10 Universitas Terbaik dan Terkenal di Amerika Serikat

10 Universitas di Amerika Serikat — Bisa dikatakan untuk urusan pendidikan yang bersifat akademis, Amerika Serikat adalah jagonya. Banyak tokoh dunia dari berbagai bidang berkuliah di sini. Karena kualitas pendidikannya sendiri inilah, Amerika Serikat menjadi negara adikuasa di dunia.

kuliah di amerika
From a big dream

Walaupun begitu, biaya pendidikannya bisa dibilang tidak murah untuk saat ini. Ini terjadi karena beberapa tahun belakangan AS sedang memasuki masa reses ekonomi yang cukup panjang, yang membuat harga barang di sana melambung tinggi termasuk biaya pendidikan. Walaupun begitu peminat mahasiswa luar negeri yang ingin bersekolah di sana masih tinggi. Ya, karena kualitas pendidikannya itu tadi.

Sistem Perguruan Tinggi di Negara Paman Sam

Universitas di Amerika Serikat
usa-pictures.com

Sebelum sebelum kalian bingung dengan tulisan saya (hehehe…), perlu diketahui bahwa di sana istilah faculty atau fakultas hampir atau bahkan tidak pernah dipakai. Ada 2 istilah yang dipakai di sana, yaitu college dan school.

College merujuk pada sebuah fakultas dengan yang di dalamnya membawahi jurusan yang hanya memiliki 2 tingkat strata saja, yaitu setara D3 (sering disebut Undergraduate Program) dan S1 (Graduate Program).

Nah, sedangkan school merujuk pada fakultas yang memiliki bukan hanya setara S1 namun juga mencakup program Pascasarjana S2 (Master Program)  dan S3 (Doctoral Program). Jadi tidak ada program D3. Berbeda dengan kita yang mengacu pada sistem pendidikan di Eropa yang berorientasi pada keilmuan berdasarkan fakultas atau departemen. Sehingga dari D3 sampai S3 bisa tercover dalam satu fakultas yang sama.

Memang, di Indonesia sebenarnya ada juga sistem school yang  diterapkan seperti di Universitas Gadjah Mada atau beberapa Universitas lain. Hanya sistem school di tanah air lebih merujuk kepada sekolah dengan tingkatan tertentu. Misal sekolah pascasarjana (S2 dan S3), atau sekolah vokasi (D3). Jadi dalam satu sekolah itu mencakup berbagai jurusan lintas keilmuan. Bukan sekolah dengan keilmuan tertentu seperti sistem school yang ada di AS.

Universitas di Amerika

Begitu perbedaannya kawan-kawan biar tidak bingung ketika membaca tulisan saya ini. Hehehe… Inilah 10 Universitas Beken dan Bergengsi di Amerika Serikat dengan rujukan utama Webometrics bulan Oktober 2016 dan sejumlah sumber lain.

1. Harvard University

universitas di amerika serikat hardvar university
financedegreecenter.com

Inilah perguruan tinggi yang selalu menjadi idaman mahasiswa di seluruh dunia yang ingin kuliah di Amerika Serikat. Termasuk mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Universitas inilah yang selalu melahirkan lulusan yang berkualitas dan konon punya jiwa leadership di setiap bidang yang digeluti. Bahkan jujur penulis juga ingin sekali kuliah di sana (amin… hehehe).

Sejatinya Harvard adalah universitas swasta. Berdiri di Cambridge, Massachusetts pada tahun 1636. Diambil dari nama pendirinya yaitu John Harvard, seorang pendeta lulusan Universitas Cambridge, Inggris. Universitas ini juga merupakan yang tertua di daratan Amerika.

Awalnya beberapa koloni Inggris mengusulkan untuk membentuk semacam perguruan tinggi baru dengan nama “New College” atau “College at New Towne”. Lalu pada tahun 1638 perguruan tinggi ini menjadi pusat penerbitan buku pertama di Amerika Utara.

Baru pada tahun 1639, College ini berubah namanya menjadi Harvard College setelah John Harvard meninggal untuk mengenang jasanya. Pendeta asal Inggris itu meninggalkan sejumlah uang yang cukup banyak dan perpustakaan dengan 400 buku. Untuk mengelola kesemuanya itu, dibentuklah organisasi bernama The Harvard Corporation.

Ketika pertama kali berdiri, perguruan tinggi ini merupakan sekolah pendeta dari beberapa denominasi Kristen seperti kaum Unitarian dan Congregationalis. Namun seiring berjalannya waktu, pada abad ke 18 universitas ini lalu membuka diri sebagai universitas yang lebih bersifat sekuler.

Saat ini, Harvard tercatat memiliki 1664 program studi setara S1, 400 program master atau setara S2, 512 program doktoral serta 4460 program profesional/spesialis (Wah, luar biasa banyak sekali ya konsentrasi ilmunya). Itu belum termasuk gedung dan fasilitas lainnya yang luasnya lebih dari 85 hektar.

Jadi bayangkan saja seperti negara Vatikan, tapi 2 kali lebih luas. Vatikan yang luasnya 44 hektar saja sudah cukup untuk membuat negara sendiri, apalagi Harvard. Hehehe…

Alumninya telah meraih 150 gelar Nobel dari berbagai bidang. Itu juga belum termasuk alumni ternama yang jumlahnya lebih dari angka itu. Terdapat 8 presiden Amerika Serikat yang juga lulusan Harvard, dari John Adams sampai Barrack Obama yang kebetulan cinlok sama Michelle Obama di universitas ini.

Ihiirr..,, Pendiri Facebook Marck Zuckerberg juga merupakan alumni ternama walaupun katanya drop out (drop out aja terkenal, apalagi lulusannya… Wakkkk). Bill Gates pendiri Microsoft dan sejumlah kepala negara bahkan dunia juga lulusan universitas ini. Gila!

Sejumlah nama beken di tanah air juga lulusan perguruan tinggi ini. Seperti Nadiem Makarim (co-founder Go-Jek), Merry Riana (bahkan sempat dibikin film kisahnya), Gita Wirjawan (mantan Menteri Perdagangan) dan sejumlah nama lain yang penulis capek untuk menulisnya (sumpah capek sekali nulisnya… huhu…) juga merupakan alumni Harvard. Jadi pengen kuliah disana ya?

2. Massachusetts Insitute of Technology

Universitas di Amerika Serikat Massachusetts Insitute of Technology
justmilk.org

Masih di negara bagian dan kota yang sama. Bisa dibilang mereka cuma “tetanggaan” dengan Harvard. The Massachussets Insitute of Technology merupakan perguruan tinggi kedua terbeken di Amerika Serikat.

Jika Harvard berdiri ketika Inggris masih menjajah Amerika bagian utara, perguruan tinggi swasta ini berdiri sesudah Amerika Serikat merdeka. Berdiri tahun 1861, pemerintah negara bagian Massachusetts pada waktu itu ingin membangun sebuah institusi pendidikan tinggi.

Terutama untuk merespon laju perkembangan pembangunan industri di seluruh Amerika Serikat. Pembangunan ini digagas oleh gubernur Massachusetts waktu itu, William Barton Rogers.

Awalnya jurusan yang ada di institut ini mengacu pada beberapa politeknik yang ada di Eropa. Berkisar antara teknik dan sains. Perguruan tinggi ini juga pernah menjadi tempat penelitian komputer, radar dan beberapa alat sistem perlindungan Amerika selama Perang Dunia II dan saat Perang Dingin. Wah ngeri juga ya reputasinya?!

Saat ini terdapat 44 jurusan untuk pendidikan setara S1, S2, dan S3 yang terbagi atas 5 schools (sekolah) setara fakultas. Seperti Sekolah Teknik, Sekolah Sains, Sekolah Humaniora Seni dan Ilmu Sosial, Sekolah Manajemen serta Sekolah Arsitektur dan Perencanaan.

Sedangkan jurusan yang paling banyak diminati di Institut ini adalah jurusan teknik. Oh ya, ternyata luas Institut ini tidak kalah luas lho dengan Harvard. Luasnya mencapai 65 hektar (Itu mau buat sekolah apa negara kecil sih?)

Alumninya telah menggondol 27 gelar Nobel dari berbagai bidang. Institut ini banyak melahirkan ahli bahkan tokoh politik. Seperti Buzz Aldrin (Astronot Amerika yang pernah menginjakkan kaki di bulan), McDonell Douglas (pendiri Intel.Corp yang bergerak di bidang komputer), Benjamin Netanyahu (perdana menteri Israel saat ini), Paul Krugman (Ekonom), Kofi Annan (Sekjen PBB dari Ghana) dan masih banyak sederet nama lain yang penulis tidak sengaja sebutkan karena tangan penulis mulai pegal lagi.

3. Stanford University

Universitas di Amerika Serikat Stanford University
admission-requirements.com

Nah, kita tinggalkan Massachusetts sejenak. Perguruan tinggi ini berdiri di Yogyakarta-nya Amerika. Hehe.. Belum pada tahu ya kalau California dan Yogyakarta itu sebenarnya punya kerja sama sister city (kota kembar)? Yap, karena 2 kota ini sama-sama punya predikat sebagai kota pendidikan dan kebudayaan di negara masing-masing.

Berdiri di kota Stanford, negara Bagian California. Universitas ini berdiri sejak tahun 1885 dan memulai aktivitasnya di tahun 1891. Diambil dari nama gubernur dan senator AS dari California, Leland Standford dan Istrinya Jane Lathrop Stanford.

Didirikannya perguruan tinggi ini didedikasikan untuk satu-satunya anak mereka yang bernama Leland Stanford Jr. Ia meninggal akibat penyakit tipus saat usianya baru menginjak 15 tahun. (Huhuhu sedih ya guys).

Dari awal berdiri, perguruan tinggi ini tidak mengacu pada ideologi atau denominasi kelompok tertentu. Perguruan tinggi ini berdiri di atas lembah yang terkenal di AS, yaitu Santa Clara Valley atau yang lebih terkenal dengan nama Silicon Valley.

Nah, pada tahu kan Silicon Valley? Yap, tempat ini adalah markas besarnya Facebook, Google dan sejumlah perusahaan besar lainnya di AS. Jadi dengan kata lain, jika kamu kuliah di sini, kamu bisa main ke kantor perusahaan besar itu kalau lagi bosan atau magang disana. Asal jangan bolos kuliah aja. Hehe..

Terdapat 70 lebih jurusan dari tingkat D3, S1, S2 sampai S3 yang terbagi atas 7 Sekolah setara Fakultas. Meliputi Sekolah Bisnis, Sekolah Ilmu Bumi, Sekolah Edukasi, Sekolah Teknik, Sekolah Humaniora dan Ilmu Sosial, Sekolah Hukum dan Sekolah Kedokteran. Terdapat 15.000 mahasiswa yang kuliah di sini. 7 persen di antaranya adalah mahasiswa Internasional.

Alumninya telah menggondol 21 gelar Nobel dari berbagai bidang. Duo pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brinn merupakan alumni universitas ini. Selain itu ada nama Herbert Hoover (presiden ke 31 AS), Mitt Romney (senator dari partai Republik), Philip Hampson “Phil” Knight (CEO alat olahraga Nike Inc.,), dan Tiger Wood (pegolf AS nomor wahid) juga alumni universitas ini. Ada juga nama John F. Kennedy (presiden ke 35 AS) yang katanya drop out dari universitas ini. Ya ampun, yang ini lebih parah. Drop out aja jadi presiden. Wahh

4. University of California, Berkeley

Universitas di Amerika Serikat University of California, Berkeley
Wikipedia

Nama universitas ini mungkin sempat familier di telinga kawan-kawan. Gara-garanya ada institusi pendidikan di Medan yang menggunakan nama “Berkeley” tapi ternyata tidak berizin. Nah, mungkin nama universitas inilah yang jadi inspirator utama penamaan institusi tak berizin itu.

Padahal di negara asalnya, perguruan tinggi ini merupakan salah satu universitas publik paling beken di AS bahkan Dunia. Berdiri pada tahun 1868, universitas ini berafiliasi dengan University of California System. Semacam perkumpulan college di seluruh California. K

etika pertama kali berdiri, universitas ini lebih banyak berkonsentrasi pada jurusan agrikultural, pertambangan dan seni. Pada saat Perang Dunia II, universitas ini menjadi tempat penelitian rahasia tentang plutonium untuk membuat bom Atom!. Wow

Universitas ini terdapat sekitar 38.000 mahasiswa yang berkuliah di sini. Serta memiliki puluhan jurusan yang terbagi atas 14 college dan school. Nah, di Berkeley ini terdapat 5 College (College of Chemistry, College of Engineering, College of Enviromental Design, College  of Letters and Science, dan College of Natural Resources). Sedangkan kalau school meliputi bisnis, edukasi, hukum, sosial dan lain sebagainya.

Alumni universitas ini telah memenangkan 73 gelar Nobel. Serta salah satu universitas dengan branding terbaik di dunia versi Times Higher Education World University Rankings pada tahun 2016. Alumninya yang terkenal adalah Steve Wozniak (Co-Founder Apple Inc.), Zulfikar Ali Butho (Presiden ke 9 Pakistan), dan Gordon Moore (Co-Founder Intel Corp.) Serta kebanyakan alumninya merupakan pendiri dan penggagas perusahaan yang bergerak pada industri komputer dan IT.

5. University of Michigan

Universitas Terbaik di Amerika University of Michigan
fresher.ru

Perguruan tinggi ini terletak di kota Ann Arbor, negara bagian Michigan. Perguruan tinggi ini adalah salah satu adalah perguruan tinggi negeri tertua di negeri Paman Sam. Juga salah satu universitas terbesar di AS dengan luas kampus sekitar 2.000 hektar. Tentu saja luas universitas itu terdiri dari berbagai fasilitas publik yang mengitarinya. Tapi ini yang bikin penulis heran, universitas di sana luas-luas ya tempatnya.

Awalnya perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 1817 di Detroit dengan nama Catholepistemiad. Didirikan oleh Gubernur dan Hakim Michigan waktu itu yang bernama hakim Augustus B. Woodward. Namun dia tidak sendirian dalam mendirikan universitas ini. Ia mengundang dua Pendeta Katolik bernama John Monteith dan Gabriel Richard untuk memimpin universitas ini.

Jumlah mahasiswa di universitas ini berjumlah sekitar 50.000 mahasiswa. Terdapat lebih dari 200 jurusan setara D3 dan S1, 90 program master (S2) dan 100 program doktoral (S3). Jurusannya terbagi dalam 19 school dan college. Hampir seluruh jurusan mulai dari Ilmu Sosial, Sains, Kedokteran dan lainnya tersedia di perguruan tinggi ini.

Bahkan universitas ini adalah yang paling banyak melakukan penelitian di AS dengan biaya 1 Triliun dolar AS pada tahun 2009. Wah luar biasa mahal ya penelitian di sana.

Rata-rata alumninya merupakan politisi dan senator AS. Larry Page, salah satu pendiri Google juga merupakan alumni perguruan tinggi ini. Dr. J. Robert Jeyster pendiri Science Aplication Internasional Corporation (SAIC) juga alumni universitas ini.

6. Cornell University

universitas di amerika Cornell University
wikimedia.org

Konon katanya, Superman pernah kuliah di sini. Apa iya? Hehe penasaran ya? Universitas ini letaknya ada di kota Itacha, New York. Sebenarnya kampus mereka ada di dua negara. Satu di New York dan satunya berada di Doha, Qatar. Oh ya Universitas ini pernah dinobatkan sebagai perguruan tinggi dengan desain bangunan terbaik di AS. Jadi bagi teman-teman yang ingin belajar arsitektur, universitas ini adalah pilihan tepat.

Perguruan tinggi ini didirikan oleh Ezra Cornell dan Andrew Dickson White pada tahun 1865. Ezra Cornell sendiri adalah seorang senator yang berasal dari New York. Ia memiliki kebun dan kekayaan yang jumlahnya mencapai $500.000  atau jika dirupiahkan mencapai 5 milyar rupiah.

Nah, kebun yang ia miliki di Ithaca itulah yang menjadi cikal bakal universitas ini. Ia juga yang meminta sahabat karibnya, Andrew Dickson White untuk memimpin perguruan tinggi ini.

Universitas ini memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa. Jurusannya juga banyak yang terbagi atas 14 college dan school. Kabar baik bagi teman-teman yang ingin belajar masalah perhotelan. Mereka mempunyai Hotel Administration College yang berdiri sejak 1922. Jadi pengalaman mereka di bidang ini sudah sangat mumpuni. Hampir satu abad mereka memiliki jurusan ini.

Nah, lulusannya sendiri telah merebut 56 gelar Nobel dari berbagai bidang. Kebanyakan alumninya adalah aktor, penulis bahkan sutradara film. Ehh sebentar, benarkah Superman pernah kuliah di sini? Yap, lebih tepatnya aktor yang memerankan Superman yaitu Christopher Reeve yang berkuliah di sini (setidaknya saya tidak bo’ong kan? Hehehe..). Selain itu pelopor dari permainan American Football, Pop Warner juga berkuliah di sini. Presiden perempuan pertama Taiwan yang saat ini menjabat, Tsai Ing Wen juga alumni universitas ini.

7. University of Washington

universitas di amerika serikat University of Washington
washington.edu

Sudah tahu kan Washington? Aye, ibukota Amerika Serikat. Sehingga kalau kamu kuliah di sini bisa melihat White House alias istana kepresidenan AS. University of Washington sendiri berdiri di kota Seattle, negara bagian Washington. Hanya di sebelah barat Washington DC. Salah satu universitas tertua yang berdiri di Pantai Barat (sering disebut West Coast, Red) AS.

Didirikan pada tahun 1854 atas rekomendasi gubernur Washington saat itu, Isaac Stevens. Universitas ini merupakan perguruan tinggi yang biaya operasional dan biaya penelitiannya termahal di AS. Pada tahun ajar 2014-2015 biayanya mencapai $6,4 miliar atau senilai 80 trilliun Rupiah!. Biaya itu memecahkan sejarah biaya pendidikan di AS. Wah kalau di Indonesia biaya segitu bisa buat benerin jalanan di seluruh pulau Kalimantan.

Ada sekitar 45.000 mahasiswa yang berkuliah di sini. Terdapat lebih dari 140 departemen setara jurusan. Itu terbagi atas 2 college dan 16 school. Serta gedung dan fasilitas publik lain yang menempati area sekitar 700 hektar. Oh ya, itu sudah termasuk Danau Washington yang cukup luas untuk wisata atau menenangkan pikiran setelah kuliah atau mengerjakan tugas. Asyik ya?

Alumni perguruan tinggi ini telah meraih 7 gelar Nobel berbeda. Universitas ini tercatat sebagai salah satu universitas paling merakyat di AS. Alumninya yang terkenal adalah master Kung-Fu pendiri aliran Jet Kun Do, Bruce Lee, serta pemain Saxophone AS yang pernah hadir di International Java Jazz dan berduet dengan Glen Fredly, Kenny G.

8. Columbia University New York

universitas di amerika serikat Columbia University New York
davidleventi.com

Universitas yang satu ini ada di jantungnya perekonomian Amerika Serikat. Berdiri di kota Mana tahan (Hehe,, Manhattan maksudnya) sejak tahun 1754. Salah satu perguruan tinggi di AS yang didirikan oleh koloni Inggris. Selain itu perguruan tinggi ini adalah salah satu yang tertua di AS. Pendirinya adalah Raja George II dari Inggris dengan nama King’s College.

Setelah Amerika Serikat merdeka, di tahun 1784 namanya berubah menjadi Columbia College. Baru pada tahun 1896 namanya berubah seperti sekarang ini. Ketika pertama kali berdiri, perguruan tinggi ini tidak lepas dari peran Gereja Inggris. Sehingga jurusan awal di college ini adalah Theologi dan hanya memiliki 8 murid saja!.

Kontras sekali dengan yang ada sekarang. Universitas ini memiliki sekitar 27.000 mahasiswa. Jurusannya terbagi atas 2 college dan 15 school. Bagi kalian yang tertarik akan dunia jurnalisme, universitas ini adalah yang terbaik di AS untuk jurusan tersebut. Oh ya, universitas ini juga merupakan universitas terbaik ke 9 dunia versi Academic Rankings of World Universities.

Alumninya sendiri telah memenangkan 18 gelar Nobel dari berbagai bidang. Kofi Annan, mantan sekjen PBB merupakan alumni universitas ini. Theodore Roosevelt dan Franklin D. Roosevelt yang merupakan presiden Amerika ternama juga alumni dari jurusan hukum universitas ini.

Penemu frekuensi FM Radio, Edwin Amstrong juga pernah berkuliah di sini. Ow ya mantan presiden kita yaitu Susilo Bambang Yudhoyono pernah berpidato di sini pada World Leaders Forum tahun 2003 (kalau tidak salah).

9. University of Pennsylvania

universitas di amerika serikat The University of Pennsylvania
Education For All

Ini bisa dibilang universitasnya dinasti Trump. Tahukan Donald Trump? Itu lho taipan properti AS yang nyalon jadi presiden AS dari partai Republik. Dari ayahnya sampai anaknya (Donald Trump Jr. dan Ivanka Trump) semuanya kuliah di sini. Tapi memang universitas ini banyak melahirkan sejumlah nama terkenal yang It’ s genius kalau kata Donald Trump. Hehehe…

Universitas ini berdiri pada tahun 1741, universitas tertua ke 4 di AS. Didirikan oleh Benjamin Franklin. Ada yang familier dengan nama ini? Yap dia adalah salah satu tokoh kemerdekaan AS, pencetus klausa “waktu adalah uang” serta anggota Freemason yang cukup terkenal setelah George Washington.

Ketika pertama kali berdiri, perguruan tinggi ini berfokus pada perdagangan, teologi, dan pelayanan publik. Namun saat ini universitas ini memiliki berbagai jurusan yang terbagi atas 14 school. Agak beda ya dengan universitas lain di AS yang masih ada college, universitas ini malah tidak ada sama sekali.

Walaupun begitu, universitas ini adalah salah satu perguruan tinggi paling selektif dalam memilih calon mahasiswanya. Terutama untuk masuk jurusan kedokteran, hukum, dan bisnis.

Meskipun selektif, ternyata lulusannya juga tidak bisa dianggap remeh. Alumninya telah meraih 28 gelar Nobel. Selain Donald Trump dan keluarganya, ada nama terkenal seperti Elon Musk. Bagi yang suka otomotif pasti tahu siapa dia. Aye, dia adalah pendiri perusahaan mobil listrik terkemuka, Tesla Motors.

Nama lain yang terkenal adalah Yasin Anwar (peraih gelar Nobel dan pendiri Bank Negara Pakistan), serta artis John Legend. His Fantastic bukan? (Kok aku jadi kayak Donald Trump sih bahasanya…)

10. University of California, Los Angeles (UCLA)

universitas terkenal di amerika serikat University of California, Los Angeles (UCLA)
phsgradsatcollege.com

Nah kalau yang ini penulis jadi ingat beberapa tahun yang lalu. Ada satu-dua mobil di Yogyakarta yang majang stiker UCLA ini di kaca mobil mereka. Entah mereka beneran lulusan sana atau cuma dapat dari berbagai kenalan, universitas ini adalah perguruan tinggi favorit di sana dari segi peminatnya.

Universitas ini masih saudaranya Berkeley, cuma beda kota saja. Tepatnya di distrik Westwood, Los Angeles. Didirikan tahun 1919 dengan nama The Southern Branch of The University of California. Baru pada tahun 1927, namanya berubah seperti yang ada di sub judul.

Universitas ini dihuni oleh sekitar 43.000 mahasiswa. Mempunyai 15 fakultas dengan puluhan jurusan. Bagi kawan-kawan yang ingin mendalami ilmu psikologi, universitas ini bisa jadi rujukan utama. Karena di sana jurusan psikologi adalah yang terbaik di AS menurut U.S News & World Report.

Bahkan universitas ini adalah salah satu penggerak ekonomi utama di Los Angeles sendiri. Oh ya satu lagi, buat kalian yang berminat jadi guru olahraga. Universitas ini justru terkenal karena mahasiswanya telah memenangkan 125 medali emas Olimpiade. Wow!

Alumninya setidaknya telah meraih 14 gelar Nobel dari berbagai bidang. Uniknya 7 gelar diantaranya diraih profesor UCLA dan 7 lainnya diraih oleh alumninya. Paul Boyer, kimiawan asal AS adalah salah satunya. Aktor Hollywood Ben Stiller yang terkenal berkat film The Museum juga kuliah di sini. Selain itu ada nama Tom Anderson (Co-Founder MySpace) dan Susan Wojcicki (CEO Youtube) juga alumni universitas ini.

Jadi bisa dibayangkan bukan kuliah di sana seperti apa?. Banyak universitas yang bisa dijadikan pilihan. Bahkan ada jurusan yang mungkin sulit dan tidak tersedia di tanah air. Terutama bagi kalian yang menginginkan pendidikan berkualitas. Penulis sebenarnya juga ingin kuliah di sana suatu saat nanti. Amin hehehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *