Wisata Alam di Ubud-Bali; Deretan Panorama Alam yang Tak Terbantahkan

7 min read

Wisata Alam di Ubud-Bali

Wisata Alam di Ubud-Bali

Pernah berkunjung ke salah satu Wisata Alam di Ubud-Bali? Bali mempunyai tempat wisata yang banyak. Disini tersedia banyak sekali kegiatan liburan yang seru untuk semua orang. Salah satu tujuan wisata paling terkenal di Bali selain Kuta adalah di Ubud Bali. Karena Ubud punya banyak sekali tempat wisata yang biaya tiket masuknya terjangkau, bahkan ada juga yang gratis. Sehingga, hal ini membuat Anda bisa lebih hemat saat ingin liburan ke Bali.

3 Alasan Harus Berlibur ke Ubud Bali

Tentunya selain memiliki harga tiket masuk yang terjangkau, ternyata ada banyak beberapa hal menarik lainnya yang bisa ditemukan di Ubud. Karena hal inilah membuat tempat ini disukai semua orang. Karena selain bisa menghemat biaya liburan, tapi juga bisa menikmati berbagai macam objek wisata yang menarik di Ubud, Bali. Berikut ini adalah 3 alasan kenapa Anda harus memilih Ubud sebagai destinasi tujuan wisata Anda selanjutnya, antara lain:

Ubud Punya Banyak Tempat Wisata

Di antara Kuta dan Ubud, keduanya sama-sama populer di Bali. Namun, keduanya ternyata punya perbedaan yang menarik jika dilihat dari daya tarik wisatanya. Karena, di Ubud, tempat wisata yang paling menarik adalah wisata budaya, seni, penorama alam, istana kerajaan, dan beberapa kegiatan outdoor. Yaitu, bersepeda dan rafting. Sedangkan kuta lebih populer dengan pantainya.

Lokasi Wisata di Ubud

Ubud berada di tengah Bali dan terletak diantara persawahan dan jurang yang curam. Ubud memiliki 13 desa didalamnya. Disinilah Anda akan menemukan Istana Kerajaan Ubud yang terletak di pusatnya. Bila Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, Anda bisa sampai ke pusat Ubud selama 1 jam 30 menit. Lokasinya cukup strategis. Karena Ubud berdekatan dengan beberapa tempat wisata yang terkenal di Bali, seperti Bali Safari Marine Park, wisata Kintamani, dan Bali Bird Park.

Akomodasi di Ubud

Kemanapun liburannya, jika Anda berkunjung ke Ubud, rasanya tidak akan ada masalah pada akomodasinya. Karena disini tersedia taksi meter dan persewaan kendaraan motor dan mobil yang bisa disewa. Sehingga, Anda bisa lebih menghemat biaya transportasi dengan menyewa kendaraan tersebut atau menggunakan jasa travel. Sehingga, perjalanan makin praktis. karena semuanya sudah diatur oleh mereka.

Daftar Tempat Wisata Alam Hemat di Ubud

Wisata Alam di Ubud-Bali; Deretan Panorama Alam yang Tak Terbantahkan

Ada banyak aneka wisata yang menarik di Ubud Bali. Beberapa di antaranya ada yang tidak dikenakan biaya tiket masuk, ada juga yang dikenakan biaya cukup mahal. Maka dari itulah, supaya lebih hemat, sebaiknya cari tahu dulu segala informasi yang berkaitan dengan objek wisata tersebut sebelum berangkat. Berikut ini akan kami sebutkan beberapa contoh daftar wisata yang hemat di Ubud, patut dikunjungi, antara lain:

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan ini adalah objek wisata gratis yang bisa ditemukan di Ubud Bali. Tempat ini sangat terkenal di kalangan remaja hingga orang dewasa. Bagi remaja, tempat ini lebih populer dengan sebutan sebagai Bukit Cinta.  Bukit ini cocok sekali dikunjungi untuk mereka yang gemar berjalan-jalan di kawasan perbukitan. Karena pemandangannya benar-benar masih asri dan alami.

Tak hanya itu saja, disini juga tersedia sejumlah tempat peristirahatan yang banyak. Sehingga, ketika mulai lelah, Anda bisa beristirahat disana sekaligus menikmati udara segar yang jauh dari polusi disana. Untuk bisa sampai ke tempat inipun juga sangat mudah! Cukup temukan saja lokasi Warwixk Ibah Luxury Villas & Spa. Maka Anda bisa menemukan tempat ini dengan mudah.

Sebelum masuk ke dalam gerbang pintunya, Anda akan melihat jalan yang lebih kecil di kiri Warwick Ibah Luxury Villas  & Spa ini. Nama jalannya adalah Jl Bangkiang Sidem. Nah, dari sinilah Anda bisa langsung masuk ke jalan Bangkiang Sidem ini. Disinilah Anda akan melihat kawasan lingkungan yang hijau. Dimana nantinya lembah bukit campuhan akan segera terlihat oleh Anda.

Saat Anda melihat ada dedaunan tropis yang lezat, disitulah lokasi Bukit Campuhan Ubud ini. Lebih menariknya lagi adalah, disini tidak dikenakan biaya tiket masuk. Anda hanya harus membayar parkir kendaraan Anda saja. Jam kunjung terbaik supaya bisa menikmati pemandangan disini adalah jam setengah 5 sore. Umumnya, beberapa pengunjung menghabiskan waktunya disini selama 30 menit.

Wisata di Persawahan Koloni Burung Bangau

Wisata alam yang satu ini terletak di desa Petulu. Disinilah Anda akan melihat sebuah hal unik yang tidak akan ditemukan di tempat lain. Karena setiap kali jam setengah 6 sore, akan ada banyak burung bangau yang terbang menuju ke atas sawah. Setelah itu, mereka kembali lagi ke sarangnya dan bertengger pada 50 pohon besar yang ada di kawasan desa Petulu ini.

Karena banyaknya burung bangau dan segala keunikannya inilah membuat desa Petulu dijadikan sebagai objek wisata alam yang patut dikunjungi. Jenis bangau yang ada disini berwarna putih. Sehingga, namanya lebih populer dengan sebutan sebagai burung Kokokan. Meskipun Anda bisa melihat burung bangau putih ini di siang hari juga, namun tetap jam terbaik menikmati banyak burung bangau adalah di sore hari saat matahari akan tenggelam.

Untuk lokasinya sendiri terletak di desa Petulu. Lebih tepatnya berada sejauh 15 menit saat berkendara dari Puri Saren Ubud. Beruntungnya lagi adalah, jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda tidak harus membayar biaya tiket masuk. Karena disini wisatanya adalah gratis. Beberapa orang sering menghabiskan waktunya hingga 30 menit saat berangkat di jam 5 sore. Karena di jam itulah banyak burung bangau lewat dan hinggap di pepohonan.

Hidden Canyon Guwang Beji

Tempat wisata alam yang satu ini terletak di Ubud. Wisata alam yang satu ini termasuk salah satu surganya alam di Ubud yang tersembunyi. Penorama tebing batu disini juga berlika-liku. Karena bentuknya seperti pahatan abstrak. Sehingga, hal ini membuat keindahannya menjadi mempesona. Apalagi disini udaranya juga sangat sejuk, begitu juga dengan air sungainya yang segar. Hutan yang lebat menyelimuti kawasan ini membuat siapapun yang mengunjungi tempat wisata ini merasa seperti menjelajah di dunia lain.

Alam Sari Agroturism

Sekarang ini, Bali mulai mengembangkan kegiatan wisata agrotourism yang semakin menarik. Salah satu tempat wisata yang menarik di Ubud ini adalah wisata alam agrotourism kopi. dimana tempat paling dekat di area Ubud adalah di Alam Sari Agroturism. Ketika sampai di tempat wisata ini, akan ada banyak pemandangan alam yang benar-benar alami dan asri disana. Tentunya pemandangannya akan semakin memanjakan mata Anda.

Karena disinilah Anda bisa melihat biji kopi, pohon kopi, dan proses untuk mengolah kopi secara alami. Disini juga ada jenis kopi special untuk dicoba. Yaitu, kopi Luwak. Anda boleh mencoba berbagai macam kopi yang tersedia di tempat wisata ini secara gratis. Namun, salah satu jenis kopi yang tidak bisa dicoba secara gratis adalah kopi luwak. Karena kopi luwak ini masih langka dan harganya mahal.

Sehingga, tidak bisa dikonsumsi secara gratis. Namun meskipun begitu, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan lainnya saat berkunjung ke tempat ini. Karena disini tidak ada biaya tiket masuk. Sehingga, Anda bisa lebih hemat. Jam terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah jam 3 sore. Umumnya beberapa orang menikmati segala pemandangan alam dan keunikan tempat wisata ini selama 45 menit, bahkan lebih.

Sawah Terasering Tegalalang Ubud

Meskipun Ubud punya banyak sekali tempat wisata yang menarik, namun Sawah Terasering Tegalalang inilah yang paling disukai oleh para wisatawan Indonesia saat berkunjung ke Ubud. Karena tempat ini terkenal memiliki pemandangan alam sawah yang sangat indah. Bagaimana tidak? Jika sawah disini berbentuk terasering. Sehingga, hal ini membuat pemandangannya semakin indah dan membuat siapapun betah berlama-lama disana.

Spot favorit para wisatawan ketika berlibur ke tempat wisata alam ini adalah di pinggir jalan. Umumnya di tempat inilah banyak wisatawan menggunakannya untuk mengambil gambar berlatar belakang sawah terasering. Lebih menariknya lagi adalah, disini tidak ada biaya tiket masuk. Anda hanya akan dikenakan biaya untuk parkir kendaraan Anda saja. Sehingga, hal ini membuat liburan makin seru.

Karena hanya dengan membayar biaya parkir kendaraan saja, Anda sudah bisa berfoto ria dengan background alam yang benar-benar memukau. Namun, bila Anda ingin mendapatkan foto yang lebih dekat dengan kawasan persawahan, Anda harus turun langsung ke area ini. Saat Anda menuruninya, maka akan dikenakan tiket masuk. Namun, tentunya masih dengan biaya yang terjangkau dan masih wajar. Jam terbaik berkunjung ke wisata alam ini adalah jam 3 sore.

Anand Ashram Ubud

Untuk Anda yang ingin menyelaraskan sisi spiritual Anda dengan alam, maka tempat wisata Anand Ashram Ubud ini sangat cocok sekali untuk Anda. Disinilah Anda bisa bermeditasi, tepatnya di tengah alam yang terbuka lengkap dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Langsung saja merapat ke tempat wisata Anand Ashram Ubud ini untuk mendapatkan pengalaman seru yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata.

Disinilah Anda akan mendapatkan ketenangan batin. Karena Anda bisa mendengarkan kicauan dari para burung, bunyi para serangga, dan mendengarkan aliran air dan semua hal yang bisa menenangkan batin Anda. Disini juga terdapat panorama alam yang benar-benar menakjubkan. Sehingga, hal ini membuat siapapun yang membutuhkan ketenangan batin pasti akan betah berlama-lama di Anand Ashram Ubud yang terletak di Jalan Sri Wedari Km nomor 3, Ubud ini.

Air Terjun Tegenungan Kemenuh

Salah satu tempat wisata alam yang paling digemari para wisatawan di Ubud adalah air terjun Tegenungan Kemenuh. Objek wisata ini memiliki banyak sekali hal unik. Sehingga, hal ini menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke Ubud. Karena disini memiliki pemandangan alam yang masih asri, indah, dan udaranya juga masih sejuk bebas dari polusi udara.

Jadi, tempat wisata alam yang satu ini juga sangat populer di kalangan para wisatawan. Khususnya untuk para remaja dan anak muda yang gemar mengambil gambar untuk diunggah ke media sosial. Air terjun tegenungan ini berdekatan dengan area pariwisata di Ubud lainnya. Sehingga, hal ini membuat beberapa orang yang berkunjung ke Ubud pasti tidak akan melewatkan tempat wisata yang satu ini.

Bahkan, hampir setiap hari tempat ini selalu ramai dengan pengunjung dari berbagai tempat. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini sangat dekat dengan tempat wisata Bli Zoo Gianyar dan pasar seni Sukawati. Sehingga, hal ini membuat semua orang tertarik untuk mengunjunginya juga. Untuk ketinggian air terjunnya sendiri setinggi 16 meter dengan debit air yang sangat deras dan besar saat turun. Harga tiket masuknya sangat terjangkau. Yaitu, sebesar 5 ribu rupiah untuk anak-anak, dan 10 ribu rupiah untuk orang dewasa.

Selain memiliki arus air terjun yang deras dan besar, ada juga hal menarik disini. Yaitu, saat airnya terjatuh, biasanya akan tercipta suara gemuruh yang menggelegar. Sehingga, hal ini membuatnya berbeda sekali dengan tempat wisata air terjun pada umumnya di Bali. Misalnya saja, seperti air terjun sekumpul dan air terjun nungnung yang terletak di dataran tinggi.

Karena, justru tempat wisata air terjun tegenungan ini terletak di area dataran rendah di Bali. Fasilitasnya sendiri juga masih belum begitu banyak. Namun, hal ini cukup membuat para wisatawan nyaman saat berkunjung disana. Karena, selain memiliki pemandangan alam air terjun yang indah, disini juga tersedia pusat kuliner. Yaitu beberapa warung makan sederhana sampai dengan restoran. Untuk harga makanannya sendiri juga masih terjangkau dan banyak pilihan menunya.

Trekking Authentic Bali

Tempat wisata yang satu ini cocok sekali untuk pecinta adventure. Karena disinilah tersedia 8 rute trekking yang tidak sama. Dimana tingkatan kesulitannya juga tidak sama. Namun, umumnya jalur trekking disini bila diukur menggunakan cara berkendara mobil, dibutuhkan waktu berkendara selama 30 menit untuk bisa melewatinya. Karena rute jalanan yang akan dilewati berupa area hutan, persawahan, perkampungan warga, dan juga area irigasi.

Dengan melakukan kegiatan trekking disini, Anda bisa melihat lebih dekat dari suasana eksotisme dan budaya yang ada di Bali. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau. Biasanya kegiatan ini memiliki tarif berdasarkan budget wisatawan sendiri. Dengan memanfaatkan kegiatan inilah akan membuat Anda seperti sedang liburan di tempat yang tidak biasa. Karena kegiatannya juga sangat seru sekali.

Cara Menikmati Liburan ke Ubud

Wisata Alam di Ubud-Bali Indonesia

Jadi, meskipun Ubud sangat terkenal di Bali, karena memiliki sejumlah tempat wisata yang gratis dan murah. Namun perlu diingat juga bahwa untuk biaya parkir kendaraannya masih tetap harus disiapkan. Karena Anda masih harus membayar biaya untuk parkir kendaraan. Selanjutnya, seperti itulah deretan tempat wisata di Ubud yang patut dikunjungi. Bila Anda ingin liburan ke Ubud, segera saja pesan tiket pesawat yang murah dan mencari hotel di Ubud dari Pegipegi. Karena PegiPegi menawarkan harga tiket pesawat dan hotel terjangkau.

Apalagi di Pegipegi juga menawarkan cara memesan hotel yang mudah. Sehingga, hal ini membuat Anda bisa memesan hotel tanpa harus keluar rumah. Cukup dengan memanfaatkan internet dan gadget di rumah. Kemudian akses aplikasinya langsung atau dari web PegiPegi langsung. Maka Anda bisa menemukan banyak pilihan hotel disana. Caranya, pilih menu hotel yang tersedia.

Setelah itu, tentukan tanggal booking dan daerahnya. Misalnya Anda ingin mencari hotel di kawasan Ubud, maka ketik saja Ubud dibagian lokasi setelah menulis tanggal booking hotel. Selanjutnya, tekan enter dan segala informasi hotel yang ada di Ubud akan muncul secara langsung. Baik itu dari bintang 1 sampai bintang 5. Sehingga, Anda bisa menyesuaikannya sendiri sesuai kebutuhan.

Takut Kehilangan

Zamhari, S. Kom. I
19 sec read

Berguguran

Titin Widyawati
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *