Kelapa Sawit Indonesia; Sejarah, Manfaat dan Prospeknya 10 Tahun Kedepan

200 views

Kelapa Sawit Indonesia

Sektor perkebunan kelapa sawit harus benar-benar diolah secara tepat dan sesuai prosedur. Hal tersebut perlu diperhatikan agar produksinya bisa berkelanjutan serta mampu menghasilkan produk berkualitas unggul bagi bangsa Indonesia di masa depan.

Sejarah Kelapa Sawit

Mulanya, Pemerintah Hindia-Belanda mendatangkan kelapa sawit di Indonesia pada tahun 1848. Saat itu beberapa dari bijinya ditanam serta dirawat di Kebun Raya Bogor, lalu sisanya tersebar di tepian jalan guna dijadikan tanaman hias.

Kemudian pada abad ke-19 saat perindustrian nabati mulai berkembang, muncullah ide untuk mengembangkan kelapa sawit. Lalu saat tahun 1911 baru timbul pembudiyaannya secara komersial yang dirintis oleh Adrien Hallet.

Tumbuhan tersebut telah melalui perjalanan panjang, hingga masuk masa era Orde Baru. Saat itu pelaksanaan perluasan di area penanaman mulai digalakkan. Sehingga, sampai saat ini perindustrian dan perkebunan kelapa sawit masih terus berjalan.

Manfaat Kelapa Sawit

Manfaat Kelapa Sawit

Pernahkan Anda mencoba menyembuhkan penyakit atau menggunakannya dalam hal lain? Meskipun tidak banyak yang mengetahui bahwa kelapa sawit memiliki beraneka ragam manfaat, ketersediaannya masih begitu dibutuhkan oleh masyarakat. Berikut ini beberapa manfaatnya yang bisa Anda rasakan:

  1. Sebagai Minyak Goreng

Umumnya, kehadiran minyak goreng dari dulu memang sudah tidak diherankan lagi. Bahkan, salah satu konsultan perkebunan sawit menyatakan, bahwa kandungannya sangat baik dikonsumsi oleh manusia, sekalipun sekedar untuk menggoreng saja.

  1. Digunakan Sebagai Campuran Bahan Bakar Solar

Pernahkah Anda mendengar istiah diesel?

Hal tersebut biasanya digunakan untuk beberapa peralatan kerja berat, seperti mesin proyek. Bahkan, saat ini juga dipakai untuk menjalankan kereta api komuter. Pada dasarnya, diesel terbentuk dari pencampuran bahan bakar solar dengan minyak kelapa sawit.

  1. Sebagai Bahan Pembuatan Mentega

Tahukah Anda bahwa mentega yang baik terbuat dari campuran kelapa sawit? Meskipun dalam segi harga lumayan terbilang lebih mahal dari umumnya, mentega yang terbuat dari bahan dasar minyak kelapa sawit menjamin kesehatan. Salah satunya dapat menghindari kolestrol tinggi penyebab obesitas.

  1. Bahan Pembuatan Produk Kecantikan

Sadarkah Anda bahwa lotion terkadang memiliki kandungan minyak sawit di dalamnya?

Jangan khawatir jika salah satu produk kecantikan Anda mengandung minyak sawit. Hal itu dikarenakan, kehadirannya mampu melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, bahkan mengatasi pecah-pecah pada permukaan tubuh.

  1. Sebagai Obat untuk Mengurasi Rasa Sakit Akibat Luka Bakar

Anda pasti pernah mengalami dahsyatnya rasa sakit akibat luka bakar yang berupa rasa perih, panas hingga kulit melepuh. Ternyata, sebagai penanganan cepat, kelapa sawit mampu dijadikan bahan penetralisir luka tersebut.

Prospek Kelapa Sawit 10 Tahun ke Depan

Menurut pakar perkebunan sawit, adanya tanaman tersebut harus tetap mampu berkiprah hingga 10 tahun ke depan. Berikut ini beberapa prospek dari hasil olahannya suatu saat nanti, sehingga Anda bisa lebih mengetahuinya:

  1. Menjadi bahan baku sektor perkebunan terbesar di dunia.
  2. Mampu menjadi bahan unggulan dalam memajukan perekonomian di Indonesia, sebab kerja sama dengan pihak luar yang mulai mengalami penurunan.
  3. Mampu menjadi bahan baku sebagai produk kerajinan yang diolah oleh pengusaha Indonesia.
  4. Pengolahan minyak, akar atau bagian tumbuhan lainnya mampu berhasil akhir produk unggulan bagi Indonesia
  5. Kelapa sawit mampu menjadi bahan baku utama hampir seluruh kebutuhan masyarakat.

Klasifikasi Kelapa Sawit

Klasifikasi Kelapa Sawit

Demi menjadi bahan baku utama maupun campuran, tentunya kelapa sawit harus mempunyai klasifikasi khusus, ini agar tetap menjaga tingkat kandungan gizi di dalamnya. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Daunnya Berwarna Hijau Tua dan Berjenis Majemuk

Tumbuhan kelapa sawit yang sehat bisa terlihat jelas dari warnanya, yakni hijau tua segar. Selain itu, tetap utuh tanpa ada lubang kecil bekas gigitan ulat atau kekuningan sebab layu. Anda juga dapat mewaspadai, apabila terjadi hal di luar dugaan.

  1. Pelepahnya Terdiri dari Helaian Lamina, Midrib, Racis Tengah dan Kelopak

Apabila Anda mampu mengamati lebih detail dari klasifikasi kelapa sawit di bagian pelepahnya, maka tentu akan menjumpai beberapa komponen lengkap. Sebab, tumbuhan yang sehat terdiri dari lamina, midrib dan racis tengah.

  1. Diameter Batangnya Berukuran Sekitar 25 Sampai 75 CM

Klasifikasi fisik kelapa sawit sehat paling jelas juga bisa di ukur dari batangnya. Selain itu, pada bagian pangkal tentu lebih besar daripada ujungnya. Hal ini disebabkan, produksi buah berkembang dengan maksimal.

  1. Akar Tanaman Kelapa Sawit Berbentuk Serabut dan Mengarah ke Bawah

Akar kelapa sawit yang sehat bisa dilihat dari bentuknya yang masih utuh setelah di cabut. Selain itu, juga tidak terdeteksi pembusukan kambium pada lapisan kulit luarnya. Sehingga buahnya juga masih terjaga keseterilannya.

  1. Bunga Kelapa Sawit Betina dan Jantan Cenderung Terpisah

Bunga kelapa sawit jantan dan betina tentu akan terpisah dan keduanya memiliki masa pematangan yang berbeda. Hal demikian membuat proses penyerbukan hampir jarang terjadi, sehingga pembuahan juga bisa dikatakan lama apabila tanpa bantuan manusia.

Pengetahuan Dasar tentang Kelapa Sawit

Pernahkah Anda mengulas lebih jauh mengenai pengetahuan perkelapa sawitan?

Kelapa sawit atau biasa disebut dengan nama latinnya “Elaesi’, telah menjadi sektor industri di bidang perkebunan. Bahkan kehadirannya telah diakui sejak 108 tahun yang lalu. Meskipun kedatangannya berasal dari negara lain.

Sekalipun begitu, masyarakat Indonesia terus berupaya mengembangkan keberadaannya, hingga berbagai aspek maupun sektor perindustrian. Oleh sebab itu, tidak diragukan lagi apabila investasi negara menjadi terangkat.

Kehidupan kelapa sawit pada umumnya berada di antara semak belukar yang memiliki iklim tropis, dengan ketinggian 0-500 meter. Apabila musim penghujan tiba, tanaman tersebut masih bisa bertahan hidup asalkan kondisinya tetap stabil.

Buah Kelapa Sawit

Pernahkah Anda menyadari bahwa dari satu buah kelapa sawit mampu menghasilkan berbagai produk?

Konsultan Perkebunan Sawit telah merangkumnya menjadi beberapa hal sebagai berikut. Sehingga, Anda bisa memulai bisnis baru dibidang perindustrian dan bersiap mendapatkan omset puluhan sampai jutaan rupiah.

  1. Bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan.
  2. Dapat dijadikan sebagai detergen yang ramah lingkungan.
  3. Dapat menghasilkan minyak untuk berbagai kebutuhan kehidupan.
  4. Bisa dijadikan obat untuk penyakit tertentu.

Jenis kelapa sawit

Konsultan Perkebunan Kelapa Sawit

Mungkin Anda hanya mengetahui bahwa kelapa sawit hanya terdiri dari satu jenis saja. Padahal sejatinya, ada banyak jenis dari kelapa sawit yang perlu Anda ketahui. Sebab, beberapa di antaranya memiliki keunggulan masing-masing dan kerap kali digunakan dalam sektor perindustrian.

Berikut di antaranya:

  1. Dura.
  2. Pisifera.
  3. Tenera.
  4. Oliefera.
  5. Guineensis.

Akar Kelapa Sawit

Sebelum tumbuh besar, semua tumbuhan pasti melalui tahap pertama dari biji. Selepas itu, akar yang mula kali disebut sebagai radikula. Panjangnya dapat diprediksi sekitar 15 cm serta mampu bertahan hingga 6 bulan.

Setelah itu, perkembangan terus berlanjut hingga masuk ke dalam masa akar sekunder, tumbuhnya secara horizontal, memiliki diameter sepanjang 1-2 mm hingga tumbuh ke atas sampai pada permukaan tanah.

Hingga pada akhirnya, seperti pada jenis akar di kelas monokotil lain, bentuknya akan berupa anyaman tebal. Selain itu, akan terus tumbuh ke bawah. Sampai buah benar-benar bisa berhasil terbentuk secara sempurna.

Dua Teknik Pembibitan Kelapa Sawit

Minyak sawit yang sampai saat ini Anda konsumsi, baik untuk kelengkapan dapur atau kosmetik, pada mulanya berasal dari 2 teknik pembibitan. Hal tersebut dilakukan demi memetakan hasil produksinya nanti. Seperti Pembibitan Tahap Kedua (Double Stage).

Tahap ini biasanya dipraktikkan dalam sektor perindustrian, seperti yang juga telah dilakukan oleh pakar perkebunan sawit. Pasalnya, lebih banyak menghasilkan keuntungan, seperti penyiraman mudah, jadwal pemupukan efisien dan terhindar dari resiko kematian tanaman.

Sosial Ekonomi Kelapa Sawit

Kehadiran kelapa sawit cukup banyak menuai keuntungan, hal tersebut menjadikannya begitu diminati oleh berbagai kalangan. Bahkan, tidak hanya sekedar bagi pelaku industri saja, melainkan sebagian besar masyarakat.

Meskipun sejatinya keberadaan sosial ekonomi kelapa sawit masih terpaku pada sekelompok masyarakat pedesaan, lantas tidak membuat orang kota atau dataran tinggi lain mencoba membudidayakannya.

Maka kemudian, hal itulah yang membuat sektor perindustrian yang mampu dikelola oleh perkebunan sawit dan sudah banyak membuahkan hasil. Jika Anda ingin mencobanya, jangan lupa mengikuti prosedur perawatan dengan baik dan benar.

Kegunaan Minyak Sawit dalam Industri

Hampir seluruh orang di dunia tahu bahwa kelapa sawit memiliki begitu banyak manfaat yang terkandung pada setiap olahan, terutama minyaknya. Untuk itu, berikut ini tersaji berbagai khasiat atau kegunaannya dalam sektor industry:

  1. Digunakan sebagai bahan campuran kebutuhan di kamar mandi, seperti sabun, shampo dan pasta gigi.
  2. Digunakan sebagai bahan utama produk kecantikan, seperti anti aging, pelembab, sunscreen wajah dan masih banyak lagi.
  3. Digunakan sebagai bahan campuran perawatan rambut bayi, remaja hingga orang tua, seperti vitamin dan kondisioner.
  4. Digunakan sebagai pembersih alat-alat dapur seperti, sabun krim atau minyak lap.
  5. Digunakan sebagai pembersih pakaian layaknya detergen bubuk maupun cair.
  6. Bisa juga digunakan sebagai pelumas mesin-mesin perindustrian.
  7. Atau digunakan sebagai pencegah karat di beberapa peralatan tertentu.

Harga Kelapa Sawit

Bagi Anda yang hendak membeli kelapa sawit untuk berbagai kepentingan, sudah selayaknya mengetahui terlebih dahulu range harganya. Hal itu perlu dilakukan agar tidak kekurangan budget ketika berada di tempat. Seperti:

  1. Sawit berumur 3 tahun dihargai sebesar 1.487,89,- per kilo.
  2. Sawit berumur 4 tahun dihargai sebesar 1.610,93,- per kilo.
  3. Sawit berumur 5 tahun dihargai sebesar 1.759,81,- per kilo.
  4. Sawit berumur 6 tahun dihargai sebesar 1.801,98,- per kilo.
  5. Sawit berumur 7 tahun dihargai sebesar 1.872,26,- per kilo.
  6. Sawit berumur 8 tahun dihargai sebesar 1.923,87,- per kilo.
  7. Sawit berumur 9 tahun dihargai sebesar 1.968,86,- per kilo.
  8. Sawit berumur 10 sampai 20 tahun dihargai sebesar 2.014,78,- per kilonya.

Tanah yang Cocok untuk Sawit

Sejarah Kelapa Sawit

Jika Anda berniat untuk membuka sebuah usaha dengan memanfaatkan kelapa sawit, ada baiknya jika lebih dahulu mengetahui di tanah manakah tumbuhan tersebut bisa berkembang baik. Berikut ini beberapa rekomendasi sebagai bahan refrensi:

  1. Latosol

Jenis tanah yang pertama ini memiliki sifat mudah menyerap air dan mempunyai kandungan bahan organik setara dengan pH sekitarnya. Keberadaannya bisa Anda jumpai di Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Bali atau Jawa.

  1. Organosol

Tanah organosol ini cenderung terbentuk dari pelapukan bahan organik. Anda bisa menjumpainya di beberapa dataran tinggi pulau Jawa maupun Riau. Kondisinya sangat cocok digunakan sebagai perkebunan sawit.

  1. Alluvial

Tidak semua orang memahami bahwa tanah berjenis alluvial ini bisa dijadikan lahan bercocok tanam kelapa sawit. Meskipun strukturnya sedikit terpengaruh dari bagian bawah permukaan, akan tetapi banyak tumbuhan berhasil berbuah.

Apakah Sawit Menghasilkan Oksigen?

Sebaiknya Anda juga mengetahui bahwa keberadaan tumbuhan sawit juga bisa berperan sebagai pembersih. Hal ini dimaksudkan, Ia mempunyai daun dan batang klorofilnya mampu menghasilkan oksigen tidak terbatas.

Konsultan Pabrik Kelapa Sawit

Pencapaian dari hasil produksi tentu tidak dapat tercapai tanpa adanya konsultan pabrik kelapa sawit. Hal ini disebabkan karena, perannya sebagai besar memantau serta memberikan berbagai masukan khusus perihal kelangsungan industri.

Lowongan Konsultan Perkebunan Sawit

Bagi Anda apabila mungkin berminat untuk menjadi pekerja di bidang konsultan perkebunan sawit, berikut ini tercantum daftar pabrik atau perusahaan yang sedang membuka lowongan. Silahkan dijadikan refrensi dan bahan pertimbangan.

  1. Pratama Unggul Sejahtera, Bangka Belitung.
  2. Citra Bumi Kebun Asri, Banjarmasin.
  3. GAMA Plantation, Riau.
  4. Prima Niaga Mandiri, Kalimantan Tengah.
  5. MIG Group, Sumatera Utara.

Konsultan Pertanian

Sebenarnya, keberadaan konsultan pertanian jarang sekali diketahui oleh masyarakat. Sebab, seperti tidak ikut berperan penting. Akan tetapi, tanpanya segala bentuk pengelolaan, panen hingga pengiriman mustahil berhasil go International, terutama bagi perusahaan besar.

Fungsi Konsultan Pertanian

Seiring berkembangnya sektor perindustrian dalam bidang pangan, beberapa penasihat seperti konsultan pertanian, banyak dihadirkan. Apabila Anda berminat mendaftarkan diri menjadi bagian di dalamnya lebih baik ketahui dahulu fungsinya.

  1. Memberikan rekomendasi waktu menanam yang efektif bagi tumbuhan tertentu.
  2. Memberikan jalan keluar apabila terjadi kekurang sinambungan antara ekspetasi dan realita.
  3. Memberikan rekomendasi pupuk bagi tanaman pertanian tertentu.

5 Pekerjaan Di Bidang Pertanian

Akan lebih baik jika Anda juga turut menambah wawasan di bidang pertanian, yakni pekerjaan apa saja yang ada di dalamnya. Agar kelak dapat dijadikan bahan keilmuan baik langsung atau tidak langsung. Berikut ini 5 di antaranya:

  1. Bagian penanaman benih.
  2. Bagian penggilingan atau pensterilan.
  3. Bagian produksi menggunakan mesin.
  4. Bagian uji laboratorium.
  5. Bagian pengemasan.

Gaji Konsultan Pertanian

Saat ini begitu banyak orang berlomba-lomba mendaftarkan diri menjadi seorang konsultan, karena dianggap tidak terlalu menguras tenaga. Selain itu, juga disertai iming-iming nominal gaji yang begitu fantastik, yakni kurang lebih sekitar 10 juta perbulannya.

Namun, meskipun masih terhitung nominal kotor Anda juga akan mendapatkan tunjungan yang lain. Maka kemudian, jangan lantas melupakan bahwa di balik jumlah gaji besar, ada segudang penantian tanggung jawab.

Untuk itu, Anda harus benar-benar profesional dalam melakukan pekerjaan tersebut, terlebih lagi dalam sektor perindustrian semacam ini. Sebab, menyangkut kemakmuran rakyat, berbangsa hingga bernegara dalam jalinan hubungan luar negeri.

Profesi di Bidang Pertanian

Pernahkah Anda mencoba mengulas lebih jauh mengenai macam-macam profesi dalam ranah tani?

Kiranya, pelaku bercocok tanam bukan hanya disebut sebagai petani. Akan tetapi, ada banyak profesi di dalamnya. Terutama apabila Anda telah memilki pabrik atau sektor industri besar. Berikut ini 5 contoh pekerjaannya:

  1. Konsultan Perkebunan Sawit.
  2. Staff Research and Development.
  3. Tenaga Lapangan dan Budidaya Pertanian.
  4. Staff Produksi.
  5. Supervisor Laboratorium Pertanian.

Demikian ulasan secara jelas tentang kelapa sawit dan saudara seperkebunannya. Baik pemilihan tanah, jenis, bahkan hingga nominal harganya. Dengan begitu, segera bangun relasi bisnis di bidang perkebunan atau pertanian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *