Jurnalisme Dakwah Republika Online dengan NU Online

148 views

Jurnalisme dakwah  kali ini membahas tentang dua sumber yaitu Republika Online dan NU Online terkait ucapan salam semua agama periode November 2019.

Penelitian ini bertujuan untuk membedah framming antara Republika Online dengan NU online dalam kasus ucapn salam semua agama. Tentang bagaimana Republika Online maupun NU Online membungkus dan memberikan pemikiran tentang masalah ini.

Berikut adalah abstrak dalam penelitian ucapan salam semua agama periode November 2019. Dengan adanya abstrak ini peneliti menyampaikan gambaran umum penelitian yang akan dilakukan.  Peneliti berharap mendapatkan gambaran bagaimana Republika Online dan NU online menyampaikan pemikirannya melalui penelitian ini.

Jurnalisme Dakwah Republika Online dengan NU Online

(Sejarah Gerakan Dakwah New Media terkait Ucapan Salam Semua Agama Periode November 2019)

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang bagaimana media Islam membingkai pemberitaan terkait ucapan salam semua agama. Selanjutnya, peneliti menganalisis bagaimana penerapan jurnalisme yang penulis ambil dari berita-berita terkait kasus tersebut. Hasilnya, Republika lebih pro terhadap pelarangan ucapan salam semua agama. Republika memandang bahwa ucapan salam semua agama masuk ranah teologis. Adapun NU Online, media tersebut kontra dengan larangan ucapan salam. NU Online menganggap persoalan ucapan salam semua agama sudah masuk dalam ranah budaya. Adapun penerapan jurnalisme dakwah baik Republika maupun NU Online belum memenuhi kriteria yang ideal.

Kata kunci: jurnalisme dakwah, framing, salam semua agama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *