Kenapa Allah Memberikan Keutamaan Menyantuni Anak Yatim?

1.850 views

keutamaan menyantuni anak yatim

Setiap anak tidak bisa memilih saat dilahirkan ke dunia dalam kondisi seperti apapun. Tidak ada yang meminta dengan kondisi orang tua yang tidak lengkap ataupun tidak ada ayah atau anak yatim. Oleh karena itu, keutamaan menyantuni anak yatim adalah hal utama yang harus dilakukan.

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim dalam Islam

Yatim berarti seseorang anak yang di tinggal oleh ayahnya dan anak tersebut belum baligh. Bagi anak yatim yang sudah baligh diwajibkan agar walinya mau menyerahkan harta kepadanya tetapi sesudah diuji. Keutamaan keutamaan menyantuni anak yatim dalam islam diantaranya :

  • Memperoleh rasa kedekatan dengan nabi Muhammad di surga, dan rasanya sedekat sela-sela jari tangan Anda. Betapa bahagianya seseorang yang dekat dengan beliau, melebihi suatu apapun di dunia ini.
  • Mendapat perlindungan pada hari kiamat yang akan datang. Karena dengan menyantuni anak yatim makan anak tersebut akan mendoakan. Dengan doa yang terbaik dan akan memudahkan jalan menuju surga.
  • Kebutuhan hidup akan terpenuhi. Jika menyantuni anak yatim itu dilakukan maka seperti berinfak di jalan Allah, dan Allah pun akan melipat gandakan harta seseorang yang mau menyantuni anak yatim.
  • Sifat murah hati merupakan keutamaan orang yang menyantuni anak yatim. Orang yang memberikan kasih sayangnya kepada orang lain maka dia juga akan memperoleh kasih sayang orang lain terhadapmu.
  • Menyantuni anak yatim akan membawa berkah ke dalam rumah. Karena, anak yatim adalah anak yang mulia dan selalu dijaga oleh Allah, apalagi kalau mengasuhnya di rumah.

Hadits tentang keutamaan menyantuni anak yatim tersebut diatas memberikan motivasi bahwa anak yatim membutuhkan bimbingan dan kasih sayang dari keluarga karena keuangannya yang tidak lengkap. Maka perlu orang lain yang menggantikan peran sebagai keluarga mereka.

Sayangi dan asuh anak yatim tersebut agar menjadi pribadi yang baik dengan akhlak yang baik serta pendidikan yang memadai. Jangan mengasuh anak yatim dan berbuat kejahatan kepada mereka.

  • Mempertebal keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Didiklah anak yatim itu dengan akhlak yang baik, agar dimuliakan juga oleh Allah. Beri mereka ilmu dan bentuk pribadi mereka dengan selayaknya mendidik anak Anda sendiri.

Manfaat Untuk Orang yang Menyantuni Anak Yatim

Dengan menyantuni anak yatim Anda tidak akan menjadi miskin, sebab mengeluarkan harta untuk orang lain atau kepada anak yatim sangat bermanfaat untuk melipat gandakan harta Anda di akhirat. Anda hidup didunia agar dapat saling bermanfaat antar sesama.

Berikut Manfaat untuk orang yang menyantuni anak yatim:

  • Memperkuat keimanan Anda kepada Allah. Dengan menyantuni anak yatim akan menjadikan kekuatan iman yang besar dan tidak mudah terpengaruh.
  • Dapat saling berbagi dan memperoleh kesenangan. Orang yang membagi bahagianya bersama anak yatim pasti juga akan memperoleh kebahagian dan kepuasan dalam hati mereka.
  • Menjauhkan diri dari sifat riya, iri hati dan menang sendiri serta ikhlas dalam berbagi. Karena menyantuni anak yatim tidak perlu dibanggakan, hanya perlu ditanamkan dalam hati.
  • Menyantuni anak yatim bisa mengajarkan anak-anak Anda tentang kepedulian antar sesama, saling berbagi tanpa pamrih dan tidak mengharapkan suatu apapun kecuali pahala serta ridlo Allah.
  • Saling tolong-menolong dan bertaqwa kepada Allah. Tolong-menolong merupakan hasil dari ketakwaan Anda kepada Allah. Didik anak yatim dengan agama yang kuat.
  • Berkata-kata yang baik, sopan dan santun. Dengan berkata baik, sopan dan santun akan membuat setiap orang mendoakan yang terbaik dalam hal apapun.
  • Menyantuni anak yatim dapat menghindarkan dari azab yang pedih dengan syarat ikhlas memberi ke sesama manusia. Karena doa anak yatim akan diijabah oleh Allah karena kemuliaannya.
  • Menyehatkan jasmani dan rohani, agar tetap bisa beraktivitas seperti biasanya,tanpa kendala apapun berkat doa anak yatim yang disedekahi.
  • Harta akan dilipat gandakan sesuai isi hati Anda yang terdalam dengan perasaan ikhlas. Dengan Anda ikhlas menyantuni anak yatim maka timbal baliknya akan terasa di kemudian hari dengan harta yang berlipat-lipat.

Keutamaan Untuk Orang yang Menyantuni Anak Yatim

Keutamaan menyantuni anak yatim merupakan suatu akhlaq yang sangat mulia di mata Allah dan  sesama manusia. Dengan menyantuni anak yatim Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu, harus memberikan bantuan kepada anak tersebut.

Hadits keutamaan menyantuni anak yatim ini menunjukkan betapa besarnya keutamaan yang Anda peroleh dari menyantuni anak yatim. Pahala orang yang meyantuni anak yatim juga besar. Imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam suatu bab. Makna hadits ini adalah :

  1. Seorang yang menyantuni anak yatim di dunia akan berkedudukan yang tinggi di surga serta dekat dengan kedudukan Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam. Karena anak yatim adalah anak yang mulia di mata Allah dan akan ditinggikan derajatnya.
  2. Menanggung anak yatim, adalah mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, seperti makan dan minum, pakaian, mengasuh dan mendidiknya dengan pendidikan Islam yang benar.
  3. Anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya sebelum anak tersebut mencapai usia dewasa. Dan anak yatim tersebut membutuhkan kasih sayang dari seorang ayah yang tidak mungkin ia dapatkan kembali di ayah kandungnya.
  4. Hikmah menyantuni anak yatim ini berlaku bagi orang yang meyantuni anak yatim dari hartanya sendiri atau harta anak yatim tersebut jika orang itu benar-benar yang mendapat kepercayaan untuk itu.

Seseorang yang gemar menenyantuni anak yatim niscaya akan ditinggikan derajatnya oleh Allah. Apalagi kalau mengurus atau menanggung semua kebutuhannya. Hidup orang tersebut akan selalu diberi kebahagiaan dan kecukupan.

Hikmah Menyantuni Anak Yatim

Islam mendorong kepada umatnya untuk menyantuni anak yatim disekitar. Kasihanilah anak yatim tersebut karena ia sudah kehilangan ayahnya saat membutuhkan. Anak yatim butuh kasih sayang dan pertolongan. Karena tidak mungkin mendapatkan kembali dari ayahnya.

Berikut hikmah menyantuni anak yatim:

  1. Keutamaan dalam menyantuni anak yatim akan mendorong seseorang untuk memiliki akhlak yang mulia. Karena salah satu akhlak mulia adalah dengan menyantuni anak yatim.
  2. Hati akan menjadi lunak dan sabar jika menyantuni anak yatim dan merawatnya. Sebab orang yang menyantuni telah memposisikan dirinya seperti seorang ayah.
  3. Kebutuhan hidup didunia akan terpenuhi dengan menyayangi anak yatim. Karena seorang anak yatim akan membawa banyak rejeki bagi yang mengasuh dan membahagiakan hatinya.

Kasih sayang dan selalu berbuat baik kepada anak yatim. Hal ini, merupakan sebagian dari akhlak yang sangat mulia, tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Anda harus memiliki jiwa yang lembut dan kasih sayang yang besar.

Jadilah orang yang lemah lembut, penyantun dan selalu berupaya untuk berbuat baik kepada anak yatim dengan cara yang baik, berikan kenyamanan dan rasa aman ketika anak yatim tersebut dekat. Dengan begitu, secara tidak langsung mengamalkan keutamaan menyantuni anak yatim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *