Berikut Ini Contoh Laporan Industri Terbaru Sesuai Kaidah Kepenulisan

Contoh Laporan Industri Terbaru — Melakukan kunjungan adalah rangkaian dari mata kuliah yang diharapkan bisa menunjang skill dan pengetahuan mahasiswanya. Baik itu kunjungan ke lembaga, perusahaan ataupun industri. Bagi Anda yang bingung bagaimana menyusun laporan, berikut adalah contoh laporan industri.

contoh laporan industri
http://www.eulerhermes.co.za

Sebelum Anda membuat laporan industri, Anda akan membuat daftar isi. Yuk simak seperti apa contoh Daftar Isi

Contoh Laporan Industri

Mengetahui contoh laporan industri sangat membantu Anda untuk menyusun bagaimana laporan yang baik. Sebab  hampir setiap mata kuliah pasti terdapat kuliah praktek berupa melakukan kunjungan.

Di bawah ini adalah contoh laporan industri terbaru yang mungkin bisamembantu Anda bagaimana caranya membuat laporan industri yang baik dan benari.

Contoh Laporan Industri Basmala (BSM), Klaten

KATA PENGANTAR

Pertama-tama kami panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang dengan rahmat, taufik dan hidayahNya-lah kami dapat menyusun makalah yang berjudul Laporan Kunjungan Industri Basamalla, Klaten.

Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Mohammad Nizar Hasani, M.Si selaku dosen pembimbing mata kuliah Kewirausahaan.

Penyusunan laporan kunjungan ini tentu belum sempurna, maka dari itu kami mohon maaf apabila banyak kekurangan dalam pembuatan laporan ini. Harapan kami semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Kepada para pembaca yang bersedia memberikan saran-saran dan kritik yang bersifat membangun, untuk perbaikan laporan selanjutnya, kami terima dengan hati terbuka dan ucapan terima kasih.

 

Semarang, 25 November 2015

Pemakalah

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kunjungan Industri

Baca juga Pengertian, Cara Membuat dan Contoh CV yang baik dan benar

Pendidikan adalah usaha untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak kepribadian serta peradaban guna menciptakan generasi-generasi penerus bangsa yang cerdas. Selain itu, pendidikan juga bertujuan untuk menjadikan anak bangsa menjadi cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Mahasiswa adalah bangsa yang berpendidikan, sebagai kaum yang berpendidikan mahasiswa diharapkan tidak hanya menekuni ilmu dalam bidangnya saja, tetapi juga beraktivitas untuk mengembangkan soft skills-nya agar menjadi lulusan yang mandiri, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, berusaha penuh tanggung jawab dan gigih.

Dan dewasa ini tidak bisa dipungkiri, dalam era persaingan bebas bukan hanya membutuhkan lulusan yang memiliki hard skills tapi juga soft skills yang balance. Kunjungan di Industri Basmallahini dipilih untuk memberi pengetahuan kepada mahasiswa agar berpikir kreatif dan inovatif , menciptakan sesuatu yang berbeda dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

1.2 Tujuan Kunjungan Industri

  1. Memperluas pengetahuan mahasiswa dalam lingkungan dunia usaha.
  2. Mendorong mahasiswa agar mempunyai minat berwirausaha.
  3. Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja Industri Bamallah
  4. Melihat secara langsung proses produksi dari awal sampai akhir.
  5. Menciptakan mindset baru bagi mahasiswa untuk berwirausaha.

1.3 Lokasi Kunjungan Industri

Lokasi kunjungan berada di Jalan Kaliworo, Sumbersari, Prawatan, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah.

BAB II

   PEMBAHASAN

contoh laporan industri terbaru
altastreet.net

2.1 Profil

Industri Basmallah atau kerap disebut Industri BSM adalah industri atau pabrik pengolah limbah menjadi kantong sampah yang didirikan oleh Bapak Gianto, alumnus Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2005.

Pabrik ini termasuk usaha desa dengan jumlah tenaga kerja lebih dari puluhan orang dengan shift delapan jam perhari.

Awal berdirinya usaha ini adalah dengan modal awal Rp.2.500.000, 000 hingga akhirnya Industri Basmallah bisa berhasil sampai saat ini. Sebelum berusaha kantong plastik, Bapak Gianto pernah melakukan usaha yang sempat mengalami kerugian pada awal usahanya.

Seperti usaha besi, hingga cocok tanam. Beliau pun pernah usaha karet di Kalimantan dengan menginvestasikan uang sebanyak 500 juta, namun karena orang yang diamanahkan tidak jujur, beliaupun mengalami kerugian.

Kerugian ini menimpa sebab beliau tidak fokus pada satu usaha. Meskipun gagal, beliau bertekad untuk terus bangkit, karena jika kegagalan tidak dibarengi dengan kebangkitan maka selamanya manusia akan terus terpuruk dalam kerugian.

Pendirian usaha ini selain untuk mengolah sampah kembali, pemilik juga ingin memajukan masyarakat setempat dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru yang ramah lingkungan. Managemen kerja yang diterapkan pemilik sendiri bersifat kekeluargaan.

Setelah mengalami kesuksesan yang mencapai omset milyaran rupiah perbulannya, kondisi keuangan Bapak Gianto sudah bisa untuk berhaji sekeluarga, membeli mobil dan truck sebagai penunjang sarana untuk mengembangkan usaha.

Selain itu beliau juga mampu menggaji karyawan dengan konsisten sesuai UMR, dan gaji di atas UMR bagi karyawan yang memiliki skill serta memperbesar pabrik.

Bukan hanya itu beliau pun ingin menambah cabang lagi agar sampah-sampah yang berada di Indonesia dapat dikelola kembali agar bermanfaat dan bernilai, juga menjadi solusi bagi masyarakat dalam bidang perekonomian.

Sebelum Anda melanjutkan artikel ini, Anda pun bisa membaca artikel berjudul Strategi Membangun Sistem Perusahaan

2.2 Hasil Kunjungan Industri

Sebagai pabrik yang mengolah limbah menjadi kantong plastik yang plastik ramah lingkungan Industri Basmallah juga mencampurkan kalsium dalam pembuatan kantong plastik tersebut hingga menghasilkan kantong plastik yang beraneka warna baik sifatnya tipis maupun tebal.

Awal pengolahan kantong plastik ini adalah mendatangkan limbah dari luar negeri dengan harga Rp.2500,00/kg . Impor limbah ini dilakukan sebab limbah dari Indonesia begitu mahal, yakni mencapai Rp.4500,00/kg. Dalam sehari, usaha ini bisa mendatangkan enam truck sampah atau sepadan dengan satu ton.

Dari limbah yang didatangkan dari luar negeri, limbah inipun disortir selama seminggu, lalu dihancurkan dengan mesin cacah sambil dicuci. Setelah dicacah, limbahpun disaring dan dimasukkan ke karung dengan rapi kemudian dihancurkan dan dipanaskan hingga menjadi biji plastik

Masuk ke tahap terakhir, biji plastik dimasukkan ke mesin open yang bersuhu sekitar 200oC, biji plastik ini bisa diberi warna dengan varian warna hijau, biru dan merah yang dicampuri pewarna.

Setelah menjadi biji, kantong plastik pun akhirnya bisa dihasilkan hingga kemudian dipotong di bagian atas agar bisa menjadi kantong, lalu dikemas per setengah kilo.

Proses pembuatan kantong platsikpun bukan tanpa kesulitan, jika terjadi mati listrik maka akan berdampak pada hasil produksi yang terhambat dan membawa kerugian yang besar, hingga berpengaruh pada omset per bulannya.

Meskipun begitu, industri ini ini tetap berjalan sukses dengan usaha yang gigih dan tanpa menyerah. Semua hal pasti bukan tanpa hambatan, tapi bagaimana hambatan itu dirubah menjadi motivasi dalam bekerja menciptakan inovasi dan kreasi.

Mahasiswa idealnya mampu mengaca dari kegigihan Bapak Gianto dalam merintis Industri Basmallah hingga akhirnya bisa sesukses saat ini.

         BAB III

      PENUTUP

  • Dengan diadakan kunjungan Industri seperti ini mahasiswa dapat berfikir maju dan kreatif  yang akan berguna bagi kehidupannya baik sekarang maupun yang akan datang.
  • Semangat dan kegigihan dalam membuat atau mendirikan usaha itu ternyata sangatlah penting demi kelangsungan hidup.
  • Produksi yang dihasilkan Industri Basmallah berupa kantong plastik memanfaatkan limbah dan ramah lingkungan.

Nah, seperti itulah contoh laporan industri yang bisa kami bagi. Untuk lebih baiknya, Anda bisa menambahkan lampiran berupa galeri kunjungan untuk memperkuat laporan industri Anda. Semoga artikel ini bisa membantu.

Terakhir, perdalam wawasan Anda mengenai laporan, salah satunya mengenai Contoh Laporan Perjalanan

 

Info Kampus dan Sumber Referensi Kuliah Terlengkap Fanspage Academic Indonesia Group Fb Info Kampus Seluruh Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *