Daftar Perguruan Tinggi Utama Dunia LPDP 2021, Apa Bedanya dengan Reguler?

Daftar Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) LPDP 2021

Daftar Perguruan Tinggi Utama Dunia LPDP 2021 (Gambar: Pixabay/LPDP)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada bulan Mei ini sudah membuka berbagai jenis beasiswa. Bahkan saat ini mahasiswa S1 yang memiliki prestasi dapat ikut mendaftar, selain beasiswa Bidik Misi yang disediakan oleh pemerintah.

Namun mungkin ada dari anda yang berminat masih kebingungan daftar perguruan tinggi mana saja yang bisa dituju oleh beasiswa ini. Hal ini wajar mengingat LPDP memang selalu merilis daftar perguruan tinggi setiap tahunnya. Ada berbagai perguruan tinggi yang bisa dituju untuk mendapatkan beasiswa unggulan ini.

Salah satunya adalah calon mahasiswa yang berhasil masuk daftar perguruan tinggi utama dunia LPDP 2021. Ya, tahun ini LPDP kembali membedakan daftar perguruan tinggi, utamanya di luar negeri dengan syarat yang berbeda. Hal ini sebetulnya untuk memastikan bahwa calon penerima beasiswa unggulan ini adalah mahasiswa yang tepat.

Ada dua daftar perguruan tinggi versi LPDP yaitu Daftar Perguruan Tinggi Luar Negeri Reguler dan Daftar Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) LPDP 2021. Kali ini kami akan membahas terlebih dahulu Daftar Perguruan Tinggi Utama Dunia, dikarenakan ada sejumlah perbedaan mendasar.

Apa Saja Bedanya dengan Reguler?

Pada dasarnya daftar perguruan tinggi utama dunia LPDP 2021 hampir serupa dengan daftar perguruan tinggi penerima beasiswa presidential. Ya, beasiswa ini pernah dihadirkan LPDP di tahun-tahun sebelumnya namun saat ini berbeda formatnya.

Hal ini mengingat tahun ini LPDP memperluas program beasiswanya, khususnya untuk mahasiswa S1 dan S2 berprestasi. LPDP menyediakan jalur khusus untuk peraih prestasi di bidang akademik untuk mendaftar jalur Beasiswa LPDP Prestasi 2021.

Salah satu syaratnya diantaranya adalah siapapun calon mahasiswa dari jenjang pendidikan sebelumnya yang masuk perguruan tinggi utama dunia. Anda baik dari jenjang S1/S2/S3 memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan beasiswa unggulan ini jika masuk salah satunya.

Bahkan tidak ada persyaratan khusus yang dipersyaratkan jika anda berhasil masuk salah satu perguruan tinggi utama dunia. Hal inilah yang membedakan syarat beasiswa reguler LPDP 2021, dimana ada sejumlah syarat seperti universitas dan jenis jurusan yang dituju. Sedangkan jika anda masuk salah satu perguruan tinggi utama dunia versi LPDP 2021, anda boleh masuk jurusan mana saja.

Tentunya anda harus memperhatikan studi dan motivasi mengapa anda mengambil jurusan dan keilmuan tersebut. Artinya jika anda berhasil masuk salah satu perguruan tinggi utama dunia versi LPDP 2021, itu sudah dianggap setara prestasi akademik.

Daftar Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) LPDP 2021

Ada 14 perguruan tinggi dunia yang dipersyaratkan oleh LPDP. Dari daftar tersebut, perguruan tinggi dari Amerika Serikat mendominasi, dua dari Inggris dan satu perguruan tinggi asal Swiss. Tidak ada alasan pasti mengapa LPDP di tahun 2021 hanya memasukkan 14 perguruan tinggi utama dunia. Namun bisa dipastikan bahwa daftar di bawah ini merupakan universitas pilihan utama versi lembaga pemeringkat universitas dunia. Ya, keempat belas daftar perguruan tinggi utama dunia LPDP 2021 adalah langganan universitas utama versi QS, THE dan ARWU/Shanghai.

Berikut Daftar Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) LPDP 2021:

  1. University of Chicago
  2. University of California, Berkeley
  3. California Insitiute of Technology
  4. Columbia University
  5. Cornell University
  6. John Hopkins University
  7. Massachussets Institute of Technology
  8. University of Pennsylvania
  9. Princeton University
  10. Stanford University
  11. Yale University
  12. University of Cambridge
  13. University of Oxford
  14. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

Sumber: https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/api/Medias/bcf1c044-9a9a-421f-81ae-c61bde928e40

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *