Konveksi Kemeja Custom; Jenis-jenis Bahan, Karakteristik dan Tips-tipsnya

7 min read

Konveksi Kemeja Custom; Jenis-jenis Bahan, Karakteristik dan Tips-tipsnya

Semakin berkembangnya dunia fashion, membuat semakin bervariasinya jenis bahan dan desain pakaian. Tak hanya itu, berkembanganya industri pakaian tersebut membuat semakin banyaknya jasa konveksi yang bersedia menawarkan jasanya untuk memenuhi kebutuhan pengguna fashion.

Dari sekian banyak item pakaian, kemeja menjadi salah satu yang paling diminati, dan ini semakin memperkuat minat pembeli untuk mencari kemeja yang unik seperti kemeja custom. Pembuatan kemeja custom ini haruslah dipercayakan kepada konveksi kemeja custom yang berpengalaman yang sudah mengetahui seluk beluk bahan dan pembuatan kemeja.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda membuat kemeja custom yang sesuai dengan keinginan dan menemukan jasa konveksi yang terpercaya dan berkualitas, kami telah menyiapkan pembahasan lengkap dari mulai jenis bahan kemeja, karakteristik bahan kemeja yang baik, hingga tips mencari konveksi yang terpercaya dan berkualitas. Langsung saja, simak panduan lengkapnya dalam ulasan berikut ini:

Jenis-jenis Bahan Kemeja Custom

Bahan menjadi salah satu faktor yang paling penting menentukan suatu kualitas pakaian. Kesesuaian bahand an peruntukan pakaian sangatlah penting diperhatikan. Begitu pun ketika Anda membuat kemeja custom, Anda haruslah mengetahui jenis bahan apa yang akan digunakan sebagai material kemeja pesanan Anda. Terdapat beberapa jenis bahan yang biasanya akan ditawarkan oleh konveksi kemeja custom. Apa saja jenis bahan tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Bahan Katun

Bahan katun merupakan bahan yang paling sering dugunakan sebagai material kemeja. Bahan ini memiliki karakteristik yang bersahabat dengan kulit. Pada umumnya bahan katun ini dipilih untuk membuat kemeja seperti seragam sekolah atau kantor. Bahan katun banyak dipilih karena teksturnya yang loembut dan tidak membuat tubuh panas dan berkeringat. Terdapat beberapa jenis bahan katun yang biasa digunakan sebagai bahan kemeja antara lain katun rayon, katun silk sutra, katun satin jepang, katun cina, katun minyak, hingga katun combed.  Jika Anda ingin membuat kemeja custom bercorak batik pun, biasanya bahan katun lah yang sering dipilih.

Bahan Drill

Pada dasarnya, bahan drill ini merupakan kain yang dibuat dengan cara dipintal yang membuat letak pola benangnya berbeda dan tersusun dalam pola diagonal atau miring. Sebenarnya bahan dasar dari drill ini sendiri adalah kain katun atau polyester dengan kualifikasi tertentu. Nah, untuk bahan yang paling sering digunakan untuk kemeja adalah kain drill tipis dan biasa digunakan sebagai seragam kantor. Sedangkan untuk bahan drill tebal biasanya digunakan sebagai bahan kemeja safari. Jenis bahan drill yang paling terkenal antara lain American Drill dan Japan Drill.

Bahan Flanel

Bahan Flanel ini terbuat dari benang wol yang tebal, sehingga membuat bahan jenis ini senderung hangat. Biasanya kemeja yang terbuat dari bahan flanel lebih sering digunakan oleh kaum lelaki, walaupun saat ini tak jarang wanita pun banyak yang mengenakannya. Jenis bahan ini biasanya jarang ditawarkan oleh konveksi kemeja custom karena memang jarang dipesan. Bahan flanel ini cocok digunakan untuk kemeja custom yang mengusung konsep vintage dan apik.

Bahan Denim

Bahan yang terakhir dan terbilang cukup populer adalah denim. Mungkin dahulku bahan denim ini hanya dipergunakan untuk membuat celana saja, tapi sekarang bahan ini pun ramai digunakan sebagai material kemeja baik untuk laki-laki atau perempuan. Sama dengan bahan flanel, denim memiliki tekstur bahan yang tebal sehingga cenderung memberikan efek hangat ketika dikenakan. Harga dari bahan denim ini pun bervariasi bergantung pada ketebalan dan kualitas kain.

Baik buruknya bahan-bahan diatas bergantung pada tujuan penggunaan kemeja yang Anda pesan. Agar tidak salah bahan, cobalah untuk berkonsultasi dengan pihak konvensi kemeja custom mengenai bahan yang sesuai dengan peruntukan kemeja pesanan Anda dan budget yang tersedia.

Karakteristik Bahan Untuk Kemeja Custom

Setelah mengetahui jenis-jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat kemeja, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui karakteristik bahan yang baik untuk kemeja kostum Anda. Biasanya penentuan bahan yang baik ini akan dilakukan bersama pihak konveksi dengan menyesuaikan kebutuhan Anda selaku pemesan serta tren yang sedang in di masyarakat. Adapun beberapa karaktersitik yang menjadi bahan pertimbangan penentuan bahan kemeja costum ini antara lain:

Kualitas Bahan

Kualitas adalah hal yang paling mendasar dalam penentuan bahan. Apapun barangnya, kualitas produk menjadi prioritas yang paling diutamakan produsen, begitu pun bagi konveksi kemeja custom ketika membuat pesanan Anda. Akan lebih baik jika produk mengutamakan kualitas dibandingkan harga karena pada prinsipnya “kualitas menentukan harga” atau “kualitaslah yang akan bicara”. Jika kualitas sudah tidak diragukan lagi, tentu harga yang mungkin sedikit lebih mahal tidak akan terkeluarkan dengan sia-sia.

Kenyamanan Bahan Ketika Digunakan

Selain kualitas yang menjadi prioritas utama, kenyamanan kemeja ketika dipakai menjadi faktor yang tak kalah penting juga. Ketika mengenakan kemeja, tentu pemakainnya menginginkan perasaan nyaman dan tidak risih. Ambil contohnya saja seperti di Indonesia dengan iklim tropis, kita pasti cenderung akan lebih nyaman mengenakan kemeja yang bahannya tida terlalu tebal atau istilahnya adem ketika digunakan. Tapi hal itu mungkin tidak berlaku bagi mereka yang tinggal dalam iklim atau kondisi cuaca yang dingin. Jadi, kondisi kerja, cuaca, dan kegunaan kemeja ini sangat harus dipertimbangkan agar nyaman ketika digunakan.

Harga yang Wajar

Satu lagi pedoman yang paling teguh dipegang adalah soal harga. Baik penjual atau pembeli pastilah tidak ingin merugi, penjual akan menjual barang dengan harga setinggi mungkin dan pembeli akan membeli dengan harga yang serendah mungkin. Namun, kemabali lagi pada poin pertama mengenai kualitas, dimana kualitas yang akan menentukan harga. Jika Anda ingin harga yang murah maka kualitasnya pun akan berkata demikian, begitu pun sebaliknya jika Anda berani mengeluarkan harga yang mahal. Yang paling penting adalah coba untuk mencari titik yang memepertemukan harga dengan kualitas ini, jika beruntung mungkin pihak konveksi kemeja custom akan membantu mencarikan Anda harga yang murah dengan kualitas yang tak murahan.

Pemilihan bahan tersebut, akan bergantung pada ketelitian kita selaku pembeli serta keramahan pihak konveksi kemeja yang bersedia menawarkan dan mencari alternatif pilihan bahan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan dan tentunya berkualitas, nyaman digunakan, serta harga yang bersahabat. Untuk itu, memilih konveksi kemeja custom yang tepat, terpercaya, dan memiliki kualitas sangat perlu dilakukan, agar proses pemesanan lancar tanpa ada hambatan atau keluhan.

Tips Memilih Konveksi Kemeja Custom Berkualitas dan Terpercaya

Perlu diketahui, bahwa kekecewaan akan hasil produksi biasanya menghantui para konsumen pengguna jasa konveksi. Dari mulai kualitas bahan yang tidak sesuai, model tidak sesuai, cacat pada jahitan atau sablonan, pengerjaan yang lambat, harga yang tidak sesuai, dan bahkan lebih parah lagi barang tidak ada tapi uang entah pergi kemana. Tentu hal-hal tersebut membuat kita selaku pelanggan menjadi tidak tenang, apalagi jika kita dari kalangan yang tidak mengerti industri fashion dan konveksi.

Jika Anda pernah mengalami atau takut menerima pelayanan yang mengecewakan dari penyedia jasa konveksi, maka kehati-hatian dan ketelitian Anda ketika memilih jasa konveksi sangatlah dibutuhkan. Oleh karena itu, kami siapkan ulasan mengenai tips memilih konveksi kemeja custom berkualitas dan terpercaya yang dapat membantu Anda mencari dan memilih konveksi terbaik dan berkualitas.

Terdapat Alamat dan Kontak yang Jelas

Tips yang paling pertama dalam memilih konveksi berkualitas adalah memastikan konveksi tersebut memiliki alamat dan nomor kontak yang jelas dan dapat dihubungi. Saat ini diluaran sana masih banyak konveksi yang hanya memiliki alamat website saja untuk pemasaran online, tetapi workshop atau tempat produksinya tidak jelas berada dimana.

Oleh karena itu, untuk memastikan pesanan diserahkan pada konveksi yang tepat, periksalah dengan teliti alamatnya dan coba hubungi nomor kontak yang disediakan. Jika Anda pesan online dan berada dalam satu kota, cobalah untuk mengunjungi alamt tersebut untuk memastikan konveksi benar-benar ada dan dapat dipercaya.

Selain itu, saat ini banyak konveksi online yang menawarkan jasa konveksi namun tidak memiliki workshop atau tempat kerja. Nah, konveksi yang demikian disebut sebagai makelar. Jika Anda memesan kemeja costum dari makelar konveksicermatlah dalam memilih, karena pemesanan lewat makelar biasanya akan memepengaruhi waktu dan harga pengerjaan kemeja yang Anda pesan.

Memperhatikan Pelayanan yang Diberikan

Ketika berlangganan konveksi kemeja custom pada sebuah pusat produksi pakaian, perhatikanlah pelayanan yang mereka berikan, apakah mereka melayani dengan ramah, responnya cepat, dan mudah diklarifikasi. Kadang-kadang konveksi yang harganya murah tetapi pelayanan tidak ramah, tidak responsif, dan malah sulit dikomplain jika terdapat masalah justru akan sangat merugikan Anda. Selain itu, kesediaan konveksi untuk melakukan refund pun dapat menjadi faktor penting, hal ini sebagai antisipasi Anda jika pada masa atau pasca produksi terdapat kendala atau cacat produksi.

Keseuaian Antara Harga yang Ditawarkan dengan Bahan yang Digunakan

Setiap bahan yang digunakan untuk membuat pakaian khususnya kemeja tentu berbeda-beda, baik dari segi tekstur, kegunaan, kenyamanan, hingga harga. Seperti yang dijelaskan di bagian awal, bahwa bahan yang digunakan sebagai material kemeja ini akan mempengaruhi harga. Nah, setelah mengetahui jenis-jenis bahannya tadi ada baiknya Anda cari tahu berapa kisaran harga bahan yang diinginkan untuk mengetahui pasaran harga yang ditawarkan oleh pihak konveksi selaku penyedia jasa.

Sebagai catatan bagi Anda, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, karena bisa saja harga yang murah ini akan berdampak pada kualitas kemeja yang murah pula. Sering-seringlah melakukan survey atau mencari info mengenai harga bahan, jahit, ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan produksi kemeja.

Hasil Sesuai dengan Apa yang Dipesan

Untuk memastikan kemeja yang Anda pesan sesuai dengan keinginan, cobalah untuk meminta konveksi mengirimkan sample terlebih dahulu. Melalui sample ini, Anda akan mengetahui kualitas bahan, jahitan, dan desain buatan konveksi tersebut apakah sesuai dengan kualifikasi Anda atau tidak. Bagi Anda yang menggunakan layanan produksi jarak jauh dari konveksi kemeja custom bisanya akan kesulitan untuk survey secara langsung untuk melakukan survey produk sample.

Biasanya jika jarak jauh, Anda hanya diberikan foto sample produk saja, ada konveksi yang benar-benar membuat produknya lebih bagus dari foto ada juga yang sebaliknya. Nah, daripada terjadi hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk meminta konveksi yang bersangkutan mengirimkan beberapa sample nya selain mengirimkan foto jika memungkinkan. Jika tidak, lakukan survey dan cari tahu lebih lanjut mengenai konveksi tersebut.

Kemudian hal lain yang biasanya menimbulkan masalah adalah ketidaksesuaian desain dengan produk kemeja custom yang sudah jadi. Jika Anda memiliki desain kemeja sendiri, biasanya konveksi yang berkualitas akan berusaha sebaik mungkin untuk membuat produk yang sesuai dengan desain yang dipesan.

Sebaliknya dengan konveksi yang tidak berkualitas akan menyediakan 1.000 alasan untuk menghindari pesanan dengan desain yang rumit, dari mulai sulitnya model atau alasan penggunaan bahan yang tidak efektif dari desain Anda bisa saja mereka katakan. Jika sudah seperti ini, sebaiknya jangan dilanjutkan, carilah konveksi yang benar-benar memuaskan keinginan Anda.

Ketepatan Waktu Pengerjaan

Biasanya ketepatan waktu pengerjaan menjadi masalah yang paling umum muncul ketika memesan produk. Seringkali terdapat jasa konveksi yang mengulur-ulur waktu proses pengerjaannya dan hanya mengumbar janji tepat waktu, dan ujung-ujungnya produk tidak selesai sampai pada batas waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, pastikanlah konveksi kemeja custom yang Anda pilih memiliki kredibilitas dan integritas yang tinggi. Hal ini bisa Anda lihat dari testimoni atau review yang bisa Anda cari baik secara online melalui komentar pelanggan sebelumnya, atau dari orang sekitaran yang berada di konveksi tersebut. Lebih baik untuk selektif daripada diujung malah merugi bukan?

Perhatikan Kuallitas Jahitan atau Sablonan

Kualitas produk yang dihasilkan suatu konveksi dapat dilihat dari kerapihan jahitan dan sablonan. Cobalah untuk memperhatikan pola jahitan pada produk yang Anda pesan, jika rapih dan kokoh tentu artinya konveksi yang Anda pilih benar-benar terpercaya dan memiliki kualitas yang baik. Sebaliknya, jika jahitan pada kemeja tidak rapih dan rapuh maka sudah dipastikan jasa konveksi kemeja custom ini kualitasnya kurang baik.

Begitu pula dengan sablonan, jika Anda memesan kemeja dengan detail sablon, cobalah periksa kerapihan sablonannya dan ketahanan cat sablon tersebut.  Sablonan yang berantakan dan mudah luntur tentu menandakan konveksi tersebut memiliki kualitas yang kurang baik dan sebaiknya jangan percayakan pesanan kemeja custom Anda kepada mereka ya.

Ketersediaan Konveksi Untuk Menangani Masalah Cacat Produksi

Tips selanjutnya adalah memastikan ketersediaan konveksi untuk menangani masalah selama produksi seperti cacat barang, jumlahnya kurang, atau proses pengiriman. Jasa konveksi kemeja custom yang berkualitas tentu akan bertanggung jawab dan memberikan kompensasi apabila terjadi masalah-masalah tersebut. Jika konveksi malah marah dan berlaku tidak bersahabat ketika dikomplain, maka ini menandakan jasa konveksi tersebut tidaklah profesional dalam melayanan pesanan konsumen.

Nah, untuk menghindari penolakan kompalain ini ada baiknya melakukan kontrak untuk komplain apabila terjadi cacat produksi antara Anda dan pihak konveksi. Pastikan Anda berdialog terlebih dahulu dan menentukan hak dan tanggung jawab dari masing-masing pihak, baik Anda sebagai konsumen maupun pihak konveksi sebagai penyedia jasa.

Demikian penjelasan dan pembahasan seputar kemeja costum serta konveksi yang menyediakan layanan pembuatannya. Sekali lagi catatan penting bagi Anda, pilihlah bahan kemeja yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia, percayakan pembuatannya kepada Arto Bordir  konveksi kemeja costum yang sudah berpengalaman dan professional.

Mengapa Investasi Emas Menjanjikan? Ini Alasan Terbesarnya

Harga Emas Batangan  — Harga emas batangan dipercaya terus meningkat setiap tahun. Bahkan harganya sama sekali tidak terpengaruh dengan nilai tukar mata uang yang megalami...
Redaksi Academic
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *