Inilah 10 Universitas Terbaik di Mesir yang Cocok Menjadi Destinasi Studi Anda

universitas terpopuler di mesir
Detik

Universitas di Mesir

Universitas di Mesir – Mesir, atau yang secara International disebut Egypt. Merupakan salah satu negara tujuan destinasi pelajar Indonesia. Banyak dari pelajar di Indonesia yang bermimpi untuk melanjutkan pendidikannya di negara yang terletak di bagian timur laut benua Afrika. Mesir, juga menjadi destinasi pendidikan bagi para pemburu beasiswa.

Rata-rata, penduduk Negara Mesir yang berumlah tujuhpuluh enam lebih itu memilih tinggal di dekat Sungai Nil. Hal ini dipengaruhi oleh iklim wilayah Mesir yang jarang diguyur hujan. Bahkan di musim panas, temperatur suhu di Mesir menunjukkan angka 39 derajat celcius di siang hari.

Meskipun negara ini pernah diguncang konflik dalam negeri dan dengan negeri tetangga. Namun, hal itu tidak menipiskan minat pelajar dari luar negeri untuk melanutkan pendidikannya di negara piramid. Selain, biaya hidupnya yang murah, kualitas pendidikan di Kairo juga tidak diragukan lagi.

Mesir juga memiliki keindahan alam dan objek wisata yang membuat betah pelnacong dan pelajar. Sebut saja Spinx dan Piramida yang sudah kita kenal kehebatannya sejak dibangku Sd. Laut Merah dan juga Terusan Suez juga memiliki daya tarik yang memikat hati.

Indonesia seolah memiliki ikatan ‘batin’ dengan Mesir melalui penduduknya yang 93% persen beragama Islam. Ikatan ‘batin’ ini jugalah yang menarik ratusan pelajar Indonesia untuk berwisata ilmu ke negara Piramide. Untuk itu, penulis akan mengupas beberapa universitas terbaik di Mesir.

1. Alexandria University

logo Alexandria University mesir

Universitas Alexandria berdiri tahun 1938 sebagai universitas ketiga setelah Universitas Cairo dan America University di Mesir.  Universitas ini terletak di Jl. Huriya No.35, kota Alexandria. Dalam Bahasa Arab universitas ini dikenal sebagai Universitas Iskandariyah.

Pada masa sebelum revolusi mesir, dikenal sebagai Universitas Farouk. Rektor pertamanya Universitas Alexandria bernama Taha Hussein. Saat ini, Universitas Alexandria menjadi universitas terbesar kedua di Mesri dan memiliki banyak kerjasama penelitian dengan Universitas lainnya.

Beberapa fakultas yang dimiliki Universitas Alexandria adalah;

  1. Fakultas kedokteran
  2. Fakultas kedokteran gigi
  3. Fakultas teknik sipil
  4. Fakultas pertanian
  5. Fakultas sastra
  6. Fakultas perdagangan
  7. Fakultas teknik
  8. Fakultas hukum
  9. Fakultas sains
  10. Fakultas pendidikan olahraga
  11. Fakultas ilmu keperawatan
  12. Fakultas farmasi
  13. Fakultas kesehatan publik
  14. Fakultas kesehatan
  15. Fakultas kedokteran gigi
  16. Fakultas pendidikan khusus
  17. Fakultas pendidikan taman kanak-kanak
  18. Fakultas seni rupa
universitas terbaik di mesir alexandria university
albawabhnews.com/

Selain duapuluh delapan fakulats diatas, Universitas Alexandria juga memiliki dua institusi pendidikan. Yaitu, institusi pascasarjana dan riset dan institusi kesehatan publik.

Web resmi Universitas Alexandria: http://www.alexu.edu.eg/

2. Universitas Cairo

logo universitas kairo

Unversitas Cairo terletak di wilayah Giza,Mesir. Berdiri tahun 1908 sebagai Universitas swasta di Mesir. Universita Cairo sempat mengalami beberapa kali perubahan nama. Ketika didirikan Universitas ini disebut Universitas Mesir (Egyptian University). Berubah lagi setelah Sulatan Fuad I meninggal, menjadi Universitas Fuad.

Sebelum menjadi republik seperti saat ini, Mesir pernah diperintah dengan sistem kerajaan. Mesir berubah menjadi republik pada tahun 1953 dibawah kepemimpinan presiden Gamal Abdul Nasser. Meskipun sudah berubah menjadi republik, namun pemerintahan di mesir dipimpin oleh perdana mentri.

Bahasa pengantar yang digunakan universitas ini cukup menarik. Jika mata kuliah yang diampu berbasis pada agama Islam, maka bahasa yang digunakan bahasa Arab. Diluar mata kuliah berbasis agama Islam, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris atau Perancis.

Sejarah berdirinya Universitas Cairo dipelopori oleh beberapa tokoh. Yaitu, Ahmad Fuad dari pihak kerjaan, Mustafa Kamil seorang politisi, Saad Zaglul dan Qasim Amin yang berprofesi sebagai hakim. Pada tahun 1907, Pangeran Ahmad Fuad ditunjuk sebagai rektor pertama Universitas Cairo.

Universitas Terbaik di mesir Universitas Kairo

Putri Fatima Ismail (saudara perempuan Pangeran Fuad) memberikan sumbangsih terbesar dalam proyek pembangunan Universitas Cairo. Beberapa diantara sumbangsihnya ialah tanah walaf seluas 252 hektare, perhiasan sebesar 18.000 paun mesir, juga tanah 6 hektare di dekat istananya.

Lokasi awal kampus adalah di gedung pabrik rokok yang disewa dari perusahaan rokok Yunani. Karena mengalami kendala dana pada masa perang dunia ke II, akhirnya gedug kampus sempat berpindah ke berbagai tempat. Salah satunya adalah Istana Mohammed Sedky di jalan Al-Falaky.

Dari tahun 1908 hingga 1925, dewan universitas mengirim beberapa pelajar ke luar negeri untuk menjalani pendidikan dosen. Selama masa itu, Universitas Cairo hanya memiliki beberapa dosen paruh waktu. Sementara beberapa staf lainnya, di datangkan dari, Eropa terutama Jerman, Perancis dan Italy.

Pada tahun 1925 juga, Pangeran Fuad mengubah status Universitas Cairo dari swasta menjadi perguruan tinggi negeri. Dengan empat fakultas yang sudah berdiri. Yaitu, fakultas seni,sains, kedokteran dan hukum. Pada tahun 1935, muncullah beberapa fakultas baru seperti, fakultas teknik, perdagangan, dan pertanian.

Hingga saat ini Universitas Cairo telah memiliki tujuhbelas fakultas. Yaitu, Fakultas Sains, Fakultas Pertanian, Fakultas Arkeologi, Fakultas Perdagangan, Fakultas Seni, Fakultas Dar El Ulum, Fakultas Komputer dan Ilmu Informasi, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran Gigi  Mulut, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Komunikasi Massa, Fakultas Farmakologi, Fakultas Fisioterapi, Fakultas Kedokteran Hewan, dan Fakultas Regional dan Perencanaan Perkotaan.

Web resmi Universitas Cairo: https://cu.edu.eg/ar/Home

3. America University of Cairo

logo american university of cairo
http://emadshahin.com/

Merupakan universitas yang berdiri secara independen dengan bahasa Inggris sebagai pengantar perkuliahan. Sesuai dengan namanya, universitas ini memberikan tawaran untuk belajar dengan gaya belajar Amerika di negara Kairo. Dosen dan staff AUC (American University of Cairo) didatangkan dari 100 negara.

AUC didirikan tahun 1919 sebagai misi kaum protestan dari America yang disponsori oleh United Prebysterian Church of Noth America. Beberapa tokoh mesir sempat menolak adanya universitas berbasis Amerika, karena dikhawatirkan munculnya masalah keagamaan. Pada tahun 1932, seorang pelajar muslim mengaku diserang oleh staff AUC.

universitas terbaik di mesir american university of cairo
ibigroup.com

Pada awal didirikannya, AUC hanya menerima siswa berjenis kelamin laki-laki. Baru pada tahun 1928, AUC menerima siswa dengan jenis kelamin perempuan. Pada tahun yang sama, AUC juga meluluskan dua sarjanya, yaitu sarjana seni dan sarjana sains.

Kampus AUC berdiri di daerah Tahrir di pusat kota Kairo. Dekat dengan Istana Khairy Pasha. Sekarang, AUC telah memiliki lima bangunan tambahan kampus yang di sebut ‘The Greek Campus’. Bangunan tersebut memiliki luas 250.000 m2 . ‘The Greek Campus’ terletak dekat dengan Stasiun Kereta Ramses.

Berbeda dengan dua kampus sebelumnya, AUC hanya memiliki sedikit fakultas yang ditawarkan. Namun memiliki banyak pelajar yang bergabung di dalamnya. Beberapa fakultas tersebut adalah, Fakultas Kebijakan Publik dan Urusan Global, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Teknik, Fakultas pendidikan lanjutan serta pascasarjana bidang pendidikan.

Web resmi AUC: https://www.aucegypt.edu/

4. Universitas Al-Azhar

logo universitas al azhar
Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir

Dewasa ini, Universitas Al-Azhar memiliki tujuan untuk menyebarkan agama dan kebudayaan Islam. Dengan itu, para mahasiswa Universitas Al-Azhar membuat maklumat untuk menjawab berbagai permasalahan apapun yang ditujukan pada mereka. Pertanyaan tersebut, boleh berasal dari mana saja di seluruh dunia.

Perpustakaan yang dimiliki Universitas Al-Azhar, merupakan perpuastakaan penting kedua setelah Perpustakaan dan Arsip Nasional Mesir. Bekerja sama dengan ITEP, sebuah perusahaan teknologi di Dubai. Universitas Al-Azhar kini mampu melestarikan dan mempublikasikan naskah langka yang dimiliki secara online.

Perlu diketahui bahwa universitas ini dibangun oleh Bani Fattimiyah. Seperti universitas berbasis agama Islam pada umumnya. Universita Al-Azhar juga memiliki bangunan masjid yang besar dan megah. Masjid yang juga bernama Al-Azhar tersebut dibangun sejak tahun 970 M dan terletak di kairo kuno.

Dalam proses pembelajaran, selain memiliki beberapa fakultas di luar kota kairo. Universitas Al-Azhar juga menerapkan sistem kelas yang berbeda untuk putra dan putri. Fakultas yang disediakan untuk mahasiswa putra, total berjumlah delapan belas fakultas. Sementara untuk mahasiswi putri berjumlah lebih sedikit, yaitu delapan.

universitas terbaik di mesir Universitas Al-Azhar
smart foundation

Fakultas untuk mahasiswa putra terdiri dari,  Fakultas Bahasa Arab, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik Pertanian, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Perdagangan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Hukum, Fakultas Ushluhuddin, Fakultas Kejuruan Al – Azhar, Fakultas Media Informasi, Fakultas Pendidikan, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, serta Fakultas Dakwah.

Sementara fakultas untuk mahasiswi putri hanya, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Sains dan Matematika, dan Fakultas Teknik.

Web resmi Universitas Al-Azhar: http://www.azhar.edu.eg/

5. Universitas Ain Shams

logo Universitas Ain Shams mesir
IEEE RAS – Egypt Chapter

Berdiri pada bulan juli tahun 1950 sebagai universitas independen ketiga setelah Universitas Cairo dan Universitas Alexandria. Universitas Ain Shams memiliki dua buah gedung kampus yang terletak berseberangan. Ada juga gedung kampus yang diperuntukan bagi mahasiswi.

Pada tahun 2012, Universitas Ains Sham sempat dijadikan tempat untuk syuting sebuah serial drama televisi. Namun, syuting itu sempat terhambat oleh aksi protes yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa dan beberapa staf universitas. Protes tersebut disebabkan oleh gaya berpakain aktris dalam film tersebut.

universitas terbaik di mesir Universitas Ain Shams
Scoop Empire

Ada beberapa fakultas yang bernaun di bawah Universitas Ains Shams. Diantaranya, Fakultas Pertanian, Fakultas Seni, Fakultas Perdagangan, Fakultas Komputer dan Ilmu Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Bahasa, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Ilmu keperawatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu, dan Fakultas Pendidikan Khusus.

Web resmi Universitas Ain Shams: http://www.asu.edu.eg/

6. Universitas Mansoura

logo Universiti Mansoura
tridivautama.com.my

Naman universitas ini terinspirasi oleh kemenangan mereka dari perang salib ketujuh. Mansoura dalam bahasa arab berarti kemenangan. Kota Mansoura didirikan oleh diasti Ayyubiyah setelah menang perang salib pada tahun 1219. Sementara Universitas Mansour berdiri pada tahun 1962, sebagai cabang dari Universitas Cairo.

Pusat urologi dan nefrologi yang didirikan oleh Profeesor Mohammed Ghonem di anggap sebagai pusat ginjal terbaik di Timur Tengah dan Afrika. Setelah lepas dari Universitas Cairo berdasarkan pada UU no 49 tahun 1972. Universitas Mansoura sempat berganti nama menjadi Universitas Syarq Delta.

universitas terbaik di mesir Universitas Mansoura
جامعة المنصورة

Pada tahun 1973 nama universitas ini baru berubah menjadi Universitas Mansoura. Berdiri diatas tanah seluas 300 hektare, Universitas Mansoura memiliki beberapa fakultas. Yaitu, fakultas Kedokteran, Kedokteran gigi, Farmasi, Teknik, Pertanian, Perdagangan, Hukum, Sains, Pendidikan, Ilmu Komputer dan Informatika, Keperawatan, Kedokteran hewan, Pendidikan Olah raga, beberapa unit pelayanan seperti kantor umum bimbingan mahasiswa dengan lapangan olah raga dan gedung-gedung penunjang aktivitas mahasiswa.

Web Resmi Universitas: http://www.mans.edu.eg/

7. Universitas Helwan

logo Universitas Helwan
كَيفْ

Berdasarkan keputusan no 70 tahun 1975, maka beridirlah Universitas Helwan pada tanggal 26 juli tahun 1975. Universitas Helwan memiliki keunggulan beberapa fakultas yang tidak dimiliki oleh universitas lain. Dengan itu, Universitas Helwan dianggap sebagai universitas masa depan yang perkembangannya mewakili kebangkitan Mesir.

Beberapa fakultas yang dimiliki Universitas Helwan adalah,  Farmasi, Teknik, Teknik Cabang Mathareya, Seni Terapan, Seni Artistik, Sains, Sastra, Hukum, Perdagangan dan Manajemen Bisnis, Ilmu Komputer dan Informatika, Ekonomi Keluarga, Pelayanan Masyarakat, Pariwisata dan Perhotelan, Ilmu Pendidikan, Pendidikan Seni, Pendidikan Musik, Pendidikan Olah Raga (Putera), Pendidikan Olah Raga (Puteri), Pendidikan Industri.

Web resmi Universitas Helwan: http://www.helwan.edu.eg/Arabic/

8. Universitas South Valley

South Valley University atau biasa disingkat SVU memiliki kampus utama yang terletak di Qena, 600 km selatan Cairo. Dua kampus lainnya terletak di wilayah Luxor dan Hurghada (Laut Merah). SVU berdiri pada oktober 1970 sebagai cabang dari Universitas Assiut. Mulai berdiri sendiri pada  2 januari 1995.

SVU memiliki beberapa fakultas dan institusi. Yaitu, fakultas pendidikan, sains, seni, kedokteran hewan, pendidikan khusus, perdagangan, pertanian, arkeologi, hukum, pendidikan olahraga, pengobatan, perawat, teknik, pendidikan hurgada, seni rupa, kedokteran gigi dan mulut, hotel dan pariwisata, komunikasi massa, olahraga, dan farmasai. Terakhir institusi teknik perawat.

Web resmi SVU: http://www.svu.edu.eg/

9. Univeritas Zagazig

logo Universiti Zagazig
جامعة الزقازيق

Berdiri awal mula sebagai cabang Universitas Ains Shams pada tahun ajaran 1969/1970. Berdasarkan peraturan no 18 yang terbit pada 14 april 1974, Universitas Zagazig berdiri sebagai cabang Universitas Ains Shams dengan enam fakultas.

universitas terbaik di mesir Univeritas Zagazig
ahlan 2016 – PerUbataN

Beberapa fakultas yang ditawarkan Universitas Zigzag diantaranya adalah, perdagangan, pertanian, teknik, teknoloi dan pembangunan, pendidikan olahraga untuk putri, kedokteran hewan, pendidikan, pendidikan olahraga untuk putra, pengobatan, perawat, sains, hukum, pendidikan dan penelitian Asia, peradaban timur, pendidikan khusus, farmasi, komputer dan informasi, seni, perawat, dan institusi onkologi.

Web resmi Universitas Zigzag: http://www.zu.edu.eg/

10. Universitas Tanta

Sama sepeti universitas sebelumnya, Universits Tanta juga lahir sebagai cabang dari universitas lain, yitu Universitas Alexandria. Berdiri pada tahun 1962 hanya sebagai fakultas pengobatan. Universitas Tanta berdiri sendiri pada tahun 1972 dengan nama Universitas Middle Delta. Berubah menjadi Universitas Tanta pada tahun 1973.

Beberapa fakultas yang ditawarkan adalah, sains, pendidikan, pertanian, teknik, hukum, institusi perawat, kedokteran hewan, pendidikan olahraga, kedokteran gigi, farmasi, dan seni.

Web resmi Universitas Tanta: http://www.tanta.edu.eg/en/index.aspx

Itulah beberapa universitas pilihan di negeri Piramide. Selain kualitas pendidikannya yang tidak diragukan, Mesir juga memiliki sejarah peradaban yang sangat panjang dan menarik. Saat ini, ada sekitar 80% lebih pelajar Indonesia yang belajar  di Mesir berkumpul di daerah Kairo. Mereka juga memiliki banyak sekali kegiatan yang berskala kecil namun berkembang significant.

Selamat berwisata ilmu ke negeri para Mumi…..

Gadis kecil dengan jemari kecilnya yang berusaha menuliskan mimpi dan impian yang menggantung di langit malam bersama dengan temaram bintang dan bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *