18 Daftar Universitas Swasta di Yogyakarta Terakreditasi A

899 views

Daftar Universitas Swasta di Yogyakarta Terakreditasi A Terbaik

ACADEMIC INDONESIA — Bagi para orang tua atau siswa yang baru lulus sekolah pasti mengalami kendala dalam mencari universitas yang terbaik. Jenis universitas ada 2 yaitu swasta dan negeri. Ada juga yang memiliki tingkatan berbeda-beda seperti Terakreditasi A, B atau C bahkan ada yang belum terakreditasi.

Jika kalian belum menemukan rekomendasi universitas terbaik di Yogyakarta bisa simak ulasan di bawah ini terlebih dahulu, selebihnya Anda bisa mendapatakan Informasi mengenai tips belajar di Yogyakarta, melalui website partner kami di Kosngosan.

.

Pengertian Universitas Swasta

Universitas swasta merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi swasta yang ada di Indonesia. Kedudukannya diatur dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Perguruan tinggi swasta adalah salah satu jenis perguruan tinggi yang didirikan dan/atau diselenggarakan oleh masyarakat dengan jalan membentuk badan penyelenggara yang berbadan hukum dengan berprinsip nirlaba, contohnya disini adalah berbentuk yayasan.

Kemudian apakah perbedaannya dengan perguruan tinggi negeri? Perbedaannya dengan perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta adalah suatu perguruan tinggi yang tidak didirikan oleh pemerintah atau negara.

Perguruan tinggi swasta yang dimaksud di sini bisa berbentuk Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, atau bahkan Universitas.

Pengertian Akreditasi A

Sebelum pembahasan lebih jauh, kita harus tahu terlebih dahulu apa saja yang dapat dinilai dalam akreditasi. Merujuk dari website Filosofi Remaja, ada beberapa point yang dinilai:

  1. Kurikulum di setiap program pendidikan/ program studi yang tersedia
  2. Jumlah tenaga pendidik/ dosen
  3. Keadaan mahasiswa (ada banyak penilaian di sini, mulai dari kualitas dan kuantitas)
  4. Koordinasi dalam pelaksanaan pendidikan
  5. Sarana dan prasarana pendidikan yang disediakan yayasan
  6. Manajemen administrasi akademik, kepegawaian, keuangan dan juga rumah tangga perguruan tinggi

Jika kita perhatikan indikator-indikator apa saja yang dapat dinilai dalam proses akreditasi. Ternyata akreditasi merupakan suatu hal yang signifikan untuk menentukan apakah suatu perguruan tinggi itu tergolong unggulan atau tidak, bagus atau tidak.

Nah agar kalian tahu dan paham tentang akreditasi, maka akan sedikit saya jelaskan tentang bobot skor yang dicapai dalam akreditasi dalam perguruan tinggi. Agar kalian bisa menentukan dan menilai perguruan tinggi yang akan dipilih.

Berikut ini adalah matriks skor nilai dalam akreditasi, untuk yang memiliki bobot nilai dibawah standart (C), ini artinya perguruan tinggi tersebut tidak / belum terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ini artinya kualitas dari perguruan tinggi tersebut masih belum layak untuk dibuka.

  • Akreditasi A dengan bobot nilai 361 – 400
  • Akreditasi B dengan bobot nilai 301 – 360
  • Akreditasi C dengan bobot nilai 201 – 300

Kelebihan Universitas Swasta Dibanding Universitas Negeri

Kalian perlu mengetahui khususnya untuk para calon mahasiswa, semua perguruan tinggi yang ada di Indonesia itu, baik itu PTN maupun PTS. Kedua hal tersebut sama-sama memiliki kelebihan juga kekurangan.

Jadi, sesungguhnya tidak ada yang disebut sebagai mahasiswa yang terbuang atau apapun itu sebutannya karena kalian masuk perguruan tinggi swasta. Kalian percaya atau tidak itu urusan belakangan, maka dari itu simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Faktanya banyak sekali kita temukan di Indonesia perguruan tinggi swasta yang memiliki kualitas sangat bagus dibanding perguruan tinggi negeri yang ada. Baik itu dari segi kualitas perguruan tinggi maupun SDM (Mahasiswa/ Dosen).Berikut ini adalah kelebihan dari PTS:

  1. Menyediakan Kuota Lebih Banyak dalam Penerimaan Mahasiswa Baru

Ya ini sangat berbeda dengan PTN. PTS menyediakan lebih banyak kuota untuk menerima mahasiswa baru. Kalau pun dalam satu kelas, kuotanya sudah penuh. Biasanya PTS akan membuka kelas baru. Namun, hal yang harus kalian ketahui adalah meskipun PTS membuat kelas baru, PTS akan tetap memperhatikan kualitasnya.

Kemudian muncul pertanyaan, kenapa sih PTS menyediakan lebih banyak kuota daripada PTN? Jawabannya sesungguhnya sangat mudah banget. PTS lebih banyak menyediakan kuota penerimaan mahasiswa baru karena untuk menjawab permintaan dari kalian yang ingin berkuliah.

Coba bayangkan saja jika PTS memiliki kuota yang sama sedikitnya dengan PTN, pasti yang terjadi banyak dari kalian yang malah tidak mau berkuliah ?

  1. Fleksibel Terhadap Sebuah Perubahan

Perlu kalian tahu ya, PTN biasanya dinaungi oleh beberapa kementerian. Namun yang paling populer atau yang paling diketahui, PTN dinaungi oleh Kemenristekdikti atau biasanya disebut Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi.

Nah, memang biasanya PTN lebih sulit untuk menerima suatu perubahan atau tambahan-tambahan. Karena apa? Karena kemenristekdikti atau kementerian yang lain mempunyai aturan/ UU yg lebih ketat. Selain itu juga, dengan adanya birokrasi yang panjang, bisa menjadi alasan kenapa PTN kurang fleksibel terhadap perubahan.

  1. Waktu Pendaftaran Lebih Lama Dibandingkan Dengan PTN

Nah, kalau kalian tidak kebagian kuota untuk berkuliah di PTN, tenang saja ya, biasanya PTS memiliki durasi yang lebih lama dalam membuka waktu pendaftarannya. Tak hanya itu saja, beberapa PTS lebih dahulu membuka jadwal pendaftaran mahasiswa baru dibandingkan dengan pembukaan jadwal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Karena ketersediaan waktu yang cukup lama dalam pendaftaran mahasiswa baru, inilah kemudian yang menjadi suatu peluang untuk kalian. Selain hal tersebut, dengan jadwal pendaftaran yang cukup lama, kalian juga mempunyai banyak waktu untuk mencari informasi tentang PTS dan juga jurusan yang akan kalian daftar.

  1. Jadwal Kuliah yang Fleksibel

Berbicara saat ini, banyak sekali ternyata PTS yang memberikan kalian kebebasan untuk mengatur jadwal kuliah. Biasanya PTS lebih banyak memberikan kesempatan untuk para pekerja yang ingin berkuliah. PTS akan menyediakan dua kelas dengan ketersediaan waktu yang berbeda yakni kelas reguler dan kelas paralel.

Kelas reguler ialah kelas yang tersedia dimana kalian akan melakukan aktivitas kuliah dari Senin sampai Jumat di jam pagi sampai dengan siang. Untuk kelas paralel, biasanya perkuliahan dilaksanakan di hari Senin sampai dengan Jumat, dari sore sd malam.

Ada juga kelas paralel yang perkuliahannya dilaksanakan di hari Sabtu dan Minggu. Jika kalian ingin kuliah sambil bekerja, PTS lah yang akan memberikan banyak sekali kesempatan dalam hal mengatur waktu kalian.

  1. Fasilitas yang Relatif Lebih Bagus

Mungkin banyak dari kalian yang mengeluhkan jika beberapa PTS memiliki biaya pendidikan yang cukup mahal/ tinggi. Namun, kalian harus lihat juga, apakah fasilitas yang disediakan oleh PTS lengkap atau tidak.

Biasanya, mayoritas dari PTS yang ada memiliki gedung yang lebih modern. Bukan hanya itu saja, fasilitasnya di beberapa PTS lebih bagus dibandingkan dengan PTN. Dengan ketersediaan fasilitas yang bagus ini lah, akan bisa menunjang keperluan kalian dalam proses belajar di perguruan tinggi.

  1. Kualitas Lulusan PTS & Swasta yang Dapat Bersaing

Memang ada yang bilang lulusan PTS tidak bisa bersaing dengan lulusan PTN. Jika kalian berpikir bahwa lulusan PTS lebih sulit memperoleh pekerjaan dibandingkan dengan lulusan PTN, penilaian kalian salah besar. Jika kalian berbicara tentang cepat-cepetan mendapatkan pekerjaan, hal itu bukanlah karena perguruan tingginya, namun kemampuan dari masing-masing individu.

Kalau dari pengalaman saya pribadi, banyak sekali teman-teman saya yang dulu berkuliah di PTS justru memperoleh pekerjaan lebih cepat dan ada juga beberapa teman saya yang dulu sempat berkuliah di PTS memperoleh pekerjaan di perusahaan yang bonafit. Oleh sebab itu, pendidikan di PTS juga bisa bersaing di dalam dunia kerja.

Tips Memilih Universitas Swasta di Yogyakarta

Setelah beberapa penjelasan di atas, di bawah ini ada berbagi tips dan trik untuk memilih PTS yang berkualitas. Apa saja tips-tips yang dimaksud? Check this out!!

  1. Lokasi Perguruan Tinggi

Kalian harus memastikan, apakah di sekitar daerah tempat tinggal kalian atau di provinsi domisili kalian saat ini ada PTS yang berkualitas atau tidak. Jika tidak ada, baru kalian bisa mencari PTS lain di luar daerah atau bahkan di luar pulau.

Kenapa seperti itu? Karena ini menyangkut biaya yang nantinya akan kalian keluarkan untuk bisa melanjutkan studi ke PTS. Contohnya saja Uang Kuliah Tunggal (UKT)/ SPP, biaya hidup, biaya kos, dan lain-lain.

  1. Mencari Akreditasi Perguruan Tinggi

Bagaimana caranya bisa mengetahui PTS itu berkualitas atau tidak?

Sama halnya  seperti di PTN, PTS juga memiliki akreditasi! Kemudian apa hubungannya dengan akreditasi itu apa?

Secara real, akreditasi akan menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi. Akreditasi adalah salah satu upaya pemerintah untuk membuat standar mutu sebuah perguruan tinggi, semakin bagus akreditasi suatu perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri tentu citra dan lulusan yang dihasilkan juga memiliki kualitas. Bisa kita ibaratkan sebuah mobil, semakin bagus kualitas mobil tersebut tentunya mempunyai kualitas yang bagus juga.

  1. Peringkat Perguruan Tinggi

Selain dalam hal akreditasi, peringkat PTS itu juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Sebab dirasa kurang begitu penting, peringkat dari suatu perguruan tinggi seringkali diabaikan oleh para calon mahasiswa. Padahal, sebagaimana yang sudah disinggung di atas, semakin tinggi peringkat dari perguruan tinggi tersebut, tentu kualitasnya juga akan semakin bagus.

Lalu, untuk bisa mengetahui peringkat PTS itu darimana? Sekarang ini, banyak sekali lembaga-lembaga yang memberikan peringkat untuk perguruan tinggi baik itu nasional maupun internasional. Misalnya Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICU dan masih banyak yg lainnya.

  1. Harus Tahu Akreditasi Program Studi yang Akan Kalian Pilih

Akreditasi itu bisa diketahui dari dua hal ya. Selain akreditasi Institusi ataupun perguruan tinggi, ada juga yang disebut akreditasi jurusan (program studi).

Akreditasi program studi ini juga tak kalah penting dari poin-poin sebelumnya. Jadi kalian juga harus memastikan ya, akreditasi dari program studi yang akan kalian pilih.

  1. Usia Perguruan Tinggi

Mungkin untuk sebagian orang, usia dari PTS itu tidak begitu penting untuk dijadikan sebagai tolak ukur. Tetapi hal ini jangan dipandang sebelah mata, logikanya semakin tua usia suatu PTS dapat disimpulkan bahwa PTS tersebut mempunyai citra yang baik di mata masyarakat.

  1. Kiprah Lulusan dari Perguruan Tinggi

Kiprah para alumni PTS tujuan kalian juga harus menjadi dipertimbangkan, kalau perguruan tinggi kalian mempunyai banyak alumni yang kece-kece, hampir dapat dipastikan calon perguruan tinggi kalian memiliki kualitas yang baik.

Tidak hanya itu saja, alumni yang memiliki kualitas yang baik bisa kalian jadikan sebagai jaringan setelah lulus nanti.

  1. Kelengkapan Fasilitas Perguruan Tinggi

Lokasi perguruan tinggi sudah, akreditasi perguruan tinggi, peringkat perguruan tinggi, akreditasi program studi sampai dengan kiprah alumni juga sudah.

Ya waktunya membahas kelengkapan fasilitas perguruan tinggi. Kelengkapan fasilitas perguruan tinggi juga bisa menjadi suatu bahan pertimbangan kalian dalam memilih sebuah PTS.

Tidak lucu & dan menggembirakan juga kan, jika misalkan kalian berkuliah di program studi tapi PTS itu tidak memiliki fasilitas lab kedokteran yang cukup memadai.

  1. Sarana Pengembangan Diri

Masa-masa kuliah itu tidak hanya masa-masa untuk mengejar nilai akademis aja ya. Namun juga waktunya kalian mengeksplor dirimu seluas-luasnya. Akan sangat bagus sekali jika PTS yang akan menjadi tujuanmu punya sarana pengembangan diri seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mumpuni.

  1. Besaran Biaya Kuliah

Nah, ini yang akan menjadi hal yang tidak kalah penting dan tidak terpisahkan dari kualitas PTS adalah mengenai biaya kuliah. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak orang yang menganggap biaya kuliah di PTS itu sangat mahal.

Padahal nggak semua PTS memiliki biaya kuliah yang lebih mahal daripada di PTN, lho. Ada juga kok, PTS yang biaya kuliahnya lebih murah dibandingkan PTN. Terlebih lagi jika kesempatan beasiswa juga terbuka lebar untuk para mahasiswa di PTS.

Kalian juga harus meriset sedalam-dalamnya tentang biaya kuliah dari PTS yang akan kalian tuju. Ingat jangan sampai kali males mencari informasi.

  1. Rekomendasi Mahasiswa Dan Alumni

Jika kalian sudah melakukan 9 hal yang dibahas di atas, tapi kalian masih butuh pertimbangan lagi. Jangan sungkan untuk menemukan PTS yang akan kalian tuju dari mahasiswa dan juga kakak-kakak alumni dari PTS tujuan.

Pengalaman dari para alumni yang benar-benar sudah pernah merasakan bagaimana dinamika yang terjadi di perkuliahan di PTS tersebut, tentunya akan memberikan kalian banyak pelajaran tentang kehidupan di perguruan tinggi.

Daftar Universitas Swasta Di Jogja

Nah, sekarang waktunya kalian mengetahui perguruan tinggi mana saja yang tersedia di kota pelajar. Hemat saya, sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia pastinya kualitas perguruan tingginya terjamin. Selain pertimbangan kualitas, pertimbangan nama kota pelajar juga harus dipikirkan untuk masa depan kalian.

Berikut ini beberapa nama perguruan tinggi di Jogja yang saya rekomendasikan untuk kalian, simak baik-baik ya.

  1. Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta
  2. Universitas Alma Ata, Bantul
  3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Sleman
  4. Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY), Yogyakarta
  5. Universitas Gunung Kidul (UGK), Gunung Kidul
  6. Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman
  7. Universitas Janabadra (UJB), Yogyakarta
  8. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Yogyakarta
  9. Universitas Kristen Immanuel (UKRIM), Sleman
  10. Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Bantul *Sebelumnya bernama Universitas Wangsa Manggala.
  11. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Bantul
  12. Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Bantul
  13. 13.Universitas Proklamasi 45 (UP45), Sleman
  14. Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO), Sleman
  15. Universitas Sanata Dharma (USD), Sleman
  16. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Yogyakarta
  17. Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Sleman
  18. Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY), Yogyakarta

Untuk mendapatkan info lebih lanjut dan lengkapnya. Kalian bisa mengunjungi situs perguruan tinggi di atas. Di sana juga tersedia kontak person yang dapat kalian gunakan untuk melontarkan berbagai pertanyaan. Atau bahkan kalian bisa juga langsung mengunjungi kampusnya.

Demikian informasi yang bisa saya bagi. Semoga kalian tidak salah pilih perguruan tinggi ya. Selamat belajar dan tentukan masa depan terbaikmu bersama perguruan tinggi swasta di kota pelajar Yogyakarta.