5 Pengalaman Buruk di Kampung Inggris Pare

387 views

Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare

Sebagaimana lumrahnya pengalaman, ada baik namun juga ada pengalaman buruk di Kampung Inggris Pare. Pengalaman buruk yang pertama kali adalah soal ekonomi alias keuangan haha… Wajar ya, namanya juga mahasiswa yang masih mencari jati diri. Meskipun di sana tergolong murah, namun saking murahnya makanan dan barang-barang, saya dan teman-teman jadi mudah jajan. Pokoknya, warung A-Z semua dicoba deh.

Pengalaman buruk kedua tentang mahalnya biaya kursus untuk IELTS. Benar, biaya kursus ini terbilang sangat mahal yakni kisaran 2-3 juta. Meskipun begitu, bisa dibilang bahwa kursusan di Pare adalah kursusan yang paling murah sehingga tetap milih di Kampung Inggris Pare. Coba deh bandingkan dengan lembaga-lembaga kursus selain di Kampung Inggris.

Pengalaman buruk ketiga di Kampung Inggris adalah salah pilih program. Nah, bagi temen-temen yang mau ambil kursus di sana, pastikan semuanya jelas mulai dari apa program yang dibutuhkan hingga kapan teman-teman harus menyelesaikannya. So, pastikan teman-teman punya target yang jelas.

Pengalaman buruk yang keempat adalah mengenai mentor. Sebagaimana pengajar pada umumnya, pasti ada saja yang kurang sreg pada kita. Nah, di sini teman-teman pun bisa memilih mentor yang menurut teman-teman bisa membimbing dan nyaman untuk menentukan target.

Pengalaman yang kelima adalah pengalaman buruk tentang asmara haha. Sebenarnya ini bukan pengalaman saya sih, tapi teman-teman saya. Beberapa teman saya memiliki hubungan dekat dengan teman yang lain, namun sayang cintanya kandas karena salah satu dari mereka harus berpisah lantaran waktu kursusnya habis. So, teman-teman yang mau belajar di sana, usahakan niat tetap lurus dan capai target secepatnya. Jangan terlena ya!

Meskipun ada beberapa pengalaman buruk seperti di atas, tapi juga banyak lho manfaat dan pengalaman yang baik-baik. Saya sendiri sebenarnya tidak hanya belajar di salah satu tempat kursus saja, lebih dari itu, saya pindah-pindah di beberapa lembaga kursus kampung Inggris Pare. Baca aja stori saya selanjutnya.

Serunya Pengalaman Kursus Bahasa Inggris di Pare

Bagaimana kesan pertama yang Anda dapatkan saat awal kali belajar Bahasa Inggris?

Setiap orang pasti memiliki cerita tersendiri tentang bagaimana proses belajarnya. Apalagi jika berkaitan dengan hal-hal asing. Sebuah pengalaman kursus Bahasa Inggris di Pare, akan membawa Anda menuju semangat yang jauh lebih tinggi.

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini

Seiring berkembangnya teknologi, kini dunia telah berevolusi pada pembaruan. Sehingga, begitu marak perdagangan bebas, banyaknya berbagai perusahaan asing yang saat ini berhasil masuk ke dalam sektor peridustrian Indonesia.

Sedangkan, sebagai masyarakat di era pembaruan tentu keberadaan pekerjaan menjadi suatu yang sangat penting. Padahal, saat ini jika Anda tidak memiliki keluasan ilmu pengetahuan, maka jelas akan tertinggal jauh dari peradaban.

Menanggapi fenomena tersebut, sudah selayaknya Anda mulai belajar berbahasa Inggris sejak dini. Karena kehadirannya menjadi bahasa internasional di seluruh dunia. Maka, apabila seseorang tidak dapat memguasainya, jelas terlampaui jauh.

Berikut adalah pengalaman dan kesan pesan yang didapatkan selama belajar bahasa Inggris.

Kursus Bahasa Inggris, Solusi Terbaik Memaksimalkan Kemampuan

Begitu banyak orang awalnya menyerah sebab tidak bisa mengerti bahasa Inggris. Minder, kurang up to date merupakan beberapa contoh yang tentu saja membuat kemampuan diri lambat atau bahkan tak berkembang.

Padahal, saat ini jika saja Anda berkunjung ke berbagai kota besar, baik di dalam kota ataupun luar provinsi, anak-anak sejak kecil telah di ajarkan berbahasa Inggris. Sehingga, tidak heran apabila mayoritas mudah berkomunikasi dengan berbagai jenis orang saat mereka dewasa.

Apabila Anda berperan sebagai orang tua, tentu tidak ada salahnya mulai menerapkan serta mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak. Solusi mudahnya yakni dengan mendaftarkannya di salah satu lembaga kursus terpercaya. Sehingga mampu memaksimalkan skill buah hati.

Pengalaman Mempersiapkan Diri Sebelum Kursus Bahasa Inggris

Bagi Anda yang hendak memutuskan mengasah diri belajar bahasa Inggris di tempat kursus, ada baiknya jika terlebih dahulu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut agar nantinya bisa berjalan sesuai harapan.

Berdasarkan pengalaman, berikut adalah bentuk persiapan yang harus dilakukan:

1. Menentukan Niat

Saat hendak mengikuti kursus bahasa Inggris di salah satu lembaga hanya untuk sekedar ingin mencari eksistensi, sebaiknya segera hentikan maksud tersebut. Sebab, nantinya ilmu tidak akan didapat secara maksimal sebab terhalang oleh niat yang salah. Saat kursus bahasa, Saya benar-benar menata niat agar bisa menguasai ilmu ini.

2. Memilih Tempat Kursus Terpercaya

Belajar bahasa Inggris bukan menjadi sesuatu yang sulit, apabila dijalankan dengan penuh semangat dan niat tulus. Selain itu, demi memaksimalkannya, Saya benar-benar memilih tempat kursus terpercaya agar tidak sia-sia.

3. Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya Mengenai Tempat Kursus Tersebut

Berikutnya, Saya mencari informasi yang valid tentang sebuah tempat kursus. Tentu harus mempertimbangkannya  berdasarkan penilaian berbagai sudut pandang. Terlebih dahulu mencari informasi seputar metode pembelajaran, tempat tinggal dan ketentuan lainnya yang masih berkaitan.

4. Tidak Gegabah

Sebelum memutuskan berangkat, Saya berusaha untuk tidak gegabah. Berikan batas waktu untuk diri sendiri berapa lama pencapaiannya. Sebab, semakin lama berada disana, tentu harus membayar sesuai ketentuan.

5. Menyesuaikan Kebutuhan dengan Budget yang Tersedia

Ketika pertama kali datang untuk mendaftar di salah satu kursus bahasa Inggris, calon peserta akan diberikan beberapa penawaran kelas, seperti grup listening, grammar dan lain sebagainya. Setiap kelompoknya memilki tarif harga tersendiri. Untuk itu pastikan menyesuaikan kebutuhan dengan budget.

6. Membawa Barang Seperlunya

Saya selalu berusaha mengingat bahwa tujuan datang ke tempat kursus ialah untuk belajar, bukan pindah rumah. Sehingga, cukup membawa barang bawaan sesuai kebutuhan saja. Hal ini perlu dilakukan agar belajar menjadi lebih maksimal dan tidak menganggu prosesnya.

7. Mempersiapkan Budget Secukupnya

Sebagai calon peserta kursus, Saya harus pandai mencari informasi seputar biaya pendaftaran. Budayakan membawa uang secukupnya, agar menghindari jiwa pemborosan, sehingga bisa menjadi lebih hemat saat berada di lokasi.

8. Berdoa

Percayakah Anda mengenai kekuatan doa?

Sekecil dan seremeh apapun hal yang Anda lakukan, selalu tanamkan budaya berdoa dalam diri sendiri. Terutama saat menempuh kursus bahasa Inggris di suatu lembaga. Minta kepada Tuhan agar dilancarkan serta mendapatkan hasil maksimal. Hal inilah yang Saya lakukan dan hasilnya benar-benar nyata.

9. Minta Restu Orang Tua

Penting bagi siapapun meminta restu dari orang tua dalam setiap keputusan yang diambil. Sebab, sebagus dan sebaik apapun lembaga kursus bahasa Inggris, jika tanpa persetujuan Ayah atau Ibu, bisa jadi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Keuntungan Belajar Bahasa Inggris

5 Pengalaman Buruk di Kampung Inggris Pare

Biasanya sebagian orang menganggap menempa kemampuan berbahasa Inggris di lembaga kursus terlalu banyak menguras uang. Padahal, jika saja mereka mengetahui beberapa keuntungannya, dijamin akan tergiur. Berikut adalah di antara keuntungan yang Saya peroleh selama kursus:

1. Memiliki Relasi Pertemanan yang Luas

Hidup akan terasa lebih berwarna jika memiliki lingkaran pertemanan yang beraneka ragam. Mengikuti pembelajaran bahasa Inggris di salah satu lembaga kursus, membuat Saya mendapatkan interaksi komunikasi dengan berbagi suku dan budaya dari Sabang sampai Merauke.

2. Hidup Lebih Mandiri

Apabila selama ini Saya hanya sebagai anak rumahan, semua kebutuhan tersedia, dan makan tinggal ambil, maka saat menempuh pendidikan dil lembaga kursus bahasa Inggris, Saya menjadi lebih mandiri.

3. Mampu Merubah Diri Menjadi Lebih Baik

Usahakan belajar dengan sungguh-sungguh di lembaga kursus bahasa Inggris yang Anda tempati. Pasalnya, jika telah berhasil secara maksimal, maka berbagai mimpi tentunya tergapai. Dibalik itu hidup akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Hal inilah yang Saya rasakan setelah kursus.

3. Melatih Diri untuk Memiliki Jiwa Toleransi

Lembaga kursus yang Anda tempati nanti akan memberikan berbagai macam ragam, baik bahasa daerah, watak, hingga kebiasaan. Tentu saja  hal tersebut menuntut pesertanya agar mampu melatih jiwa toleransi dan menjalin hubungan sebaik mungkin. Dari kursus bahasa Inggris, Saya pun belajar hal itu.

4. Melatih Diri untuk Hidup Hemat

Kebanyakan ketersediaan warung atau tempat makan di sekitar lembaga kursus terbilang mahal. Sehingga, Saya merasa  harus benar-benar pintar dalam mengatur keuangan. Sehingga, sebisa mungkin selalu menahan diri agar tidak terlalu sering membeli sesuatu di luar kebutuhan.

5. Menjadi Lebih Percaya Diri (PD)

Jika Anda datang ke tempat kursus dengan membawa segudang rasa malu dan minder, dapat dipastikan saat nanti keluar akan merasa lebih percaya diri. Hal tersebut karena kemampuan berbahasa Inggris jauh lebih baik dari lainnya. Saya pun seorang pemalu awalnya, namun lama kelamaan bisa mengubahnya menjadi percaya diri.

6. Belajar Semakin Menyenangkan di Kampung Inggris

Ternyata belajar bahasa Inggris bukan hanya sekedar demi menggapai keuntungan atau memenuhi kebutuhan hidup saja. Melainkan bagaiamana diri mampu menikmati serta memperluas jangkauan komunikasi bersama lainnya.

Sesi belajar komunikasi asing tersebut Saya dapatkan secara maksimal letika tergabung dalam lembaga kursus Bahasa Inggris Pare, Kediri, Provinsi Jawa Timur. Menikmati metode pembelajaran menyenangkan di dalamnya.

Biasanya orang-orang lebih mengenal lembaga kursus tersebut dengan sebutan ‘Kampung Inggris’. Karenanya setiap siapapun yang ada di dalamnya, wajib berkomunikasi menggunakan bahasa internasional dunia tersebut.

Rangkaian Aktivitas yang Dijalani Peserta Selama Kursus

Jangan terburu-buru mengklaim bahwa belajar bahasa Inggris di lembaga kursus begitu menakutkan. Sebab, apabila bergabung di Kampung Inggris, sudah dipastikan peserta akan merasa seperti rumah sendiri, hingga enggan untuk pulang. Berikut ini rangkaian aktivitasnya:

1. Ibadah Bersama-Sama

Setiap peserta yang ada di Kampung Inggris biasanya akan melaksanakan ibadah bersama-sama, namun tetap sesuai dengan keyakninan masing-masing. Sehingga, selain belajar Anda juga akan tetap mendapatkan sisi religius.

Untuk mengajak teman beribadah bersama-sama, Anda pun diwajibkan menggunakan bahasa Inggris. Karena apabila ketahuan memakai aksen lain, maka peserta yang bersangkutan akan dikenakan hukuman dan denda. Upaya ini dilakukan demi memperlancar proses belajar.

2. Mengikuti Kelas Pagi

Pada pagi hari sekitar pukul 05.30, peserta harus mengikuti kelas vocabullary di masing-masing camp yang telah dibagi sebelumnya. Proses pembelajaran berlangsung selama kurang lebih sampai 06.30, singkat namun rasakan sensasinya.

Kelas pagi ini memang sengaja dimulai sekitar jam tersebut, fungsinya agar para peserta bisa mengatur waktu untuk mandi, sarapan dan siap-siap. Sehingga, melalui upaya itu nantinya diharapkan dapat bersaing saat benar-benar berada di dunia nyata.

3. Pembelajaran di Kelas Utama

Perlu diingat bahwa Kampung Inggris yang Anda tempati bukan kos-kosan, kontrakan atau rumah pribadi, melainkan sarana belajar. Selalu ingat jika biayanya juga tidak sedikit. Maka percepat kemampuan agar lebih mempermudah pembiayaan.

Kelas utama ini dilaksanakan pada pukul 08.00 sampai 17.15.  Jangka waktu tersebut terdiri dari beberapa pembelajaran yakni grammar, speaking, listening dan lain sebagainya. Akan tetapi, tidak perlu cemas, sebab peserta tetap diberi jam istirahat mulai 11.15 hingga 14.00.

4. Kelas Malam

Pembelajaran masih terus berlanjut sampai pada malam hari. Akan tetapi, sesi ini cenderung lebih mengasyikkan sebab dilaksakan di masing-masing camp. Tentunya, peserta bisa lebih nyaman dan tidak tertekan.

Agenda pembelajaran di malam ini lebih mengarah kepada pengulangan vocabullary yang telah dihafal pagi harinya, menonton film bersama (berbahasa Inggris) atau bahkan mendengarkan musik (listening). Waktunya sendiri berjalan antara pukul 19.00 sampai 20.00.

5. Sesi Curhat

Keistimewaan yang akan Saya rasakan selama belajar di Kampung Inggris, salah satunya adalah setiap peserta bisa menceritakan keluh kesah atau lebih akrab di sebut ‘curhat’ kepada tutor. Tidak perlu takut atau ragu, sebab akan diarahkan dan dibimbing sampai bisa.

Dalam sesi ini, pergunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk bisa memperoleh tips dan trik mahir berbahasa Inggris. Caranya, sering-sering berkomunikasi antar sesama dan hubungi tutor jika merasa kesulitan.

6. Outing Class

Apakah Anda tipe seseorang yang mudah jenuh dengan situasi?

Tenang saja, sebab pelayanan metode pembelajaran di Kampung Inggris Pare akan membasmi segala rasa suntuk tersebut. Sebab, di beberapa waktu peserta akan diajak untuk berjalan-jalan guna mengasah kemampuan berbahasa jauh lebih baik.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai sarana rekreasi, melepas lelah dan penat sehingga terbebas dari segala beban. Tutornya juga akan membantu setiap peserta apabila masih merasa kesusahan dalam berinteraksi secara langsung.

7. Kelas Gathering setiap Rabu

Keseruan saat menjadi bagian dari Kampung Inggris tidak hanya berhenti sampai di situ saja. Akan tetapi, setiap hari Rabu semua peserta akan dikumpulkan dalam suatu kelas utama yang nantinya akan diadakan semacam kompetisi.

Beberapa di antaranya seperti games, debat, diskusi dan masih banyak lagi. Jangan lupa tentunya masih wajib menggunakan bahasa Inggris. Keseruan tersebut tentu membuat Saya semakin akrab satu sama lainnya.

8. Weekly Meeting

Sekalipun harus belajar setiap hari di Kampung Inggris, pasti akan merasa ketagihan karena selalu ada hal-hal baru. Terlebih lagi jika saat Jum’at tiba, peserta disajikan dengan berbagai kontes antar kelompok.

Agenda ini dilaksanakan setiap pukul 16.00 di hari yang telah ditentukan. Nantinya, pengalaman akan diisi dengan berbagai speech contest antar kelas. Dan sebaiknya persiapkan diri menjadi speaker saat acara.

9. Mengisi Liburan di Berbagai Tempat Wisata

Kampung Inggris sebagai lembaga kursus yang telah dipercaya akan kualitasnya, tentu memahami arti penting akan keberadaan refreshing. Untuk itu, peserta akan diberikan waktu liburan pada Sabtu-Minggu. Gunakan kesempatan ini untuk bermain sebaik-baiknya.

Namun, biasanya beberapa kelompok tertentu akan membuat jadwal liburan bersama. Seperti misalnya mengunjungi museum, pergi ke pantai atau berbelanja berbagai kebutuhan selama hidup di Kampung Inggris.

10. Suasana Ujian yang Santai

Sepanjang perjalanan Anda menempuh pendidikan di ranah formal, pasti ujian menjadi suatu hal yang menegangkan dan menakutkan bukan?

Lembaga kursus Kampung Inggris ini mampu menghadirkan rasa nyaman kepada setiap pesertanya yang sedang mengikuti ujian. Namun, bukan berarti boleh mencontek atau mengintip catatan. Melainkan kehadiran mentor humoris serta mencairkan suasana.

Fasilitas yang Saya Dapatkan di Kampung Inggris Pare

Sebagai lembaga kursus bahasa Inggris dan telah dipercaya oleh mayoritas masyarakat, lembaga ini tentu mengutamakan kualitas serta kenyamanan peserta. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di dalamnya:

1. Tersedia 2 Macam Pilihan Tempat Tinggal

Jika Anda memang benar-benar ingin maksimal dalam berbahasa Inggris, tersedia tempat tinggal dengan mewajibkan penghuninya berbicara aksen internasional, namanya Kost English. Namun, tersedia juga tempat tinggal yang biasa.

2. Mesin ATM

Di sekitaran Kampung Inggris terdapat beberapa jenis ATM, sehingga memudahkan siapa saja melakukan transaksi. Sehingga, tidak perlu repot datang ke bank, cukup berjalan atau naik motor, akan sampai di tempat tujuan.

3. Tempat Ibadah

Bagi yang tidak ingin melewatkan segala bentuk peribadatan dalam Agama, tenang saja. Pasalnya Kampung Inggris terletak di lokasi strategis. Beberapa di antaranya dekat gereja, masjid, pure dan lain sebagainya.

4. Fasilitas Belajar yang Efektif

Kampung Inggris bukan tempat ajaib yang bisa membuat pesertanya mahir berbicara atau memahami dalam waktu singkat. Sehingga, semakin lama berada didalamnya, maka tentu tingkat pemahaman jauh lebih maksimal.

5. Tersedia Berbagai Tempat Kebutuhan

Salah satu hal yang akan membuat seseorang betah berlama-lama di Kampung Inggris yakni lokasinya sangat strategis. Pasalnya ditata menyerupai kampus, sehingga untuk akses menuju warung makan, laundry atau cafe sangat dekat.

6. Sertifikat

Bagi setiap orang yang mampu menyelesaikan pendidikan di Kampung Inggris, tentu akan mendapatkan sertifikat. Keberadaannya bisa digunakan sebagai pelengkap untuk mendaftar di perguruan tinggi atau melamar pekerjaan.

5. Kartu Member

Selain mendapatkan sertifikat, peserta juga akan diberi kartu member sebagai bukti bahwa pernah menempuh pembelajaran di sana. Sehingga, dapat dijadikan kenang-kenangan tersendiri atas jerih payah selama perjalanan.

Setelah Anda mengetahui serunya menempa diri di kursus Bahasa Inggris Pare, pasti merasa tertarik bukan?

Pengalaman kursus bahasa Inggris Pare Webster tidak hanya sekedar mahir berbahasa asing saja, melainkan mendapatkan banyak teman dari berbagai daerah maupun suku bangsa. Selain itu, dapat dipastikan hidup mandiri serta disiplin akan tertanam dalam diri Anda. Selamat mecoba dan berproses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *