini adalah sebuah perguruan tinggi berbasis bisnis, maka jurusan yang ada di sini juga berbasis bisnis. Mulai dari manajemen bisnis, akuntansi, marketing, hingga komputer. Mereka juga memiliki sebuah program diploma yang rasanya jarang terdengar di tanah air, yaitu manajemen rumah sakit.

Khusus untuk jurusan studi bisnisnya mereka memiliki kerja sama dengan Universitas Cambridge. Ya, salah satu universitas terbaik di dunia. Kerja samanya mirip dengan universitas di Singapura yang ijazahnya dijamin institusi kerja samanya. Jadi kualitasnya diakui di luar negeri. Hmm…

6. Politeknik Brunei

universitas di brunei Politeknik Brunei
i.ytimg.com

Nah, kalau yang ini adalah sebuah politeknik pertama yang berdiri di negeri Minyak ini. Politeknik ini berdiri baru pada tahun 2008 silam dan memulai aktivitasnya pada bulan Januari 2012. Lokasinya ada dua, ada di distrik Brunei Muara dan distrik Belait.

Seperti politeknik lainnya, perguruan tinggi ini berbasis pada pengembangan program Diploma (D3). Namun di sini Anda bisa memilih jurusan yang lebih umum. Selain lebih umum, politeknik ini menawarkan jurusan yang sebenarnya lebih lengkap, walaupun tidak ada keilmuan rumpun sosial maupun agama seperti kebanyakan perguruan tinggi di Brunei Darussalam.

Politeknik ini memiliki 4 school dengan beberapa jurusan seperti bisnis, teknologi informasi, sains dan teknik serta keilmuan kesehatan. Untuk keilmuan kesehatan di sini merupakan jurusan unggulan. Pilihan tepat bagi Anda yang ingin jadi perawat atau semacamnya.

Oh ya, karena politeknik ini berdiri di dua distrik yang berbeda, otomatis kampusnya terbagi menjadi dua. Sekolah kesehatan, bisnis, dan teknologi ada di distrik Brunei Muara. Sedangkan untuk sekolah sains dan teknik lokasinya berada di distrik Belait yang bernama Lumut. Hah?, kampusnya ada lumutnya?… Wkwkwk….

7. Jefri Bolkiah Engineering College

 

Perguruan tinggi yang satu ini sebenarnya sudah berdiri cukup lama. Berdiri sejak 1970 di Kuala Belait. Nama college ini diambil dari adik Sultan Hassanal Bolkiah yang paling bungsu sekaligus orang paling kontroversial di negeri minyak ini, Jefri Bolkiah ibni Sultan Omar Ali Saifuddien III.

Dari namanya sebenarnya Anda sudah tahu arah orientasi perguruan tinggi ini. Yap, orientasinya lebih ke arah teknik dan teknologi. Awalnya college ini bernama Engineering Craft Trade School yang orientasinya lebih ke kerajinan. Pada tahun 1987, barulah perguruan tinggi ini berubah menjadi yang sekarang ini kita lihat.

Jurusan yang ada di sini pun lebih banyak mengacu pada keilmuan teknis. Seperti teknik kelautan, mekatronik, teknik komputer dan jaringan, teknik pabrik dan sebagainya. Oh ya, college ini juga operasionalnya dikendalikan oleh pemerintah Brunei dan perusahaan minyak bernama Brunei Shell Petroleum. Jadi jika kamu kuliah di sini, lebih diarahkan untuk kebutuhan industri pemerintah maupun swasta.

8. KEMUDA Institute

Sepertinya di negara minyak ini memang tidak jauh beda institusi perguruan tingginya dengan Singapura. Lebih banyak didominasi perguruan tinggi berbasis college, politeknik, atau institut. Sampai-sampai penulis capek nulis tiga tulisan itu. Hehehe… Kalau yang satu ini merupakan institut yang baru berdiri pada tahun 2004. Kampusnya ada di BAndar Seri Begawan dan Kuala Belait.

Jika Jefri Bolkiah College lebih berorientasi pada keilmuan teknis, maka KEMUDA institut lebih spesifik lagi keilmuannya. Lebih prefer alias mengkhususkan diri pada pengembangan keilmuan berbasis teknologi informasi. Jadi jika Anda kuliah di sini, Anda tidak akan bisa jauh-jauh dari komputer seperti kehidupan saya saat ini. Hehehe….

Yap, di sini ada berbagai jurusan cabang teknologi informatika. Contohnya ada jurusan pengembangan sistem dan komputasi, teknologi informasi, teknologi informasi bisnis, komputasi, komputer jaringan dan manajemen. Semuanya program mencakup D3 dan S1.

Perguruan tinggi ini juga bekerja sama dengan lembaga luar negeri seperti Pearson BTEC, NCC Education (Inggris) serta Open University Malaysia. Jadi ijazahnya diakui oleh lembaga dan universitas tersebut.

9. Micronet International College

College lagi college lagi. Banyak kali di negeri ini college. College yang satu ini berdiri pada tahun 1989, juga didirikan di ibukota BAndar Seri Begawan. Ada dua kampusnya, tepatnya di wilayah Sungai Gadong Menglait, dan di kompleks Jerudong.

College satu ini sebenarnya konsepnya sama dengan KEMUDA Institut. Hanya output lulusannya lebih kepada pengembangan ekonomi negara tersebut. Jadi semacam institusi yang orientasi teknologi informasinya lebih digunakan untuk sektor ekonomi. Jadi tidak hanya berkutat pada industri, tapi juga ekonomi secara menyeluruh termasuk usaha menengah.

Perguruan tinggi ini terdapat puluhan jurusan meliputi matematika, keilmuan Islam, komputer, bisnis dan semacamnya. Karena lebih pada teknologi informasi, jadinya jurusan komputer di sini lebih banyak variasinya. Seperti multimedia, jaringan, aplikasi, dan sistem komputer. Semuanya merupakan program setara D3. Pilihan tepat bagi Anda yang ingin kuliah D3 di luar negeri.

10. Cosmopolitan College of Comerce and Technology (CCCT)

universitas di brunei Cosmopolitan College of Comerce and Technology (CCCT)
Cosmopolitan College of Comerce and Technology (CCCT)

Namanya cukup beken untuk ukuran perguruan tinggi. Hehehe, kata “Cosmopolitan” sendiri secara istilah merujuk pada sebuah kota yang punya lingkungan Internasional. Penamaan ini memang tepat karena perguruan ini, lagi-lagi berada di ibukota Brunei, BAndar Seri Begawan. Tepatnya di Jaya Setia Square.

Perguruan tinggi ini baru berdiri di tahun 2004. Orientasinya lebih pada kebutuhan industri. Yap, satu lagi kembaran Stanford. Hehehe, tapi ini masih berupa college, belum universitas. Meskipun begitu di sini ilmu pengembangannya juga mementingkan faktor ekonomi seperti college lainnya di Brunei Darussalam.

Alhasil college ini memiliki jurusan yang tidak jauh berbeda dengan college di negeri kaya minyak ini. Seputar teknologi informasi dan bisnis tentunya. Hanya afiliasinya sedikit berbeda dengan college lain. Di sini kerjasamanya bukan hanya dengan Pearson BTEC sebagaimana di KEMUDA Institute.

Namun juga dengan sejumlah universitas lainnya di Inggris seperti Oxford Brookes University. Jadi sama dengan college lain yang memiliki konsep “admission certificate”, ijazahnya diakui universitas tersebut. Cukup bagus untuk mengembangkan perguruan tinggi yang berkualitas.

***

Itulah perguruan tinggi terbaik  di Brunei Darussalam menurut beberapa survei. Bisnis, keilmuan agama Islam dan teknologi informasi merupakan jurusan favorit tampaknya di sana. Mengingat hampir semua perguruan tinggi di sana menyediakan jurusan tersebut.

Meskipun begitu, patut rasanya bagi Anda yang ingin belajar masalah perminyakan untuk kuliah di negara ini. Sekaligus belajar bagaimana mengelola perminyakan agar Indonesia tidak selalu dibayangi isu salah kelola minyak bumi dan gas. Hmmm….

 

Hobinya mempelajari kehidupan dan belajar dari kehidupan... Hayoo bingung to??...,., :D

One thought on “Mengenal 10 Universitas Terbaik di Brunei Darussalam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *