3 Contoh Resensi Buku Pelajaran Paling Tepat

Contoh Resensi Buku Pelajaran — Meresensi itu bukan hanya buku-buku fiksi seperti novel atau roman saja lho, ternyata. Buku pelajaran pun bisa diresensi. Seperti apa ya jika buku pelajaran itu diresensi? Tiga contoh resensi buku pelajaran ini akan membantu Anda menulis bagaimana sih contoh resensi buku pelajaran itu sendiri?

contoh resensi buku pelajaran
static3.businessinsider.com

Sebab pada dasarnya meresensi buku pelajaran hampir sama dengan meresensi buku fiksi. Justru dengan meresensi buku pelajaran akan membuat pengetahuan kita semakin bertambah. Mau tahu seperti apa contoh resensi buku pelajaran. Simak contohnya di bawah ini.

Contoh Resensi Buku Pelajaran

1. Contoh Resensi Buku Pelajaran PKN kelas IX MTS/SMP

Contoh Resensi Buku Pelajaran PKN kelas IX MTS SMPContoh Resensi Buku Pelajaran PKN kelas IX MTS SMP
reader21.dokumen.tips/

Judul Buku      :  Buku Pelajaran PKN kelas IX MTS/SMP

Penulis             :          A.T. Sugeng Piyanto

Djaenudin Harun

Anang Priyanto

Cholisin

Muchson A.R

Dadang Sundawa

Rr. Nanik Setyowati

Ilustrasi, tata letak :   Direktorat Pembinaan SMP

Perancang kulit     :    Direktorat Pembinaan SMP

Ukuran Buku        :     21 x 30 cm

Penerbit                 :   Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Tahun 20018

Buku ini dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMP

Penyajian uraian uraian materi pembelajaran hendaknya didukung dengan pembelajaran yang bersifat kontekstual. Utamanya terkait dengan pelbagai berbagai kenyataan yang terjadi di masyarakat.

Salah satu dukungan materi pembelajaran adalah adanya buku pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) yang diperuntukkan untuk siswa kelas IX SMP dan MTs.

Adapun sistematika buku ini meliputi kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, tujuan pembelajaran, peta materi, uraian materi di setiap bab. Lalu latihan, refleski, rangkuman dan evaluasi. Pada bagian akhir buku PKN ini juga dilengkapi dengan glosarium dan indeks.

Buku ini menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik atau student centered. Di mana buku ini menempatkan peserta didik sebagai subjek yang melakukan kegiatan belajar.

Penyajian dalam buku ini berusaha untuk mengembangkan interaksi antara buku dengan peserta didik dengan bahasa yang komunikatif. Disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.

Melalui pendekatan yang demikian, peserta didik didik hendaknya mengikuti langka-langkah kegiatan belajar sebagai berikut.

Pertama, pahamilah pahamilah tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Lalu kedua, pahamilah dengan baik uraian materi pembelajaran dalam setiap bab pada buku ini. Yang terakhir, kerjakan tugas-tugas latihan serta evaluasi yang diberikan. Baik itu yang diberikan pada setiap bab maupun pada bagian akhir buku ini.

Baca juga mengenai Contoh Resensi Novel, dijamin asyik

 2. Contoh Resensi Buku Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX MTS/SMP

Bahasa Indonesia untuk SMP MTs Kelas IX
Bahasa Indonesia untuk SMP MTs Kelas IX

Judul              : Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX

Penulis            : Atikah Anindiya Rini, Yuwono, Suhartanto

Penerbit          : Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional

Cetakan          : Juli, 2008

Tebal              : 194 halaman

Ukuran            : 17,6 cm x 25 cm

Sumber gambar : bse.inovasive.com

Design cover  : Teguh Karya

Setting             : Eni Purwanti

Editor              : Retno Utami dan Widya Ristanti

Buku ini berisi dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti memahami dialog interaktif, mengomentari, memahami wacana tulis, menulis iklan, meresensi. Adapula mengarang, memahami syair, mengungkapkan dan menilai isi cerpen.

Memusikalisaikan puisi, menulis cerpen, memahami pidato, berpidato, berdiskusi, menulis karya ilmiah, menulis teks pidato dan surat, memahami novel, menanggapi pementasan drama dan menulis naskah drama.

Buku Bahasa Indonesia untuk kelas IX SMP/MTs ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan akan keterampilan berbahasa dan keterampilan mengoperasikan sastra. Materi yang disajikan dalam buku pelajaran ini juga telah disesuaikan dengan kurikulum terbaru untuk siswa IX SMP/MTs.

Buku ini di sajikan dengan bahasa yang sederhana, serta menyajikan topik-topik yang ada dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah di pahami.

Buku ini hanya menggunakan metode pembelajaran yang lebih menyarankan siswa pada pelatihan berbahasa dan apresiasi sastra. Seharusnya buku ini menggunakan pembelajaran teori juga. Sebab jika buku ini lebih mengarahkan siswa pada pelatihan maka siswa akan sedikit kebingungan.

buku ini lebih mudah dimengerti karena disajikan dengan bahasa yang sederhana. Buku ini juga disajikan dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Buku ini sengaja disajikan untuk  dapat meningkatkan kreatifitas siswa. Sangat cocok dibaca oleh siswa kelas XI SMP/MTs.

Baca juga mengenai Contoh Resensi Buku Ilmu Pengetahuan

3. Contoh Resensi Buku RPUL

contoh resensi buku pelajaran
contoh resensi buku pelajaran

Judul                   : RPUL  (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap )

Penulis                : Arief Mudzakir

Penerbit              : Aneka Ilmu

Tahun terbit         : 2006

Jumlah halaman  : 335 halaman

Ukuran                 : 17 cm x 25 cm

Berat                   : 500 gram

Penulis buku RPUL Global ini dapat dipakai sbagai rujukan dan sebagai sumber bagi para siswa dan mahasiswa dalam menyelesaikan tugasnya masing-masing. Bagi pembaca umum, berbagai pertanyaan akan terjawab dengan memiliki buku ini.

Adanya buku RPUL ini juga untuk memperluas wawasan dan perluasan pengetahuan umum siswa. Meskipun buku RPUL bukanlah buku pelajaran, tetapi isi dari buku ini begitu lengkap untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Buku ini berisikan ilmu pengetahuan seputar Indonesia dan luar negeri. Di dalamnya terdapat tiga bagian, yaitu Indonesia, Bumi dan Benua. Serta Serba-serbi Pengetahuan Umum.

Setiap bagiannya membahas hal-hal  yang berbeda, seperti yang terdapat terdapat pada bagian pertama yang membahas Indonesia tanah airku, perjalanan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Adapula demokratisasi di Indonesia, flora dan fauna, pembagian wilayah NKRI, sumber daya alam, keanekaragaman suku dan budaya Indonesia. Adapula sekilas sejarah nasional, transportasi, telekomunikasi dan pariwisata.

Pada bagain kedua yang yang membahas negara-negara di dunia, keajaiban dunia, tokoh wanita dunia, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan lembaga internasional.

Terakhir pada bagian ketiga, buku ini membahas serbaneka olahraga, pengetahuan kesehatan, ukuran, sains dan seni, astrologi, penerbangan antariksa, film dan musik serta pengubah dunia.

Nah, dari ketiga contoh di atas sudah pahamkah bagaimana cara meresensi buku? Lalu sebenanya apa sih manfaat dari meresensi buku pelajaran itu sendiri? Di bawah ini adalah 2 manfaat menulis resensi buku pelajaran.

Manfaat dari Meresensi Buku

1. Menambah pengetahuan

Dengan kita meresensi buku pelajaran, maka otomatis kita mau tidak mau akan membaca buku pelajaran yang kita resensi bukan? Maka selain menulispun, kita juga akan terlatih membaca. Membaca buku pelajaran akan menambah pengetahuan kita terhadap pelajaran yang dituliskan di dalam buku.

2. Mengasah Kemampuan Seseorang untuk Menulis

Selain menambah pengetahuan, seseorang yang sering menulis resensi  maka ia akan semakin terasah kemampuan menulisnya. Dengan rajin menulis resensi maka secara tidak langsung bisa mengembangkan kreativitas menulis kita.

Lalu apa tujuan dari resensi buku itu sendiri? Tujuan resensi adalah sebagai berikut :

Tujuan Resensi Buku

Perlu diketahui bahwa tujuan seseorang meresensi buku di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan gambaran kepada pembaca dengan memberikan penilaian umum dari sebuah buku secara lebih ringkas.
  2. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
  3. Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas buku untuk kita bandingkan terhadap buku lainnya.

Seperti itulah 3 contoh resensi buku pelajaran yang bisa kami ulas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Barangkali Anda juga tertarik membaca Resensi Novel Hujan Tere Liye?

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *