Tata Cara Rumah Sakit Terkait Pemberian Vaksin Covid di Jawa Tengah

2 views

Tata Cara Rumah Sakit Terkait Pemberian Vaksin Covid di Jawa Tengah

Pemerintah pusat telah memesan vaksin Covid dari China yang bernama Sinovac. Pada awal Desember lalu vaksin tersebut sudah tiba di Indonesia sebanyak 1,2 juta dosis. Meski begitu vaksin Sinovac belum bisa didistribusikan di seluruh Indonesia dikarenakan harus menunggu persetujuan dari BPOM dan MUI. Vaksin memang belum didistribusikan tetapi banyak daerah di Indonesia yang sudah mempersiapkan tata cara khusus pemberian vaksin, salah satu provinsi tersebut adalah Jawa Tengah.

Tata Cara Pemberian Vaksin Covid di Jawa Tengah

Tata Cara Pemberian Vaksin Covid di Jawa Tengah

Seperti yang diketahui bahwasanya pada awal bulan Desember 2020 sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Sinovac buatan China telah tiba di Indonesia. Rencananya 1,8 juta dosis vaksin lagi akan menyusul pada Januari 2021. Vaksin Covid-19 ini akan didistribusikan secara bertahap dan berjenjang.   Distribusi vaksin Covid akan  dilakukan mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi sampai pemerintah kabupaten atau kota. Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu daerah prioritas memperoleh vaksin tahap awal ini.

Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah sedang mempersiapkan tata cara khusus terkait prosedur vaksinasi di rumah sakit yang ada di wilayahnya. Hal ini merupakan tindak lanjut dari prosedur yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat. Dalam Rakor via zoom ini, Ganjar juga memastikan bahwa tidak ada rumah sakit di wilayahnya yang melayani pre order. Ia juga menyampaikan bahwa masih ada data yang baru masuk. Berkaitan dengan prioritas vaksinasi akan menyesuaikan dengan arahan pemerintah pusat yakni tenaga kesehatan atau nakes.

Diberitakan sebelumnya bahwa beberapa rumah sakit mulai membuka pre order (PO) vaksin Covid-19. Salah satunya adalah rumah sakit Universitas Islam Indonesia (UII) yang ada di Kabupaten Bantul, DIY. Widodo Wirawan, Direktur Utama Rumah Sakit UII, menyampaikan bahwa masyarakat sangat antusias terhadap kehadiran vaksin ini sehingga pre order sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa vaksin sangat ramai peminat.

Belum Bisa Memastikan Harga Vaksin

Adanya informasi tentang pre order vaksin Covid-19 membuat penasaran tentang harga yang dipatok untuk memperoleh vaksin ini. Namun, informasi ini belum dapat dipastikan karena vaksin yang sudah ada di Indonesia masih menunggu Emergency Use Authorization (EUA) atau belum dapat digunakan.

Sebagai informasi bahwa vaksin Covid-19 yang sudah tiba di Indonesia belum memperoleh izin penggunaan darurat atau EUA. Izin ini diperkirakan keluar pada pertengahan atau minggu kedua ketiga bulan Januari 2021.  Penny K Lukito, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyampaikan bahwa mundurnya pemberian izin EUA vaksin Covid-19 karena adanya beberapa data uji klinis yang masih harus dilengkapi hingga Desember 2020. Selain itu, vaksin Covid-19 juga harus melewati proses sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebelum digunakan oleh masyarakat.

Profesor Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Vaksin Covid-19 juga menanggapi tentang isu atau informasi pre order tersebut. Beliau menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada kebijakan pemerintah yang mengatur tentang hal tersebut.

Kesiapan Libur Natal-Tahun Baru Dalam Masa New Normal Corona

Ganjar juga menegaskan bahwa yang paling penting adalah kesiapan menghadapi libur natal dan tahun baru. Hal ini sudah dikomunikasikan dengan pemda se Jawa-Bali, yakni akan membatasi setiap kegiatan yang melibatkan massa di akhir dan awal tahun. Hal lain yang disepakati adalah tes antigen bagi masyarakat yang melakukan perjalanan/bepergian. Apabila tidak, maka tidak diperkenankan untuk melakukan bepergian. Kesepakatan ini bertujuan agar saling menjaga satu sama lain serta mencegah penyebaran virus Covid-19.

Tidak bisa dipungkiri jika masyarakat banyak yang menunggu kedatangan vaksin supaya pandemi segera berakhir. Maka dari itu masyarakat terus menunggu kedatangannya dan tata cara pemberian vaksin. Informasi mengenai pemberian vaksin Covid bisa diperoleh melalui halodoc. Di aplikasi kesehatan Halodoc Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus keluar rumah. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang gaya hidup dan berbagai penyakit lain dengan akurat dan terpercaya melalui aplikasi Halodoc.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *