Tips Agar Tidak Ngantuk saat Berpuasa

Tips Agar Tidak Ngantuk saat Berpuasa

Tips Agar Tidak Ngantuk saat Berpuasa (Gambar: Pixabay/MoteOo)

Ngantuk dan puasa merupakan dua hal yang saling bersinggungan utamanya jika sudah menyentuh tengah hari. Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang berpuasa namun siang harinya mengantuk luar biasa. Padahal jam berbuka masih lama dan tentunya anda harus menahan lapar dan menahan kantuk disaat bersamaan. Bukan hal yang mengenakkan tentunya.

Sebetulnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kantuk ketika berpuasa. Bahkan mungkin anda punya cara tersendiri untuk melakukannya. Namun secara umum anda harus mengetahui terlebih dahulu kenapa anda mengantuk dan apa solusinya. Hal tersebut lebih baik untuk dipraktekkan secara langsung.

Oleh karena itulah sebelum masuk tips agar tidak ngantuk saat berpuasa, anda harus terlebih dahulu menemukan alasan mengapa anda mudah mengantuk. Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa menjadi penyebab anda mengantuk beserta tips agar tidak ngantuk saat berpuasa.

Penyebab Seseorang Mengantuk Ketika Sedang Berpuasa

  1. Jam Bangun dan Tidur yang Berubah: Satu hal penyebab utama mengantuk di siang hari ketika berpuasa adalah berkurangnya jam tidur dan pola bangun tidur yang berubah. Ibarat orang yang susah tidur, anda harus bangun ketika sahur dan tidur kembali untuk bangun lagi. Ada juga yang tidak tidur setelah sahur dikarenakan banyak hal. Namun jelas hal ini sudah cukup untuk mengubah pola tidur yang kurang dan dalam beberapa hal tidak efektif bagi tubuh.
  2. Kehilangan Energi dan Massa Berat Badan: Alasan ini jelas lebih dikarenakan kita tidak mendapatkan asupan gizi di siang hari. Namun pada dasarnya alasan ini sudah jadi konsekuensi umum, bisa dimaklumi dan wajar terjadi.
  3. Asupan Makan dan Minum yang Tidak Tepat: Makan dan minum terlalu banyak ketika berpuasa pada dasarnya dapat mengurangi manfaat puasa itu sendiri. Hal itu belum termasuk asupan gizi seperti apa yang dibutuhkan oleh tubuh, yang juga menjadi penyebab mengantuk dalam beberapa hal.
  4. Genetik “Ngantuk”: Kalau yang satu ini sangat bervariasi pada setiap orang. Tidak semua orang mengalaminya, namun banyak juga ketika puasa justru bertambah mengantuk. Potensi ini hanya anda sendiri yang dapat mengetahuinya.

Tips Agar Tidak Mudah Ngantuk saat Berpuasa

  1. Tidur Lebih Awal dari Jadwal

Banyak para ahli kesehatan bersepakat bahwa orang yang menjalani puasa lebih baik tetap memenuhi kecukupan tidur. Durasinya berkisar 7 sampai 8 jam per hari, sudah termasuk tidur sesudah sahur. Itupun ada yang tidak menyarankan dilakukan mengingat lambung pada jam tersebut masih mengolah makanan. Kinerja lambung menjadi lebih berat ketika kita tidur.

Beberapa orang yang bekerja pada pagi hari juga banyak yang susah menyediakan waktu tidur minimal 7 jam. Jalan satu-satunya mungkin anda perlu mempertimbangkan tips satu ini agar tidak mengantuk ketika berpuasa. Ada baiknya anda mengambil tidur lebih awal sekitar jam 9 atau 10 malam agar kecukupan tidur terpenuhi.

Hal ini juga berguna jika anda ingin melakukan i’tikaf di malam hari dikarenakan setidaknya kebutuhan tidur sudah ada. Hal ini juga berguna jika anda memasak sebelum sahur, yang biasanya juga memakan waktu. Tinggal bagaimana nantinya anda menyesuaikan waktu-waktu lainnya agar anda tidak mudah mengantuk.

  1. Asupan Makan dan Minum Harus Diperhatikan

Konsep berbuka dan sahur ketika berpuasa mungkin juga harus anda perhatikan baik dari asupan gizi dan jenisnya. Sebetulnya lebih disarankan jika anda berpuasa untuk memenuhi kebutuhan vitamin. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa secara teori kita akan kehilangan cairan dalam tubuh lebih cepat. Hal inilah yang menjadi satu dari penyebab kita sering mengantuk ketika sedang berpuasa.

Itulah mengapa ada beberapa ahli kesehatan menyarankan penggunaan garam yang lebih sedikit ketika berpuasa. Hal ini dikarenakan garam dapat menyerap lebih cepat cairan dalam tubuh. Alternatifnya? Kita bisa memanfaatkan sayuran segar dan utamanya buah. Buah mengandung semua cairan yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk vitamin seperti A dan C. Kedua vitamin tersebut bisa menjaga tubuh dan kesehatan organ mata ketika berpuasa agar tidak sering mengantuk ketika berpuasa.

Makan banyak ketika berbuka dan sahur juga harus diperhatikan. Jangan terlalu banyak makan ketika waktu tersebut. Hal ini dikarenakan makan terlalu banyak juga membuat perut terasa begah dan akan lama diserap oleh pencernaan. Anda justru akan kehilangan tenaga di siang hari, alih-alih tenaga yang cukup dikarenakan hal tersebut.

Selain itu perhatikan juga minuman yang anda konsumsi. Sebetulnya tidak disarankan untuk minum-minuman bersoda ketika berbuka atau sahur dikarenakan minuman tersebut akan lebih lama diserap oleh lambung. Lebih disarankan minuman manis atau mengandung vitamin dan dalam kondisi hangat.

Selain itu daripada berpacu untuk memenuhi 8 gelas setiap hari, lebih baik jika anda minum air dalam artian konsisten. Misalnya ketika berbuka minum segelas, sesudah sholat segelas, atau ketika akan beristirahat segelas. Itu lebih membantu mengatur cairan tubuh agar anda tidak lemas ketika berpuasa.

  1. Meregangkan Otot, Cuci Muka atau Membasahi Ubun-Ubun

Cara ini sebetulnya merupakan treatment bagi anda yang sering berada di luar ruangan ketika bekerja di siang hari. Pada dasarnya ketika anda mengantuk, seluruh tubuh anda utamanya otot juga ikut terpengaruh. Jadi tidak ada salahnya anda meregangkan otot baik ketika berdiri maupun saat bangun tidur agar badan anda lebih segar. Selain itu meregangkan otot juga dapat membantu anda rileks dalam menjalani hari ketika sedang berpuasa.

Jika cara ini kurang berhasil, ada dua cara lain yang bisa anda coba yaitu mencuci muka anda atau basahi ubun-ubun. Sering mencuci muka di siang hari bukanlah hal buruk jika anda ingin agar anda tidak mengantuk ketika sedang berpuasa. Anda juga bisa untuk membasahi kepala atau ubun-ubun anda ketika berpuasa. Hal ini juga dapat membantu anda untuk menyegarkan pikiran anda di siang hari. Efeknya anda tidak mudah ngantuk ketika sedang berpuasa meskipun di siang hari.

  1. Boleh Istirahat Sebentar, Tapi…

Baru-baru ini peneliti dari North Carolina State University menemukan bahwa istirahat sejenak ketika bekerja justru baik untuk performa kerja anda. Istirahat sejenak atau microbreaks sebenarnya bisa diisi dengan berbagai kegiatan seperti mengobrol dengan kawan kerja atau chatting. Dalam beberapa hal tidur sejenak atau microsleep juga merupakan salah satu yang bisa dilakukan ketika mengantuk di tengah hari ketika berpuasa.

Namun mungkin anda hanya perlu menentukan waktu dan memperhatikan durasinya. Hal ini mengingat kebutuhan istirahat anda berbeda dengan rekan anda yang lain. Tidak ada durasi pasti mengenai hal ini, namun normalnya microbreaks dilakukan selama 5-10 menit. Tentu saja hal ini tidak berlaku jika pekerjaan anda berat dan berada di luar lingkungan. Anda mungkin membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama di siang hari untuk istirahat sejenak. Namun hendaknya jangan terbawa situasi, tetap pada kendali waktu.

  1. Olahraga Juga Perlu!

Satu hal ini terkadang sering dilupakan oleh banyak orang ketika berpuasa, bahwa orang berpuasa tetap membutuhkan olahraga. Kebugaran tubuh juga tetap diperlukan agar badan tidak cepat lelah ketika berpuasa sehari-hari. Energi ketika berpuasa menjadi lebih bisa dikenadalikan, termasuk rasa kantuk yang menandakan tubuh anda membutuhkan istirahat.

Memang, harus diakui bahwa ketika puasa anda mungkin tidak bisa berolahraga berat seperti angkat beban atau berlari. Namun anda masih bisa mencoba olahraga lain seperti jalan cepat atau bersepeda sebagai alternatifnya. Hal ini juga pada satu sisi dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh anda menjadi lebih baik dan performa yang baik. Anda tidak mudah menjadi lelah di siang hari ketika berpuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *