Apa itu SEO? SEO Adalah… (Sebuah Catatan Event At Caravan)

SEO Adalah — SEO itu apa sih? Makanan apa? Bila Anda masih bingung, kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang SEO. Oh iya, penjelasan ini juga banyak saya dapatkan di acara At Caravan tentang Optimasi SEO, kebetulan pengisi acaranya Mas Didik Arwinsyah. Okeh deh tak perlu berlama-lama!

Barangkali Anda pernah bertanya-tanya mengenai pengertian SEO.

apa itu seo
haghestsidarta.com

SEO sendiri mempunyai kepanjangan Search Engine Optimation. Di kalangan dunia internet marketing, SEO memiliki peran yang sangat besar untuk mengukur kesuksesan.

Nah, untuk memperjelas pengertian SEO di atas, coba simak ilustrasi di bawah ini;

Di siang hari yang terik, Budi pergi ke warnet. Sebagai siswa yang duduk di kelas 3 SMA, Budi ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Ia sadar ketika akan menjadi mahasiswa Ia harus mengerti apa yang dimaksud pengertian mahasiswa. Ia pun masuk ke halaman Google dan mengetik “Pengertian Mahasiswa”.

Tiga detik selanjutnya muncullah sederetan website (10 website) yang membahas pengertian mahasiswa. Ia pun tertarik meng-klik salah satu website bernama ACADEMICINDONESIA.COM.

Ia pun tertarik dengan isi kontennya dan membacanya sampai selesai.

Di hari-hari selanjutnya, Budi pun gemar ke warnet. Jika Ia membutuhkan informasi terkait dunia perkuliahan Ia senantiasa memilih ACADEMICINDONESIA.COM.

Bahkan, bila Ia ingin mencari informasi apapun Ia selalu menulis istilah-istilah yang dicari disertai nama web ACADEMIC INDONESIA.COM.

***

Unsur-unsur SEO

pengertian seo dan unsur-unsurnya
kotabaweb.com

Well! Apakah Anda sudah mengerti jalan cerita di atas?

Mari kita urai dan hubungkan dengan pengertian SEO.

Dari jalan cerita di atas, kita akan menemukan beberapa unsure SEO;

1. Keyword

Keyword atau kata kunci adalah istilah yang diketik Budi saat memasuki halaman Google. So, keyword yang dicari Budi adalah “Pengertian Mahasiswa”.

Bagi internet marketer atau blogger, keyword adalah salah satu unsure yang sangat penting. Keyword menjadi sangat penting ketika nanti dihadapkan dengan optimasi. Adapun terkait optimasi, kita akan membahasnya setelah ini.

2. Peringkat Website

Ketika Budi mengetik keyword “Pengertian Mahasiswa”, tentu 90% Budi akan memilih website yang berada di halaman satu.

Ia menganggap bahwa website yang sudah berada di halaman satu tentu akan bisa lebih dipercaya dan penjelasannya lebih akurat.

Mungkin, Budi akan membuka sebagian besar website di halaman 1. Ia tidak terlalu memperdulikan halaman sselanjutnya karena baginya salah satu unsure untuk mendapatkan informasi adalah kecepatan.

So, website yang berada di halaman 1-lah website yang menjadi pilihannya.

Lalu, bagaimana cara menjadikan website selalu berada di halaman pertama bahkan di nomor 1?

Sebentar, mari kita bahas secara perlahan…

Optimasi SEO

cara optimasi SEO
androwsblog.web.id

Apa sih Optimasi SEO Itu?

Pada dasarnya, optimasi SEO adalah sebuah usaha untuk menjadikan artikel atau website kita berada di halaman 1.

So, bila Anda berpikir bahwa artikel Anda akan berada di halaman satu dengan sendirinya itu tidak mungkin. Kecuali artikel atau website Anda tidak ada pencarian maupun pesaingnya sehingga bisa meroket di halaman 1.

Apa pentingnya sih optimasi SEO?

Kita semua pernah menjadi pemula, baik dalam mengelola blog ataupun mengelola website. Di saat kita pertama kali mengelola, pasti bertanya-tanya mengapa traffic tak kunjung datang.

Rasanya waktu itu terasa sangat sepi seperti kuburan. Website seakan perkampungan yang tiada penghuni. Hiii….

Nah itulah tugas pokok SEO; yakni mendatang traffic. Traffic atau pengunjung itu sendiri biasanya berasal dari sumber; Pertama dari media sosial seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya. Sedangkan yang kedua berasal dari mesin pencarian.

Adapun model optimasi SEO itu sendiri ada dua macam. Ingat, ada dua macam ya. Hanya dua.

1. Optimasi SEO On Page

seo adalah
blogjajatsudrajat.blogspot.co.id

  • Riset Keyword

Riset keyword adalah salah satu kegiatan untuk mencari istilah-istilah yang sering dicari user (pengguna internet) di dunia virtual. Sebagian besar blogger atau internet marketer menggunakan tools bernama GKP alias Google Keyword Planner.

  • Building Website

Optimasi SEO On Page selanjutnya adalah building Website. Bila Anda membangun website, beberapa hal seperti struktur web, tampilan hingga kecepatan tampilan sangatlah penting.

  • Memberikan Title Tag yang Baik

Title tag sendiri ada dua macam; pertama adalah title tag yang diisi di homepage atau halaman depan website. Kedua adalah title tag yang disematkan di bagian tag artikel.

  • Tambah Deskripsi

Optimasi selanjutnya adalah menambah deskripsi. Hal ini jug ada dua versi deskripsi; deskripsi di Homepage juga deskripsi di pengaturan SEO.

  • Konten Berkualitas

Cara optimasi selanjutnya adalah dengan cara menyajikan berbagai konten yang berkualitas. Maksud berkualitas di sini adalah konten yang dapat memberikan kepuasan kepada para pembaca.

  • Penambahan Heading

Masih berkaitan dengan optimasi dengan konten yang berkualitas. Ketika Anda hendak memposting artikel Anda di website atau di blog; Anda bisa mengaturnya dengan memberikan judul, sub judul dan anak judul.

Adapun yang sering digunakan di kalangan blogger dan internet marketer adalah penambahan heading  3 dan heading 4.

  • Menyetting Permalink

Optimasi on page yang keenam adalah menyetting permalink. Bila Anda cermati, bagian atas bawahnya judul akan terlihat kotak kecil yang akan terisi http atau www. Itulah yang dinamakan permalink.

Sifat permalink di sini adalah permanen. Artinya, bila Anda sudah menentukan satu permalink yang tepat, Anda jangan menggantinya. Sebab bila Anda menggantinya sama saja Anda barusan ganti artikel. Anda akan mulai dari nol lagi.

  • Internal Link

Optimasi on page selanjutnya adalah membangun internal link. Internal link adalah upaya untuk menghubungkan artikel satu ke artikel lain dalam 1 website.

Beberapa manfaat internal link untuk optimasi antara lain keyword-keyword lain juga akan terangkat (naik peringkat). Selain itu page views Anda juga akan bertambah.

Bayangkan saja apabila user membaca artikel Anda, lalu Anda memberikan 3 internal link. User tersebut akan membuka link internal tersebut ketiga-tiganya. Nah, di saat itu page views Anda akan bertambah.

Selain dua hal di atas, salah satu manfaat yang tak kalah penting adalah naiknya daily time on site atau lamanya pengunjung di sebuah website.

Dengan membangun internal link, otomatis pengunjung akan betah berlama-lama membaca konten di website Anda.

  •   Optimasi Gambar

Barangkali hal ini adalah sesuatu hal yang baru bagi Anda. Tahukah Anda bahwa gambar juga bisa dioptimasi?

Gambar merupakan penyumbang traffic pertama dalam website Anda. So, bila Anda membuat artikel, jangan lupa pula optimalkan gambar Anda agar masuk dalam mesin pencarian.

Adapun cara optimasi gambar akan kami paparkan lebih detail pada artikel selanjutnya.

2. Optimasi SEO Off Page

optimasi seo off page
tipsseokiller.blogspot.co.id

Pilih yang Niche or Gado-gado? Ayuk Belajar Blog dan Tentukan Masa Depan Web/Blog Anda

Kebalikan dari optimasi SEO On Page adalah SEO off page. Pengertian dari SEO off page adalah optimasi yang dilakukan di luar website kita sendiri.

Optimasi SEO off page akan maksimal dengan catatan Anda sudah melakukan hal-hal yang mesti dilakukan dalam optimasi SEO On Page.

Dengan demikian, bila Anda telah melakukan optimasi dengan 2 langkah On Page dan Off Page tunggu saja dalam beberapa hari artikel Anda akan naik.

Adapun macam-macam optimasi SEO off page kami jabarkan berikut ini:

  • Kontekstual

Optimasi off page melalui link kontekstual adalah cara optimasi paling ampuh. Optimasi ini mengharuskan Anda mengirimkan artikel yang memiliki niche yang sama kemudian dihubungkan dengan website atau artikel website Anda.

Adapun link kontektual bisa diperoleh dari forum-forum diskusi seperti forumku.com, forumbebas.com, studentjob.com dan lain sebagainya.

  • Guest Post

Guest post adalah cara optimasi off page yang masih bisa dikatakan masuk dalam ranah optimasi link kontekstual.

Guest post adalah sebuah kegiatan mengirimkan artikel ke website orang lain dengan menambahkan link website milik kita sendiri.

Bila Anda berminat menggunakan cara ini, Anda bisa menghubungi teman-teman Anda atau Anda mencari website popular yang bersedia menerima guest post.

  • Viralkan

Apakah konten viral mempengaruhi peringkat pencarian di Google? Jelas! Bila Anda memiliki konten berbasis keyword dan mengandung unsure konten viral, Anda akan mendapatkan pengunjung dari dua arah.

Pertama dari pengunjung sosial media dan yang kedua dari search engine. Nah, bila Anda dapat membuat artikel seperti itu, ada kemungkinan besar artikel Anda akan masuk di halaman 1.

Ya, Google menganggap bahwa artikel viral adalah artikel berkualitas yang karena isi kontennya baik maka orang yang membacanya rela membagikannya.

Adapun contoh konten viral yang bisa menembus halaman 1, bahkan nomer satu adalah konten berjudul Masjid di Jogja. Meskipun pencarian hanya sedikit, namun hal tersebut membuktikan bahwa konten viral sangat mempengaruhi posisi di mata Google.

  • Link Profil

Link profil adalah sebuah kegiatan menanam backlink di forum-forum dengan mengisi link aktif pada profil.

Cara ini cukup mudah namun juga mempunyai pengaruh yang sangat kuat. Nah, sekarang cobalah.

  • Sosial Bookmark

Optimasi off page selanjutnya adalah sosial bookmark. Sosial bookmark adalah lalu-lintas informasi. Konkritnya, bila Anda mensubmit tautan artikel website Anda, ada kemungkinan besar artikel Anda akan dibaca.

Jenis sosial bookmark ada dua; yakni ada yang memerlukan registrasi namun ada pula yang bisa dilakukan tanpa registrasi.

  • Backlink Comment

Anda pernah jalan-jalan? Coba sesekali Anda mencoba jalan-jalan yang satu ini. Jalan-jalan yang satu ini disebut blogwalking.

Kegiatan blogwalking adalah kegiatan membuka salah satu artikel dari website lain kemudian mengisi komentar dan menyisipkan link website kita di kolom yang telah disediakan.

Baca juga Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas

***

Tips SEO
serbabisa.xyz

Demikianlah cara-cara optimasi yang mewakili sebagian penjelasan mengenai SEO adalah.

Saran kami, bila Anda benar-benar ingin membangun blog atau website yang bagus hal utama yang harus Anda kedepankan adalah kualitas konten dan tampilan website Anda.

Dengan menyajikan konten yang berkualitas, banyak mengandung unsur pengetahuan yang baru,  dibahas secara komprehensif orang atau user yang membaca artikel Anda akan menjadikan artikel Anda sebagai referensi utama.

Artikel Anda akan mendapatkan backlink gratis dari berbagai user karena kualitas tulisan Anda. Adapun artikel awal yang banyak menyumbang traffic dan belum kami optimasi sama sekali adalah artikel Belajar Menulis Artikel Opini.

Artikel tersebut lumayan dalam jumlah share media sosialnya, ditambah ada beberapa blogger yang meminta izin mengcopy paste seluruh konten tersebut sehingga website kami mendapat backlink berkualitas secara cuma-cuma.

Nah itu tadi sekilas gambaran apa itu SEO. Di akhir event tersebut, kami juga diberikan fasilitas pembuatan rekening oleh Digibank lho. Banyak banget fitur keunggulannya, yakni bisa kirim gratis ke rekening manapun, plus tak ada saldo yang mengendap bila uang mau diambil semua. Terima kasih Event at Caravan!

Founder ACADEMIC INDONESIA — Mahasiswa Program Magister (S2) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) — Tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta — Follow me @zamhari_jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *