Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Berenang Bagi Balita

11 Dilihat

Manfaat Berenang Bagi Balita

Salah satu olahraga yang banyak masyarakat minati adalah berenang. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat berenang bagi balita. Dengan begitu, tentu saja tidak perlu ragu lagi untuk mengajak si kecil berenang walaupun usianya masih di bawah lima tahun.

3 Manfaat Berenang Bagi Balita

Apabila Anda ingin menghilangkan rasa takut anak-anak pada air, maka tidak ada salahnya untuk mengajari mereka berenang. Terlebih, ada banyak jasa Kontraktor Bali yang menyediakan layanan pembuatan kolam renang. Selain itu, ada beberapa manfaat jika berenang di bawah ini:

Memperbaiki Perkembangan Fisik dan Mental

Manfaat pertama yang bisa balita peroleh apabila melakukan olahraga renang adalah dapat membantu memperbaiki perkembangan fisik maupun mental. Hal ini juga sudah dilakukan penelitian selama 4 tahun di Griffith University dengan subjek sekitar 7.000 anak.

Kemudian, sudah menghasilkan temuan bahwa anak-anak yang sudah mulai berenang sejak kecil akan mengalami perkembangan mental dan fisik lebih depan. Terlebih jika dibandingkan dengan anak-anak lainnya meski umurnya sebaya ketika tidak bisa berenang.

Melatih Fungsi Otot

Manfaat lainnya adalah dapat membantu melatih fungsi otot anak-anak. Proses berenang ini sendiri dapat merangsang fisik si kecil agar lebih aktif dalam melakukan pergerakan. Anda bisa memulainya dengan gerakan kecil di tangan maupun kaki.

Tentu saja, hal ini juga dapat menjadi peregangan khusus pada tubuh mereka. Hal ini juga dapat memperkuat otot jantung serta paru-paru. Dengan begitu, keseimbangan tubuh juga akan meningkat. Tidak heran jika bayi yang bisa berenang memiliki keseimbangan jauh lebih baik saat belajar berjalan.

Meningkatkan Mood

Tanpa Anda sadari, anak-anak tentu juga memerlukan liburan untuk melakukan refreshing. Salah satu caranya adalah dengan melakukan renang. Terlebih apabila kegiatan berenang tersebut terjadi secara bersama-sama dengan keluarga besar.

Manfaat berenang untuk bayi yang satu ini sendiri adalah dapat meningkatkan mood bagi si kecil. Tidak heran jika si kecil dapat merasa lebih bahagia. Aktivitas ini sendiri juga dapat meningkatkan keterampilan motorik si kecil nantinya.

Itu tadi berbagai manfaat berenang bagi balita yang bisa Anda ketahui. Tentu saja tidak ada ruginya apabila mengajari anak-anak berenang dari kecil. Dengan begitu, akan ada banyak manfaat bisa si kecil peroleh sehingga mereka juga semakin pandai berenang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *